• Home
  • Berita Sumut
  • Ini Jawaban Pemko Medan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

Ini Jawaban Pemko Medan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

faeza Kamis, 22 Agustus 2019 18:16 WIB
Mtc/ist
Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi menanggapi Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Boydo HK Panjaitan pada Sidang Paripurna Tanggapan/Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pemandangan Umun Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan, atas Ranperda
MATATELINGA, Medan: Pemko Medan telah melakukan sejumlah langkah guna mengatasi permasalahan sanitasi dan air bersih di Kota Medan. Salah satunya dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Mebidang yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sumut, Pemko Medan, Pemko Binjai dan Pemkab Deli Serdang. Diharapkan pada tahun 2021, sudah ada tambahan air untuk Kota Medan.

Selain itu PDAM Tirtanadi Sumut  juga akan mengembangkan pengelola air bersih yang ada sehingga akan menambah debit air bersih di ibukota Provinsi Sumatera Utara.




Demikian Nota Jawaban Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi menanggapi Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Boydo HK Panjaitan pada Sidang Paripurna Tanggapan/Jawaban Kepala Daerah Terhadap Pemandangan Umun Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan, atas Ranperda Kota Medan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2020 di Gedung DPRD Medan, Kamis (22/8).



"Untuk penanganan wilayah-wilayah yang belum terjangkau layanan perpipaan air bersih, Pemko Medan melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) telah berupaya membantu PDAM Tirtanadi membangunkan pipa distribusi air bersih dan pembangunan sumur bor khususnya pada kawasab masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)



Selain masalah air bersih yang di Kota Medan, papar Wakil Wali Kota, Pemko Medan telah meningkatkan koordinasi dengan pihak Polrestabes Medan dalam menciptakan dan memberikn rasa aman dan nyaman kepada masyarakat melalui peningkatan kwatitas pemantauan dan penindakan terhadap pelaku kriminalitas yang dilakukan personil kepolisian di wilayah yang dinilai rawan terjadinya aksi begal, balap liar, perampokan, pencurian, peredaran narkoba, dan bentuk-bentuk kejahatan lainnya yang sering terjadi di tengah masyarakat Kota Medan.

"Guna membantu pihak kepolisian dalam menciptakan keamanan warga, kami telah memerintahkan camat, lurah serta kepling untuk membentuk dan memfasilitasi pelaksanaan siskamling guna terciptanya suasana aman, nyaman, dan tentram," kata Wakil Wali Kota.



Selanjutnya menjawab pertanyaan dari Fraksi PAN yang disampaikan Kuat Surbakti terkait persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar lebih serius ditangani, Wakil Wali Kota menuturkan, Pemko Medan akan terus melakukan penertiban rutin yang dilakukan oleh petugas Dinas Sosial Kota Medan bersama Tim Unit Reaksi Cepat (URC) serta melibatkan Satpol PP dan aparat kepolisian.

"Sedangkan mengenai rencana pembangunan rumah pelindungan sosial, kami telah selesai menyusun Detail Engineering Design (DED) perencanaannya pada Tahun Anggaran 2017 yang berlokasi di Kecamatan Medan Tuntungan di atas lahan lebih kurang 2,5 hektar," ungkapnya.



Kemudian terkait usulan mengenai pemeliharaan situs bersejarah dan cagar budaya yang ada di Kota Medan untuk lebih ditingkatkan dan dikelola dengan baik, Wakil Wali Kota menerangkan, Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan Kota Medan sudah membentuk Tim Ahli Cagar Budaya Kota Medan yang tugasnya antara lain, merekomendasikan objek pendaftaran benda cagar budaya atau situs cagar budaya.

Selain itu tambah Akhyar lagi,  merekomendasikan penetapan cagar budaya, merekomendasikan pencatatan kembali cagar budaya yang hilang dan ditemukan kembali, serta merekomendasikan peringkat cagar budaya.




Di kesempatan itu Wakil Wali Kota juga menjawab pertanyaan H Rajuddin Sagala dari Fraksi PKS terkait upaya penuntasan masalah sampah di Kota Medan.Dijelaskan Akhyar, Pemko Medan akan terus menerus melakukan perbaikan. Di samping itu Pemko Medan juga telah mengeluarkan  Perwal No.26/2019 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Kota Medan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

"Dimana dalam Jakstrada ini memuat arah kebijakan pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga yang menargetkan pengurangan sampah sebesar 80% per-tahun 2019 dan  sebesar 75% untuk tahun 2020. Kemudian untuk mengatasi pengangkatan sampah di dalam gang kecil akan dilakukan dengan becak bermotor. Di tahun 2019, Pemko Medan menganggarkan pengadaan kenderaan convaktor sebanyak 35 unit dan RAPBD 2020 menganggarkan becak bermotor sebanyak 400 unit," terangnya.




Selain Fraksi PDI Perjuangan, F-PAN dan F-PKS, Wakil Wali Kota juga menjawab pertanyaan 5 fraksi lainnya dari F-Golkar, F-Gerindra, F-Demokrat, F-PPP dan F-Hanura. Sidang Paripurna Tanggapan Kepala Daerah Terhadap Pemandangan Umun Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan, atas Ranperda Kota Medan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2020 yang dipimpin Ketua DPRD Kota Medan Henry John , Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli, juga turut dihadiri Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, anggota dewan, pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan.(mtc)

Editor: faeza

T#g:DPRD MedanPemko MedanPemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020Medan
Komentar
Sabtu, 22 Feb 2020 20:01Berita Sumut

Gelar Operasi Gaktib 2020, Denpom 1/5 BB Razia Tempat Hiburan Malam di Medan

Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/5 BB menggelar razia di sejumlah tempat hiburan malam (THM) di Medan, Jum'at (21/2) malam. Razia yang melibatkan tim gabungan dari POM TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Propam Polda Sumut ini merupakan bagian dari Operasi

Sabtu, 22 Feb 2020 19:29Berita Sumut

MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 Resmi Dibuka

Bupati Soekirman resmi membuka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jum'at (21/2) malam. MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 akan berlangsung selama 21- 25

Sabtu, 22 Feb 2020 18:15Berita Sumut

Akhyar : Pramuka Mampu Lahirkan Manusia Yang Berkarakter

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Medan bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan Hut Gudep 07.027-07.028 UPT SMP Negeri 22 Medan sekaligus Giat Pramuka Prestasi I

Sabtu, 22 Feb 2020 18:00Berita Sumut

Gubernur Edy Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai ke Pelosok Desa

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyempatkan diri mengunjungi acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Halaman UPT Puskesmas Ulu Pungkut Kelurahan Huta Godang

Sabtu, 22 Feb 2020 17:00Berita Sumut

Buka Musda Tapak Suci, Akhyar Gelorakan Semangat Medan Jadi Kota Atlet

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution secara resmi membuka musyawarah daerah (Musda) Pimpinan Daerah 018 Tapak Suci Kota Medan, Sabtu (22/2/2020) di Ballroom Istana Koki Jalan Teuku Cik Ditiro.

Sabtu, 22 Feb 2020 16:45Aceh

Hadiri Kenduri Kebangsaan, Presiden: Mari Bersama Hadapi Tantangan Bangsa

Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh. Acara yang hendak membangun semangat keacehan, keislaman, dan keindonesiaan dalam satu bagian tak

Sabtu, 22 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Gubsu Harapkan SMK Negeri 1 Ulu Pungkut Jadi Sekolah Unggulan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ulu Pungkut di Desa Huta Padang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (22/2). Unit sekolah baru (USB) ini diharapkan dapat menjadi

Sabtu, 22 Feb 2020 16:15Aceh

Presiden Jokowi Harapkan Penggunaan Anggaran Provinsi Aceh Bermanfaat untuk Rakyat

Aceh merupakan salah satu provinsi penerima anggaran terbesar di Indonesia. Selain APBD yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota, Aceh juga memperoleh dana otonomi khusus yang untuk tahun 2020 ini ditetapkan sebesar kurang lebih Rp8,3 triliun di mana ham

Sabtu, 22 Feb 2020 16:00Berita Sumut

Polisi Ungkap Identitas Jasad Wanita yang Ditemukan Membusuk di Asahan

Tim Inafis Polres Simalungun membantu personil Polsek Mandoge mengungkap identitas sesosok mayat wanita Mrs. X dengan bersama-sama mendatangi Rumah Sakit Umum Djasamen Saragih pada Sabtu (22/02/2020) sekira pukul 09.00 wib.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:37Berita Sumut

Resmikan Ruang Fitnes, Pangdam Harapkan SDM Rindam I/BB Kian Unggul

Resimen Induk Kodam I/Bukit Barisan (Rindam I/BB) merupakan kawah candradimuka pembentukan Prajurit TNI yang memiliki keunggulan fisik dan tangguh daya juangnya.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:14Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pendidikan Pertama Bintara PK Tahun 2019

Pada Penutupan Pendidikan Pertama Bintara PK tahun 2019 Pangdam I/BB dalam amanatnya menyampaikan, selamat dan sukses kepada para Bintara remaja atas keberhasilan yang telah kalian capai dan mampu menyelesaikan pendidikan pertama Bintara TNI AD tahun angg

Sabtu, 22 Feb 2020 13:57Nasional

Sergap Kapal Penyelundup Narkoba di Riau, TNI AL Sita 11 Kg Sabu dan 63 Ribu Butir Ekstasi

Personil Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai Pangkalan TNI Angkatan Laut Satu (Lantamal I) Belawan, menyergap kapal penyelundup narkoba di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Jum’at, (21/2). Dalam penyergapan ini, petugas TNI AL meringkus 2 or

Sabtu, 22 Feb 2020 12:45Berita Sumut

Satnarkoba Polres Sergai Kembali Sisir Desa Nagur

Untuk yang ketiga kalinya, tim Satnarkoba Polres Serdang Bedagai menyisir kembali kampung narkoba di Dusun I, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (21/2/2020).

Sabtu, 22 Feb 2020 12:30Berita Sumut

Ini Jumlah Peserta SKD CPNS Kejaksaan RI di Kejati Sumut yang Melewati Ambang Batas

Pelaksanaan Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kejaksaan RI Formasi Tahun 2019 Wilayah Kejati Sumut berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Hotel Garuda Plaza Medan, Jalan Sisingamangar

Sabtu, 22 Feb 2020 12:15Berita Sumut

Turnamen Daihatsu Astec Open Kembali Hadir di Medan

Setelah sukses digelar tahun lalu, turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open (DAO), akan kembali hadir di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dijadwalkan DAO 2020 akan dihelat di Gedung PBSI Sumut, Jalan William Iskandar, Medan, pada 25-29 Februari 2020.

Sabtu, 22 Feb 2020 12:00Berita Sumut

Pengcab Forki Medan Gelar Raker

Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Olah Raga Karate Indonesia (FORKI) Kota Medan periode 2019-2023, menggelar rapat kerja (Raker) terbatas pengurus di Aula Medan Club Jalan RA Kartini Medan, Jumat (21/2). Raker ini diharapkan dapat membuat program pembina