Gerakan Sumut Peduli Lombok Dilaunching

Faeza Jumat, 10 Agustus 2018 18:11 WIB
mtc/ist
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8) di halaman park

MATATELINGA, Medan: Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu)  Drs Eko Subowo MBA melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8/2018) di halaman parkir Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

 


Acara yang diawali dengan mengheningkan cipta untuk mendoakan korban dan keluarga korban bencana gempa Lombok itu, menurut Pj Gubsu Eko Subowo, merupakan ungkapan rasa simpati masyarakat Sumut kepada korban bencana gempa di Lombok. "Ini merupakan deklarasi (launching) Sumut Peduli  Bencana Lombok. Ini juga merupakan tradisi bagi Sumatera Utara, setiap kali provinsi lain, saudara-saudara kita yang lain mengalami bencana. Kita membantu untuk meringankan beban mereka," ujarnya.

 


Selain itu, menurut Eko, kegiatan ini juga untuk menggerakkan seluruh potensi masyarakat termasuk didalamnya Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, BUMD untuk memberikan donasi berupa uang atau barang yang diperlukan untuk meringankan beban korban bencana Lombok.

 

Dikatakannya, bahwa gempa yang terjadi di Lombok juga diikuti sejumlah gempa susulan yang menyisakan trauma bagi masyarakat yang mengalaminya. "Tidak meninggalkan korban jiwa, namun banyak sekali yang luka-luka akibatnya dan juga menimbulkan trauma yang menyiksa, mengingat gempa susulan ini biasanya menakutkan, mengancam. Karena pengalaman yang kemarin-kemarin banyak korbannya. Sehingga ketika terjadi gempa susulan itu membuat orang menjadi panik," sebut Eko.

 


Eko juga mengatakan, sebagai bentuk simpati terhadap bencana Lombok, Pemprovsu juga membuka posko termasuk didalamnya membuka rekening untuk sumbangan sukarela bagi masyarakat, pegawai, organisasi, BUMN, dan BUMD yang akan menyumbangkan secara sukarela untuk bencana gempa Lombok.

 

Kepara relawan yang akan berangkat, Pj Gubsu berpesan agar relawan yang akan berangkat ke Lombok untuk mewaspadai gempa-gempa susulan yang mungkin terjadi lagi. "Jangan kita berusaha untuk menolong tetapi kita sendiri menjadi korban," kata Eko.

 

Eko juga mengapresiasi inisiasi BPBD Provsu yang akan mengadakan dinner party pengumpulan  donasi dari BUMN/BUMD untuk rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana. "Tapi yang segera, yang sudah terkumpul agar diberangkatkan secepatnya karena mereka sangat memerlukan partisipasi bantuan dari kita," ujarnya.

 

Kepala BPBD Provsu Ir Riadil Akhir dalam laporannya mengatakan bencana gempa Lombok 5 Agustus 2018 hingga saat ini menimbulkan korban jiwa sebanyak 259 orang, korban luka-luka 1.033 orang dan 270.168 pengungsi. "Gempa berkekuatan 6,2 skala ricter tersebut juga beberapa kali terjadi di Lombok," ungkapnya.

 

Riadil juga melaporkan bahwa ada kurang lebih 298 kepala keluarga (KK) komunitas masyarakat Sumut yang bermukim di Lombok NTB dengan sebutan Saroha (Satu hati) yang memerlukan bantuan dari Sumut khususnya.

 

BPBD Provsu lanjut Riadil juga telah mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Sumut, BUMN/BUMD dan seluruh ASN Provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat mendonasikan bantuannya kepada korban bencana gempa Lombok.

 

Dia menyampaikan  jumlah dana yang telah terkumpul melalui rekening khusus bantuan bencana pada BPBD Provsu nomor rekening BRI sebesar Rp.14.000.000.  "Dan terus nantinya akan melakukan donasi," sebutnya.

 

Selain itu, dia juga melaporkan bahwa melalui Baznas Provinsi Sumatera Utara telah mendonasikan Rp.100.000.000. "Rencana pemberangkatan bantuan pada hari Minggu atau hari Senin tanggal 13 Agustus 2018 mendatang," kata Riadil.

 

Setelah melakukan komunikasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), lanjut Riadil, bantuan yang dibutuhkan berupa selimut, tenda pakaian, obat-obatan dan pangan. "Pemprovsu sendiri akan memberikan bantuan berupa paket sarung, selimut, dan obat-obatan untuk kesempatan pertama," sebut Riadil.

 

Riadil juga melaporkan bahwa akan diadakan dinner for charity untuk mengumpulkan dana CSR dari BUMN/BUMD yang akan disampaikan setelah masa tanggap darurat menuju masa recovery, rekonstruksi dan rehabilitasi.

 

Turut hadir Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Erik Aruan, Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun, serta ASN Pemprovsu. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Peduli Lombokgerakan sumutTerkini
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 18:45Berita Sumut

Braakk.. 10 Unit Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

Papan reklame bermasalah terus jatuh bertumbangan menyusul kian gencarnya Tim Gabungan Pemko Medan melakukan penertiban di seluruh ruas jalan di Kota Medan. Kali ini penertiban dilakukan di empat ruas jalan, sebanyak 10 papan reklame bermasalah kembali di

Jumat, 16 Nov 2018 18:35Berita Sumut

Aptikom Puji Komitmen Pemko Binjai Kembangkan Konsep Smart City

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah I Sumatera-Aceh, untuk pertama kalinya melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Binjai, yang dipimpin oleh Prof Dr Opim Salim Sitompul, beserta rombongan, dan disambut Sekretaris Daerah Ko

Jumat, 16 Nov 2018 18:00Berita Sumut

Dikasih Tumpangan, Pria Ini Malah Merampok Orang yang Menolongnya

Seorang buruh bangunan berinisial DAT ,23, Warga Jalan Medan Binjai Km 12,5 Gang Rahayu Desa Mulio Rejo Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang melakukan tindak pidana yakni mengambil barang orang dengan paksa di kawasan Jalan Tol Baru Desa Mulio Rejo Kec.Sunggal

Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Satu dari Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.