• Home
  • Berita Sumut
  • INALUM Kenalkan Aluminium dalam Kehidupan Sehari-Hari di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2019

INALUM Kenalkan Aluminium dalam Kehidupan Sehari-Hari di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2019

Mtc/rel Jumat, 12 April 2019 15:14 WIB
Hand Over
MATATELINGA.Medan:    PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM kembali membuka Booth pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-48 tahun 2019 yang secara resmi dibuka Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada Jumat (8/3/2019) di Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan.



Plt. Direktur Pelaksana INALUM Oggy Achmad Kosasih turut hadir dalam pembukaan PRSU 2019 yang secara resmi dibuka dengan pemukulan Gondang Sembilan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah beserta SKPD terkait dan Pimpinan BUMN yang hadir pada saat itu.PRSU 2019 ini juga diramaikan oleh 500 booth yang berasal dari BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Pemprov Sumut, Pemda Kabupaten/Kota, dan lain-lain.

Booth INALUM pada PRSU ke-48 tahun 2019 kali ini memiliki desain booth yang minimalis dan berwarna putih namun tetap elegan. INALUM juga menampilkan tiga produk akhir yang diproduksi langsung oleh INALUM yaitu Aluminium Ingot, Aluminium Billet dan Aluminium Foundry Alloy beserta penjelasan singkat mengenai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, INALUM juga memamerkan Miniatur Turbin PLTA Tangga serta barang-barang yang dihasilkan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan INALUM.



Pada hari pembukaan PRSU, Oggy Achmad Kosasih selaku Plt. Direktur Pelaksana INALUM turut hadir dan berkeliling ke booth INALUM, Pemkab Batu Bara dan Pemkab Samosir didampingi oleh Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan serta Kepala Departemen CSR dan PKBL INALUM Susyam Widodo.

Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa PRSU 2019 ini merupakan sarana INALUM dalam mengenalkan kegunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari dan apa saja kontribusi INALUM yang telah dilakukan untuk masyarakat sekitar dan Sumatera Utara.



"Dengan adanya Pekan Raya Sumatera Utara 2019 ini semoga masyarakat bisa lebih mengenal mengenai kegunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari dan kontribusi INALUM terhadap UKM di sekitar Perusahaan sehingga mampu menghasilkan produk kreatif yang dapat dijual ke masyarakat," Ujar Ricky.
PRSU 2019 ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian lokal dari Kabupaten/Kota, pertunjukan 18 artis ibukota, serta mengadakan lomba Booth PRSU terbaik tahun 2019.
 
Pembukaan PRSU: Plt. Direktur Pelaksana INALUM Oggy Achmad Kosasih turut hadir dalam pembukaan PRSU ke-48 tahun 2019 yang dilaksanakan pada Jumat (8/3) di Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan.



Lebih lanjut, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2019 ini resmi ditutup pada Senin Malam (8/4) setelah berjalan selama 32 hari. Penutupan secara resmi dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, R. Sabrina. Dari INALUM turut hadir Hotniasi Silitonga selaku Manager Hubungan Masyarakat PLTA INALUM.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Tutik Hartatik selaku salah satu Mahasiswi Universitas Negeri di Medan, kaum muda khususnya mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting sebagai generasi penerus bangsa ke depannya khususnya dalam hal memajukan industri Aluminium Indonesia kedepannya. Hal itu menjadi alasan Tutik tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Aluminium di booth INALUM.

"Dengan adanya Booth INALUM ini, masyarakat khususnya mahasiswa lebih mengetahui tentang produk dari perusahaan INALUM dan penggunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari, serta menambah wawasan para mahasiswa mengenai prospek ke depan perusahaan INALUM," ujar Tutik yang berasal Pematang Siantar dating malam itu guna mengunjungi Booth INALUM pada malam penutupan PRSU.



Hartatik dan beberapa temannya mengaku turut kagum dengan hasil produk UKM binaan dan memiliki keinginan untuk bergabung menjadi Pegawai INALUM yang saat ini telah menjadi Induk Holding Industri Pertambangan dan mengambil alih 51% saham PT Freeport Indonesia.

Aksi penyeludupan ini diduga melakukan  pelanggaran tindak pidana Cukai pasal 54 jo 56 UU no 11 thn 1995 yang telah diubah menjadi UU no 39 tahun 2007 tentang cukai dengan ancaman hukuman  5 tahun penjara dan atau pidana denda maximal  10 kali nilai cukai yg seharusnya dibayar ke negara.

"Kerugian negara dari penyelundupan rokok tanpa dilekati pita cukai ini sekitar 135,7 juta rupiah," kata Souvenir sambil menambahkan bahwa dari dua kasus tersebut telah diamankan empat orang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
Editor: Amrizal

T#g:InalumMatatelingaPT InalumPekan RayaPemprovsuTerkiniSumut
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me

Senin, 22 Jul 2019 16:39Berita Sumut

FPKS Dorong Pemko Medan Buat Early Warning Sistem untuk Warga Bantaran Sungai

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mengingatkan Pemerintah Kota Medan untuk mengantisipasi tumbangnya billboard dan baliho saat musim hujan ini.