• Home
  • Berita Sumut
  • Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Faeza Jumat, 24 Mei 2019 17:03 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa pro
MATATELINGA,  Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahwa proses assessment berjalan selektif.


Dalam tuntutannya, mahasiswa mempertanyakan pengambilan keputusan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkait pelantikan pejabat Eselon II, sekaligus mutasi dan evaluasi posisi jabatan yang mereka sebut 'non job'. Menurut mereka, beberapa nama yang diangkat sebagai pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumut diduga bermasalah, meskipun tidak dijelaskan secara rinci oleh mahasiswa.

Begitu juga soal assessment yang dijalankan dengan mendatangkan para ahli (profesor) guna menyeleksi para pejabat agar sesuai antara kemampuan dengan jabatan yang akan diemban. Mahasiswa juga mempertanyakan prosesnya, mengingat hal itu dilakukan melibatkan pihak akademisi.


Menjawab itu, Gubernur menegaskan bahwa tuntutan mahasiswa terkait pejabat yang diduga bermasalah, dirinya meminta kepastian dan bukti. Sebab jika tidak, maka tuduhan yang tidak mendasar bisa juga berimplikasi hukum sebagai pencemaran nama baik.

 "Ini kita pakai hukum positif. Tidak bisa kita menuduh begitu saja. Kalau memang ada bukti, laporkan ke saya, langsung kita proses, penjarakan dia. Tetapi jangan asal tuduh dan katanya saja," sebut Gubernur, saat menerima pengunjukrasa di Ruang Wartawan (Press Room), Kantor Gubernur Sumut.

 Sementara, soal assessment atau proses seleksi para pejabat sebelum diambil keputusan mutasi atau promosi jabatan, Gubernur juga menegaskan bahwa hal itu berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Dicontohkannya seperti membentuk panitia seleksi (pansel), melibatkan para guru besar (akademisi) dari berbagai kampus dengan disiplin ilmu masing-masing.


"Yang seleksi itu bukan saya, ada guru besar/profesor yang menilai dan menyeleksi. Jadi bukan saya yang seleksi. Tetapi memang assessment itu untuk saya (Gubernur)," tegas Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

 Dari pansel tersebut lanjut Gubernur, dipilih beberapa nama sesuai peringkat masing-masing. Adapun hasilnya mengeluarkan peringkat untuk satu jabatan tertentu. Pun begitu, dirinya menjelaskan bahwa sebagian besar yang terpilih adalah yang menempati peringkat pertama. Sebab ada kriteria yang dipilihnya.

 "Yang pertama itu intelektual, kemudian psikologis. Jadi kalaupun intelek (cerdas), kita lihat tabiatnya. Yang jelas, hampir semua yang peringkat satu itu saya pilih," jelas Edy.

 Sementara selain tuntutan tersebut, perwakilan mahasiswa yang disampaikan Fauzi (ITM) bahwa mereka mendukung upaya Gubernur-Wakil Gubernur menjadikan Sumut Bermartabat. Sehingga seluruh jajaran OPD harus diisi oleh orang yang berkompeten dan bersih.

 "Kami mendukung pemerintahan ini melalui pengumpulan seribu tandatangan, agar bisa terwujud Sumut bermartabat," ujar Fauzi, yang selanjutnya membubarkan diri bersama belasan rekannya yang lain.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kaiman Turnip, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Anthony Siahaan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zonny Waldi, dan Plt Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Mhd Fitriyus. (mtc) 
Editor: faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comMedanSumutTerkini
Komentar
Rabu, 18 Sep 2019 09:45Nasional

Sebelum dan Sesudah Kunjungi Lokasi Kebakaran Hutan, Sepatu Jokowi Viral

Beserta rombongan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya sambangi lokasi kebakaran hutan di kawasan Pelalawan, Riau, belum lama ini

Rabu, 18 Sep 2019 09:30Internasional

Bocah Merokok di Stadion Hebohkan Warganet, Ternyata

Selama pertandingan yang disiarkan televisi antara Bursaspor dan Fenerbahce, dua klub sepak bola asal Turki, pemirsa disuguhi beberapa pemandangan yang mengganggu

Rabu, 18 Sep 2019 09:15Bola

Meski Tanpa Neymar dan Mbappe, Varane Tetap Anggap PSG sebagai Lawan Berat

Laga pertama Grup A Liga Champions 2019-2020. Bek Real Madrid, Raphael Varane, menganggap Paris Saint Germain (PSG)

Rabu, 18 Sep 2019 09:00Internasional

Kevin Hart Dituntut Rp844 Miliar

Minta ganti rugi dari sang aktor sebesar USD60 juta atau setara Rp844,5 miliar. Montia Sabbag menuntut aktor dan komedian Kevin Hart

Rabu, 18 Sep 2019 08:45Lifestyle

Mengenal Dibbler, Salah Satu Mamalia Terlangka di Dunia

Kali ini ada yang tak kalah uniknya yang biasanya Australia identik dengan hewan koala. Belum banyak orang yang mengetahui tentang bagaimana rupa hewan ini

Rabu, 18 Sep 2019 08:30Bola

Liga Champions 2019-2020, Rabu 18 September 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan menarik pun telah berlangsung di ajang Liga Champions 2019-2020 resmi dimulai

Rabu, 18 Sep 2019 08:15Lifestyle

Ingin Bercinta Tanpa Miss V Harus Mengalami Sakit, Ini 5 Posisi Paling Tepat

Ada beberapa penyebab yang memicu terjadinya dyspareunia. Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal BJOG

Rabu, 18 Sep 2019 08:00Bola

Napoli Bekuk Liverpool 2-0

Laga perdana Grup E Liga Champions 2019-2020. Napoli sukses menaklukkan Liverpool. Bermain di Stadio San Paolo

Rabu, 18 Sep 2019 07:05Bola

Marco Verratti, Mengaku Tak Sabar Melakoni laga Perdana Liga Champions

Pada pertandingan pembuka Liga Champions musim ini, PSG akan tampil di hadapan publik sendiri, Parc des Princes

Rabu, 18 Sep 2019 06:15Nasional

Kontra Bus Dengan Mobil Tangki, di Kabarkan Delapan Tewas dan Puluhan Luka Luka

Delapan orang dikabarkan tewas dalam kecelakaan lalu lintas antara bus Rosalia Indah bernomor polisi AD-1666-CE dan truk tangki dengan nomor polisi BE-9291-YJ di Jalan Lintas Tengah Sumatera KM 229, Kampung Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung

Rabu, 18 Sep 2019 06:00Berita Sumut

Kadispora Buka Kejuaraan Biliar Junior U 20 Piala Gubsu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu (Kadisporasu) H Baharuddin Siagian SH MSi membuka Kejuaraan Biliar Junior U 20 Piala Gubsu, Selasa (17/9/2019) di Puslat POBSI Sumut Jl Kapt. Pattimura Medan

Selasa, 17 Sep 2019 20:45Nasional

Kapolri Dampingi Presiden RI Meninjau Lokasi Karhutla di Riau

Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mendampingi langsung Presiden RI dalam meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru Riau.

Selasa, 17 Sep 2019 20:30Berita Sumut

Anggota DPRD Sumut : " Saya Minta Lokasi Penggerebekan Galian C di Tutup Secara Permanen"

Terkait dengan penggerebekan Galian C ilegal oleh Sat reskrim Polres Binjai,Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba yang kini sudah menjabat sebagai anggota DPRD Sumut, sangat apresiasi dan mendukung.

Selasa, 17 Sep 2019 20:15Berita Sumut

Kedua Kalinya Sat Reskrim Polres Binjai Grebek Lokasi Galian C

Untuk yang kedua kalinya dimasa kepemimpinan Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto, melakukan penggerbekan Galian C ilegal yang disebut juga sebagai Pantai Acong , Selasa (17/9/2019), sekira pukul 14:30 Wib.

Selasa, 17 Sep 2019 20:00Berita Sumut

Walikota Binjai Hadiri Pelantikan 30 Anggota DPRD Binjai

Pelantikan sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai periode 2019-2024. Pelantikan berlangsung di gedung dewan sementara, Jl T Amir Hamzah, Kec. Binjai Utara, Selasa (17/9/2019).

Selasa, 17 Sep 2019 19:45Nasional

Panglima TNI : Prajurit TNI Dapatkan Kepercayaan Emban Tugas Internasional

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kompi Zeni (Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXVII F United Nations Multi-Dimensional Intergrated Stabilization Mission in Central in Africa (Minusca Car) mendapatkan kehormatan