• Home
  • Berita Sumut
  • Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Faeza Jumat, 24 Mei 2019 17:03 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa pro
MATATELINGA,  Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa proses assessment berjalan selektif.


Dalam tuntutannya, mahasiswa mempertanyakan pengambilan keputusan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkait pelantikan pejabat Eselon II, sekaligus mutasi dan evaluasi posisi jabatan yang mereka sebut 'non job'. Menurut mereka, beberapa nama yang diangkat sebagai pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumut diduga bermasalah, meskipun tidak dijelaskan secara rinci oleh mahasiswa.

Begitu juga soal assessment yang dijalankan dengan mendatangkan para ahli (profesor) guna menyeleksi para pejabat agar sesuai antara kemampuan dengan jabatan yang akan diemban. Mahasiswa juga mempertanyakan prosesnya, mengingat hal itu dilakukan melibatkan pihak akademisi.


Menjawab itu, Gubernur menegaskan bahwa tuntutan mahasiswa terkait pejabat yang diduga bermasalah, dirinya meminta kepastian dan bukti. Sebab jika tidak, maka tuduhan yang tidak mendasar bisa juga berimplikasi hukum sebagai pencemaran nama baik.

 "Ini kita pakai hukum positif. Tidak bisa kita menuduh begitu saja. Kalau memang ada bukti, laporkan ke saya, langsung kita proses, penjarakan dia. Tetapi jangan asal tuduh dan katanya saja," sebut Gubernur, saat menerima pengunjukrasa di Ruang Wartawan (Press Room), Kantor Gubernur Sumut.

 Sementara, soal assessment atau proses seleksi para pejabat sebelum diambil keputusan mutasi atau promosi jabatan, Gubernur juga menegaskan bahwa hal itu berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Dicontohkannya seperti membentuk panitia seleksi (pansel), melibatkan para guru besar (akademisi) dari berbagai kampus dengan disiplin ilmu masing-masing.


"Yang seleksi itu bukan saya, ada guru besar/profesor yang menilai dan menyeleksi. Jadi bukan saya yang seleksi. Tetapi memang assessment itu untuk saya (Gubernur)," tegas Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

 Dari pansel tersebut lanjut Gubernur, dipilih beberapa nama sesuai peringkat masing-masing. Adapun hasilnya mengeluarkan peringkat untuk satu jabatan tertentu. Pun begitu, dirinya menjelaskan bahwa sebagian besar yang terpilih adalah yang menempati peringkat pertama. Sebab ada kriteria yang dipilihnya.

 "Yang pertama itu intelektual, kemudian psikologis. Jadi kalaupun intelek (cerdas), kita lihat tabiatnya. Yang jelas, hampir semua yang peringkat satu itu saya pilih," jelas Edy.

 Sementara selain tuntutan tersebut, perwakilan mahasiswa yang disampaikan Fauzi (ITM) bahwa mereka mendukung upaya Gubernur-Wakil Gubernur menjadikan Sumut Bermartabat. Sehingga seluruh jajaran OPD harus diisi oleh orang yang berkompeten dan bersih.

 "Kami mendukung pemerintahan ini melalui pengumpulan seribu tandatangan, agar bisa terwujud Sumut bermartabat," ujar Fauzi, yang selanjutnya membubarkan diri bersama belasan rekannya yang lain.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kaiman Turnip, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Anthony Siahaan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zonny Waldi, dan Plt Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Mhd Fitriyus. (mtc) 
Editor: faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanSumutTerkini
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 19:16Nasional

Bakamla RI Ajak K/L Tingkatkan Keamanan di Grey Area Laut Natuna Utara

Direktur Strategi Kamla Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, S.IP. mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan pengamanan ZEE, khususnya di Unresolved Maritime Boundary Area di Laut Natuna Utara

Jumat, 15 Nov 2019 19:01Berita Sumut

Mayarakat Kota Medan, Beri Dukungan Kinerja Kepolisian Jajaran Poldasu

Masyarakat Kota Medan terus memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian untuk melawan paham radikal dan terorisme, pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Jumat, 15 Nov 2019 18:30Berita Sumut

Bawaslu Kabupaten Asahan Sosialisasikan Pilkada Serentak ke Jurnalis

Guna merajut sinergitas Bawaslu Kabupaten Asahan bersama jurnalis menggelar acara Sosialisasi Pengawasan dan Pencegahan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan Tahun 2020, Jum'at (15/11/2019) di hotel Marina Kisaran .

Jumat, 15 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Maporestabes Medan, Kakak Beradik di Sicanang Diamankan Polisi

Dua orang warga lingkungan 20 Jalan Sentosa Barat Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan yang diduga terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan diamankan petugas Polda Sumatera pada Kamis malam (14/11/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Sa

Jumat, 15 Nov 2019 18:01Berita Sumut

Tuahman Purba Prihatin Dengan Pembuangan Bangkai Babi ke Sungai

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut dr.Tuahman F Purba menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap oknum-oknum yang membuang bangkai babi ke sungai, ke danau dan info terbaru ada yang buang bangkai babi ke pinggir jalan dengan cara membungkusnya dalam goni.

Jumat, 15 Nov 2019 18:00Lifestyle

Chef Renata Buat Saksang Guiness di Medan

Saksang identik dengan makanan yang dibuat dengan babi dan anjing. Namun oleh chef Renata Moeloek, Saksang dibuat dari daging sapi.

Jumat, 15 Nov 2019 17:45Nasional

Momen saat Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Ada hal unik dan menarik pada pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture Tahun 2019 yaitu “Lomba Memasak Nasi Goreng” yang diikuti oleh para Atase Pertahanan dan Isteri dari negara-negara sahabat.

Jumat, 15 Nov 2019 17:28Berita Sumut

Hasil Pra Studi Kelayakan PLTGU Diserahkan, Gubsu Harap Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2019 lalu, PT Hanlim Power Indonesia (HPI) telah

Jumat, 15 Nov 2019 17:14Berita Sumut

16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Sebanyak 16 pelajar asal Kota Medan akan mengikuti program pertukaran pelajar (student exchange program) ke kota Gwangju, Korea Selatan . Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Gwangju. Rencananya,

Jumat, 15 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Polsek Medan Baru Sosialisasikan Larangan Ternak Kaki Empat

Kapolsek Medan Baru yang diwakili oleh Wakapolsek AKP Uli Lubis SH, bersama tiga pilar menyampaikan sosialisasi tentang larangan pemeliharaan ternak kaki empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Sei Putih Tengah Kec. Medan Petisah, Jumat (1

Jumat, 15 Nov 2019 15:59Berita Sumut

Bupati Soekirman Resmikan BUMDes Bersama Kecamatan Bintang Bayu

BUMDes Bersama " Bintang Harapan" Kecamatan Bintang Bayu diresmika langsung Bupati Sergai Soekirman, Jumat, 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 15:14Berita Sumut

Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi

Masalah pentingnya menjaga kebersihan kembali menjadi salah satu topik utama yang ditekankan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Baabul Falah Jalan Karya Bakti Lingkungan IX, Kelurahan

Jumat, 15 Nov 2019 14:57Berita Sumut

Bupati Soekirman Buka Rakerda PKK Sergai

Bupati Soekirman membuka Rakerda PKK Sergai di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Polda Sumut dan 3 Perguruan Tinggi di Medan Jalin Kerjasama Peningkatan SDM

Polda Sumatera Utara dan rektor dari tiga perguruan tinggi di Medan menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Tiga universitas yang terlibat dalam kerjasama itu yakni, USU, UNIMED dan UMSU.

Jumat, 15 Nov 2019 14:15Berita Sumut

Kepergok Korban, Maling Motor di Kos-kosan Berhasil Diringkus Polisi

Seorang maling sepeda motor yang beraksi di kos-kosan Jalan Jati III Gang Ampera, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota berhasil diringkus polisi. Namun seorang rekannya berhasil kabur dan kini tengah diburu pihak kepolisian.

Jumat, 15 Nov 2019 14:00Berita Sumut

Korupsi Anggaran HUT Pemkab, Kaban Kesbangpol Paluta Dituntut 2 Tahun Penjara

Kaban Kesbang Pol Kabupaten Paluta Mahlil Rambe (58) dituntut dua tahun penjara oleh penuntut umum Tipikor Kejari Paluta dalam persidangan di Ruang Cakra1 Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (14/11). Selain Mahlil, Juntan Harahap selaku Pejabat Pelaksana Tekn