Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Faeza Minggu, 24 Maret 2019 22:00 WIB
Mtc/ist
Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).
MATATELINGA,  Langkat - Hati yang pilu masih membekas karena merindu ibu. Mengingat ibunda yang sehari-hari masih ada, dimana ia sholat, wudhu, duduk. 


Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Diakui Musa, kehadiran dirinya dan Ustad Somad di rumah Syekh H. Hasyim Alsyarwani memang sebagai bentuk solidaritas sekaligus menghibur hati Sahabatnya yang hatinya sedang dilanda sedih.

Begitu tiba di Babussalam, ratusan orang sudah bersiap untuk menyambut. Salawat pun dilantunkan ketika ia berjalan masuk. Tak salah kalau ia dibilang, ustad kita ustad sejuta umat. Ustad Somad pun langsung masuk ke dalam rumah bertemu Tuan Syekh H. Hasyim Alsyarwani.

Di sana, ia disambut peluk dan dicium hangat Tuan Syekh. Lama telapak tangan mereka berpegangan erat, bak anak yang lama tak ketemu bapaknya. Begitu pun juga Musa Rajekshah, ia diperlakukan layaknya anak kandung oleh Tuan Syekh.


"Saya dan Ustadz Abdul Somad datang ke Babussalam, ke tempat bersejarah ini untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam, Syekh Hasyim Alsyarwani dan meminta doanya, karena kita tahu ulama kita, Ustadz Abdul Somad masih dalam keadaan berkabung," kata Musa Rajekshah membuka percakapan saat bertemu Tuan Syekh.

Ditambahkan Musa, sebagai umat Islam dan juga seorang sahabat, memang sudah sepatitnya menghibur teman yang sedang sedih, apalagi Ustad Somad ini adalah ulama kita, maka beliau harus dimuliakan. "Ini adalah salah satu upaya kita untuk meringankan duka beliau setelah kepergian Ibunda tercinta," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Tanpa perlu komunikasi, Tuan Syekh paham betul kegundahan Ustad Somad pasca ditinggal ibunda tercinta. "Ustad Somad, saya turut berduka cita sedalam-dalamnya. Seperti yang kita tahu, Ibunda Ustad Somad baru saja berpulang. Untuk itu, mari kita doakan almarhumah agar diterima di sisi Nya, diterima iman keislaman beliau, Al Fatihah," ajak Tuan Syekh dan diikuti jamaah.


Bagi Ustad Abdul Somad, Babussalam ini bukan tempat yang asing bagi dirinya dan keluarga. Ada hubungan historis yang sudah terbangun jauh sebelum Ustad Somad menjadi pendakwah kondang. Setidaknya, setahun sekali ia bersama keluarga pasti berkunjung dan berziarah ke Babussalam.

"Saya dan keluarga dulu setiap tahunnya paling tidak sekali berkunjung ke sini, jadi saya cukup kenal Babussalam. Sekarang saya memohon agar Tuan Guru terus memasukkan saya dalam doa, setelah salat, tahajud, besuluk, setiap saatlah ketika Tuan Guru berdoa,"


"Hati saya juga sudah mulai terhibur, Pak Ijek sudah membawa saya ke sana, kemari, bersilaturahmi ke Babussalam untuk bertemu tuan guru, ngasi makan rusa. Tapi, setelah saya pergi dari sini kayaknya saya akan sedih lagi (disambut tawa orang-orang yang hadir), mengingat di mana Ibu saya berwudhu, salat, duduk. Karna itulah Tuan Guru terus mendoakan saya biar saya ga sedih lagi," kata Abdul Somad dan disambut tawa orang-orang.


Usa bersilaturahmi, tak sedap rasa Tuan Syekh kalau tak sempat mencicipi hidangan yang tersedia. Deretan masakan khas melayu telah rapi tersusun. Sedap di mata, pun terasa lezat di lidah.  Begitulah kira-kira yang dirasakan rombongan Musa Rajekshah dan Ustad Somad.

Khidmat betul jamuan makan siang kali ini. Sedikit basa basi dari tuan rumah dan mempersilahkan tamu makan. Sebagai penutup, bubur sumsum dingin khas Babussalam menjadi penutup makan siang.

Walau temu berjumpa pisah, tapi hubungan tak akan cerai. Karena waktu pulalah yang akhirnya memisahkan Musa, Ustad Abdul Somad dan Tuan Syekh H. Hasyim Alsyarwani berhubung Ustad Somad pun hendak bertolak kembali ke Pekanbaru karena keluarga sudah menunggu ba'da ashar melalui Bandara Kualanamu. (mtc) 
Editor: faeza

T#g:IjeckMatatelingaTerkiniTuan guru babus salamuasUstas abdul somad
Komentar
Kamis, 20 Jun 2019 13:54Berita Sumut

Penyidikan Dugaan Korupsi DBH dan Disporasu Terkendala Proses Audit

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut belum mampu merampungkan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemkab Labusel dan Labura. Padahal, kedua kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak beberapa bulan lalu.

Kamis, 20 Jun 2019 13:38Berita Sumut

Pijatan Tak Memuaskan, Gio Bunuh Tukang Pijatnya

Seorang pemuda di Deliserdang berinisial GAS alias Gio ,18, tega menghabisi nyawa tukang pijat yang juga tetangganya, Arma (56), menggunakan alu. Persoalannya hanya karena pelaku tidak puas dengan pijatan korban.

Kamis, 20 Jun 2019 13:08Berita Sumut

Jajaran Pemkab Sergai Halal bi Halal dengan Warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menggelar acara halal bi halal dengan warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan, Rabu (19/6/2019). Halal bi halal yitu langsung dihadiri Bupati Sergai Soekirman dan wakilnya Darma Wijaya.

Kamis, 20 Jun 2019 12:56Berita Sumut

Sesak Napas, Calon Penumpang ini Mendadak Tewas di Loket Bus ALS

Salah seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution ,42, warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, mendadak meninggal dunia di loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Se

Kamis, 20 Jun 2019 12:40Berita Sumut

Kejari Batubara Terkejut Saksi 02 Berstatus Terdakwa Beri Keterangan di MK

Kejaksaan Negeri Batubara mengaku terkejut atas kehadiran Rahmadsyah Sitompul yang dihadirkan pemohon pada persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pasalnya, Rahmadsyah merupakan terdakwa dalam kasus UU ITE yang ditangani oleh

Kamis, 20 Jun 2019 09:35Berita Sumut

Wagub Sumut Sebut PAB Bantu Majukan Pendidikan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menerima Pengurus Perkumpulan Amal Bakti (PAB) di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No.30 Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi Pemuda Muhammadiyah Sumut di Masjid Agung, Jalan Diponegoro, Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:15Ekonomi

Kehadiran Maskapai Asing, Belum Tentu Harga Tiket Pesawat Turun

Kehadiran maskapai asing di penerbangan Indonesia merupakan salah satu opsi untuk menurunkan

Kamis, 20 Jun 2019 08:00Internasional

Atas Pembunuhan Khashoggi, Putra Mahkota Saudi Harus Diselidiki

Penyelidik PBB mengatakan bahwa ada bukti kredibel bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Jun 2019 07:45Nasional

Netizen Bercibir Usai Sepeda Motor Beratap Payung, Viral

Ada saja inovasi unik yang dibuat orang Indonesia. Salah satunya yang sedang viral adalah sepeda motor beratap

Kamis, 20 Jun 2019 07:30Ekonomi

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Perbankan

Atas dasar pertimbangan perang dagang yang mempengaruhi pasar global dan berimbas pada ekspor

Kamis, 20 Jun 2019 07:15Bola

Main Bareng Mbappe dan Pogba di Madrid, ini Komentar Ferland Mendy

Pemain anyar Real Madrid, Ferland Mendy, ikut mengomentari rumor kehadiran dua kompatriotnya

Kamis, 20 Jun 2019 07:00Lifestyle

Ini Keistimewaan Shalat Sunah 8 Rakaat di Bulan Syawal dan Berikut Tata Caranya

Rangkaian ibadah yang ada dari bulan ramadan sampai bulan syawal ini mempunyai fadhilah dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT

Kamis, 20 Jun 2019 06:45Bola

Arsenal Wajib Jual 3 Pemainnya ini, Termasuk Mesut Ozil

Legenda Arsenal, Charlie Nicholas, memberikan saran kepada mantan klubnya untuk memilih siapa saja

Kamis, 20 Jun 2019 06:30Nasional

3% Angota TNI Terpengaruh Paham Radikalisme, ini Kata Pengamat

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu menyebut ada sekira tiga persen anggota TNI

Kamis, 20 Jun 2019 06:15Nasional

Gempa 6,3 SR Guncang Papua

Daerah Mamberamotengah, Papua, diguncang gempa dengan kekuatan 6,3 magnitudo