• Home
  • Berita Sumut
  • Duh...Dituntut Hukuman Mati, Kurir 270 Kg Sabu Ini Menangis Dipelukan Sang Istri

Duh...Dituntut Hukuman Mati, Kurir 270 Kg Sabu Ini Menangis Dipelukan Sang Istri

Faeza Selasa, 12 September 2017 10:45 WIB
mtc/fae
Terdakwa Irwantoni (38) tak bisa menahan kesedihannya saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sindu Utomo menuntutnya dengan hukuman mati. Pembacaan tuntutan itu digelar di ruang Cakra V, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (11/9) kemarin.
MATATELINGA, Medan: Terdakwa Irwantoni (38) tak bisa menahan kesedihannya saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sindu Utomo menuntutnya dengan hukuman mati. Pembacaan tuntutan itu digelar di ruang Cakra V, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (11/9) kemarin.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa karena terbukti secara sah dan meyakinkan menjadi perantara atau kurir narkoba jenis sabu seberat 270 kg," ujar JPU Sindu dihadapan Ketua Majelis Hakim, Saryana.

Usai pembacaan tuntutan, sidang langsung dilanjutkan dengan pembelaan dari terdakwa.

Dalam surat pembelaannya, terdakwa tetap tak mengakui barang haram tersebut merupakan miliknya. Dia mengaku dijebak oleh Ayau yang sebelumnya sudah mendapat vonis mati dari majelis hakim.

"Aku dijebak oleh Ayau yang majelis. Aku cuma disuruh carikan gudang di Belawan olehnya. Katanya untuk menyimpan barang-barang pertanian dan elektronik. Rupanya pas digrebek baru tahu aku kalau untuk menyimpan sabu," kilahnya.

Mendengar hal tersebut, majelis hakim langsung mencerca terdakwa dengan berbagai pertanyaan hingga akhirnya tak bisa dijawab olehnya.

"Terus kenapa pada saat digrebek, kau lari dan menjadi buronan polisi. Mau berkilah pulak kau," tegas hakim.

Dengan berurai air mata, terdakwa hanya bisa terdiam sambil menyeka air matanya.

"Udah diam kau. Baiklah sidang kita lanjutkan pada tanggal 13 September 2017 ya dengan agenda pembacaan putusan," tutup majelis hakim.

Sementara itu, saat hendak diboyong kembali ke sel tahanan tampak terdakwa langsung memeluk istrinya yang duduk di bangku pengunjung sidang.

"Sabar kau ya dek. Ini cobaan untuk keluarga kita," bilangnya pelan sembari mencium kening istrinya.

Sekedar mengetahui, sebelumnya 4 orang teman terdakwa yakni masing-masing bernama Ayau (40), Daud alias Athiam (47), Lukmansyah Bin Nasrul (36) dan Jimmi Syahputra Bin Rusli (27) telah divonis mati oleh majelis hakim.

Penyelundupan barang haram itu sendiri berawal dari pertemuan Daud alias Athiam dengan Lau Lai alias Aan alias Jecky (DPO) di Hotel CK Malaka, Malaysia, pada 17 Agustus 2015 lalu.

Daud lalu bertemu dengan Ayau dan Irwantoni untuk mencari importir dan gudang di Medan. Kemudian Daud mentransfer uang sebesar Rp55 juta ke rekening Jimmi untuk membeli mobil Carry yang akan digunakan mengangkut narkotika itu.

Pada September 2015, Lukmansyah mendapat kabar dari Irwantoni bahwa sabu akan masuk dari Malaysia menuju Medan. Oktober 2015, petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) yang mendapatkan informasi akan ada pengiriman sabu ke Medan dan Dumai, lalu melakukan penyelidikan.

Selanjutnya pada 16 Oktober 2015, Jimmi dihubungi Irwantoni yang mengabarkan adanya pengiriman barang dari Dumai. Sabu-sabu itu kemudian dibawa ke komplek pergudangan Jade Square, Jl KL Yos Sudarso Km 11,5, Kec Medan Deli.

Lukmansyah lalu bertugas sebagai pengawal. Dia berada di mobil terdepan untuk memberitahukan apabila ada razia. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:PN Medankurir narkobatuntutan mati
Komentar
Minggu, 27 Mei 2018 16:45Berita Sumut

Tim Pemantauan Asmara Subuh Amankan 12 Sepeda Motor Tanpa Surat

Sebanyak 18 pengendara sepeda motor terjaring dalam penertiban yang dilakukan Tim Pemantauan Asmara Subuh di Jalan Ring Road, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (27/5). Dari jumlah itu, 12 sepeda motor terpaksa diamankan karena pengendara

Minggu, 27 Mei 2018 16:30Berita Sumut

Begal Apes, Diteriaki Rampok Lalu Terjatuh Lantas Masuk Bui

Seorang pelaku pria spesialis pelaku jambret berinisial MD berhasil diamankan personel Polsek Medan Kota. Warga Jalan Brigjen Katamso, Gang Nasional, Kota Medan itu diringkus karena sepeda motor yang ia kendarai terjatuh pascadikejar petugas Opsnal Unit

Minggu, 27 Mei 2018 16:15Berita Sumut

Lurah dan Kepling Harus Kenal Wilayah dan Dinamika Masyarakatnya

Setiap lurah dan kepala lingkungan wajib mengenal wilayah dan dinamika yang berkembang di masyarakat. Koordinasi antara kepala lingkungan, lurah, dan camat harus terus berjalan.

Minggu, 27 Mei 2018 16:00Berita Sumut

Dengan Safari Ramadhan, Pemko Medan Pererat Tali Silaturahmi dengan Masyarakat

Safari Ramadhan yang secara rutin digelar Pemko Medan setiap tahunnya menjadi sebuah ajang silaturrahmi serta wadah mendekatkan diri dengan warga masyarakat Kota Medan di 21 kecamatan, demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri keti

Minggu, 27 Mei 2018 14:15Berita Sumut

Kapolsek Sunggal Turun Pantau Kegiatan Asmara Subuh, 12 Unit Motor Ditindak

Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna bersama unsur kepolisian dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pemko Medan turun langsung melakukan Pemantauan Asmara Subuh di Wilayah Hukum Polsek Sunggal, Minggu 27/5/2018).

Minggu, 27 Mei 2018 14:00Berita Sumut

Tujuh Orang Perempuan dan Tujuh Anak Sekolah Diamankan

Operasi Pekat Toba 2018 Jajaran Polres Pelabuhan Belawan dengan jumlah personil berjumlah kurang lebih 40 orang dipimpin Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol Ernial, Sabtu (26/05/2018) sekira pukul 14.30 wib

Minggu, 27 Mei 2018 13:45Berita Sumut

Usai Tabrak Ruko, Supir Truk Lari Takut Dimassa

Akibat rem blong, mobil kontainer (truk) BK 8754 AC menabrak sebuah rumah ruko milik warga di jalan Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (26/05/2018) malam.

Minggu, 27 Mei 2018 13:33Lifestyle

Puasa Bikin Bibir Kering? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Tips Berikut Ini

Bulan puasa ditambah panasnya cuaca kerap membuat bibir menjadi kering. Tak hanya itu, bibir juga menjadi pecah-pecah. Menurut Cindy Luken, pendiri label lipstik asal Australia, ada beragam alasan mengapa bibir mudah kering.

Minggu, 27 Mei 2018 13:19Lifestyle

Kenali Kebudayaan Daerah Yang Kamu Kunjungi Untuk Memudahkan Dapat Teman Kencan

Berwisata ke luar negeri berarti mempelajari kebudayaan baru. Yang sedang mencari pasangan kemungkinan besar bisa bertemu dengan jodohnya, asalkan mau mengikuti aturan berkencan di negara tersebut.

Minggu, 27 Mei 2018 13:04Berita Sumut

Gelar Operasi Pekat, Tim Gabungan di Deliserdang Boyong 5 Pasangan Mesum

Tim gabungan dari Polres Deliserdang, Kodim 0204/DS dan Satpol PP menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) di sejumlah tempat hiburan malam dan hotel, Minggu (27/5/2018) dinihari. Dalam operasi gabungan ini, tim mengamankan 5 pasangan bukan suami ist

Minggu, 27 Mei 2018 12:49Lifestyle

Atur Jadwal Libur Panjang Lebaran Ke Menara 'Miring' di Roma? Why Not

Barangkali, salah satu misteri terbesar di dunia adalah mencari alasan logis tentang apa yang menyebabkan menara miring Pisa, bisa selamat dari serbuan gempa bumi.

Minggu, 27 Mei 2018 12:34Internasional

Gunung Kilauea Semburkan Api Setinggi 11 Ribu Kaki

Observatorium Gunung Api Hawaii menyatakan serangkaian letusan dari Kilauea menyemburkan abu hingga setinggi 11 ribu kaki atau 3,3 kilometer, berdampak pada masyarakat yang tinggal di sisi barat daya.

Minggu, 27 Mei 2018 12:19Berita Sumut

Grebek Basis Peredaran Narkoba di Tanjung Morawa, Polisi Ringkus Bandar dan Belasan Pembeli

Tim gabungan dari Satres Narkoba Polres Deliserdang dan Polsek Tanjung Morawa menggrebek kawasan yang menjadi basis peredaran narkoba di Tanjung Morawa, Minggu (27/5/2018). Hasilnya, petugas mengamankan dua orang bandar narkoba dan belasn pembelinya.

Minggu, 27 Mei 2018 12:04Opini

Bersatu Melawan Aksi Terorisme

Korban tindakan Terorisme seringkali adalah orang yang tidak bersalah. Mereka memanfaatkan media massa untuk mengekpos aksi teror yang mereka lakukan guna menunjukan eksistensi perjuangannya. Terorisme merupakan musuh dunia yang tidak mengenal batas wilay

Minggu, 27 Mei 2018 11:48Berita Sumut

Indonesia-Australia Sharing Data Dalam Operasi GANNET

Operasi Bersama GANNET antara Indonesia-Australia sebagai salah satu bentuk kerja sama dua negara yang dilaksanakan melalui sharing data dan aksi bersama Bakamla, KKP, dan ABF, di daerah operasi bersama di perbatasan Indonesia-Darwin telah memasuki hari

Minggu, 27 Mei 2018 11:33Berita Sumut

Ketua Bawaslu Sumut Dilaporkan ke Polisi

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut Syafrida Rasahan secara resmi dilaporkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Poldasu, Jumat (25/5).