• Home
  • Berita Sumut
  • Gubernur Edy Rangkul Para Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi untuk Bangun Sumut

Gubernur Edy Rangkul Para Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi untuk Bangun Sumut

Faeza Rabu, 03 Oktober 2018 14:00 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah pada acara Silaturahmi dan Diskusi antara Gubernur Sumut dengan Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Sumut, di aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Di
MATATELINGA, Medan:  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah merangkul para rektor dan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sumut untuk mempercepat pembangunan di daerah ini.

"Sudah sejak lama ini saya rencanakan. Saya ingin bertemu dengan rektor se-Sumut. Meminta bantuan Bapak/Ibu sekalian, sebagai pemilik ilmu untuk membangun Sumut yang kita cintai ini," ujar Gubernur Edy Rahmayadi pada acara Silaturahmi dan Diskusi antara Gubernur Sumut dengan Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Sumut, di aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (3/10).

Edy Rahmayadi menyampaikan, bahwa selama ini jarang ada sinergi antara pemerintah dengan institusi perguruan tinggi. Padahal, perguruan tinggi merupakan sumber gagasan dan inovasi yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan.

"Saya pernah berbincang dengan Rektor Panca Budi. Skripsi yang dihasilkan di Sumut per tahun itu kira-kira 70.000 skripsi. Bayangkan, kalau 70.000 buah pikir itu kita aplikasikan, hebat sekali kita. Jangan cuma ditumpuk-tumpuk di gudang, tidak dibaca pula," katanya.

Untuk itu, Edy mengimbau kepada para rektor dan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta yang hadir agar kedepannya skripsi yang dikerjakan mahasiswa berkaitan lansung dengan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat Sumut.

"Kemudian, mahasiswa-mahasiswa lulusan terbaik, top ten terbaik di universitas akan kita upayakan, agar bisa bekerja untuk kita. Entah melalui program magang atau yang lain, nanti kita rancang. Yang jelas, orang-orang cerdas harus kita hargai dan berdayakan," tuturnya.

Kepada para rektor dan pimpinan perguruan tinggi, Edy juga berpesan, agar tidak sungkan untuk memberi masukan kepada dirinya dan Wagub Musa Rajekshah. Kata Edy, diskusi seperti ini diharapkan bisa berlangsung secara berkelanjutan dan rutin. Sehingga, tindak lanjut dari pembicaraan dan diskusi sebelumnya bisa dievaluasi pelaksanaannya.

"Kalau saya salah, tolong ingatkan dan kritik saya dan beri tahu saya apa yang benar. Sumut ini milik kita bersama, mari sama-sama kita berpikir untuk Sumut. Bantu kami Pemprov, Pemkab, dan Pemko. Jangan kita berjalan sendiri-sendiri," pesannya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Dian Armanto MPd MA MSc yang diwakili oleh Sekretaris LL Dikti Wilayah I Sumut Dr Mahriyuni MHum menyampaikan bahwa LL Dikti merasa tersanjung dan terhormat mendapatkan undangan dari Gubernur dan Wagub untuk berdiskusi, khususnya tentang kemajuan pendidikan tinggi di Sumut.

"Kami sangat berterima kasih karena kami merasa diperhatikan oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur. Tentu saja, kami sangat bersedia untuk mendukung visi dan misi Sumut Bermartabat. Ada banyak hal yang bisa kami lakukan lewat bidang kami," ungkapnya.

Rektor dan pimpinan perguruan tinggi yang hadir juga menyampaikan hal yang sama. Salah satunya disampaikan oleh Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi. "Kita patut mengapresiasi Gubernur Edy dan Wagub Musa yang telah berinisiatif membuka jalur komunikasi antara birokrasi dengan institusi perguruan tinggi. Dengan senang hati, saya sampaikan, kita mendukung dan bersedia menjadi mitra untuk mewujudkan Sumut Bermartabat," ujar Asaad.

Kepada Gubernur, rektor dan pimpinan perguruan tinggi juga memberi masukan agar kedepannya Perguruan Tinggi, Dewan Riset Daerah, Dewan Pendidikan, Balitbang, Bappeda, disinergikan dan disatukan dengan kebutuhan Pemprov, Pemkab, dan Pemko. Bukan berjalan sendiri-sendiri.

Diskusi yang berlangsung lancar dan tertib tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya, perlu diadakannya pemetaan perguruan tinggi dari sisi potensi dan keunggulan masing-masing. Perguruan tinggi juga siap mendukung pengembagan pertanian, perikanan, UKM dan sektor lain di Sumut. Kemudian, perlu dibentuk forum rektor untuk memberi masukan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang ditindaklanjuti dengan pertemuan secara reguler.

Turut hadir dalam Silaturahmi dan Diskusi tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Effendy Pohan.(mtc)

Editor: faeza

T#g:Gubsu Edy Rahmayadirektor se sumutsumut bemartabat
Komentar
Senin, 10 Des 2018 17:29Berita Sumut

Sepanjang 2018, Kejatisu Selamatkan Uang Kerugian Negara Rp 39 Milyar

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu) berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 39 Milyar lebih sepanjang tahun 2018 ini. Uang negara itu berasal dari penyidikan, penuntutan, uang pengganti dan denda.

Senin, 10 Des 2018 16:55Berita Sumut

Kejatisu : Kasus JR Saragih Sudah Kadaluarsa

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumut Edward Kaban menyatakan kasus penggunaan dokumen palsu dalam Pilkada dengan tersangka JR Saragih sudah kadaluarsa.

Senin, 10 Des 2018 16:37Berita Sumut

Ini Persiapan PT KAI Sumut Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mempersiapkan 30 unit lokomotif dan 76 unit kereta api untuk melayani masyarakat di Sumut pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Senin, 10 Des 2018 16:24Berita Sumut

Kapolsek Percut Seituan Rutin Cek RTP

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri melakukan pengecekan pelaksanaan piket RTP, di dampingi Kanit Sabhara dan piket Provost, Polsek Percut Seituan, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 16:05Berita Sumut

Mahasiswa Minta Kurikulum Anti Korupsi Diterapkan di Sekolah

Massa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Hukum Indonesia (SMHI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Tugu Titik Nol Kota Medan, di Jalan Kantor Pos, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 15:47Berita Sumut

30 Kg Sabu dan 159 Inex Direbus Ditres Narkoba Polda Sumut

Sebanyak 30 kilogram sabu dan 159 Inex dimusnahkan di halaman Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditnarkoba Polda Sumut), Senin (10/12). Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama tiga bulan.

Senin, 10 Des 2018 15:30Berita Sumut

UNPRI Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th Internat

Senin, 10 Des 2018 15:15Berita Sumut

Tiga Anggota Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Tangkap

Satres Narkoba Polrestabes Medan menjaring tiga anggota sindikat jaringan narkoba internasional, Minggu (9/12/2018). Salah seorang yang diciduk diduga oknum TNI.

Senin, 10 Des 2018 15:00Lifestyle

Cegah Anak Kecanduan Main Gadget, ini 6 Tipsnya

Saat memperkenalkan gadget, orang tua harus siap untuk memberikan batasan yang jelas terkait dengan penggunaan gadget pada anak. Pasalnya jika terus-menerus dibiarkan, anak akan mulai kecanduan bermain gadget.

Senin, 10 Des 2018 15:00Berita Sumut

Walikota Binjai : Tidak Ada Toleransi Dengan ASN Pengguna Narkoba

Pemerintah kota (pemko) Binjai bersikap sangat tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Wali Kota Binjai HM Idaham menegaskan tidak ada toleransi terhadap ASN pengguna, apalagi pengedar narkoba.

Senin, 10 Des 2018 14:25Berita Sumut

Bakal Ada Penghapusan Data, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku mulai 28 November hingga 28 Desember 2018. Pasalnya, mulai Januari 201

Senin, 10 Des 2018 14:00Berita Sumut

DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan

DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah Fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).

Senin, 10 Des 2018 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018 Terbaik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI MH kembali mendapatkan penghargaan yang cukup membanggakan di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 13:00Berita Sumut

12 Panti Asuhan di Sumut Peroleh Rp 100 Juta dari Pertamina

Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) menyerahkan bantuan santunan kepada 12 Panti Asuhan di Sumatera Utara. Pemberian santunan ini dalam rangka syukuran HUT Pertamina yang ke-61.

Senin, 10 Des 2018 12:30Berita Sumut

Ahmad Doli : Golkar, Partai yang Siap Hadapi Pemilu

Pelaksana Tugas (Plt) DPD Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengakui partainya sudah solid dan siap memenangkan Pemilu 2019.

Senin, 10 Des 2018 12:17Berita Sumut

Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU

Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memimpin langsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Koprs Penerimaan serta Pelepasan perwira di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln