• Home
  • Berita Sumut
  • Duh, Dalam Reses Anggota Dewan Ini Terkuak Kartu Merah Putih dan KIP Tak Berfungsi

Duh, Dalam Reses Anggota Dewan Ini Terkuak Kartu Merah Putih dan KIP Tak Berfungsi

amrizal Senin, 13 November 2017 16:45 WIB
mtc/ist
Sejumlah warga di Jalan Seksama, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai mengeluh lantaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Merah Putih yang mereka miliki malah tak berfungsi.
MATATELINGA, Medan: Sejumlah warga di Jalan Seksama, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai mengeluh lantaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Merah Putih yang mereka miliki malah tak berfungsi.

"Sudah 3 tahun saya tak dapat manfaat apapun dari KIP, padahal saya warga tak mampu. Anak saya butuh biaya untuk sekolah," ungkap Siti Iriana, warga Jalan Seksama saat sesi tanya jawab di acara reses ke III Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis yang berlangsung di Mdta Alwasliyah Yayasan HM Nurdin, Jalan Seksama Ujung, Sabtu (11/11/2017).

Begitu juga diungkapkan warga lainnya yang juga tak memperoleh dana bantuan pendidikan untuk siswa miskin tersebut.

Tak hanya masalah KIP, warga juga menyoalkan kartu merah putih karena dinilai tak berfungsi. Sementara kartu yang diluncurkan dari Kementrian Sosial (Kemensos) ini sudah memiliki saldo dana yang dapat ditukarkan untuk belanja beras, gula, minyak goreng dan lain-lain ke elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) maupun koperasi yang dihunjuk kemensos.

"Tapi masalahnya pak dewan, setiap kali kami mau belanja ke toko di Jalan Swadaya itu, selalu dibilang tak ada barang, stok habis. Jadi tak ada guna kartu merah putih ini, karena manfaatnya tak kami rasakan," keluh seorang ibu sambil menggendong anaknya. Ucapan itu langsung diiyakan serentak oleh ratusan warga yang didominasi kaum hawa ini dalam reses tersebut.

Selain itu, warga juga meminta agar masalah banjir akibat drainase rusak segera diatasi. Seperti diungkapkan Neti, warga Jalan Seksama.

"Sudah 21 tahun saya tinggal di Jalan Seksama, tak pernah selesai masalah banjirnya. Bahkan air sampai ke betis kalau hujan lebat," bilang wanita parobaya ini seraya menambahkan ada 50 rumah di sekitar tempat tinggalnya yang bernasib sama dengannya.
"Selalu masuk air ke rumah kami,"ucapnya.

Mengakomodir aspirasi warga, Zulkifli Lubis meminta Camat Medan Denai Hendra Asmilan memberi penjelasan. Hendra mengakui banyak drainase tak berfungsi normal di kawasannya.

"Kami sudah meminta agar dibuat gorong-gorong, dan sekarang sedang diproses,"kata Hendra seraya berharap masyarakat menggalakkan gotong royong.

Menyoal KIP, Zulkifli Lubis meminta  warga segera memberi catatan tertulis padanya, termasuk data sekolah agar ditindaklanjuti.

"Reses ini menampung semua aspirasi warga guna ditindaklanjuti dan diperoleh solusinya. Jadi semua permasalahan warga agar disampaikan ke saya secara tertulis dan dilengkapi data-datanya,"pesan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini. (mtc)

Editor: Faeza

T#g:DPRD Medanreses
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,

Jumat, 27 Apr 2018 07:35Nasional

Panglima TNI : Antisipasi Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Terhadap Persatuan dan Kesatuan

Kemajuan teknologi membawa dampak positif mempercepat arus informasi dan mempermudah akses terhadap informasi

Jumat, 27 Apr 2018 07:20Berita Sumut

Istri Wapres Kagumi & Apresiasi Stand Dekranasda Kota Medan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti pameran produk kerajinan internasional atau Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center