Edy Rahmayadi : Lebur Perbedaan dan Bantu Sesama

Faeza Minggu, 12 November 2017 16:00 WIB
Mtc/ist
Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menghadiri pemberian bantuan modal usaha kepada kelompok tani ‘Damar Wulan Deli’ di pesantren Al Kautsar Al Akbar jalan Pelajar Timur No 264. Minggu, (12/11/2017) siang.
MATATELINGA, Medan: Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi  menghadiri pemberian bantuan modal usaha kepada kelompok tani 'Damar Wulan Deli' di pesantren Al Kautsar Al Akbar jalan Pelajar Timur No 264. Minggu, (12/11/2017) siang. 

Pemberian modal usaha merupakan bantuan sosial dari Yayasan Tzu Chi Indonesia kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Petani Jagung Damar Wulan Deli, berupa uang tunai yang berbentuk pinjaman lunak tanpa bunga.

Mantan Pangdam I/BB itu sangat berperan penting dalam terlaksananya program ini, pasalnya Edy menyatukan sekaligus dua institusi keagamaan demi meleburkan perbedaan dan mengharmoniskan hubungan antar agama, di sisi lain juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Saya sangat senang kegiatan ini dapat terlaksana, saya harap kegiatan seperti ini tetap berlanjut di kemudian hari, sembari kita mengevaluasi kerukunan beragama diantara kita," ujar Ketua Umum PSSI itu.

Pada kesempatan itu, Edy yang diberi kehormatan menyampaikan kata sambutan menyatakan begitu menghargai perbedaan yang ada di Indonesia baik itu suku maupun agama, ia pun mencontohkan ketika perjuangan pahlawan di masa sebelum kemerdekaan bahwa tidak ada identitas agama, semuanya bersatu untuk kemerdekaan Indonesia.

"Jika tidak ada Islam, tidak ada Kristen, tidak ada Buddha, tidak ada Hindu, tidak ada Katholik, maka tidak ada yang namanya NKRI," tegas Edy.

Sedangkan Ketua Yayasan Tzu Chi kota Medan, Mujianto dalam laporannya menyatakan ada 60 petani dari Gapoktan Damar Wulan yang diberi pinjaman modal dan bantuan. Pinjaman ini katanya merupakan pinjaman lunak.

"Hari ini kita akan membantu 60 petani dari Gapoktan Damar Wulan Deli di kecamatan Percut Sei Tuan, yang akan kami berikan bantuan pinjaman modal uang tunai, pinjaman ini merupakan pinjama lunak dang tidak berbunga, tanpa surat perjanjian, hanya dihadiri oleh saksi dan salah satu saksinya adalah Bapak Edy Rahmayadi," kata Mujianto.

Bukan hanya para ulama dan komunitas Tzu Chi, dalam pertemuan ini turut hadir beberapa tokoh dari lintas agama. 

"Perwakilan tokoh dari semua agama hadir dalam pertemuan ini dalam rangka memperkokoh semangat persatuan Indonesia" katanya.

Sementara selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini, Pemimpin Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Syech KH Ali Akbar Marbun mengatakan bahwasanya sebagai rakyat Indonesia yang memiliki bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku dan agama kita harus bisa menghargai perbedaan.

"Diciptakan berbeda bukan Untuk dibeda-bedakan. Dalam perbedaan, kita kita harus bisa berbagi dan sepakat bahwa semua ini bukan milik kita sendiri melainkan milik kita semua. Bukan uang yang bikin senang tetapi kedamaian," ungkap Buya Marbun panggilan akrabnya.

Indra Sahputra salah seorang penerima bantuan mengaku sangat berterima kasih atas adanya bantuan ini. Menurutnya dengan pinjaman ini, usaha pertaniannya akan lebih maju.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terutama yayasan Tzu Chi dan bapak Edy Rahmayadi yang bisa mewujudkan bantuan ini," kata Indra Sahputra. (mtc/fae/rel)
Editor: Faeza

T#g:edy rahmayadipangkostradPesantren al kausarpetaniPinjaman lunakYayasan tsu ziYayasan tzu chi
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:35Berita Sumut

Gubsu Beri Penghargaan Penggiat Peduli Kebencanaan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memberikan penghargaan kepada 11 orang dan 8 lembaga

Jumat, 27 Apr 2018 09:22Nasional

Rizieq Shihab Restui Alumni 212 Bertemu Jokowi: Utamakan Dialog

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah merestui sejumlah petinggi Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Presiden Joko Widodo. Rizieq menilai dialog harus diutamakan terhadap penyelesaian kasus dug

Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,