• Home
  • Berita Sumut
  • Geruduk Gedung DPRD, GEMA Tapteng Pertanyakan Hak Interpelasi Dewan Soal Kasus Dugaan Suap Bupati

Geruduk Gedung DPRD, GEMA Tapteng Pertanyakan Hak Interpelasi Dewan Soal Kasus Dugaan Suap Bupati

Amrizal Rabu, 16 Mei 2018 14:15 WIB
mtc/ist
Puluhan Gerakan Masyarakat (Gema)Tapteng melakukan aksi unjuk ras ke Kantor DPRD Tapteng di Jalan KH Dewantara, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapteng, Selasa (15/5/2018).
MATATELINGA,  Tapteng:  Puluhan Gerakan Masyarakat (Gema)Tapteng melakukan aksi unjuk ras ke Kantor DPRD Tapteng di Jalan KH Dewantara, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapteng, Selasa (15/5/2018).

Aksi dari massa GEMA Tapteng ini terkait tudingan kepada Bupati Tapteng yang menurut mereka terlibat dalam kasus penyuapan yang menjerat Mantan Hakim Konstitusi RI, M Aqil Muchtar dan Mantan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang di kasus sengketa Pilkada Tapteng Tahun 2011.

"Sesuai dengan pengakuan dari Bakhtiar Ahmad Sibarani di Persidangan dan telah dituangkan dalam Putusan Perkara No. 11/Pid.Sus/TPK/2015/PN.JKT.PST, jelas mengakui dirinya sebagai pemberi suap. Jadi kami menilai Bupati Tapteng di duga terlibat di dalam kasus ini. Untuk itu kami minta kepada Anggota DPRD Tapteng untuk menerima aspirasi kami ini dan menggunakan hak interpelasinya guna memanggil dan mempertanyakan hal ini kepada Bupati Tapteng," kata Ronald Pakpahan dalam orasinya.

Sementara itu Rudolf Siagian salah seorang orator dalam aksi ini menyatakan bahwa, rakyat Tapteng memerlukan seorang pemimpin yang bersih dari korupsi.

"Kami ingin dipimpin oleh Bupati yang jelas bersih dari korupsi bukan merasa bersih," lontar Rudolf Siagian.

Kalimat pedas dilontarkan oleh Ilham Hutabarat orator lainnya dari GEMA Tapteng yang menyindir keras Anggota DPRD Tapteng. Ilham menilai para anggota DPRD berdiam diri dan tidak peduli dengan suara masyarakat Tapteng terkait tudingan ini.

"Para anggota DPRD Tapteng, anda-anda lah wakil rakyat. Jangan hanya diam. Saat ini rakyat akan menilai anda, apakah layak kembali duduk sebagai anggota DPRD. Jangan jadi bawahan Bupati. Rakyat saat ini sudah muak dengan situasi yang terjadi di Tapteng ini. Panggil Bupati Tapteng, gunakan hak interpelasi anda," lontar Ilham Hutabarat.

Saat aksi unjuk rasa oleh Gema Tapteng, terlihat ada kubu lain yang juga ikut melakukan aksi. Tetapi kubu yang satu lagi membela Bupati Tapteng. Sempat terjadi perdebatan dan nyaris bentrokan antara pemimpin kubu ini.

"Saya tidak terima, ibunda saya sudah meninggal dunia, kenapa kau singgung-singgung," lontar RS sambil mengejar Charles Pardede.

Untungnya, situasi ini berhasil dipisah pihak Kepolisian dari Polsek Pandan yang diback up Polres Tapteng. RS di pisahkan sementara Kapolsek Pandan AKP Dodi Nainggolan dengan tegas mengarahkan RS kembali ke kelompoknya. Sementara Carles Pardede diminta rekan-rekannya untuk tetap tenang.

"Saya minta semuanya mundur, Jangan lakukan aksi anarkis disini, kami akan tindak tegas. Saya minta pihak kubu RS agar menahan diri dan membubarkan diri. Aksi Gema Tapteng resmi dan ada ijinnya dari kepolisian, mereka punya hak untuk menyuarakan aspirasinya," tegas AKP Dodi Nainggolan yang baru menjabat sebagai Kapolsek sejak tanggal 30/4/2018 lalu menggantikan Kapolsek sebelumnya Kompol P Tambunan yang memasuki masa pensiun.

Selanjutya terlihat kubu RS membubarkan diri sementara Gema Tapteng tetap melanjutkan orasinya dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Dalam aksi ini, tidak terlihat satupun anggota DPRD yang menerima para pengunjuk rasa. Perwakilan Gema Tapteng hanya diterima oleh Plt Sekwan DPRD Tapteng, Darwin Pasaribu.

"Anggota DPRD semuanya ke lapangan dalam rangka tugas masa. Sebahagian memantau perkembangan harga sembako menjelang puasa dan sebahagian lagi sedang tugas mengawasi beberapa pekerjaan proyek jalan," ujar Darwin.

Alhasil perwakilan Gema Tapteng Ronald Pakpahan, menyerahkan salinan tuntutan mereka kepada Plt Sekretaris Dewan Darwin Pasaribu.

Direncanakan sesuai informasi dari penanggungjawab aksi ini Charles Pardede, ada tiga lokasi yang hendak dijadikan aksi Gema Tapteng. Yaitu, Kantor DPRD Tapteng, Kantor Bupati Tapteng dan Polres Tapteng. Tetapi rencana aksi di Kantor Bupati Tapteng dan Polres Tapteng di batalkan.

"Benar kita yang batalkan aksi lanjutan di Kantor Bupati karena situasi kurang kondusif dan menjaga hal hal yang tidak kami inginkan seperti yang terjadi di Kantor DPRD barusan tadi. Sementara di Polres Tapteng kita pertimbangan karena saat ini Polri sedang berkabung dengan terjadinya serangan di Mako Brimob dimana personil Polri ada yang gugur," kata Carles Pardede kepada awak media. (mtc/rel)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 19 Nov 2018 18:40Lifestyle

IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Sensa51 1GB Rp51 untuk Internetan Lebih Seru

Sebagai wujud dari komitmen transformasi bisnis tersebut serta memberikan apresiasi kepada pelanggan di HUT yang ke-51, melalui brand IM3 Ooredoo, Indosat Ooredoo mempersembahkan paket Sensa51 1GB hanya dengan Rp51 saja.

Senin, 19 Nov 2018 18:29Berita Sumut

Subdit III/Jahtanras Ditreskrmum Poldasu Tangkap Pelaku Pemerasan Dan Penyekapan

Pelaku pemerasan dan penyekapan terhadap karyawan mobil rental PT. TPI, Zulfikli Nasution tak berkutik ditangkap Subdit III/Jahtanras Ditreskrmum Polda Sumut. Pasalnya, pelaku berinisial FI , seorang sopir Grab yang tergabung dalam komunitas Driver Sopir

Senin, 19 Nov 2018 18:11Berita Sumut

15 Klub Meriahkan Festival Open Marching Band Kapoldasu 2018

Sebagai wadah positif bagi para generasi muda dan pelajar, Polda Sumatera Utara menggelar festival open marching band Kapoldasu 2018. Pergelaran yang bertemakan 'Bangkitkan semangat muda yang kreatif, inovatif dalam gerak dan nada' berlangsung s

Senin, 19 Nov 2018 18:02Berita Sumut

Pemko Medan Serius Dalam Pengembangan Bank Sampah di Kota Medan

Permasalahan sampah yang ada di Kota Medan sedang dalam tahap penanggulangan. Diketahui masyarakat Kota Medan menghasilkan sampah 2000 ton perhari. Untuk itu perlu penanggulangan sampah yang lebih serius dan dapat melibatkan langsung masyarakat.

Senin, 19 Nov 2018 17:45Berita Sumut

Grebek Sejumlah Lokasi Narkoba, Polres Belawan Amankan 12 Tersangka

Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan mengamankan 12 orang pelaku narkoba berikut sejumlah barang bukti. Para pelaku Narkoba itu diringkus dalam operasi yang dilakukan tiga hari berturut-turut.

Senin, 19 Nov 2018 17:43Ekonomi

Aceh House Tawarkan Paket Weekend Mulai dari Rp 300 Ribu per Kamar

Aceh House Islami Hotel yang berada di Jalan Gajah Mada menawarkan paket Weekend untuk memanjakan pelanggan yang ingin menikmati wisata di Kota Medan

Senin, 19 Nov 2018 17:20Berita Sumut

Dandim 0209/LB Doakan Perayaan Natal Pemuda Pancasila Berjalan Sukses

Dandim 0209/LB, Letkol Infanteri Santoso berharap perayaan Natal Pemuda Pancasila dapat berjalan lancar dan sukses.

Senin, 19 Nov 2018 17:06Berita Sumut

Kejari Belawan Menang, PN Medan Tolak Eksepsi Terdakwa Korupsi IPA Martubung

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi (keberatan) atas dakwaan yang diajukan dua terdakwa kasus korupsi paket pekerjaan berupa Enginering Procurement Contruction (EPC) pembangunan IPA Martubung PDAM Tir

Senin, 19 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Panitia Perayaan Natal Pemuda Pancasila Undang Kapolres Labuhanbatu

Panitia Natal Keluarga Besar Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila, Kabupaten Labuhanbatu sowan kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Senin (19/11/2018) di ruang kerjanya.

Senin, 19 Nov 2018 16:30Nasional

Danrem 032/WBR Tutup Lomba PBB antar SLTA se Sumbar

Komandan Korem 032/Wrb Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P menutup secara resmi pelaksanaan Lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) Danrem Cup V antar SLTA se Provinsi Sumatera Barat pada hari Senin, 19 Nov 2018 di Gedung Sapta Marga Korem Jln. Sudirman No. 29 Pad

Senin, 19 Nov 2018 16:15Berita Sumut

Pemkab Sergai Luncurkan Program PANTES

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai meluncurkan dan melakukan uji coba Pelayanan Administrasi Terpadu Desa (PANTES). Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Desa Sei Buluh Kecamatan Sei Bamban, Senin (19/11/2018).

Senin, 19 Nov 2018 16:00Berita Sumut

Akhyar Optimis Kecamatan Medan Labuhan Juara Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, M.Si mengaku optimis Kecamatan Medan Labuhan akan keluar sebagai pemenang dalam penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi. Hal ini dilandasi dengan bukti, karena Kecamatan Medan Labuhan memiliki program ung

Senin, 19 Nov 2018 15:45Berita Sumut

Pastikan RPJMD Berkualitas, Pemprovsu Laksanakan Konsultasi Publik I KLHS

Untuk memastikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2018-2023 yang akan disusun berkualitas dan tepat sasasaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melaksanakan konsultasi publik pertama terkait Kaji

Senin, 19 Nov 2018 15:30Berita Sumut

Pemko Medan Lakukan Pembinaan THL

Pemko Medan menggelar pertemuan dengan Tenaga Harian Lepas (THL) Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Medan tahun 2018 di Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (19/11). Pertemuan digelar dalam rangka untuk memberikan pembinaan guna mewujudkan terbangunnya kara

Senin, 19 Nov 2018 15:00Berita Sumut

Danlantamal I Belawan Tabur Ikan di Keramba

Lantamal I Belawan menggelar kegiatan tabur benih ikan Krapu dan Kakap Putih di keramba jaring apung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan di bidang Maritim.

Senin, 19 Nov 2018 14:45Berita Sumut

Eldin Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54

Pelaksanaan upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018 berlangsung tertib dan penuh khidmat di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (19/11/2018). Meski hujan mengguyur namun seluruh peserta tetap mengikuti upacara yang dipimpin langsung Wali Kota