Gerakan Sumut Peduli Lombok Dilaunching

Faeza Jumat, 10 Agustus 2018 18:11 WIB
mtc/ist
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8) di halaman park

MATATELINGA, Medan: Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu)  Drs Eko Subowo MBA melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8/2018) di halaman parkir Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

 


Acara yang diawali dengan mengheningkan cipta untuk mendoakan korban dan keluarga korban bencana gempa Lombok itu, menurut Pj Gubsu Eko Subowo, merupakan ungkapan rasa simpati masyarakat Sumut kepada korban bencana gempa di Lombok. "Ini merupakan deklarasi (launching) Sumut Peduli  Bencana Lombok. Ini juga merupakan tradisi bagi Sumatera Utara, setiap kali provinsi lain, saudara-saudara kita yang lain mengalami bencana. Kita membantu untuk meringankan beban mereka," ujarnya.

 


Selain itu, menurut Eko, kegiatan ini juga untuk menggerakkan seluruh potensi masyarakat termasuk didalamnya Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, BUMD untuk memberikan donasi berupa uang atau barang yang diperlukan untuk meringankan beban korban bencana Lombok.

 

Dikatakannya, bahwa gempa yang terjadi di Lombok juga diikuti sejumlah gempa susulan yang menyisakan trauma bagi masyarakat yang mengalaminya. "Tidak meninggalkan korban jiwa, namun banyak sekali yang luka-luka akibatnya dan juga menimbulkan trauma yang menyiksa, mengingat gempa susulan ini biasanya menakutkan, mengancam. Karena pengalaman yang kemarin-kemarin banyak korbannya. Sehingga ketika terjadi gempa susulan itu membuat orang menjadi panik," sebut Eko.

 


Eko juga mengatakan, sebagai bentuk simpati terhadap bencana Lombok, Pemprovsu juga membuka posko termasuk didalamnya membuka rekening untuk sumbangan sukarela bagi masyarakat, pegawai, organisasi, BUMN, dan BUMD yang akan menyumbangkan secara sukarela untuk bencana gempa Lombok.

 

Kepara relawan yang akan berangkat, Pj Gubsu berpesan agar relawan yang akan berangkat ke Lombok untuk mewaspadai gempa-gempa susulan yang mungkin terjadi lagi. "Jangan kita berusaha untuk menolong tetapi kita sendiri menjadi korban," kata Eko.

 

Eko juga mengapresiasi inisiasi BPBD Provsu yang akan mengadakan dinner party pengumpulan  donasi dari BUMN/BUMD untuk rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana. "Tapi yang segera, yang sudah terkumpul agar diberangkatkan secepatnya karena mereka sangat memerlukan partisipasi bantuan dari kita," ujarnya.

 

Kepala BPBD Provsu Ir Riadil Akhir dalam laporannya mengatakan bencana gempa Lombok 5 Agustus 2018 hingga saat ini menimbulkan korban jiwa sebanyak 259 orang, korban luka-luka 1.033 orang dan 270.168 pengungsi. "Gempa berkekuatan 6,2 skala ricter tersebut juga beberapa kali terjadi di Lombok," ungkapnya.

 

Riadil juga melaporkan bahwa ada kurang lebih 298 kepala keluarga (KK) komunitas masyarakat Sumut yang bermukim di Lombok NTB dengan sebutan Saroha (Satu hati) yang memerlukan bantuan dari Sumut khususnya.

 

BPBD Provsu lanjut Riadil juga telah mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Sumut, BUMN/BUMD dan seluruh ASN Provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat mendonasikan bantuannya kepada korban bencana gempa Lombok.

 

Dia menyampaikan  jumlah dana yang telah terkumpul melalui rekening khusus bantuan bencana pada BPBD Provsu nomor rekening BRI sebesar Rp.14.000.000.  "Dan terus nantinya akan melakukan donasi," sebutnya.

 

Selain itu, dia juga melaporkan bahwa melalui Baznas Provinsi Sumatera Utara telah mendonasikan Rp.100.000.000. "Rencana pemberangkatan bantuan pada hari Minggu atau hari Senin tanggal 13 Agustus 2018 mendatang," kata Riadil.

 

Setelah melakukan komunikasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), lanjut Riadil, bantuan yang dibutuhkan berupa selimut, tenda pakaian, obat-obatan dan pangan. "Pemprovsu sendiri akan memberikan bantuan berupa paket sarung, selimut, dan obat-obatan untuk kesempatan pertama," sebut Riadil.

 

Riadil juga melaporkan bahwa akan diadakan dinner for charity untuk mengumpulkan dana CSR dari BUMN/BUMD yang akan disampaikan setelah masa tanggap darurat menuju masa recovery, rekonstruksi dan rehabilitasi.

 

Turut hadir Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Erik Aruan, Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun, serta ASN Pemprovsu. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Peduli Lombokgerakan sumutTerkini
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 07:29Ekonomi

Presiden Jokowi: Pensiunan PNS Harus Lebih Inovatif

Presiden Joko Widodo mengimbau agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berhati-hati dan cermat dalam mengelola tunjangan di hari tua.

Kamis, 17 Jan 2019 07:14Bola

Juventus Juarai Piala Super Italia 2018, Allegri: Ini Alasan Kami Datangkan Ronaldo

Juventus meraih gelar Piala Super Italia 2018 usai mengalahkan AC Milan dengan skor tipis 1-0 di Stadion King Abdullah Sport City, Kamis (17/1/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 06:59Lifestyle

Menikah Dengan Bule, 3 Artis ini Blak - Blakan Beberkan Pengalaman Ranjangnya

Keputusan untuk menikah dengan seorang bule memang bukanlah hal mudah, namun berbeda dengan tiga selebriti dibawah ini yang lebih memilih hidup bersama bule. Mereka adalah Lia Waode, Baby Margaretha hingga Melaney Ricardo.

Kamis, 17 Jan 2019 06:44Berita Sumut

Empat Komplotan Pembobol ATM, Terkapar di Terjang Timah Panas

Tim unit jatanras Polres Asahan melumpukan empat komplotan pembobol kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin, dengan timah panas dibagian kaki, karena berusaha melawan melarikan diri saat hendak dilakuka

Kamis, 17 Jan 2019 06:30Bola

Meski Kalah 0-1 Atas Leganes, Real Madrid Tetap Lolos ke perempatfinal

Real Madrid harus mengakui keunggulan Leganes di leg II 16 besar Copa del Rey 2018-2019 dengan kalah 0-1, pada Kamis (17/1/2019) dini hari WIB. Akan tetapi meski kalah di laga tersebut, Madrid tetap dipastikan lolos ke perempatfinal lantaran menang agrega

Kamis, 17 Jan 2019 06:29Internasional

14 Orang Militan Bersenjata Tewas di tangan Pasukan Keamanan Kenya

Sedikitnya 14 orang militan yang menyerang hotel mewah di Ibu Kota Nairobi tewas ditangan Pasukan keamanan Kenya, dalam aksi teror yang terjadi sejak Selasa, 15 Januari itu. Kelompok militan Al Shabaab yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggun

Kamis, 17 Jan 2019 06:15Lifestyle

Sarapan Super Praktis dan Bergizi, ini 2 Tips & Rekomendasinya

Apakah pola hidup sehat termasuk dalam daftar resolusi Anda di tahun 2019? Jika benar, Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menyantap menu sarapan sehat. Salah satu resep makanan super praktis dan sehat adalah pancake.

Rabu, 16 Jan 2019 21:30Ekonomi

Terus Meningkat, Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai Rp246,7 Triliun

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, penerimaan negara dari industri hulu migas di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Rabu, 16 Jan 2019 21:15Lifestyle

Sakit atau Sehatnya Kita Bisa di Ungkap dari Kondisi Kaki, ini Faktanya

Sementara ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Kelompok Bersenjata Serang Hotel,Sejumlah Orang Tewas

Sejumlah pria yang diduga anggota kelompok milisi menyerang sebuah hotel mewah di Nairobi, Kenya, sehingga menewaskan sedikitnya enam orang.Sejumlah orang, beberapa di antara mereka bersimbah darah, dituntun polisi meninggalkan tempat kejadian perkara

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Setahun Abu Sayyaf Sandera Nelayan Indonesia Akhirnya di Bebaskan

Seorang sandera warga negara Indonesia (WNI) yang tampak meminta tolong pada sebuah video yang beredar pada awal bulan ini telah dibebaskan di Jolo, Filipina pada Selasa, 15 Januari.

Rabu, 16 Jan 2019 20:45Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani: Impor Minyak Pertamina Kian Tumbuh Hingga 13,5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan memperbaiki transaksi berjalan (current account deficit/CAD) dan neraca perdagangan di 2019. Salah satunya dengan pelaksanaan B20.

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Nasional

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Program kerja Mabes TNI tahun 2018 disusun dengan diprioritaskan modernisasi alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan k

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Lifestyle

Berikut 3 Durian Terlezat di Dinia, Indonesia Termasuk Gak Ya...

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis fa

Rabu, 16 Jan 2019 20:15Lifestyle

Kota Cirebon Gaet Wisatawan Domestik & Manca Negara Hingga 2 Juta Pengunjung, ini Triknya

Selama ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain di Jawa Barat. Hal itu tercermin dari banyak

Rabu, 16 Jan 2019 20:00Bola

Nasib Solskjaer di Manchester United di Tentukan dalam 5 Laga Kedepan

United tengah memulai era barunya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Hasil positif pun didapat oleh Setan Merah dengan memetik enam kemenangan beruntun. Kendati begitu, nyatanya masih terdapat sejumlah pihak yang meragukan kualitas Solskjaer menangani