• Home
  • Berita Sumut
  • Festival Pesona Lokal Dukung Pengembangan Budaya & Kemajuan Pariwisata

Festival Pesona Lokal Dukung Pengembangan Budaya & Kemajuan Pariwisata

Faeza Minggu, 21 Oktober 2018 16:15 WIB
Mtc/ist
Lebih dari 7.000 warga Kota Medan ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal yang digelar di halaman Istana Maimun Medan, Minggu (21/10). Selain dimeriahkan dengan lomba karnaval budaya, event ini juga menampilkan fashion show Batik Medan hasil kreasi Ketua
MATATELINGA, Medan: Lebih dari 7.000 warga Kota Medan ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal  yang digelar di halaman Istana Maimun Medan, Minggu (21/10/2018). Selain dimeriahkan dengan lomba karnaval budaya, event ini  juga menampilkan fashion show Batik Medan hasil kreasi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani sekaligus launching Tarian Ahoi. Kegiatan  hasil kerjasama Pemko Medan, dengan iNews TV dan PT Adira Dinamika Multi Finace diharapkan dapat menjadi momentum mengeliatkan sekaligus memajukan  pariwisata di ibukota Provinsi Sumatera Utara.


Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota Medan beserta sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan ikut menghadiri Festival Pesona Lokal tersebut. Bahkan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota sempat ikut berjoget bersama dengan 428 penari saat  Tarian Ahoi dilaunching. Tarian yang merupakan hasil kolaborasi seni dan musik Melayu serta gerakan tarian dan olahraga diharapkan dapat mem-booming seperti Tarian Poco Poco dan Tari Gemu Famire.


Festival Pesona Lokal dimulai dengan pelepasan perlombaan karnaval budaya yang diikuti ribuan peserta oleh Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota beserta Direktur PT  MNC Group, Arya Sinulingga, Chief Financial Officer PT  Adira Dinamika Multi Finance  I Dewa Made Susila, unsur Forkopimda Kota Medan dan Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriomo.  

Pelepasan dilakukan Wali Kota dari depan Istana Maimun, iringan pertama yang dilepas adalah mobil antik, becak bermotor, komunitas sepeda ontel, mobil hias, para peserta yang mengenakan pakaian tradisionil dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan dan pakaian olahraga dengan selempang kain tradisionil dan  drum band.


Iringan karnaval budaya yang menggambarkan kondisi multikultural Kota Medan mendapat apresiasi dan aplaus meriah dari warga di sepanjang jalan yang dilintasi sepanjang lebih kuang 2,8 Km diantaranya Jalan Brigjen Katamso, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Multatuli , Jalan Juanda serta finish kembali di Jalan Brigjen Katamso (Istana Maimun).

Selesai perlombaan karnaval budaya, acara dilanjutkan dengan sejumlah pertunjukan yang diawali penampilan band dan tarian dari Pemko Medan dengan mengusung keberagaman etnis dan budaya di Kota Medan. Kemudian diikuti Tarian Perang dan Ombo Batu dari Pulau Nias, pertunjukan musik kecapi,  Tarian 1000 Tangan serta fashion show dari sejumlah model dari Kota Medan yang mengenakan busana Batik Medan hasil karya Hj Rita Maharani.

Selanjutnya ribuan pengunjung disungguhi pertujuhan Tarian Ahoi yang sengaja dilaunching untuk pertama kalinya di ajang Festival  Pesona Lokal. Tarian yang menggabungkan unsur gerakan olahraga dan tarian serta sentuhan musik Melayu dibawakan sebanyak 428 orang penari sebagai simbol simbol usia Kota Medan yang kini telah 428 tahun sejak didirikan pertama kali oleh Guru Patimpus. Bahkan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota pun ikut  menari bersama seluruh penari hingga berakhirnya Tarian Ahoi.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat Kota Medan yang hadir dan mengikuti seluruh kegiatan yang diperlombakan dalam Festival Pesona Lokal, Wali Kota pun mengaku  sangat puas. Eldin berharap agar Dinas Pariwisata dapat terus menjalin kerjasama dengan iNews TV dan PT Adira sehingga Festival Pesona Budaya Lokal dapat masuk dalam kalendet pariwisata karena diyakini dapat mendukung kemajuan pariwisata di Kota Medan.

"Saya berharap agar festival ini menjadi momentum bagi kita dalam mengembangkan budaya yang ada di Kota Medan. Itu sebabnya saya sangat mengpresiasi dan mendukung penuh dilaksanakannya Festival Pesona Lokal ini. Melalui kegiatan ini, mari terus kita lestarikan seluruh budaya yang ada di Kota Medan," kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali kota menyampiakan ucapan terima kasihnya kepada smeua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan Festival Pesona Lokal, terutama dan iNews TV dan PT Adira.  "Semoga setiap tahunnya festival seperti ini digelar di Kota Medan dan jauh lebih meriah lagi. Tentunya ini sangat mendukung dalam pengembangan dan kemajuan pariwisata di Kota Medan," ungkapnya seraya melakukan peninjauan terhadap sleuruh stand yang ada di halaman Istana Maimun.

Selain perlombaan karnaval budaya, fashion show Batik Medan, launching Tarian Ahoi, Festival Pesona Lokal juga dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan lainnya seperti lomba kreasi masakan daerah, lomba mural "pesona kotaku" serta lombna UMKM terbaik. Keseluruhan perlombaan menyediakan hadiah total ratusan juta rupiah.

Sementara itu menurut Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono, Festival Pesona Lokal merupakan sumbangan Corporate Social Responsibility (CSR) iNews TV dan PT Adira kepada masyarakat Kota Medan. Menurut Agus, Pemko Medan tentu saja sangat berkepntingan dalam acara ini karena menjadi wadah untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kota Medan.

Di samping itu tambah Agus lagi, Festival Pesona Lokal ini diperlombakan di 9 kota lainnya di Indonesia seperti Kota Bandung, Solo Raya, Jakarta, Makasar, Malang, Pontianak, Balikpapan, Bali dan Kota Medan. "Saya berharap agar Festival Pesona Lokal yang digelar di Kota Medan merupakan yang terbaik dan kita kelaur sebagai pemenangnya," harap Agus.

Selanjutnya terkait dengan Tarian Ahoi yang baru dilaunching, Agus menjelaskan, merupakan tarian khas Kota Medan yang sengaja diciptakan sesuai dengan kondisi Kota Medan yang multikultural. Dikatakannya, ada beberapa tarian daerah yang diadopsi hingga menjadi Tarian Ahoi sehingga diharapkan dapat menjadi ikon tarian di Kota Medan.

"Harapan kami sebenarnya ingin luas lagi.  Artinya, kami ingin Tarian Ahoi bisa booming dan menasional sehingga kedudukannya bisa sama dengan Tarian Poco Poco dari Kota Ambon maupun Tarian Gedmu Famire dari Nusa Tenggara Timur. "Kalau tarian Poco Poco dan Gemu Famire berasal dari wilayah Indonesia bagian timur, kita harapkan Tarian Ahoi merupakan sumbangan kita untuk Indonesia bagian barat," harapnya.(mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaTerkinifestival budayaPemko Medan
Komentar
Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,

Minggu, 21 Apr 2019 22:45Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97% di Hasil Akhir Quick Count Konsepindo

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 22:30Nasional

Polisi Bekuk Pelaku Pembakaran Surat Suara

im Gabungan Polda Jambi bersama Polres Kerinci akhirnya berhasil mengungkap kasus pembakaran kotak surat suara pemilihan umum di TPS 1, 2, dan 3 Desa Koto Padang

Minggu, 21 Apr 2019 22:15Bola

Tak Puas Juara Liga Italia 2018-2019, Massimiliano Allegri Bidik Scudetto

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tak mau cepat berpuas diri usai mengantar Si Nyonya Tua merengkuh gelar juara Liga Italia 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 22:00Nasional

Belum Ada Informasi WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Serangan Bom di Sri Lanka

Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka. Serangan bom yang terjadi, Minggu (21/4/2019) sekira pukul 09.00 waktu setempat

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.

Minggu, 21 Apr 2019 20:35Nasional

Tim Relawan Jokowi - Ma'ruf Amin Gelar Sukuran

Menyambut kemenangan pasangan calon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar acara syukuran. Acara syukuran dilakukan dengan potong tumpeng

Minggu, 21 Apr 2019 20:30Lifestyle

Buka Perban, Syahrini Ketiban Lemari Hingga Terluka

Syahrini memamerkan kondisi telapak kakinya yang diperban karena ketiban lemari parfum sang suami, Reino Barack

Minggu, 21 Apr 2019 19:34Nasional

Bawaslu Cabut Izin PT Prawedanet AliansiSelaku Pemantau Pemilu

Salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi lantaran melakukan hal yang melanggar prinsip sebagai lembaga pemantauan, dicabut izinnya oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Minggu, 21 Apr 2019 18:21Berita Sumut

Wali Kota Harap UKM Kota Medan Manfaatkan Momentum Industri 4.0

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, MH mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Gelar UKM dan Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sebagai bagian dari apresiasi dan promosi terhadap karya-karya penggiat UKM Kota