Ini Dia 'Fachruddin Siregar' Kajati Sumut yang Baru

Mtc/James Jumat, 12 Oktober 2018 22:28 WIB
Istimewa
Sesjam Datun Kejagung RI Bambang Sugeng Rukmono salam komando dengan Kajatisu yang baru Fachruddin.
MATATELINGA, Jakarta, Jaksa Agung RI HM Prasetyo melantik dan mengambil sumpah Sesjam, Kajati dan Kapuspenkum di Aula Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Jumat (12/10). Acara pelantikan dan serah terima jabatan juga disaksikan Wakil Jaksa Agung Arminsyah, para Jaksa Agung Muda (JAM) seperti Jamwas M. Yusni, Jampidum NoorRochmad, Jamintel, Jamdatun, Jampidsus. Jambin dan Jamdatun. Hadir juga beberapa Kajati serta pejabat lainnya di Kejagung RI.


Beberapa pejabat yang dilantik dan diserah terimakan adalah Syafrudin yang sebelumnya menjabat Sesjam Datun dipromosikan menjadi Sesjam Pidum, Bambang Sugeng Rukmono yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dipromosikan menjadi Sesjam Datun, Fachrudin yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana terhadap Orang dan Harta Benda dipromosikan menjadi Kajatisu menggantikan Bambang Sugeng Rukmono. 


Sampe Tuah yang sebelumnya Kajati Sulawesi Tengah di Palu dipromosikan menjadi Direktur Tindak Pidana terhadap Orang dan Harta Benda, M Rum selaku Kapuspenkum dipromosikan menjadi Kajati Sulawesi Tengah di Palu menggantikan Sampe Tuah. Kapuspenkum yang baru Mukri yang sebelumnya bertugas sebagai Wakajati DI Yogyakarta. Mudim Aristo yang sebelumnya menjabat Wakajati DKI Jakarta menjadi Kajati Sulawesi Tenggara di Kendari. Jabatan Wakajati DKI Jakarta dijabat oleh Pathor Rohman yang sebelumnya Wakajati Banten di Serang.


Kemudian, Happy Hadiastuty yang sebelumnya menjabat Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel Kejagung menjadi Kajati Banten di Serang. Kajati Aceh Dr. Chaerul Amir dipromosikan menjadi Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel Kejagung, Irdam selaku Wakajati Sumbar mendapat promosi menjadi Kajati Aceh, Dr Heri Jerman menggantikan Irdam menjadi Wakajati Sumbar, sebelumnya bertugas sebagai Koordinator di Jampidum. 

Kajati Bengkulu Baginda P Lumban Gaol mendapat promosi jadi Kajati Kalimantan Barat di Pontianak, Wakajati Jateng Amanda Syah Arwan menggantikan posisi Baginda sebagai Kajati Bengkulu.


Perlu diketahui, bahwa Kajati Sumut yang baru Fachruddin Siregar sebelumnya pernah bertugas di Sumatera Utara sebagai Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) dan sekarang kembali lagi bertugas di Sumut sebagai Kajatisu. Sementara Bambang Sugeng Rukmono akan segera berkantor di Jakarta sebagai Sesjam Datun Kejagung RI.

Pada saat acara Pengantar Tugas di Medan, Bambang Sugeng Rukmono menyampaikan dimana pun kita ditugaskan intinya semua ada permasalahan, apa pun itu bentuk permasalahannya. Yang menjadi permasalahan justru bagaimana kita bisa me-manage permasalahan itu dengan baik sehingga itu bukan menjadi permasalahan. 


"Misalnya, daripada kita pusing-pusing mikirin masalah, kita offroad sudahaja sampai ke dalam-dalam, bakti sosial kita disana dan kita bisa menikmati itu. Semua ada hikmahnya dan semua ada seninya," tandas Bambang.

Di akhir masa tugasnya sebagai Kajati Sumut, Bambang Sugeng Rukmono menggalang bantuan dari seluruh pegawai di lingkungan kerja Kejatisu, mulai dari Kacabjari, Kajari sampai kepada Asisten dan pegawai yang tergerak hatinya untuk membantu meringankan beban penderitaan korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Sampai hari Kamis (11/10) jumlah bantuan yang terkumpul besarnya mencapai Rp 215 juta. 

Bantuan ini, kata Bambang sangat bermanfaat dan berarti meringankan beban saudara kita yang menderita. Senin (15/10) Kajati Sumut yang baru akan berkantor di Kejati Sumut dan pada waktu yang sama juga Bambang akan bertugas sebagai Sesjam Datun Kejagung RI.


"Ini adalah penugasan pertama saya di Datun sebagai Sesjam Datun, kebetulan, saya belum pernah tugas di Datun. Buat saya ini tantangan, dalam menjalankan tugas pertama sebagai Sesjam Datun Kejagung RI. Apa yang bisa saya lakukan akan saya lakukan dengan baik. Mohon doa dan dukungannya sehingga saya bisa menjalankan amanah tersebut dengan baik," kata Bambang Sugeng Rukmono.

Secara khusus, Bambang menyampaikan terima kasih kepada Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) Sumut yang telah memberikan masukan dalam menjalankan tugas sebagai Kajatisu. Ke depan, kita harus merapatkan barisan dan tali silaturahmi tetap terjalin dengan baik.


"Kalau dulu kejaksaan itu dikenal hanya sebagai penegak hukum saja, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu Kejaksaan telah berubah dan mulai mendekatkan diri kepada masyarakat dalam memberikan edukasi terkait hukum. Intinya adalah Kejaksaan sudah melakukan upaya-upaya preventif seperti penyuluhan hukum. Kejaksaan juga baru saja menjalin kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pada saat gempa dan tsunami di Palu/Donggala. hari kedua pasca gempa dan tsunami Kejaksaan telah membuka posko untuk membantu warga yang kesulitan," tandas Bambang.
Editor: James P. Pardede

T#g:BambangFachruddinKajatisuKejati Sumut
Komentar
Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,

Minggu, 21 Apr 2019 22:45Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97% di Hasil Akhir Quick Count Konsepindo

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 22:30Nasional

Polisi Bekuk Pelaku Pembakaran Surat Suara

im Gabungan Polda Jambi bersama Polres Kerinci akhirnya berhasil mengungkap kasus pembakaran kotak surat suara pemilihan umum di TPS 1, 2, dan 3 Desa Koto Padang

Minggu, 21 Apr 2019 22:15Bola

Tak Puas Juara Liga Italia 2018-2019, Massimiliano Allegri Bidik Scudetto

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tak mau cepat berpuas diri usai mengantar Si Nyonya Tua merengkuh gelar juara Liga Italia 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 22:00Nasional

Belum Ada Informasi WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Serangan Bom di Sri Lanka

Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka. Serangan bom yang terjadi, Minggu (21/4/2019) sekira pukul 09.00 waktu setempat

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.

Minggu, 21 Apr 2019 20:35Nasional

Tim Relawan Jokowi - Ma'ruf Amin Gelar Sukuran

Menyambut kemenangan pasangan calon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar acara syukuran. Acara syukuran dilakukan dengan potong tumpeng

Minggu, 21 Apr 2019 20:30Lifestyle

Buka Perban, Syahrini Ketiban Lemari Hingga Terluka

Syahrini memamerkan kondisi telapak kakinya yang diperban karena ketiban lemari parfum sang suami, Reino Barack

Minggu, 21 Apr 2019 19:34Nasional

Bawaslu Cabut Izin PT Prawedanet AliansiSelaku Pemantau Pemilu

Salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi lantaran melakukan hal yang melanggar prinsip sebagai lembaga pemantauan, dicabut izinnya oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Minggu, 21 Apr 2019 18:21Berita Sumut

Wali Kota Harap UKM Kota Medan Manfaatkan Momentum Industri 4.0

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, MH mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Gelar UKM dan Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sebagai bagian dari apresiasi dan promosi terhadap karya-karya penggiat UKM Kota