• Home
  • Berita Sumut
  • Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Faeza Jumat, 24 Mei 2019 17:03 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa pro
MATATELINGA,  Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa proses assessment berjalan selektif.


Dalam tuntutannya, mahasiswa mempertanyakan pengambilan keputusan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkait pelantikan pejabat Eselon II, sekaligus mutasi dan evaluasi posisi jabatan yang mereka sebut 'non job'. Menurut mereka, beberapa nama yang diangkat sebagai pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumut diduga bermasalah, meskipun tidak dijelaskan secara rinci oleh mahasiswa.

Begitu juga soal assessment yang dijalankan dengan mendatangkan para ahli (profesor) guna menyeleksi para pejabat agar sesuai antara kemampuan dengan jabatan yang akan diemban. Mahasiswa juga mempertanyakan prosesnya, mengingat hal itu dilakukan melibatkan pihak akademisi.


Menjawab itu, Gubernur menegaskan bahwa tuntutan mahasiswa terkait pejabat yang diduga bermasalah, dirinya meminta kepastian dan bukti. Sebab jika tidak, maka tuduhan yang tidak mendasar bisa juga berimplikasi hukum sebagai pencemaran nama baik.

 "Ini kita pakai hukum positif. Tidak bisa kita menuduh begitu saja. Kalau memang ada bukti, laporkan ke saya, langsung kita proses, penjarakan dia. Tetapi jangan asal tuduh dan katanya saja," sebut Gubernur, saat menerima pengunjukrasa di Ruang Wartawan (Press Room), Kantor Gubernur Sumut.

 Sementara, soal assessment atau proses seleksi para pejabat sebelum diambil keputusan mutasi atau promosi jabatan, Gubernur juga menegaskan bahwa hal itu berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Dicontohkannya seperti membentuk panitia seleksi (pansel), melibatkan para guru besar (akademisi) dari berbagai kampus dengan disiplin ilmu masing-masing.


"Yang seleksi itu bukan saya, ada guru besar/profesor yang menilai dan menyeleksi. Jadi bukan saya yang seleksi. Tetapi memang assessment itu untuk saya (Gubernur)," tegas Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

 Dari pansel tersebut lanjut Gubernur, dipilih beberapa nama sesuai peringkat masing-masing. Adapun hasilnya mengeluarkan peringkat untuk satu jabatan tertentu. Pun begitu, dirinya menjelaskan bahwa sebagian besar yang terpilih adalah yang menempati peringkat pertama. Sebab ada kriteria yang dipilihnya.

 "Yang pertama itu intelektual, kemudian psikologis. Jadi kalaupun intelek (cerdas), kita lihat tabiatnya. Yang jelas, hampir semua yang peringkat satu itu saya pilih," jelas Edy.

 Sementara selain tuntutan tersebut, perwakilan mahasiswa yang disampaikan Fauzi (ITM) bahwa mereka mendukung upaya Gubernur-Wakil Gubernur menjadikan Sumut Bermartabat. Sehingga seluruh jajaran OPD harus diisi oleh orang yang berkompeten dan bersih.

 "Kami mendukung pemerintahan ini melalui pengumpulan seribu tandatangan, agar bisa terwujud Sumut bermartabat," ujar Fauzi, yang selanjutnya membubarkan diri bersama belasan rekannya yang lain.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kaiman Turnip, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Anthony Siahaan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zonny Waldi, dan Plt Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Mhd Fitriyus. (mtc) 
Editor: faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanSumutTerkini
Komentar
Selasa, 04 Agu 2020 23:00Lifestyle

Tabungan Masa Pensiun Sudah di Persiapkan dengan Bangun Pesantren

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi.

Selasa, 04 Agu 2020 22:00Ekonomi

Nampaknya Terus 'Meroke't Harga Emas

Harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, telah mencapai Rp 1.028.000 per gram yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.

Selasa, 04 Agu 2020 21:46Ekonomi

Kompak, Rupiah di kurs Tengah Bank Indonesia

Kompak, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga berhasil menutup hari ini dengan penguatan. Mata uang Garuda tercatat naik 0,11% ke level Rp 14.697 per dolar AS.

Selasa, 04 Agu 2020 21:30Internasional

Satu Keluarga Majikan,Diduga Aniaya Pembantu IRT Asal Indonesia

Tiga anggota keluarga yang dicurigai menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di sebuah rumah Pantai Remis, dekat Manjung, Perak, Malaysia, telah ditahan Polisi Malaysia.

Selasa, 04 Agu 2020 21:15Berita Sumut

WBC Serang Padi di 5 Kecamatan di Serdang Bedagai, 1,6 Hektare Puso

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut). Ada 5 kecamatan yang saat ini terdapat serangan wereng batang coklat (WBC) namun masih di bawah ambang kendali.

Selasa, 04 Agu 2020 21:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia Vice President Divisi Regional I Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Vice President Divisi Regional I Sumut, Bapak Daniel Johanes Hutabarat Selaku Vice President Divisi Regional I Sumut

Selasa, 04 Agu 2020 20:45Nasional

Perlindungan: Data Pribadi Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, persoalan perlindungan data pribadi adalah yang perlu dipertimbangkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali bicara soal pentingnya data.

Selasa, 04 Agu 2020 20:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut, El Adrian Shah, S.E Selaku Ketua

Selasa, 04 Agu 2020 20:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Perbaiki Pompa dan Pipa Suction IPA Limau Manis

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan perbaikan pompa dan pipa suction di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis guna peningkatan pelayanan.

Selasa, 04 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Terus Menyentuh Warga Kurang Mampu

Polsek Patumbak terus menyentuh warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19.

Selasa, 04 Agu 2020 19:45Ekonomi

Stok Elpiji 3 Kg Aman, H Mahmuzar Apresiasi Pertamina

Gas Elpiji ukuran 3 kilogram bersubsidi, untuk kebutuhan masyarakat terbilang aman.Distribusinya selama pandemi covid 19 terbilang berjalan lancar. Karena itu, masyarakat jangan khawatir soal ketersedian gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

Selasa, 04 Agu 2020 19:30Nasional

Kasetukpa Lemdiklat Polri Melaksanakan Kunjungan ke Yasayan PASIM

Kasetukpa Lemdiklat Polri melaksanakan kunjungan ke Yasayan PASIM (Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen) Jalan Prana no 8A. Kecamatan cikole, kelurahan cikole kota sukabumi.

Selasa, 04 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pemprovsu Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Atasi Covid 19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan.

Selasa, 04 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Mari Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Pemko Medan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur terkait.

Selasa, 04 Agu 2020 18:30Nasional

Kabaharkam Polri: Pekerjaan Polisi Sesungguhnya Adalah Sholat

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

Selasa, 04 Agu 2020 18:02Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ringkus Kaek Bawa 1 Kg Ganja

Tim Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria karena diduga kepemilikan ganja seberat 1 kilogram (Kg).