Gereja Layak Anak Digagas di Sumatera Utara

Mtc/James Rabu, 12 September 2018 21:20 WIB
Istimewa
Gereja layak anak
MATATELINGA, Pematang Siantar : Sebanyak 11 Gereja dari lima kabupaten di Sumatera Utara berkomitmen untuk mengembangkan berbagai program perlindungan anak berbasis Gereja. 

Keseriusan tersebut ditandai dengan kehadiran gembala, koordinator, staff dan mentor perlindungan anak dari 11 gereja pada Pelatihan Perlindungan Anak yang dilaksanakan Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (YBKI) di Gereja Betel Rohul Kudus, Siantar, (10-11/09/2019).

Flora Valentina, fasilitator dari YBKI pada laporan pembukaan pelatihan menyampaikan komitmen tersebut bukan saja ditandai dengan penandatanganan komitmen perlindungan anak (KPA) oleh 11 gembala tetapi juga akan mensinergikan dan menguatkan program perlindungan anak di gereja mereka kedepan. 

"Selain itu, di 11 gereja ini partisipasi anak-anak akan ditingkatkan, sehingga anak-anak memiliki peran maksimal dalam meningkatkan perlindungan anak berbasis gereja" ujar Flora.

Sementara Gembala GBIS Imanuel Siantar, Pdt. S. Simbolon dalam sambutannya mengatakan rasa semangat dan kemuliaan yang mereka miliki dapat memberikan pelayanan kepada anak-anak kurang mampu. 

"Anak-anak yang kita layani di pusat pengembangan anak (PPA) merupakan anak kurang mampu. Kami dari gereja dan kami sebagai pendeta merasa bangga ikut serta ambil bagian dalam keterbatasan anak-anak tersebut", ujarnya  

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Siantar, Pariaman Silaen, yang hadir memberikan sambutan dan pembukaan pelatihan menyampaikan pentingnya gereja menerapkan undang-undang perlindungan anak dalam semua bentuk pelayanan yang dilakukan gereja.

"Kami juga mengharapkan agar 11 gereja ini mulai menerapkan data anak yang terpilah, sehingga bentuk pelayanan kita kepada anak-anak lebih spesifik, ujar Pariaman Silaen dihadapan peserta dan undangan yang hadir seperti dari Unit PPA Polres Siantar,  Kanit Reskrim Polsek Siantar Selatan, Camat dan Lurah Martimbang.

Gereja Layak Anak (GLA)
Pada keterangannya, Flora Valentina menyampaikan bahwa GLA yang akan mereka kembangkan merupakan adaptasi gereja menggunakan paradigma perlindungan anak dalam pembuatan kebijakan, program dan kegiatan dengan selalu mengedepankan kepentingan terbaik anak. 

Menurut Flora, ke 11 gereja yang telah menandatangani komitmen perlindungan anak tersebut adalah GPdI Nafiri Kemenangan Tanjung Balai dan dari Asahan adalah GBI Hessa PPA Theresia Kisaran dan  Gereja JKI Kemah Daud PPA Anak Terang Kisaran. 

Sementara dari Simalungun, Tobasa dan Siantar adalah GPdI Karmel PPA El-Shaddai Perdagangan, GPdI Shekinah PPA Shekinah Sidamanik, GBIS Balata PPA Tunas Harapan Bangsa Tiga Balata, GBR Gunung Meriah PPA Anug'rah Tiga Dolok dan Gereja GPdI Karmel PPA Generasi Baru Ajibata, dan GBIS Imanuel.

Untuk penguatan dan penerapan GLA tersebut, Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (YBKI) bekerjasama dengan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA). 

"Pelatih dan narasumber dari PKPA yaitu Sulaiman Zuhdi Manik, Misran Lubis dan Azmiati Zuliah, yang akan membawakan materi tentang aspek hukum perlindungan anak, organisasi yang ramah anak dan pendampingan anak yang berhadapan dengan hukum" pungkas Flora Valentina.
Editor: James P. Pardede

T#g:AnakGereja layak anakPKPA
Komentar
Senin, 10 Des 2018 17:29Berita Sumut

Sepanjang 2018, Kejatisu Selamatkan Uang Kerugian Negara Rp 39 Milyar

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu) berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 39 Milyar lebih sepanjang tahun 2018 ini. Uang negara itu berasal dari penyidikan, penuntutan, uang pengganti dan denda.

Senin, 10 Des 2018 16:55Berita Sumut

Kejatisu : Kasus JR Saragih Sudah Kadaluarsa

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumut Edward Kaban menyatakan kasus penggunaan dokumen palsu dalam Pilkada dengan tersangka JR Saragih sudah kadaluarsa.

Senin, 10 Des 2018 16:37Berita Sumut

Ini Persiapan PT KAI Sumut Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mempersiapkan 30 unit lokomotif dan 76 unit kereta api untuk melayani masyarakat di Sumut pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Senin, 10 Des 2018 16:24Berita Sumut

Kapolsek Percut Seituan Rutin Cek RTP

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri melakukan pengecekan pelaksanaan piket RTP, di dampingi Kanit Sabhara dan piket Provost, Polsek Percut Seituan, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 16:05Berita Sumut

Mahasiswa Minta Kurikulum Anti Korupsi Diterapkan di Sekolah

Massa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Hukum Indonesia (SMHI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Tugu Titik Nol Kota Medan, di Jalan Kantor Pos, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 15:47Berita Sumut

30 Kg Sabu dan 159 Inex Direbus Ditres Narkoba Polda Sumut

Sebanyak 30 kilogram sabu dan 159 Inex dimusnahkan di halaman Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditnarkoba Polda Sumut), Senin (10/12). Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama tiga bulan.

Senin, 10 Des 2018 15:30Berita Sumut

UNPRI Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th Internat

Senin, 10 Des 2018 15:15Berita Sumut

Tiga Anggota Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Tangkap

Satres Narkoba Polrestabes Medan menjaring tiga anggota sindikat jaringan narkoba internasional, Minggu (9/12/2018). Salah seorang yang diciduk diduga oknum TNI.

Senin, 10 Des 2018 15:00Lifestyle

Cegah Anak Kecanduan Main Gadget, ini 6 Tipsnya

Saat memperkenalkan gadget, orang tua harus siap untuk memberikan batasan yang jelas terkait dengan penggunaan gadget pada anak. Pasalnya jika terus-menerus dibiarkan, anak akan mulai kecanduan bermain gadget.

Senin, 10 Des 2018 15:00Berita Sumut

Walikota Binjai : Tidak Ada Toleransi Dengan ASN Pengguna Narkoba

Pemerintah kota (pemko) Binjai bersikap sangat tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Wali Kota Binjai HM Idaham menegaskan tidak ada toleransi terhadap ASN pengguna, apalagi pengedar narkoba.

Senin, 10 Des 2018 14:25Berita Sumut

Bakal Ada Penghapusan Data, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku mulai 28 November hingga 28 Desember 2018. Pasalnya, mulai Januari 201

Senin, 10 Des 2018 14:00Berita Sumut

DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan

DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah Fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).

Senin, 10 Des 2018 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018 Terbaik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI MH kembali mendapatkan penghargaan yang cukup membanggakan di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 13:00Berita Sumut

12 Panti Asuhan di Sumut Peroleh Rp 100 Juta dari Pertamina

Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) menyerahkan bantuan santunan kepada 12 Panti Asuhan di Sumatera Utara. Pemberian santunan ini dalam rangka syukuran HUT Pertamina yang ke-61.

Senin, 10 Des 2018 12:30Berita Sumut

Ahmad Doli : Golkar, Partai yang Siap Hadapi Pemilu

Pelaksana Tugas (Plt) DPD Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengakui partainya sudah solid dan siap memenangkan Pemilu 2019.

Senin, 10 Des 2018 12:17Berita Sumut

Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU

Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memimpin langsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Koprs Penerimaan serta Pelepasan perwira di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln