Edy Rahmayadi: Kita Harus Melayani Wisatawan

Mtc/rel Minggu, 10 Maret 2019 23:23 WIB
GOOGLE
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Edy Rahmayadi menggelar silaturahim dengan masyarakat muslim di Toba Samosir (Tobasa) sekaligus syukuran hari ulang tahunnya yang ke 58, Minggu (10/3/2019).
MATATELINGA, Tobasa: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Edy Rahmayadi menggelar silaturahim dengan masyarakat muslim di Toba Samosir (Tobasa) sekaligus syukuran hari ulang tahunnya yang ke 58, Minggu (10/3/2019). Pada pertemuan tersebut, masyarakat diimbau untuk bisa melayani seluruh wisatawan dengan baik.



"Saya datang dan bertemu dengan wisatawan asal Brunei Darussalam. Mereka bicara, bahwa Danau Toba ini milik dunia, jadi milik mereka juga. Mereka minta, permudah beribadah, seperti kaum muslimin," ujar Gubernur Edy Rahmayadi dalam sambutannya pada silaturahim di Pantai Pasir Putih, Porsea.

Pada silaturahim yang juga dihadiri tokoh masyarakat setempat itu, Gubernur berpesan kepada masyarakat agar bisa mengubah mental yang selama ini masih sepeti raja yang dilayani, menjadi bermental melayani. Sebab kunci dalam dunia pariwisata adala pelayanan kepada pengunjung.

"Jadi kita harus melayani, tidak perduli siapa mereka, yang penting mereka ke sini bawa uang. Lihat di Bali, mayoritas mereka Hindu, tetapi banyak tempat-tempat dibangun rumah ibadah, seperti masjid dan gereja," sebut Edy Rahmayadi.

Karena itu menyikapi perbedaan dalam beragama juga harus memperhatikan toleransi dan solidaritas. Sehingga siapapun tidak boleh terganggu ibadahnya saat berada di manapun, dan tugas negara (pemerintah) adalah mengamankannya. Begitu juga dengan perbedaan, katanya, tidak perlu dibesarkan-besarkan.

"Saya lihat anak kecil, mereka bermain bersama. Tak pernah bertanya apa agama mereka. Tetapi kenapa kita orang dewasa suka sekali tanya-tanya itu. Jadi selama ini tak bisa rapi, negara ini tak akan maju," sebutnya.



Sementara Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Edy Rahmayadi yang memasuki usia 58 tahun. Dirinya juga menyampaikan beberapa perkembangan terkait pembangunan di kawasan Danau Toba. Baik jalur objek wisata sampai fasilitas pendukung lainnya.

"Kita sekarang sedang mengupayakan bagaimana mental 'raja' ini berubah menjadi mental 'parhobas' (melayani). Khusus untuk destinasi, kita terus bangun bertahap. Semoga kita bisa lebih baik. Seiring bertambahnya usia Pak Edy, semoga bisa membawa Sumut lebih maju ke depan," sebutnya.

Pada acara tersebut, Ketua MUI Tobasa Johari Efendi Samosir menyampaikan bahwa seiring perhatian Gubernur terhadap kondisi Danau Toba, dirinya berdoa agar provinsi ini semakin bermartabat. Termasuk juga sudah mulai banyak pembangunan rumah ibadah seperti mushola di beberapa tempat seperti Pantai Pasir Putih di Porsea. "Tentu ini menjadi tugas kaum muslimin dan muslimat, juga dukungan dari Gubernur," sebutnya.



Acara syukuran juga diisi dengan pemberian tali asih kepada Tahfiz Al Qur'an, anak yatim, serta peresmian Mushola Al Ikhlas di Desa Parpareandua Pantai Pasir Putih Kecamatan Porsea. Termasuk pemberian upah-upah kepada Gubernur Edy Rahmayadi di ulang tahun ke-58 oleh tokoh adat.

Puluhan anak Tahfiz Al Quran dan anak yatim yang hadir, tampak terhibur dan bergembira saat mendengar Gubernur Edy Rahmayadi melantunkan lagu Bimbo "Tuhan Yang Maha Esa" di acara tersebut.

Hadir dalam acara, Ketua TP-PKK Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, Sekdaprov Sumut Dr Hj Sabrina, Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, Kadis Pariwisata Hidayati, Kadis Pemdes Aspan Sopian, Kadisdik Arsyad Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Abdul Haris Lubis, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler Lubis, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Azhar Harahap, Kadis Sosial Rajali, Kadisdukcapil Ismael Sinaga, Kadis P3A Nurlela, Kadis Perkim Ida Mariana, Kepala BPBD Riadil Akhir Lubis, Kepala BPKAD Agus Tripriyono, Kabiro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus, Kabiro Binsos M Yusuf, Kabiro Otda Basarin Tanjung, Kabiro Umum Faisal, dan Ketua Baznas Sumut H Amansyah.

(Mtc/rel)
Editor: FJR

T#g:blibliMatatelingaparawisata sumutSumutTerkiniTobaswisatawan
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 11:55Berita Sumut

Wagub Sumut Jamu Makan Malam UAS

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menjamu makan malam Ustad Abdul Somad (UAS), di kediamannya komplek Cemara Asri, Jumat malam (22/3).

Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers

Sabtu, 23 Mar 2019 09:00Nasional

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai parpol papan atas. Keputusan terbaru Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuktikan itu.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:45Nasional

Ketum Dharma Pertiwi: Tugas Taruna/Taruni Belajar dan Berlatih

Tugas para Taruna/Taruni di Akademi ini adalah belajar dan berlatih, karena apa yang didapatkan disini masih bersifat dasar-dasarnya saja

Sabtu, 23 Mar 2019 08:30Nasional

Jelang Pemilu 2019, Bakamla Telkom Kerja Sama Pengamanan Jalur SKKL

Menyambut agenda perhelatan nasional Pemilu 2019 pada bulan April mendatang, Telkom sebagai pihak yang diberikan amanat oleh pemerintah dalam penyediaan infrastruktur ICT

Sabtu, 23 Mar 2019 08:15Nasional

Aksi Nenek Panjat Pohon Sontak Viral & Undang Detakagum Warga Net

Seorang nenek berkemben hijau mendadak viral di dunia maya lantaran aksi nekatnya.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:00Bola

Gelandang Real Madrid Toni Kroos di Lepas

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, kembali dikabarkan akan merapat ke Old Trafford dalam waktu dekat.

Sabtu, 23 Mar 2019 07:45Lifestyle

Cocok Jadi Panutan, Berikut 5 Artis Ini Utamakan Gelar Akademis

Bekerja sebagai entertainer tentunya menyita banyak waktu. Jadwal mereka selalu padat, apalagi jika terikat beberapa kontrak pekerjaan sekaligus

Sabtu, 23 Mar 2019 07:30Internasional

2 Pasukan AS dan 1 Pasukan Khusus Afghanistan Tewas Usai Perang

Operasi bersama menghadapi Taliban di Afghanistan Utara, Juma't (22/3/2019)

Sabtu, 23 Mar 2019 07:15Internasional

Teroris Penyerang Masjid di Selandia Baru Terancam Penjara Seumur Hidup

Deputi Perdana Menteri Selandia Baru, Winston Peters menyatakan

Sabtu, 23 Mar 2019 07:00Bola

Manchester City Lebih Didominasi Juarai Liga Inggris Musim Ini

Manchester City lebih dijagokan ketimbang Liverpool untuk menjuarai Liga Inggris 2018-2019.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:45Bola

Berikut Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu Dini Hari

Sebanyak tujuh pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2020 digelar pada Sabtu (23/3/2019), dini hari WIB.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:30Ekonomi

Modal Kecil Untung Berlipat, ini Bisnis yang Kamu Cari, Yuk di Coba...

Tahu yang sering kita jumpai biasanya hanya digoreng, dibumbu bacem, atau dibuat sayur.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:15Nasional

Diduga Terlibat, 2 Pemuda Diciduk TNI-Polri usai Tawuran di Pasar

Anggota Kepolisian Sektor Pancoran mengamankan dua pemuda

Sabtu, 23 Mar 2019 06:00Bola

Timnas Inggris Antam Republik Ceko 5-0

Tim Nasional (Timnas) Inggris menjamu Republik Ceko di Wembley Stadium dalam babak kualifikasi Grup A Piala Eropa 2020.

Jumat, 22 Mar 2019 22:00Internasional

Puluhan Nyawa Melayang Usai 2 Bus Bertabrakan

Setidaknya 60 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas