Gubsu Erry Lantik Pengurus Majelis Puan Puan Melayu Sumut

Amr/rel Minggu, 03 Juni 2018 21:21 WIB
Matatelinga
Gubsu Foto Bersama Dengan Datuk Sri H. Syamsul Arifin, SE Foto Bersama Dengan Tuan Tuan Para Pengetua Adat Melayu Se Sumut
MATATELINGA, Medan:   Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi melantik dan mengukuhkan Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumatera Utara (Sumut) periode 2018-2023, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Minggu (3/6/2018). Ini merupakan pelantikan yang bersejarah, karena sebelumnya tidak pernah ada pelantikan organisasi apapun yang dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Sumut.


"Ini dikatakan sejarah, karena belum pernah rumah dinas gubernur dipakai untuk pelantikan suatu organisasi. Biasanya pelantikan dilaksanakan di kantor atau di Aula Martabe (Raja Inal Siregar). Tapi hari ini menjadi catatan serajah, bahwa Majelis Puan Puan Melayu dilantik dan dikukuhkan di rumah yang bersejarah ini,"  ujar Gubsu Tengku Erry.

Selain itu, kata Tengku Erry, ternyata puan puan Melayu juga mendapat tempat terbaik, tidak hanya di kalangan Melayu, tapi di semua etnis. Buktinya, salah satu puan Melayu, terpilih menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) dan minggu depan akan dilantik.


"Satu-satunya puan Melayu mendaftar ke Pansel. Tidak saya bantu, karena memang Gubernur harus berada di tengah, lolos masuk tiga besar dan Alhamulillah minggu lalu, saya baru menerima Keppres, karena eselon satu itu keputusan Presiden, salah satu puan Melayu Dr Ir Hj Sabrina terpilih menjadi Sekda Provinsi Sumatera Utara," ungkap Tengku Erry.

Dikatakan juga, MPPM Sumut sebagai wadah berkumpulnya orang-orang beresam Melayu, diharapkan bisa turut mewarnai Sumatera Utara ke depan. "Dan kita dapat terus bergandengan tangan, bersama-sama ke depan untuk membangun Sumatera Utara yang kita cintai ini," ujar Tengku Erry.


Dalam kesempatan itu, Tengku Erry juga pamit kepada para hadirin, karena akan mengakhiri tugasnya sebagai Gubsu pada tanggal 17 Juni 2018. "Kami mohon pamit, karena tepat pada tanggal 17 Juni atau 3 Syawal, kami akan mengakhiri tugas kami, sebagai Gubernur Sumatera Utara. Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya selama ini, dan  mohon maaf, jika selama kita  berinteraksi ada hal-hal yang kurang menyenangkan. Dan di bulan yang baik ini, sekali lagi kami mohon maaf. Kami ucapkan juga selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ujar Tengku Erry.

Sebelumnya, Ketua Umum MPPM Sumut Hj Zunaidar Rivai menyampaikan terimakasih kepada Gubsu Tengku Erry, yang sudah berkenan menandatangai SK dan melantik MPPM Sumut.

Dikatakan Zunaidar, terbentuknya MPPM Sumut sejak dua tahun lalu, bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat Melayu, agar tidak luntur di tengah perkembangan zaman era globalisasi saat ini. "Dengan harapan bisa mencakup dan menganyomi puan puan di Sumatera Utara dan Indonesia," katanya.

Disebutkan juga, MPPM Sumut merupakan kumpulan puan puan Melayu yang terorganisir dan independen, serta tidak berada di bawah naungan partai politik apapun. "Visi kami adalah terwujudnya puan-puan Melayu Sumatera Utara yang religius dan mandiri, serta dapat mempertahankan adat, adab dan resam Melayu, serta menjaga silaturahmi dengan tetap melestarikan budaya Melayu di era globalisasi," ujarnya.

Sementara itu, mewakili tokoh Melayu, Dato' Seri H Syamsul Arifin, yang juga Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) menyampaikan selamat kepada pengurus MPPM Sumut yang baru dilantik. Juga mengingatkan, agar MPPM Sumut tidak hanya ramai di saat pelantikan saja, tapi juga banyak berbuat di tengah masyarakat, terutama dalam melestarikan adat dan budaya Melayu.

Syamsul Afirin juga menyatakan salut dan bangga kepada Gubsu Tengku Erry Nuradi, yang telah banyak berbuat untuk Melayu. "Salut kepada Tengku Erry Nuradi, yang di akhir masa jabatannya masih banyak berbuat untuk Melayu," ungkap Syamsul Arifin, yang juga mantan Gubsu itu.

Acara pelantikan dan pengukuhan yang berlangsung lancar dan penuh kekeluargaan itu, juga diisi dengan saling memberi cenderamata antara pengurus MPPM Sumut dan Gubsu Tengku Erry.

Turut hadir dalam acara itu, Raja Muda Deli Tengku Hamdy Oesman Delikhan, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Evi Diana Erry, para tokoh dan pemuka adat Melayu, Ketua MUI Medan Prof Dr H M Hatta, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs M Fitriyus SH MSP, tokoh masyarakat, alim ulama, perwakilan organisasi wanita di Sumut dan para undangan.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingamelayuT Erry Nuradi
Komentar
Sabtu, 20 Apr 2019 12:49Berita Sumut

Gugur Usai PAM TPS, Aiptu Jonter Dapat Kenaikan Pangkat

Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Satreskrim Polres Dairi yang gugur usai mengawal pemungutan suara di TPS. Upacara kenaikan pangkat rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (20/4/2019 ) di Mapolres Da

Sabtu, 20 Apr 2019 12:26Berita Sumut

Dua Kecamatan di Medan Pinjam Gedung Simpan Kotak Surat Suara

Dua dari 21 kecamatan yang ada di Medan terpaksa meminjam gedung untuk menyimpang kotak surat suara Pemilu 2019. Langkah ini dilakukan karena aula kecamatan tidak mampu menampung kotak suara.

Sabtu, 20 Apr 2019 12:11Berita Sumut

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Seluruh Jajaran

Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sabtu, 20 Apr 2019 11:48Berita Sumut

Soal Banjir Rob, Warga Belawan Tagih Janji Walikota

Dulu saat berkampanye di Medan Utara khususnya di Kota Belawan H Zulmi Eldin Msi berjanji akan memasang Turap di sepanjang pantai agar air pasang ROB tidak merendam perumahan warga.

Sabtu, 20 Apr 2019 10:27Berita Sumut

Polri Berduka, Personil Satreskrim Polres Dairi Gugur Usai Kelelahan Jaga TPS

Jajaran Polri berduka kehilangan salah seorang personilnya yang bertugas mengawal TPS di Kabupaten Dairi. Aiptu Jonter Siringoringo (51) diketahui gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hil

Sabtu, 20 Apr 2019 10:00Lifestyle

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:45Lifestyle

3 Selebriti Ini Ungkap Pacaran Settingan Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo dalam dunia hiburan selebriti memang dikenal sosok yang kontroversial, apalagi bicara soal kisah asmara dengan deretan publik figur.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:32Berita Sumut

Pasutri Embat Tas Milik Istri Supir PT.BSP DiKepung Massa

Warga komplek PT.Bakrie Sumatera Plantitions (BSP) mendadak ramai dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar teriakan "Maling ...maling...jambret..",Jum'at (19/4/2019).

Sabtu, 20 Apr 2019 09:30Ekonomi

Tertekan Poundsterling, Indeks Dolar AS Melemah

Indeks dolar AS menurun pada akhir perdagangan 19 April 2019. Dolar melemah di tengah pound Inggris yang lebih kuat

Sabtu, 20 Apr 2019 09:15Ekonomi

Harga Pangan Naik Bawang Putih Rp50.000/Kg Jelang Bulan Puasa

Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar-pasar tradisional. Di antaranya harga bawang putih yang harganya sudah naik.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:00Nasional

TKN Tolak Rekonsiliasi dengan Prabowo

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menolak rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sabtu, 20 Apr 2019 08:45Lifestyle

Dikabarkan Menikah, Jessica Iskandar Ungkap Kebenarannya

Jessica Iskandar akhirnya mengungkap rencana pernikahan dengan Richard Kyle. Dalam acara yang dia pandu bersama Nia Ramadhani

Sabtu, 20 Apr 2019 08:30Lifestyle

Billy Syahputra Gandeng Wanita Baru, Nikita Mirzani Beberkan Rahasianya

Nikita Mirzani memberikan bocoran soal kedekatan Billy Syahputra dengan seorang perempuan lain

Sabtu, 20 Apr 2019 08:15Bola

Jelang Kontra Liverpool, Cardiff Siap Persulit Langkah Liverpool

Manajer Cardiff City, Neil Warnock, mengakui bahwa laga melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris musim 2018-2019

Sabtu, 20 Apr 2019 08:00Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,91% dan Prabowo-Sandi 45,09% di Real Count KPU 4,6%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hingga Pukul 07.30 WIB

Sabtu, 20 Apr 2019 07:45Bola

Begini Respons Koulibaly, Usai Rumor ke Gabungannya ke Manchester United Kian Genjar

Bek andalan Napoli, Kalidou Koulibaly, memberikan tanggapan mengenai rumor yang mengatakan