Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Faeza Minggu, 24 Maret 2019 22:00 WIB
Mtc/ist
Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).
MATATELINGA,  Langkat - Hati yang pilu masih membekas karena merindu ibu. Mengingat ibunda yang sehari-hari masih ada, dimana ia sholat, wudhu, duduk. 


Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Diakui Musa, kehadiran dirinya dan Ustad Somad di rumah Syekh H. Hasyim Alsyarwani memang sebagai bentuk solidaritas sekaligus menghibur hati Sahabatnya yang hatinya sedang dilanda sedih.

Begitu tiba di Babussalam, ratusan orang sudah bersiap untuk menyambut. Salawat pun dilantunkan ketika ia berjalan masuk. Tak salah kalau ia dibilang, ustad kita ustad sejuta umat. Ustad Somad pun langsung masuk ke dalam rumah bertemu Tuan Syekh H. Hasyim Alsyarwani.

Di sana, ia disambut peluk dan dicium hangat Tuan Syekh. Lama telapak tangan mereka berpegangan erat, bak anak yang lama tak ketemu bapaknya. Begitu pun juga Musa Rajekshah, ia diperlakukan layaknya anak kandung oleh Tuan Syekh.


"Saya dan Ustadz Abdul Somad datang ke Babussalam, ke tempat bersejarah ini untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam, Syekh Hasyim Alsyarwani dan meminta doanya, karena kita tahu ulama kita, Ustadz Abdul Somad masih dalam keadaan berkabung," kata Musa Rajekshah membuka percakapan saat bertemu Tuan Syekh.

Ditambahkan Musa, sebagai umat Islam dan juga seorang sahabat, memang sudah sepatitnya menghibur teman yang sedang sedih, apalagi Ustad Somad ini adalah ulama kita, maka beliau harus dimuliakan. "Ini adalah salah satu upaya kita untuk meringankan duka beliau setelah kepergian Ibunda tercinta," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Tanpa perlu komunikasi, Tuan Syekh paham betul kegundahan Ustad Somad pasca ditinggal ibunda tercinta. "Ustad Somad, saya turut berduka cita sedalam-dalamnya. Seperti yang kita tahu, Ibunda Ustad Somad baru saja berpulang. Untuk itu, mari kita doakan almarhumah agar diterima di sisi Nya, diterima iman keislaman beliau, Al Fatihah," ajak Tuan Syekh dan diikuti jamaah.


Bagi Ustad Abdul Somad, Babussalam ini bukan tempat yang asing bagi dirinya dan keluarga. Ada hubungan historis yang sudah terbangun jauh sebelum Ustad Somad menjadi pendakwah kondang. Setidaknya, setahun sekali ia bersama keluarga pasti berkunjung dan berziarah ke Babussalam.

"Saya dan keluarga dulu setiap tahunnya paling tidak sekali berkunjung ke sini, jadi saya cukup kenal Babussalam. Sekarang saya memohon agar Tuan Guru terus memasukkan saya dalam doa, setelah salat, tahajud, besuluk, setiap saatlah ketika Tuan Guru berdoa,"


"Hati saya juga sudah mulai terhibur, Pak Ijek sudah membawa saya ke sana, kemari, bersilaturahmi ke Babussalam untuk bertemu tuan guru, ngasi makan rusa. Tapi, setelah saya pergi dari sini kayaknya saya akan sedih lagi (disambut tawa orang-orang yang hadir), mengingat di mana Ibu saya berwudhu, salat, duduk. Karna itulah Tuan Guru terus mendoakan saya biar saya ga sedih lagi," kata Abdul Somad dan disambut tawa orang-orang.


Usa bersilaturahmi, tak sedap rasa Tuan Syekh kalau tak sempat mencicipi hidangan yang tersedia. Deretan masakan khas melayu telah rapi tersusun. Sedap di mata, pun terasa lezat di lidah.  Begitulah kira-kira yang dirasakan rombongan Musa Rajekshah dan Ustad Somad.

Khidmat betul jamuan makan siang kali ini. Sedikit basa basi dari tuan rumah dan mempersilahkan tamu makan. Sebagai penutup, bubur sumsum dingin khas Babussalam menjadi penutup makan siang.

Walau temu berjumpa pisah, tapi hubungan tak akan cerai. Karena waktu pulalah yang akhirnya memisahkan Musa, Ustad Abdul Somad dan Tuan Syekh H. Hasyim Alsyarwani berhubung Ustad Somad pun hendak bertolak kembali ke Pekanbaru karena keluarga sudah menunggu ba'da ashar melalui Bandara Kualanamu. (mtc) 
Editor: faeza

T#g:IjeckMatatelingaTerkiniTuan guru babus salamuasUstas abdul somad
Komentar
Minggu, 21 Apr 2019 21:45Nasional

Izin Satu Lembaga Pemantau Pemilu Dicabut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencabut izin salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.

Minggu, 21 Apr 2019 20:35Nasional

Tim Relawan Jokowi - Ma'ruf Amin Gelar Sukuran

Menyambut kemenangan pasangan calon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar acara syukuran. Acara syukuran dilakukan dengan potong tumpeng

Minggu, 21 Apr 2019 20:30Lifestyle

Buka Perban, Syahrini Ketiban Lemari Hingga Terluka

Syahrini memamerkan kondisi telapak kakinya yang diperban karena ketiban lemari parfum sang suami, Reino Barack

Minggu, 21 Apr 2019 19:34Nasional

Bawaslu Cabut Izin PT Prawedanet AliansiSelaku Pemantau Pemilu

Salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi lantaran melakukan hal yang melanggar prinsip sebagai lembaga pemantauan, dicabut izinnya oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Minggu, 21 Apr 2019 18:21Berita Sumut

Wali Kota Harap UKM Kota Medan Manfaatkan Momentum Industri 4.0

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, MH mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Gelar UKM dan Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sebagai bagian dari apresiasi dan promosi terhadap karya-karya penggiat UKM Kota

Minggu, 21 Apr 2019 18:06Nasional

Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 3.000 Meter

Gunung Agung di Kabupaten Karangasen Provinsi Bali kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul Tinggi 18.56 WITA. Pos Pengamatan Gunung Agung melaporkan tinggi kolom abu vulkanik mencapai sekitar 3.000 meter di atas puncak kawah atau 6.142 meter di atas

Minggu, 21 Apr 2019 17:40Berita Sumut

PWI Sumut Gelar Berbagai Kegiatan Peringati HPN 2019

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Sumut.

Minggu, 21 Apr 2019 17:27Nasional

Serangan Bom di Sri Lanka, Indonesia Kecam Keras Para Pelaku

Pasca serangan bom berbagai lokasi di Sri Lank, Indonesia mengecam keras aksi pengeboman tersebut. "Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar N

Minggu, 21 Apr 2019 17:11Internasional

Istri Gendong Suami dan Anak Mencari Nafkah

Perempuan tangguh ini harus membawa suaminya di punggungnya. Mereka pergi ke jalan- jalan yang ramai untuk menyanyikan beberapa lagu dan mengumpulkan uang dari orang yang memberikan mereka setelah setiap lagu selesai dinyanyikan. Suaminya mengalami cacat

Minggu, 21 Apr 2019 16:21Berita Sumut

Anggota Polri Bantah Menganiaya Anak Pelajar

Teddy Pramono anggota satuan reserse Narkoba Polres Langkat, membantah diduga padanya melakukan penganiayaan terhadap RE yang berstatus pelajar, warga Jalan Cemara, Jati Negara, Kec. Binjai Utara dan telah membuat laporan ke Polres Binjai dengan nomor STP

Minggu, 21 Apr 2019 16:16Bola

Perombakan Besaran besara di skuad Man United

Para pemain yang dinilainya tidak menunjukan rasa lapar atau keinginan menampilkan yang terbaik, siap-siap tidak lagi memakai kostum merah musim depan. Beberapa waktu lalu Solskjaer sempat mengatakan akan melakukan perombakan besar-besaran di skuad Man Un

Minggu, 21 Apr 2019 15:36Berita Sumut

Aiptu Martin Sembiring Kritis Disambar Mobil

Anggota personel Polres Padangsidimpuan Aiptu Martin Sembiring ,54, harus dilarikan ke rumah sakit Materna Medan untuk mendapatkan perawatan intensif atas kecelakaan lalulintas yang dialaminya, Minggu (21/4/2019).