Pos Pengamanan Kantor Gubsu Dilempari Batu,

Edy Rahmayadi Tidak Salahkan Massa

Mtc Rabu, 16 Januari 2019 07:13 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Pos pengamanan kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan dilempari batu, Selasa (15/1/2019). Kaca jendela pos pengamanan dan jendela mobil pecah, akibat pelemparan yang diduga dilakukan oleh sekelompok massa yang berunjukrasa.



Perisitiwa itu tidak ditanggapi serius oleh Gubsu Edy Rahmayadi. Menurutnya, hal itu hanya sebagai bentuk frustasi massa yang tidak mendapat respon saat demo. "Masyarakat yang emosi seperti ini tidak layak kita laporkan, kita perlu mencarikan mereka solusi. Seribukali demo, berkali-kali lempar batu, mau kita hukum dia, masalah ini juga tidak selesai, yang perlu untuk mereka solusi. Saya nanti akan ke pusat untuk mencari solusi masalah ini (Sari Rejo)," jelas Gubsu.

Namun, kata Gubsu, kalau tidak ada masalah lalu massa berbuat anarkis, hal itu baru masalah dan perlu ditindak. "Tetapi, kalau tidak ada angin tidak ada hujan berbuat anarkis itu yang salah, nah itu yang perlu kita selentik kepalanya. Nakal itu tidak benar, tetapi kita perlu melihat konteksnya (mengapa mereka nakal). Saya tidak setuju mereka salah. Nanti kita lihat, kita pelajari, tetapi yang terpenting kita cari Solusinya," tambah Edy.



Sedangkan untuk kerusakan kendaraan roda empat yang menjadi korban insiden pelemparan batu ini, Edy Rahmayadi mengatakan akan menjadi tanggung jawab gubernur. "Untuk kendaraan yang terkena lemparan batu, ya Gubernur lah yang betulin," tegas Edy.

Sebelumnya, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 12:00 WIB, massa melintasi kantor Gubsu yang menyebabkan kemacatan dan kemudian mencoba masuk ke Kantor Gubsu. Petugas pengamanan mencoba menghalangi masa yang ingin masuk, tetapi mereka langsung membalas dengan lemparan batu ke dalam lingkungan kantor Gubsu, yang mengakibatkan kerusakan kendaraan roda empat dan sebagian kaca jendela pos pengamanan.

Menurut keterangan penjaga pos pengamanan Kantor Gubsu Zainuddin Hasibuan,  masa mencoba masuk ke dalam Kantor Gubsu, ketika ditanya beberapa orang dari kerumunan ini melempari batu ke arah pos pengamanan.



"Tadi siang ada pendemo yang lewat di depan Kantor Gubernur, di depan macat dan mereka turun dari kendaraannya mencoba untuk masuk ke kantor. Saya tanya ini ada apa, langsung ada lemparan batu dari belakang. Saya langsung mencoba menutup gerbang. Biasanya kan ada surat kalau demo, tetapi ini tidak ada jadi kita bingung," kata Zainuddin.

Sebelumnya tidak ada surat atau laporan terkait demo di Kantor Gubernur sehingga tidak ada pengamanan dari pihak kepolisian. Pengamanan di Kantor Gubernur juga seperti biasa, tidak prosedur pengamanan untuk demo.

Beberapa media sempat melaporkan insiden ini merupakan teror ke kantor Gubernur Sumatera Utara, tetapi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Provinsi Sumatera Utara, Ilyas Sitorus menegaskan ini sama sekali bukan teror.

"Terlalu jauh kalau kita katakan ini teror. Di beberapa media mengatakan kantor Edy Rahmayadi diteror, dilempari, tidak seperti itulah, ini yang kena kan hanya pos pengamanan, masih jauh dari kantor," kata Ilyas Sitorus.

(Mtc)
Editor: Amrizal

T#g:blibliGubsu Edy RahmayadiMassa lempar Kantor GubsuMatatelingaOLXPelempar Pos PengamananPemprovsuSumutTerkini
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 22:15Lifestyle

Sering Mimpi Orang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan anak Indigo

Mimpi adalah sebuah kondisi dimana seseroang akan melihat visualisasi di alam bawah sadar mereka. Mimpi adalah hal yang lumrah dan sering dialami oleh semua orang.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:00Nasional

Kembali Maskapai Penerbangan Bersimbol Singa ini Kejutkan Penumpangnya

Seorang penumpang Pesawat Lion Air yang tergelincir di landas pacu Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengalami trauma dan masih dirawat di rumah sakit.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:45Berita Sumut

Menteri Hukum dan HAM Memungut Sampah

Seribuan warga Fun Walk Bersama Bersama Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Medan, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 21:30Lifestyle

Penyakit Jantung Tidak Berbahaya Terhadap Hubungan Seks, Berikut Penjelasanya

Penyakit jantung memang sangat ditakuti oleh semua orang karena keganasannya. Penyakit ini juga dapat merenggut nyawa orang penderitanya. Oleh karena itu, banyak orang yang belum terkena penyakit ini lebih menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Lalu, yan

Sabtu, 16 Feb 2019 21:15Nasional

BPPTKG: Kembali Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Begini Kondisinya

Gunung Merapi kembali memuntahkan lava pijar ke arah Kali Gendol hingga sejauh 800 meter. Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi dan radius tiga kilometer dari puncak harus steril dari kegiatan warga.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:00Internasional

AS Lakukan Sabotase Peluncuran Satelit Iran

Menteri luar negeri Iran mengatakan ada upaya sabotase Amerika Serikat di balik gagalnya dua peluncuran satelit milik Iran dalam beberapa bulan terakhir.

Sabtu, 16 Feb 2019 20:45Nasional

Kasum TNI Ikuti Kejurnas Menembak Pangdam Jaya 2019

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri pembukaan dan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lomba Menembak Pangdam Jaya 2019 di Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/1/F Kodam Jaya, Cikupa, Tangerang, Provinsi Banten, Sa

Sabtu, 16 Feb 2019 20:01Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tali Asih Bagi Warga Kurang Mampu

Wujud dari keperdulian Polri terhadap warga yang kurang mampu, Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru berbagi Tali Asih kepada warga binaannya yang kurang mampu, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 19:23Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakor Antisipasi Permasalahan/Hambatan pada Pileg dan Pilpres TA. 2019

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Permasalahan/Hambatan pada Pileg dan Pilpres TA. 2019,Jumat (15/2/2019) bertempat di di Ruang Rapat Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jln Pangeran Di

Sabtu, 16 Feb 2019 18:51Berita Sumut

Caleg Hanura Rianto SH Sebagai Anak Boru Hima Lubis Untuk Didukung Maju DPRD Medan

Yang menarik dalam Rakerwil Pertama Hima Lubis Dohot Boruna, yang berlangsung di Hotel Garuda Plaza Sabtu (16/2/2019) yabg dihadiri para sesepuh dan toko bermagra lubis.

Sabtu, 16 Feb 2019 17:53Berita Sumut

Kapoldasu Melepas 2000 NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto melepas 2.000 rider dalam acara NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019, bertempat di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Sabtu (16/2/2019)

Sabtu, 16 Feb 2019 17:28Berita Sumut

Belasan Rumah Terbakar di Dairi, Warga Harap Bantuan Pemerintah

Sebanyak 14 unit rumah warga di Desa Lae Parira, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi pada Jumat (15/2/2019) siang ludes diamuk si jago merah. Saat ini korban kebakaran mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Sabtu, 16 Feb 2019 15:15Berita Sumut

JPU : Kompol Fahrizal Sudah Dieksekusi ke Rumah Sakit Jiwa

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan mengungkapkan Kompol Fahrizal yang dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan sudah diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa. Hal ini sebagaimana perintah majelis hakim PN Medan dalam amar putusan.

Sabtu, 16 Feb 2019 14:49Berita Sumut

Kawanan Preman yang Videonya Viral Saat Peras Pedagang Ayam Potong Diciduk Polisi

Kawanan preman yang videonya viral di media sosial saat memeras pedagang ayam di salah satu pajak di kawasan Marendal akhirnya diringkus polisi. Ada tiga orang pelaku yang diduga terlibat pemerasan diringkus Polsek Patumbak.

Sabtu, 16 Feb 2019 13:43Berita Sumut

Merubah Pandangan Masyarakat, Yayasan Dwiwarna Gelar Pameran Karya Inovasi Terbaik Siswa

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Yayasan Pendidikan Dan Sosial Dwiwarna Medan Jl. Gedung Arca No. 52 Medan, gelar Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa/i, yang berlangsung selama dua hari berturut -

Sabtu, 16 Feb 2019 13:03Berita Sumut

Rektor USU Apresiasi Penutupan 9 PTS di Sumut

Langkah Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) menutup sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara karena tidak adanya dosennya yang mengajar di PTS tersebut diapresiasi Rektor USU Prof. Runtung Sitepu.