Hadiri Peringatan Haul ke 95 Tuan Guru Besilam,

Gubsu Berjanji Jadikan Babussalam Destinasi Wisata Religi

Mtc Minggu, 27 Januari 2019 17:55 WIB
Matatelinga
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri Peringatan Haul ke 95 Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi yang jatuh pada tanggal 21 Jumadil Awal 1440 Hijriah, di Madrasah Besar Babussalam Kecamatan Padang Tualang, Ka
MATATELINGA, Medan:   Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri Peringatan Haul ke 95 Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi yang jatuh pada tanggal 21 Jumadil Awal 1440 Hijriah, di Madrasah Besar Babussalam Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Minggu (27/1/2019). Gubsu berjanji akan menjadi Babussalam sebagai destinasi wisata religi.



Babussalam, khususnya komplek Tuan Guru Besilam, menurut Gubsu, merupakan tempat yang sangat dihargai dan dihormati oleh banyak orang. Tidak hanya dari Sumatera Utara (Sumut), tetapi juga seluruh Indonesia dan mancanegara berbondong-bondong datang berkunjung.

"Tempat yang sangat berarti untuk banyak orang yang ingin mendalami agama. Sebagai Gubernur saya minta maaf belum bisa melakukan banyak hal untuk tempat ini, tapi kedepannya saya berencana dan berjanji jadikan daerah ini destinasi wisata religi. Akses ke sini dibenahi agar memudahkan orang-orang yang berkunjung ke sini," ujar Gubsu Edy dalam sambutannya.



Edy menceritakan dirinya memiliki kenangan dan ikatan emosional dengan madrasah tuan guru besilam. Sejak kecil, dirinya sering diajak oleh ayahnya ke sini. "Waktu itu, saya hanya bisa sampai di luar saja. Sekarang saya bisa berbicara di sini, suatu kebanggan buat saya," ucapnya.

Pada Peringatan Haul ke 95, Edy mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa medoakan Tuan Guru Besilam agar selalu dilimpahi kesehatan. Sehingga, semakin banyak orang yang memperoleh manfaat dari ilmu yang dimiliki Tuan Guru Besilam.

"Ulama adalah pemilik ilmu. Kita butuh para ulama karena di kepalanya semua ilmu. Apalagi pemimpin, sebagai umaroh, harus menjalin komunikasi yang baik dengan para ulama," tutur Edy.



Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi mengatakan bahwa pelaksanaan Peringatan Haul ke 95 telah dilaksanakan sejak 17 Desember 2018 dan akan berakhir pada 27 Januari 2019. Ratusan mursyid, khalifah, dan jamaah datang dari berbagai daerah Sumut, luar kota, dan mancanegara.

"Pada peringatan ini, saya harapkan kita mengamalkan apa yang telah menjadi pesan tuan guru pertama Syekh Abdul Wahab Rokan untuk lebih sering berzikir. Mudah-mudahan zikir yang akan memberikan kekuatan untuk Sumut kita ini," ucapnya.

Peringatan Haul ke 95 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Tuan Guru Besilam, penyampaian kesan oleh peserta suluk, dan pelantikan mursyid selaku pimpinan persulukan baru di daerah lain. Di sepanjang jalan menuju madrasah Tuan Guru Besilam, dipadati oleh pedagang dan barisan bus-bus yang membawa jamaah dari berbagai daerah.

Turut hadir mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi, yakni Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Kepala Dinas Sosial Provsu Razali. Tampak pula Gubernur Sumut periode 2013-2018 Tengku Erry Nuradi, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj, mewakili Bupati Langkat, Tokoh Masyarakat Rahmat Shah, unsur Forkopimda Sumut dan Langkat, serta mewakili konsulat negara-negara sahabat.
Editor: Amrizal

T#g:BabussalamblibliGubsuPemko MedanTerkiniTravelokawisatawisata religiMatatelingaSumut
Komentar
Senin, 25 Mar 2019 08:15Nasional

Kawal Pemilu 2019, Prabowo-Sandiaga Luncurkan Strategi Jitu

Sejumlah cara dilakukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk menutup potensi kecurangan dalam Pemilihan Umum 2019

Senin, 25 Mar 2019 08:00Nasional

Kampanye Terbuka, BPN: Kami Siapkan Strategi Total Football

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyiapkan strategi

Senin, 25 Mar 2019 07:45Ekonomi

Pertama di Indonesia, MRT Resmi Beroprasi

MRT Jakarta akhirnya diresmikan

Senin, 25 Mar 2019 07:30Bola

Mattia Perin Kiper Juventus Alami Cedera

Kiper Juventus, Mattia Perin, bernasib sial kala membela Tim Nasional (Timnas) Italia.

Senin, 25 Mar 2019 07:15Bola

Rumor Striker Atletico Madrid Kian Bergeming, Umtiti Pun Angkat Bicara

Rumor mengenai hengkangnya striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann, ke Barcelona dalam beberapa waktu belakangan kembali berkembang.

Senin, 25 Mar 2019 07:00Bola

Jose Mourinho Prediksi Partai Final Liga Champions 2018-2019

Mantan Manajer Manchester United, Jose Mourinho, memprediksi tim yang akan melaju ke partai final Liga Champions 2018-2019

Senin, 25 Mar 2019 06:45Lifestyle

Aksi Kocak Aliando Syarief Undang Gelak Tawak Netizen

Sekuel anyar film komedi laris Indonesia, Warkop DKI Reborn, kembali diproduksi

Senin, 25 Mar 2019 06:30Ekonomi

Sederet Kota Termahal Dunia Hingga Mencapai Biaya Hidup Pantastis

Menjadi negara termahal di dunia, bisa dibayangkan berapa besar biaya hidup yang harus dikeluarkan

Minggu, 24 Mar 2019 22:39Berita Sumut

Pelaku Pencurian Dibekuk Pihak Kepolisian

Seorang remaja laki - laki berinisial ,,M,, Desa pudun julu kec. Psp Batunadua kota padangsidimpuan harus berurusan

Minggu, 24 Mar 2019 22:24Berita Sumut

Jajaran IAD Kejaksaan RI Aksi Bersih-bersih di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5