• Home
  • Berita Sumut
  • Imigrasi Tanjungbalai-Asahan Galakkan Program Pengurusan Pasport Secara Online

Imigrasi Tanjungbalai-Asahan Galakkan Program Pengurusan Pasport Secara Online

Zul kifli Kamis, 07 Desember 2017 12:00 WIB
Mtc/zul
Tata cara pengurusan Paspor di kantor Imigrasi Tanjungbalai-Asahan semakin mudah, saat ini pihak ke-imigrasian setempat sedang menggalakkan program antrian pendaftaran secara online untuk wilayah kerja Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanb

MATATELINGA, Rantauprapat : Tata cara pengurusan Paspor di kantor Imigrasi Tanjungbalai-Asahan semakin mudah, saat ini pihak ke-imigrasian setempat sedang menggalakkan program antrian pendaftaran secara online untuk wilayah kerja Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.  


Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai-Asahan, Huntal Hamonangan Hutauruk, dalam acara Sosialisasi Antrian Paspor Secara Online di Aula Hotel Platinum Rantauprapat, Selasa (5/12) pagi.


Kata Hutauruk, pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintahan setempat telah turut berpartisipasi men-sosialisasikan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dan Peraturan Pemerintah nomor 31 Tahun 2013 tentang pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.


"Kami merasa sangat terbantu dengan adanya kontribusi pemerintahan setempat dalam memberikan sosialisasi ke masyarakat luas tentang layanan antrian Paspor Online ini" ujarnya. 


Paparnya, adapun keunggulan aplikasi antrian paspor online ini, dapat mempermudah masyarakat untuk membuat paspor,  sehingga masyarakat tidak perlu lagi antri hingga berjam-jam, serta hal ini juga sebagai upaya mencegah penumpukan pemohon paspor di kantor imigrasi.


"Contohnya, ada yang sudah datang tapi tidak bisa lagi mengambil nomor antrian karena sudah penuh, dengan aplikasi online ini kita dapat mengatur sendiri waktu, hari dan tanggal kapan kita akan datang, juga petugas dapat mengetahui jumlah pemohon setiap harinya" sebut Hutauruk.  


Tambah dia, dalam proses pendaftaran, masyarakat diharuskan melengkapi beberapa persyaratan dengan membawa KTP elektronik, Kartu Keluarga, akta kelahiran, ijazah, buku nikah, surat batis asli dan fotocopy di kertas A4.


"Dengan menunjukkan barcode yang kita terima dari email kantor imigrasi , kami pasti langsung tangani dan tidak menunggu lama lagi, aplikasi ini dapat di download melalui playstore atau melalui website Kantor Keimigrasian Tanjungbalai-Asahan dengan  http://imigrasi-tanjungbalaiasahan.com" jelasnya. 


Kemudian, jika ingin penggantian paspor, masyarakat cukup bawa paspor lama dan KTP-e khusus untuk paspor yg di terbitkan dalam negeri Tahun 2009 ke atas. Persyaratan tambahan Surat Edaran Direktur Jendral Imigrasi No. IMI. 0277.GR.02.06 Tahun 2017 tanggal 24 Februari 2017 tentang pencegahan TKI non prosedural.


"ini juga harus melampirkan surat  rekomendasi dari Disnakertrans bagi CTKI lengkap dengan ID TKI yang Valid dan surat rekomendasi dari Kementrian Agama & Biro Jasa Travel Haji dan Umrah bagi yang akan menjalankan ibadah Umrah atau Haji Khusus. Surat rekomendasi tidak berlaku bagi Pejabat Negara,  PNS/TNI/POLRI, dan pemohon paspor dapat melakukan pembayaran di 78 bank persepsi Melalui ATM BRI, MANDIRI, BNI dan BCA" urai Hutauruk. 


Tampak hadir, Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Labuhanbatu Raya, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Kementrian Agama, Jajaran Camat Wilayah Labuhanbatu Selatan,  Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.(mtc/zul)

Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid

Kamis, 15 Nov 2018 22:45Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Medan Diperiksa BPK, Masalah Anggaran Reses

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Kota Medan periode 2014-2019 di kantor Jalan Imam Bonjol, Medan

Kamis, 15 Nov 2018 22:30Berita Sumut

Resedivis Beraksi Membongkar Kantor Asuransi

Menyandang seorang resedivis, tidak mudah untuk bertobat. Itu tergantung orangnya, mau berubah nasib usai menjalani hukuman atau sebaliknya melakukan melawan hukum.

Kamis, 15 Nov 2018 22:15Nasional

Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E. memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-3