• Home
  • Berita Sumut
  • Dua Warga di Palas Diserang Harimau Selama Mei 2019 , Satu Tewas

Dua Warga di Palas Diserang Harimau Selama Mei 2019 , Satu Tewas

faeza Senin, 27 Mei 2019 18:00 WIB
mtc/ist
Sepanjang bulan Mei 2019, terdapat dua orang warga di Kabupaten Padanglawas (Palas) diserang Harimau. Satu diantaranya meninggal dunia. Data ini disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Hotmauli Sianturi kepada wa
MATATELINGA, Medan: Sepanjang bulan Mei 2019, terdapat dua orang warga di Kabupaten Padanglawas (Palas) diserang Harimau. Satu diantaranya meninggal dunia. Data ini disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Hotmauli Sianturi kepada wartawan, Senin (27/5/2019).


"Serangan harimau kepada warga masyarakat di Kabupaten Padang Lawas sebanyak 2 kali yaitu tanggal 16 Mei 2019 di Kecamatan Ulu Barumun dan Kecamatan Sosopan pada tanggal 26 Mei 2019," kata Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Peristiwa pertama berawak informasi yang diterima Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidimpuan dari Polsek Sibuhuan Barumun, pada Jumat (17/5), perihal telah terjadi konflik satwa diduga Harimau Sumatera di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, yang memakan korban tewasnya seorang warga.


Dimana, untuk menindaklanjuti laporan tersebut, pada hari itu juga, Tim BBKSDA Sumatera Utara yang diwakili Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidimpuan segera menuju Desa Siraisan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa, Koramil 08 Sibuhuan serta Polsek Sibuhuan Barumun. Hasil koordinasi, tim mendapat penjelasan bahwa korban merupakan seorang petani.

"Korban bernama Abu Sali Hasibuan (61) seorang petani meninggal dunia pada Kamis (16/5) sekitar pukul 01.00 WIB, di kebun karet akibat diserang binatang buas yang diduga adalah seekor Harimau Sumatera Utara," jelasnya.

Kemudian, Hotmauli menuturkan bahwa tindakan yang dilakukan tim di lapangan adalah mengecek lokasi dan menemukan ada jejak yang diperkirakan jejak Harimau. Selanjutnya tim memasang kamera trap di lokasi penemuan jasad korban. Bersama-sama dengan masyarakat juga memasang perangkap atau jebakan di sekitar perkebunan, dengan syarat warga diminta untuk tidak melukai ataupun membunuh Harimau tersebut bila nantinya masuk dalam perangkap.


"Tanggal 19 sampai 20 Mei 2019, Tim melakukan patroli ke desa dengan sasaran areal perkebunan masyarakat serta sekitar pinggiran sungai Desa Siraisan. Hasil patroli, tidak menemukan adanya jejak Harimau dan camera trap yang sudah dipasang selama 3 hari juga tidak menemukan adanya aktivitas Harimau Sumatera di lokasi tersebut," tuturnya.

Kemudian pada Minggu (26/5) sekitar pukul 19.00 WIB pihak BBKSDA kembali mendapatkan informasi terkait terjadinya kembali konflik satwa Harimau Sumatera, dan kali ini di Desa Pagaran Bira Jae, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas. Dimana, dalam peristiwa itu seorang warga mengalami luka-luka.

"Korban bernama Faisal Hendri Hasibuan (48) yang bekerja sebagai petugas penyuluh lapangan di Dinas Pertanian, menderita luka-luka pada sekujur tubuhnya (luka robek pada bagian belakang kepala, luka robek pada bagian kepala samping kiri, luka cakar pada bagian punggung dan luka robek pada bagian dada sebelah kiri)," ujar Hotmauli.

Berkaitan dengan peristiwa itu, pihak BBKSDA mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas, terutama saat melakukan aktivitas di daerah perladangan maupun perkebunan. 

"Diharapkan warga untuk tidak beraktivitas sendirian, tetapi berkelompok, sesegera mungkin  melaporkan kepada petugas dan pihak-pihak terkait lainnya bila mendengar dan menemukan tanda-tanda kehadiran  binatang buas, baik Harimau Sumatera maupun satwa liar lainnya dan menghindari perbuatan yang menyebabkan terluka atau matinya satwa liar, khususnya jenis yang dilindungi undang-undang. Kecuali terpaksa untuk melindungi keselamatan diri," tukasnya. (mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:BBKSD Sumutdiserang harimau
Komentar
Kamis, 09 Jul 2020 12:15Berita Sumut

Wali Kota Binjai Tanam Padi Perdana Sistem Jarwo

Wali Kota Binjai H. M. Idaham SH. M.Si dan ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Hj. Lisa Andriani M. Idaham menanam bibit padi perdana dengan penggunaan rice transplanter sistem tanam jajar legowo (jarwo) di Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Tim

Kamis, 09 Jul 2020 12:00Berita Sumut

Polres Siantar Ciduk Sindikat Pembobol Toko, Tiga Lagi Jadi DPO

Sindikat pembobol rumah disiantar akhirnya mendekam disel tahanan Polisi, sementara tiga orang rekannya masih dalam pengejaran Tim Reserse Kriminal Reskrim Polsek Siantar Martoba.

Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 10:46Berita Sumut

Empat Orang Siswa Berprestasi Mendapat Laptop Dari Sampoerna Foundation

Empat orang siswa berprestasi yang telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa yang digelar oleh Poetra Sampoerna Foundation, mendapatkan hadiah berupa lap top.

Kamis, 09 Jul 2020 10:45Internasional

Amerika Serikat Resmi Umumkan Akan Keluar dari WHO

Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pemberitahuan untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di saat kasus virus corona di negara itu melonjak tajam. Pemberitahuan itu disampaikan secara resmi oleh Gedung Putih kepada Persatuan Bangsa-Ban

Kamis, 09 Jul 2020 09:45Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Tapi Tak Jalani Isolasi

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro pada Rabu (8/7/2020) mengatakan bahwa dia “baik-baik saja” setelah terinfeksi virus corona. Bolsonaro yang dikonfirmasi positif Covid-19 sehari sebelumnya tidak menjalani isolasi, dan tetap melakukan pertemuan d

Kamis, 09 Jul 2020 09:00Nasional

Maria Pauline Lumowa DPO Penegak Hukum Selama 17 Tahun

Maria Pauline Lumowa masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan aparat penegak hukum Indonesia. Maria Lumowa dikabarkan terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mab

Kamis, 09 Jul 2020 08:00Nasional

Ini Penjelasan PLN, Terhindar Dari Korsleting di Rumah

Jangan dianggap sepele, masalah kelistrikan ini riskan dan bisa merenggut nyawa seseorang.

Kamis, 09 Jul 2020 07:00Bola

Silva Sedang Menunjukkan Kelasnya Sebagai Gelandang Terbaik di Dunia

Pada laga ini, Silva memang menunjukkan kelasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Pasalnya selain mencetak gol, mantan pemain Valencia tersebut memang menyumbangkan dua assist untuk gol Jesus dan Sterling.

Kamis, 09 Jul 2020 06:45Ekonomi

Hari ini, Prediski Rupiah Menguat dengan Pelemahan Bursa AS

Rupiah menguat 0,20% ke Rp 14,410 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah melemah tipis 0,03% ke Rp 14.460 per dollar AS.

Kamis, 09 Jul 2020 06:00Bola

Pelatih Barcelona Belum Puas, Meski Timnya Bermain Bagus

Meski meraih poin penuh, namun Pelatih Barcelona, Quique Setien, menilai timnya tidak bermain bagus. Barcelona meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 saat menghadapi Espanyol dalam lanjutan jornada ke-35 Liga Spanyol 2019-2020.

Rabu, 08 Jul 2020 23:15Aceh

Disdikbud Aceh Singkil Mulai Memberlakukan Jam PAI

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil mulai memberlakukan penambahan jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah formal mulai tahun ajaran baru tahun ini.

Rabu, 08 Jul 2020 23:00Internasional

Sepele Bahaya Virus Corona, Presiden Brazil Jair Borsalino Ini Tak Berdaya

Berulang kali meremehkan bahaya Virus Corona, Presiden Brazil, Jair Borsalino terkonfirmasi positof Covid-19, setelah hasil tesnya dipublikasikan

Rabu, 08 Jul 2020 22:30Lifestyle

Marshanda Dipanggil Polisi Sebagai Saksi Kematian Anak Karen Pooroe

Polisi mengabarkan perkembangan kasus kematian anak Karen Pooroe, Zefania. Dijelaskan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Ricky Pranata, penyidik bakal memanggil beberapa saksi.