• Home
  • Berita Sumut
  • Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu, Soekirman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu, Soekirman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

qoqo Sabtu, 23 Februari 2019 09:15 WIB
mtc/ist
Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto dan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman menghadiri acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu Kabupaten Serdang Bedagai di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/2/2019).
MATATELINGA, Sei Rampah:  Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya menghadiri acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu  Kabupaten Serdang Bedagai di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/2/2019).

Ketua DPD Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia  (MABMI) Kabupaten Sergai OK David Purba menyampaikan dalam kesempatan ini masyarakat Melayu mengajak kita semua  untuk rapatkan barisan, kita adalah bangsa Indonesia , Bhinneka Tunggal Ika dalam menentang ketidak jujuran (kebohongan).

"Masyarakat Melayu siap mendukung Kapolda Sumut beserta jajaran dalam mensukseskan dan memberikan pengamanan dalam gelaran Pilpres dan Pilkada 17 April 2019 mendatang serta menangkal berita HOAX yang beredar di masyarakat,"sebutnya.

Bupati Sergai  Ir H Soekirman menyampaikan acara ini merupakan alat pemersatu dan saling mengenal satu sama lain di samping kesibukan kita.

Oleh sebab itu, Bupati mengajak kita semua, untuk melestarikan adat budaya khususnya Budaya Melayu, karena adat budaya diyakini dapat menjadi benteng dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sebagai masyarakat Melayu Sergai harus mampu menjunjung tinggi adat dan budaya terkhusus Budaya Melayu, sebab dengan adat dan budaya kita dapat menangkal hal-hal negatif yang berkembang di zaman sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Selain itu adat dan budaya juga dapat menangkal berita-berita HOAX, yang kini mulai meresahkan masyarakat,'urainya.

Mengingat masalah Pilpres dan Pilkada, saya mengharapkan kepada masyarakat dapat menjaga pemilu yang damai, aman dan tertib seperti yang dikatakan Kapolda Sumut dalam Pidatonya. Di Tanah Bertuah Negeri Beradat memiliki moto Bersaudara, untuk itu kita semua harus menjaga persaudaraan jangan terkotak-kotak dalam Pemilihan Serentak kali ini.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto memaparkan sebagai penanggung jawab ketertiban di Sumut  mengharapkan kepada seluruh warga Sumut khususnya di Sergai untuk bersama-sama menjaga ketentraman di dalam pesta domokrasi mendatang. Dengan  masih maraknya isu agama yang dimasukan dalam ranah politik yang saat ini sudah masuk di masyarakat dan hal ini dapat memecah belah kita semua.

"Selanjutnya, Kita jangan mudah tertipu dan terprovokasi teradap berita yang belum terbukti kebenarannya dan kepada kita semua agar menghindari permusuhan dan perdebatan akibat berita yang tidak benar yang mengakibatkan ketidakpercayaan satu dengan yang lain dan jangan mudah di adu domba. Kita harus bersatu agar negara ini kuat dan semoga dengan semagat dan perjuangan kita akan menjadi negara yang besar dan negara yang kuat,'sebtnya.

Menyinggung masalah adat Melayu Kapolda Sumut menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman yang telah mengeluarkan Perbup  pakaian adat Melayu sebagai pakaian dinas.

Usai acara Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya dan bersama Kapolda Sumut meninjau proses sunat masal yang di targetkan sebanyak 100 peserta serta disempatkan juga menyapa masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. (mtc/qoqo)
Editor: faeza

T#g:Pemkab Sergai
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers

Sabtu, 23 Mar 2019 09:00Nasional

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai parpol papan atas. Keputusan terbaru Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuktikan itu.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:45Nasional

Ketum Dharma Pertiwi: Tugas Taruna/Taruni Belajar dan Berlatih

Tugas para Taruna/Taruni di Akademi ini adalah belajar dan berlatih, karena apa yang didapatkan disini masih bersifat dasar-dasarnya saja

Sabtu, 23 Mar 2019 08:30Nasional

Jelang Pemilu 2019, Bakamla Telkom Kerja Sama Pengamanan Jalur SKKL

Menyambut agenda perhelatan nasional Pemilu 2019 pada bulan April mendatang, Telkom sebagai pihak yang diberikan amanat oleh pemerintah dalam penyediaan infrastruktur ICT

Sabtu, 23 Mar 2019 08:15Nasional

Aksi Nenek Panjat Pohon Sontak Viral & Undang Detakagum Warga Net

Seorang nenek berkemben hijau mendadak viral di dunia maya lantaran aksi nekatnya.

Sabtu, 23 Mar 2019 08:00Bola

Gelandang Real Madrid Toni Kroos di Lepas

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, kembali dikabarkan akan merapat ke Old Trafford dalam waktu dekat.

Sabtu, 23 Mar 2019 07:45Lifestyle

Cocok Jadi Panutan, Berikut 5 Artis Ini Utamakan Gelar Akademis

Bekerja sebagai entertainer tentunya menyita banyak waktu. Jadwal mereka selalu padat, apalagi jika terikat beberapa kontrak pekerjaan sekaligus

Sabtu, 23 Mar 2019 07:30Internasional

2 Pasukan AS dan 1 Pasukan Khusus Afghanistan Tewas Usai Perang

Operasi bersama menghadapi Taliban di Afghanistan Utara, Juma't (22/3/2019)

Sabtu, 23 Mar 2019 07:15Internasional

Teroris Penyerang Masjid di Selandia Baru Terancam Penjara Seumur Hidup

Deputi Perdana Menteri Selandia Baru, Winston Peters menyatakan

Sabtu, 23 Mar 2019 07:00Bola

Manchester City Lebih Didominasi Juarai Liga Inggris Musim Ini

Manchester City lebih dijagokan ketimbang Liverpool untuk menjuarai Liga Inggris 2018-2019.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:45Bola

Berikut Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu Dini Hari

Sebanyak tujuh pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2020 digelar pada Sabtu (23/3/2019), dini hari WIB.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:30Ekonomi

Modal Kecil Untung Berlipat, ini Bisnis yang Kamu Cari, Yuk di Coba...

Tahu yang sering kita jumpai biasanya hanya digoreng, dibumbu bacem, atau dibuat sayur.

Sabtu, 23 Mar 2019 06:15Nasional

Diduga Terlibat, 2 Pemuda Diciduk TNI-Polri usai Tawuran di Pasar

Anggota Kepolisian Sektor Pancoran mengamankan dua pemuda

Sabtu, 23 Mar 2019 06:00Bola

Timnas Inggris Antam Republik Ceko 5-0

Tim Nasional (Timnas) Inggris menjamu Republik Ceko di Wembley Stadium dalam babak kualifikasi Grup A Piala Eropa 2020.

Jumat, 22 Mar 2019 22:00Internasional

Puluhan Nyawa Melayang Usai 2 Bus Bertabrakan

Setidaknya 60 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas

Jumat, 22 Mar 2019 21:45Nasional

Presiden Jokowi Bangun Sejumlah Infrastruktur Demi Terselenggaranya Balapan MotoGP di Tanah Air

Pemerintah akan melakukan berbagai pembangunan infrastruktur demi terselenggaranya ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021