• Home
  • Berita Sumut
  • Ini Alasan Dirut PTPN II Batalkan SK Persetujuan Penghapusbukuan Tanah 106 Hektar

Ini Alasan Dirut PTPN II Batalkan SK Persetujuan Penghapusbukuan Tanah 106 Hektar

Faeza Kamis, 19 Juli 2018 19:25 WIB
Mtc/ist
Direktur Utama( Dirut) PTPN II, Ir Teten Jaka bersama dua anak buahnya mengaku dipanggil dan diperiksa penyidik Kejaksaan Agung( Kejagung) karena dianggap menghambat proses persidangan.
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan: Direktur Utama( Dirut) PTPN II,  Ir Teten Jaka bersama dua anak buahnya mengaku dipanggil dan diperiksa penyidik Kejaksaan Agung( Kejagung) karena dianggap menghambat proses persidangan.

Karena panggilan tersebut, akhirnya Ir Teten langsung membatalkan SK Persetujuan Penghapusbukuan tanah 106 hektar eks HGU PTPN II.
  
Itu terungkap saat Dirut PTPN II Or Teten Jaka didengar keterangannya sebagai saksi dalam perkara terdakwa Tamin Sukardi,yang didakwa mengalihkan aset PTPN II di Pengadilan Tipikor Medan,Kamis(19/7)

Menurut Teten, sebelumnya Jaksa Penuntut Umum( JPU) Kejagung mendengar keterangan dua saksi dari PTPN II, yakni Direktur Operasi ( Dir.Op) Marisi Butar- Butar dan Kennedy selaku Kabag Hukum bidang Pertanahan

"Dua atau tiga hari pemeriksaan mereka di Pengadilan Tipikor Medan,saya turut dipanggil penyidik Kejagung untuk memberi keterangan, karena
keterangan dua staf PTPN II itu dianggap menghambat proses persidangan terdakwa TS," ujar Teten dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo. 

Namun Teten lupa nama penyidik Kejagung yang memanggil dan memeriksanya.
   
Dalam pemeriksaan penyidik Kejagung tersebut,akhirnya Dirut PTPN II itu membatalkan SK Persetujuan penghapus bukuan terhadap tanah seluas 106 hektar eks HGU PTPN II yang berlokasi di Pasar IV Desa Helvetia.

Padahal SK Persetujuan tersebut telah diterbitkannya pada 22 Desember 2017.

Dijelaskannya, pembatalan persetujuan tersebut berkat saran penyidik Kejagung bahwa diatas tanah seluas 106 hektar tersebut masih ada proses hukum.

" Ya pembatalan SK itu profesional saja," jelasnya.

Sebelum dipanggil penyidik Kejagung, Dirut PTPN II telah menerbitkan SK persetujuan Penghapusbukuan terhadap tanah eks HGU PTPN II seluas 106 hektar.Bahkan Dirut PTPN II mengakui sebelum menerbitkan SK tersebut telah minta Legal Opini ( LO) ke Kejaksaan Tinggi Sumut( Kejatisu) agar PTPN II mendukung melaksanakan putusan pengadilan yang memberi hak kepada 65 warga pemilik tanah 106 hektar tersebut

Kemudian PTPN II minta review kepada BPKP yang berkesimpulan Penghapusbukuan terhadap objek sengketa tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Kesaksian saksi itu membuat Tim penasihat Hukum terdakwa Tamin Sukardi terkejut." Apakah keterangan saksi ini dibawah tekanan atau dipengaruhi pihak lain, sehingga keterangannya berbalik 180 derajat," ujar Fachruddin Rifai.

Teten tetap menjawab pertimbangan pembatalan itu profesional." Ini deskresi direksi, saya siap bertanggung jawab atas keputusan yang saya ambil," ujar Teten berulang-ulang ulang.

Namun Teten mengakui pembatalan SK penghapusan bukuan dari daftar aset BUMN itu tanpa diikuti SK pembatalan. 

Sebelumnya JPU memeriksa dua pejabat PTPN II yakni Marisi dan Kennedy. Keduanya mengakui PTPN II telah menyetujui penghapusbukuan tanah seluas 106 hektar itu dari daftar aset PTPN II, karena sudah adanya putusan final dan mengikat. Bahkan persetujuan tersebut sudah disampaikan kepada Meneg BUMN .

Bahkan dua staf PTPN II menyebutkan tidak ada kerugian negara dari Penghapusbukuan tersebut.

Selain Ir Teten,juga didengar keterangan Misran Sasmita,selaku ahli waris pemilik Surat Keterangan Pembagian Tanah Sawah dan Ladang (SKPTSL) yang diterbitkan gubernur tahun 1954.

Menurut dia,tanah suguhan seluas 106 hektar di Desa Helvetia itu sempat dikuasai asing dan diklaim PTPN II sebagai pemilik. Namun saksi bersama 64 ahli waris lain terus berjuang merebut tanah tersebut.

" Saya sempat dipenjara 8 bulan karena didakwa menggunakan surat palsu.Tapi tuduhan tidak saya lakukan.Itu fitnah saja," ujar pria berusia 76 tahun tersebut.

Bahkan dari perjuangan saksi tersebut,MA  membebaskannya, karena saksi dianggap tidak bersalah.Disisi lain,MA memenangkan gugatan 65 ahli waris termasuk Misran.
Mujianto.
   
JPU Kejagung merencanakan mendengar keterangan Mujianto, Dirut.PT Agung Cemara Reality (ACR) selaku pembeli lahan 74 dari 106 hektar milik PT Erni Putra Terari (EPT).

"Kami akan membacakan BAP.Mujianto yang saat ini dalam DPO pak hakim," ujar JPU Salman.Selain Mujianto turut didengar keterangan Mustika Akbar selaku Dirut PT EPT. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 23:33Berita Sumut

Kedatangan Kapolda Sumut Agus Andrianto Disambut Pj Gubsu

Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH disambut Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Sum

Selasa, 21 Agu 2018 23:29Berita Sumut

Bupati Asahan Melantik Jabatan Sekertaris Daerah

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP melantik Taufik Zainal Abidin Siregar memangku jabatan Sekertaris daerah, setelah selama kurun waktu tiga bulan lamanya Taufik ZA sebgai pelaksana tehnis

Selasa, 21 Agu 2018 22:59Nasional

Panglima TNI : Paskibraka 2018 Mampu Teruskan Estafet Perjuangan dan Kepemimpinan Bangsa

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2018 diyakini mampu meneruskan estafet perjuangan dan kepemimpinan bangsa di masa mendatang dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa

Selasa, 21 Agu 2018 22:55Berita Sumut

Wakil Wali Kota & Unsur Forkopimda Takbiran di Balai Kota

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.