Rakor dan Sinkronisasi Dinas Pertanian Kabupaten/Kota,

Gubernur Bertekad Jadikan Sumut Provinsi Agraris

Amr/rel Kamis, 08 November 2018 06:33 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bertekad menjadikan Sumut sebagai provinsi agraris. Itu diwujudkan melalui peningkatan tiga hal, yaitu sumberdaya manusia, produksi pertanian dan infrastruktur.



Tiga hal itu, menurut Gubernur, perlu menjadi perhatian agar potensi pertanian yang dimiliki Sumut dapat ditingkatkan dan dioptimalkan, sehingga arah kebijakan menjadikan provinsi ini berbasis agraris dapat berjalan. Apalagi tingkat inflasi saat ini banyak dipengaruhi oleh komoditi pertanian yang masih juga mengalami pasang surut. Hal itu pula yang mengakibatkan naik turunnya tingkat perekonomian di provinsi ini.

"Untuk memastikan pertanian di Sumut itu bagus, saya sudah siapkan mobil offroad untuk datang ke desa-desa. Saya sudah ikutkan ahli dari Universitas terkemuka di Sumut ini. Kita tentu meminta konsep dari mereka ini untuk memperbaiki," ujar Gubernur Edy Rahmayadi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dan Koordinator BPP se-Sumut di Hotel Polonia Medan, Rabu (7/11/2018).



Menurut Edy Rahmayadi, jika pertanian Sumut bagus, maka efeknya bagi perkembangan ekonomi cukup baik. Karena itu dalam mengupayakan hal tersebut, diharapkan seluruh komponen tidak perlu banyak berbicara. Tetapi bagaimana bisa bekerja keras, mewujudkan cita-cita tersebut. Hal ini pula yang membuat peran para penyuluh menjadi terdepan sebagai penyelemat pertanian.

"Bidik kita memang arahnya ke situ. Tetapi memang ada hal-hal yang perlu bantuan dari pusat. Karena ke depan kita ingin Sumut yang agraris, itu cita-cita kita. Ini yang sedang kita siapkan. Jadi tak ada jalan lain, pertanian harus kita tingkatkan. Saya akan lihat dan saya akan bersama para penyuluh," tegas Edy.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Azhar Harahap menyampaikan bahwa target yang diinstruksikan Gubernur adalah tercapainya kecukupan pangan serta harga terjangkau. Sehingga masyarakat lebih sejahtera dan bermartabat. Karena itu sarana poduksi yang cukup harus disiapkan bagi petani, ditambah perbaikan infrastruktur berupa perbaikan jaringan irigasi.



"Karena banyak irigasi rusak, sehingga indeks pertanaman itu tidak bisa mencapai maksimal. Begitu juga dengan jalan produksi, beberapa titik embung (waduk) untuk sumber pengairan dalam rangka menurunkan sumber cost petani," katanya.

Pesan Gubernur yang utama, katanya, adalah perbaikan kualitas SDM penyuluh dan petani itu sendiri, dibantu para akademisi yang memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan kepada pembangunan pertanian. Sehingga dengan kolaborasi ketiganya, maka cita-cita tersebut akan tercapai.

"Jadi kita berharap capaian tahun ini untuk komoditas padi, jagung dan cabai dapat bertambah tahun depan untuk bawang dan kedelai. Maka besar harapan kita semua komoditas ini bisa surplus tahun depan," sebutnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Pengembangan Penyuluh dan SDM Pertanian Kementan Andriko Noto Susanto, Kepala Seksi Intensifikasi Kedelai Dirjen Tanaman Pangan Kementan Rachmat, Sekjend KTNA Nasional Kusyanto, Rektor UISU Dr Mhd Asaad serta para penyuluh. Gubernur juga menyerahkan hadiah kepada para penyuluh pertanian berprestasi.
Editor: Amrizal

T#g:Dinas PertaniaGubsu Edy RahmayadiMatatelingaMusa Rajekshaha wagubsuTerkini
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,

Minggu, 21 Apr 2019 22:45Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97% di Hasil Akhir Quick Count Konsepindo

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 22:30Nasional

Polisi Bekuk Pelaku Pembakaran Surat Suara

im Gabungan Polda Jambi bersama Polres Kerinci akhirnya berhasil mengungkap kasus pembakaran kotak surat suara pemilihan umum di TPS 1, 2, dan 3 Desa Koto Padang

Minggu, 21 Apr 2019 22:15Bola

Tak Puas Juara Liga Italia 2018-2019, Massimiliano Allegri Bidik Scudetto

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tak mau cepat berpuas diri usai mengantar Si Nyonya Tua merengkuh gelar juara Liga Italia 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 22:00Nasional

Belum Ada Informasi WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Serangan Bom di Sri Lanka

Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka. Serangan bom yang terjadi, Minggu (21/4/2019) sekira pukul 09.00 waktu setempat

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.