• Home
  • Berita Sumut
  • Ibu Ditahan Polisi, 3 Bocah Warga Kelurahan Cinta Damai yang Telantar Itu Diserahkan ke Panti Anak

Ibu Ditahan Polisi, 3 Bocah Warga Kelurahan Cinta Damai yang Telantar Itu Diserahkan ke Panti Anak

Faeza Jumat, 10 Agustus 2018 14:20 WIB
mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi S MSi langsung merespon cepat berita di media sosial (medsos) tentang 3 anak yatim di keluarahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia yang terlantar setelah ibu kandung mereka diamankan aparat kepolisian. Kadis Pemberdayaa
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi S MSi langsung merespon cepat berita di media sosial (medsos) tentang 3 anak yatim di keluarahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia yang terlantar setelah ibu kandung mereka diamankan aparat kepolisian.  Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PPAPM) Kota Medan Damikrot diperintahkan untuk menanganinya.


Kamis (9/8/2018), ketiga bocah malang itu telah ditempatkan di Panti Sosial Anak SOS Children Jalan Seroja Raya Medan Permai, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Di tempat itu ketiga bocah malang akan mendapatkan perawatan dan pendidikan yang benar-benar layak.

Adapun ketiga bocah malang itu masing-masing Jonni (14), Frengki (12) dan Cahaya (12), mereka sempat hidup terlantar setelah sang ibu, Restoyana Br Berutu (45)  ditahan pihak kepolisian karena tersangkut kasus kriminal, sedangkan sang ayah telah  meninggal dunia. Itu sebabnya Jonni terpaksa harus mengamen di persimpangan lampu merah untuk menghidupi kedua adiknya.


Terlantarnya hidup ketiga bocah malang itu akhirnya diposting hingga viral. Wali Kota pun terkejut begitu mengetahuinya, sebab aparatnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat baik itu kepling, lurah dan camat tidak mengetahuinya. Padahal Wali Kota telah berulangkali mengingatkan agar aparatnya itu harus tahu apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing, termasuk jarum jatuh sekali pun.

"Saya minta nasib ketiga bocah malang itu harus disikapi. Kepada camat, lurah dan kepling, serta OPD terkait harus cepat turun tangan menanganinya. Jangan biarkan ketiga bocah yatim itu hidup terlantar," kata Wali Kota.


Kadis PPAPM Kota Medan Damikrot bersama Kadis Sosial Endar Sutan Lubis serta didampingi  Mariance SSTP selaku Sekretaris Dinas PPAPM serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia beserta pihak Polsekta Medan Helvetia langsung menyambangi kediaman ketiga bocah malang tersebut. Selain memberikan bantuan, ketiga abang beradik itu selanjutnya membawa mereka ke tempat yang lebih layak yakni Panti Sosial  Anak SOS Children.

"Ketiga anak yatim itu kita bawa sekitar pukul 20.00 WIB. Insha Allah di Panti Anak SOS Children mereka  akan mendapatkan kehidupan yang layak, termasuk pendidikannya. Dengan demikian Jonni tidak perlu lagi mengamen seperti yang selama ini dilakukannya guna menghidupi kedua adiknya," jelas Damikrot.

Meski telah menempatkan ketiga anak yatim itu di panti anak tersebut, Damikrot mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan. "Kita akan terus pantau dan berkoordinasi dengan pihak panti agar ketiga anak malang ini benar-benar dirawat dengan baik, termasuk sekolah mereka," pungkasnya.(mtc)
Editor: faeza

T#g: 3 Bocah terlantarIbu Ditahan PolisiMatatelingaPolsek HelvetiaTerkini
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 06:59Lifestyle

Menikah Dengan Bule, 3 Artis ini Blak - Blakan Beberkan Pengalaman Ranjangnya

Keputusan untuk menikah dengan seorang bule memang bukanlah hal mudah, namun berbeda dengan tiga selebriti dibawah ini yang lebih memilih hidup bersama bule. Mereka adalah Lia Waode, Baby Margaretha hingga Melaney Ricardo.

Kamis, 17 Jan 2019 06:44Berita Sumut

Empat Komplotan Pembobol ATM, Terkapar di Terjang Timah Panas

Tim unit jatanras Polres Asahan melumpukan empat komplotan pembobol kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin, dengan timah panas dibagian kaki, karena berusaha melawan melarikan diri saat hendak dilakuka

Kamis, 17 Jan 2019 06:30Bola

Meski Kalah 0-1 Atas Leganes, Real Madrid Tetap Lolos ke perempatfinal

Real Madrid harus mengakui keunggulan Leganes di leg II 16 besar Copa del Rey 2018-2019 dengan kalah 0-1, pada Kamis (17/1/2019) dini hari WIB. Akan tetapi meski kalah di laga tersebut, Madrid tetap dipastikan lolos ke perempatfinal lantaran menang agrega

Kamis, 17 Jan 2019 06:29Internasional

14 Orang Militan Bersenjata Tewas di tangan Pasukan Keamanan Kenya

Sedikitnya 14 orang militan yang menyerang hotel mewah di Ibu Kota Nairobi tewas ditangan Pasukan keamanan Kenya, dalam aksi teror yang terjadi sejak Selasa, 15 Januari itu. Kelompok militan Al Shabaab yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggun

Kamis, 17 Jan 2019 06:15Lifestyle

Sarapan Super Praktis dan Bergizi, ini 2 Tips & Rekomendasinya

Apakah pola hidup sehat termasuk dalam daftar resolusi Anda di tahun 2019? Jika benar, Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menyantap menu sarapan sehat. Salah satu resep makanan super praktis dan sehat adalah pancake.

Rabu, 16 Jan 2019 21:30Ekonomi

Terus Meningkat, Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai Rp246,7 Triliun

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, penerimaan negara dari industri hulu migas di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Rabu, 16 Jan 2019 21:15Lifestyle

Sakit atau Sehatnya Kita Bisa di Ungkap dari Kondisi Kaki, ini Faktanya

Sementara ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Kelompok Bersenjata Serang Hotel,Sejumlah Orang Tewas

Sejumlah pria yang diduga anggota kelompok milisi menyerang sebuah hotel mewah di Nairobi, Kenya, sehingga menewaskan sedikitnya enam orang.Sejumlah orang, beberapa di antara mereka bersimbah darah, dituntun polisi meninggalkan tempat kejadian perkara

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Setahun Abu Sayyaf Sandera Nelayan Indonesia Akhirnya di Bebaskan

Seorang sandera warga negara Indonesia (WNI) yang tampak meminta tolong pada sebuah video yang beredar pada awal bulan ini telah dibebaskan di Jolo, Filipina pada Selasa, 15 Januari.

Rabu, 16 Jan 2019 20:45Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani: Impor Minyak Pertamina Kian Tumbuh Hingga 13,5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan memperbaiki transaksi berjalan (current account deficit/CAD) dan neraca perdagangan di 2019. Salah satunya dengan pelaksanaan B20.

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Nasional

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Program kerja Mabes TNI tahun 2018 disusun dengan diprioritaskan modernisasi alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan k

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Lifestyle

Berikut 3 Durian Terlezat di Dinia, Indonesia Termasuk Gak Ya...

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis fa

Rabu, 16 Jan 2019 20:15Lifestyle

Kota Cirebon Gaet Wisatawan Domestik & Manca Negara Hingga 2 Juta Pengunjung, ini Triknya

Selama ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain di Jawa Barat. Hal itu tercermin dari banyak

Rabu, 16 Jan 2019 20:00Bola

Nasib Solskjaer di Manchester United di Tentukan dalam 5 Laga Kedepan

United tengah memulai era barunya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Hasil positif pun didapat oleh Setan Merah dengan memetik enam kemenangan beruntun. Kendati begitu, nyatanya masih terdapat sejumlah pihak yang meragukan kualitas Solskjaer menangani

Rabu, 16 Jan 2019 19:52Nasional

Ka Bakamla RI Wujudkan Indonesian Coast Guard dengan Kemampuan Personel Paramiliter

Guna menunjang tugas pokok Bakamla RI dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut di wilayah yurisdiksi nasional, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. bertekat mewujudkan sebuah cita-cita luhur, membangun Bakamla menjadi Indonesian Coa

Rabu, 16 Jan 2019 19:37Berita Sumut

Korban Teriak, Dua Pelaku Begal di Pancurbatu Kritis Dihajar Warga

Dua orang pelaku begal kritis usai dihajar warga di kawasan Jalan Jamin ginting, Dusun IV Lau Burah Desa Bintang Meriah Kec. Pancur Batu Kab.Deliserdang, Selasa (15/1/2019). Keduanya masih beruntung setelah polisi mengamankan mereka dari amukan massa.