Edy Rahmayadi : Lebur Perbedaan dan Bantu Sesama

Faeza Minggu, 12 November 2017 16:00 WIB
Mtc/ist
Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menghadiri pemberian bantuan modal usaha kepada kelompok tani ‘Damar Wulan Deli’ di pesantren Al Kautsar Al Akbar jalan Pelajar Timur No 264. Minggu, (12/11/2017) siang.
MATATELINGA, Medan: Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi  menghadiri pemberian bantuan modal usaha kepada kelompok tani 'Damar Wulan Deli' di pesantren Al Kautsar Al Akbar jalan Pelajar Timur No 264. Minggu, (12/11/2017) siang. 

Pemberian modal usaha merupakan bantuan sosial dari Yayasan Tzu Chi Indonesia kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Petani Jagung Damar Wulan Deli, berupa uang tunai yang berbentuk pinjaman lunak tanpa bunga.

Mantan Pangdam I/BB itu sangat berperan penting dalam terlaksananya program ini, pasalnya Edy menyatukan sekaligus dua institusi keagamaan demi meleburkan perbedaan dan mengharmoniskan hubungan antar agama, di sisi lain juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Saya sangat senang kegiatan ini dapat terlaksana, saya harap kegiatan seperti ini tetap berlanjut di kemudian hari, sembari kita mengevaluasi kerukunan beragama diantara kita," ujar Ketua Umum PSSI itu.

Pada kesempatan itu, Edy yang diberi kehormatan menyampaikan kata sambutan menyatakan begitu menghargai perbedaan yang ada di Indonesia baik itu suku maupun agama, ia pun mencontohkan ketika perjuangan pahlawan di masa sebelum kemerdekaan bahwa tidak ada identitas agama, semuanya bersatu untuk kemerdekaan Indonesia.

"Jika tidak ada Islam, tidak ada Kristen, tidak ada Buddha, tidak ada Hindu, tidak ada Katholik, maka tidak ada yang namanya NKRI," tegas Edy.

Sedangkan Ketua Yayasan Tzu Chi kota Medan, Mujianto dalam laporannya menyatakan ada 60 petani dari Gapoktan Damar Wulan yang diberi pinjaman modal dan bantuan. Pinjaman ini katanya merupakan pinjaman lunak.

"Hari ini kita akan membantu 60 petani dari Gapoktan Damar Wulan Deli di kecamatan Percut Sei Tuan, yang akan kami berikan bantuan pinjaman modal uang tunai, pinjaman ini merupakan pinjama lunak dang tidak berbunga, tanpa surat perjanjian, hanya dihadiri oleh saksi dan salah satu saksinya adalah Bapak Edy Rahmayadi," kata Mujianto.

Bukan hanya para ulama dan komunitas Tzu Chi, dalam pertemuan ini turut hadir beberapa tokoh dari lintas agama. 

"Perwakilan tokoh dari semua agama hadir dalam pertemuan ini dalam rangka memperkokoh semangat persatuan Indonesia" katanya.

Sementara selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini, Pemimpin Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Syech KH Ali Akbar Marbun mengatakan bahwasanya sebagai rakyat Indonesia yang memiliki bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku dan agama kita harus bisa menghargai perbedaan.

"Diciptakan berbeda bukan Untuk dibeda-bedakan. Dalam perbedaan, kita kita harus bisa berbagi dan sepakat bahwa semua ini bukan milik kita sendiri melainkan milik kita semua. Bukan uang yang bikin senang tetapi kedamaian," ungkap Buya Marbun panggilan akrabnya.

Indra Sahputra salah seorang penerima bantuan mengaku sangat berterima kasih atas adanya bantuan ini. Menurutnya dengan pinjaman ini, usaha pertaniannya akan lebih maju.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terutama yayasan Tzu Chi dan bapak Edy Rahmayadi yang bisa mewujudkan bantuan ini," kata Indra Sahputra. (mtc/fae/rel)
Editor: Faeza

T#g:edy rahmayadipangkostradPesantren al kausarpetaniPinjaman lunakYayasan tsu ziYayasan tzu chi
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (15/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid

Kamis, 15 Nov 2018 22:45Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Medan Diperiksa BPK, Masalah Anggaran Reses

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Kota Medan periode 2014-2019 di kantor Jalan Imam Bonjol, Medan

Kamis, 15 Nov 2018 22:30Berita Sumut

Resedivis Beraksi Membongkar Kantor Asuransi

Menyandang seorang resedivis, tidak mudah untuk bertobat. Itu tergantung orangnya, mau berubah nasib usai menjalani hukuman atau sebaliknya melakukan melawan hukum.

Kamis, 15 Nov 2018 22:15Nasional

Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E. memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-3

Kamis, 15 Nov 2018 22:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ge

Kamis, 15 Nov 2018 21:45Berita Sumut

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny : Polantas Sudah Melakukan Penindakan Sesuai Prosedur

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny menanggapi viralnya tayangan vidio yang diunggah di media sosial terkait personil lalu lintas Polres Asahan yang melakukan penindakan terhadap seorang lelaki pegendara sepeda motor Honda Vario warna merah BK.4668 VBL yang

Kamis, 15 Nov 2018 21:30Berita Sumut

Transparan untuk Lindungi Pegawai

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengatakan bahwa sistem kepegawaian saat ini akan menggunakan aplikasi elektronik yang transparan dan lebih melindungi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari pengaruh atau tekanan d

Kamis, 15 Nov 2018 21:15Berita Sumut

Sabrina Ajak Seluruh Masyarakat Bersama Lestarikan Lingkungan Hidup

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup. Dengan melestarikan lingkungan hidup berarti juga ikut menyelamatkan masyarakat sekitarnya.

Kamis, 15 Nov 2018 21:00Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Merauke

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan kunjungan kerja ke Merauke, Provinsi Papua.

Kamis, 15 Nov 2018 20:45Berita Sumut

Anton Panggabean Usulkan Penambahan Honor Guru dan Imam Mesjid

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang juga selaku panitia khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019 mengusulkan penambahan honor guru gereja dan imam mesjid di kota Medan. Penambahan itu dinilai sangat penting guna memaksimalkan ajaran agama kepada gen

Kamis, 15 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Wanita Tua Ini, Jual Narkoba, Berujung ke Terali Besi

Petugas Satuan Narkoba Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang wanita pengedar daun ganja kering pada (12/11/2018) kemarin dari tersangka petugas menyita 16 amplop dan kertas tiktak.

Kamis, 15 Nov 2018 20:15Berita Sumut

PT Medan Perberat Hukuman Tamin Sukardi Jadi 8 Tahun Penjara

Majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) Medan memperberat hukuman Tamin Sukardi (71) dalam perkara tindak pidana korupsi penjualan aset negara dengan nilai lebih dari Rp 132 miliar. Pengusaha ternama yang juga tertangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi