• Home
  • Berita Sumut
  • Hadapi Pilkada Serentak 2018, Sihar : Pelaku Usaha Jangan Wait and See

Hadapi Pilkada Serentak 2018, Sihar : Pelaku Usaha Jangan Wait and See

faeza Selasa, 12 Juni 2018 15:07 WIB
mtc/ist
Sihar mengatakan, tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik yang menjadi pertimbangan para pelaku usaha dan bisnis dan memilih langkah wait and see . Sebab, dampak Pilkada Serentak 2018 Sumatera Utara ini tak akan berdampak pada kondisi ekstrem, dengan
MATATELINGA, Medan: Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus mengharapkan atmosfer Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Sumatera Utara 2018 kiranya tak berpengaruh bagi ekonomi makro.
 
Sihar mengatakan, tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik yang menjadi pertimbangan para pelaku usaha dan bisnis dan memilih langkah wait and see . Sebab, dampak Pilkada Serentak 2018 Sumatera Utara ini tak akan berdampak pada kondisi ekstrem, dengan anjloknya kondisi ekonomi.

Sihar yang juga entrepreneur sukses itu yakin, pesta demokrasi yang dihadapi saat ini, tak akan berdampak bagi ekonomi makro. "Laju pertumbuhan bisnis harus terus didorong dengan harapan memberi efek terhadap gerak ekonomi yang lebih berkualitas di masa mendatang. Tentu tujuan pesta demokrasi Pilkada tahun ini, juga memiliki tujuan terhadap ekonomi makro," jelas Sihar di Medan, Rabu (12/6/2018).

Namun, hal tersebut tentu perlu adanya langkah tepat dan jaminan yang dilakukan pemerintah dan pihak terkait lainnya, untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi para pelaku usaha dan bisnis ini untuk tidak wait and see. "Kita semua, terutama pemerintah dan pihak terkait, harus memberikan kepercayaan dan keyakinan, yang sangat penting bagi para pelaku usaha dan bisnis ini untuk tidak wait and see. Karena Pilkada 2018 yang dihadapi saat ini dan tahun politik 2019 mendatang tidak perlu khawatir menganggu ekonomi makro," ujar pendamping Djarot Saiful Hidayat dari PDI Perjuangan dan PPP itu.
 
Dilansir dari berbagai sumber, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Arief Budi Santoso, mengungkapkan, sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi perbaikan pada triwulan II tahun ini. Pertumbuhan ini didorong oleh kegiatan dunia usaha yang semakin meningkat, meningkatnya aktivitas belanja masyarakat pada periode Ramadan hingga Lebaran serta meningkatkan konsumsi pemerintah dan masyarakat pada Pilkada Serentak 27 Juni 2018.

Ia menyebutkan, adapun risiko makro itu, antara lain sikap wait and see investor. Ini disebabkan periode Pilkada 2018 berisiko menahan realisasi investasi. Menurut dia, sikap investor ini menyebabkan laju investasi sedikit tertahan pada paruh pertama tahun ini. Hal ini menyebabkan akselerasi ekonomi juga menjadi kurang cepat.
 
Begitu pun, tambahnya, BI tetap optimistis, laju pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan II akan tetap kencang. Hanya saja, risiko-risiko tersebut memang harus dipertimbangkan sehingga tak menimbulkan dampak yang lebih dalam terhadap perekonomian. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo

Senin, 25 Mei 2020 18:03Berita Sumut

Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 17:15Nasional

Ditengah Covid-19, Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Lebaran Dengan Sederhana di Papua

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di medan tugas dengan sederhana dan jauh dari keluarga tercinta serta ditengah pandemi covid-19

Senin, 25 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Pemkab Tanah Karo Tutup Semua Obyek Wisata, Camat Berastagi Terjun Langsung Kelapangan

Libur lebaran idul fitri 2020 dihari kedua terlihat mulai dipadati sejumlah pengunjung di Kota Berastagi Kab. Tanah Karo, Sumatera Utara. Walau Pemkab. Tanah Karo belum membuka kembali seluruh obyek wisata di kota dingin tersebut.

Senin, 25 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Mau Ke Danau Toba, Tunda Dulu Ya, Karena Masih Corona

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo.

Senin, 25 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Kadis PMD Terkejut Ada Isteri Kades Dapat BST, Citra Capah : Sudah Dipulangkan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Deliserdang, Drs. Citra Effendi Capah, MSP terkejut saat mendengar informasi ada isteri salah seorang Kepala Desa terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial J