Buka Puasa Bersama 300 Abang Becak di Rumah Dinas,

Edy Rahmayadi: Ini Rumah Rakyat, Semua Boleh Masuk

Mtc Kamis, 16 Mei 2019 21:08 WIB
Matatelinga.com
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menggelar buka puasa bersama 300 Abang Becak di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41, Medan, Kamis (16/5/2019)
MATATELINGA, Medan:  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berbuka puasa bersama 300 abang becak di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (16/5/2019). Para abang becak itu berasal dari Kota Medan dan sekitarnya.



Ini merupakan buka puasa bersama abang becak pertama di Rumah Dinas Gubernur Sumut. Ratusan becak bermotor maupun becak dayung terlihat terparkir memenuhi halaman rumah dinas.

Gubernur mengatakan, Rumah Dinas Gubernur adalah rumah rakyat. Siapa saja yang kepengin boleh  memasukinya. Untuk itulah diadakan buka puasa bersama para abang becak. "Karena belum pernah makanya dibikin pernah, inikan rumah rakyat, semua rakyat boleh masuk, untuk dia masuk maka kita undang dia buka puasa bersama," ujarnya.



Sebelumnya Gubernur juga telah mengundang anak yatim dan para dai ke rumah dinas untuk berbuka puasa bersamanya. Selanjutnya gubernur akan mengundang masyarakat dari lintas profesi dan golongan. "Kita undang biar orang tahu semua di sini Rumah Dinas Gubernur," kata Edy Rahmayadi  didampingi istri yang juga Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Edy Rahmayadi tidak menyangka abang becak yang hadir ternyata melebihi jumlah undangan. Sebelum berbuka, terlihat masih ada abang becak yang masih menunggu di luar lantaran tidak memiliki undangan. Melihat itu, Edy langsung mengajak abang becak yang masih di luar untuk segera masuk, karena waktu berbuka hampir tiba.



"Saya minta maaf, saya tidak menyangka yang hadir lebih dari 300 orang, selanjutnya saya mau buka bersama kalian lagi, tapi dengan lebih banyak abang becak," kata Edy kepada abang becak pada saat memberi sambutan menjelang berbuka.

Pada kesempatan itu, Gubernur berpesan kepada abang becak agar tidak pernah berkecil hati. Menurutnya asal halal, abang becak jangan berputus asa dalam mencari kemuliaan. "Mulialah kalian, yang penting kalian mencari nafkah yang halal," ujarnya.



Selain itu, Gubernur juga berpesan agar abang becak selalu optimis dan mencintai kehidupan. "Cintailah kehidupan dengan apapun yang kita terima, karena hidup ini sementara," pesannya.

Para abang becak tampak gembira dan bersemangat menyantap hidangan yang tersedia saat berbuka puasa. Usai salat Maghrib, Gubernur memberikan bingkisan kepada para abang becak yang hadir.

Misriono, salah satu abang becak mengaku senang sekali telah diundang Gubernur ke rumah dinasnya. Ia merasa dihargai Gubernur sebagai abang becak. Seumur hidupnya baru kali ini ia buka puasa bersama dengan Gubernur Sumatera Utara di rumah dinasnya.

"Kami sangat berterima kasih dengan Gubernur, kami sebagai abang becak merasa sangat dipedulikan oleh pemerintah daerah," ujar Misriono senang.

Misriono juga mengharapkan agar Gubernur selalu mengadakan acara seperti ini. Acara pertemuan antara abang becak dengan gubernur diharapkan tidak sampai di sini saja. "Bisa nanti banyak acara lain, seperti kurban, jadi hubungan masyarakat dengan pemimpinnya semakin erat," katanya.

Senada dengan Misriono, abang becak lainnya M Yusuf juga sangat senang diundang Gubernur. Selama ini ia melihat hanya petugas atau pejabat saja yang masuk ke rumah dinas.

"Kami sangat bangga dan bahagia baru kali ini abang becak bisa makan di rumah dinas Gubernur, tidak hanya petugas dan pejabat, ternyata masyarakat biasa seperti kami bisa masuk dan berbuka puasa bersama Gubernur," kata Yusuf.

Turut hadir pada kesempatan itu OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta 300 abang becak. Terlihat pula ada beberapa abang becak yang membawa anak-anaknya.
Editor: Amrizal

T#g:300 Abang BecakMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPemprovsurumah Dinas PemprovsuTerkini
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 07:00Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polsek Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:30Bola

Kenapa Ashley Cole Memutuskan Tawaran Bergabung ke Chelsea

Ashley Cole akhirnya mengungkapkan apa yang menjadi alasan utama di balik keputusannya mengkhianati Arsenal. Cole menegaskan bahwa keputusannya meninggalkan Arsenal demi gabung dengan Chelsea bukanlah didasari faktor ekonomi.

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo

Senin, 25 Mei 2020 18:03Berita Sumut

Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 17:15Nasional

Ditengah Covid-19, Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Lebaran Dengan Sederhana di Papua

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di medan tugas dengan sederhana dan jauh dari keluarga tercinta serta ditengah pandemi covid-19