• Home
  • Berita Sumut
  • Ibu Ditahan Polisi, 3 Bocah Warga Kelurahan Cinta Damai yang Telantar Itu Diserahkan ke Panti Anak

Ibu Ditahan Polisi, 3 Bocah Warga Kelurahan Cinta Damai yang Telantar Itu Diserahkan ke Panti Anak

Faeza Jumat, 10 Agustus 2018 14:20 WIB
mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi S MSi langsung merespon cepat berita di media sosial (medsos) tentang 3 anak yatim di keluarahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia yang terlantar setelah ibu kandung mereka diamankan aparat kepolisian. Kadis Pemberdayaa
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi S MSi langsung merespon cepat berita di media sosial (medsos) tentang 3 anak yatim di keluarahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia yang terlantar setelah ibu kandung mereka diamankan aparat kepolisian.  Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PPAPM) Kota Medan Damikrot diperintahkan untuk menanganinya.


Kamis (9/8/2018), ketiga bocah malang itu telah ditempatkan di Panti Sosial Anak SOS Children Jalan Seroja Raya Medan Permai, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Di tempat itu ketiga bocah malang akan mendapatkan perawatan dan pendidikan yang benar-benar layak.

Adapun ketiga bocah malang itu masing-masing Jonni (14), Frengki (12) dan Cahaya (12), mereka sempat hidup terlantar setelah sang ibu, Restoyana Br Berutu (45)  ditahan pihak kepolisian karena tersangkut kasus kriminal, sedangkan sang ayah telah  meninggal dunia. Itu sebabnya Jonni terpaksa harus mengamen di persimpangan lampu merah untuk menghidupi kedua adiknya.


Terlantarnya hidup ketiga bocah malang itu akhirnya diposting hingga viral. Wali Kota pun terkejut begitu mengetahuinya, sebab aparatnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat baik itu kepling, lurah dan camat tidak mengetahuinya. Padahal Wali Kota telah berulangkali mengingatkan agar aparatnya itu harus tahu apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing, termasuk jarum jatuh sekali pun.

"Saya minta nasib ketiga bocah malang itu harus disikapi. Kepada camat, lurah dan kepling, serta OPD terkait harus cepat turun tangan menanganinya. Jangan biarkan ketiga bocah yatim itu hidup terlantar," kata Wali Kota.


Kadis PPAPM Kota Medan Damikrot bersama Kadis Sosial Endar Sutan Lubis serta didampingi  Mariance SSTP selaku Sekretaris Dinas PPAPM serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia beserta pihak Polsekta Medan Helvetia langsung menyambangi kediaman ketiga bocah malang tersebut. Selain memberikan bantuan, ketiga abang beradik itu selanjutnya membawa mereka ke tempat yang lebih layak yakni Panti Sosial  Anak SOS Children.

"Ketiga anak yatim itu kita bawa sekitar pukul 20.00 WIB. Insha Allah di Panti Anak SOS Children mereka  akan mendapatkan kehidupan yang layak, termasuk pendidikannya. Dengan demikian Jonni tidak perlu lagi mengamen seperti yang selama ini dilakukannya guna menghidupi kedua adiknya," jelas Damikrot.

Meski telah menempatkan ketiga anak yatim itu di panti anak tersebut, Damikrot mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan. "Kita akan terus pantau dan berkoordinasi dengan pihak panti agar ketiga anak malang ini benar-benar dirawat dengan baik, termasuk sekolah mereka," pungkasnya.(mtc)
Editor: faeza

T#g: 3 Bocah terlantarIbu Ditahan PolisiMatatelingaPolsek HelvetiaTerkini
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),