Ini Jurus Pemkab Labuhanbatu Atasi Kelangkaan Gas LPG Subsidi

zulkifli Kamis, 06 Desember 2018 17:30 WIB
mtc/zul
Kabag Perekonomian Pemkab Labuhanbatu, Gargaran Siregar
MATATELINGA, Labuhanbatu : Kelangkaan gas 3 Kg bersubsidi sepertinya tidak pernah ada habis, Hal tersebut selain disebabkan oleh faktor produksi yang masih terbatas, juga dipengaruhi ulah pangkalan "nakal" dengan mendistribusi gas bersubisidi ke pengecer dan toko-toko, untuk itu Pemkab Labuhanbatu memiliki strategi untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji subsidi atau 3 Kg dengan mengeluarkan surat edaran keseluruhan agen dan pangkalan.


Kabag Perekonomian Pemkab Labuhanbatu, Gargaran Siregar,  Rabu (5/12/18) mengatakan, surat edaran yang di tandatangani Plt Bupati Labuhanbatu tertanggal 3 Desember 2018, Nomor/ 500/ 5046/ Ekon/ II/ 2018 tentang Pengunaan LPG bersubsidi 3 kg bagi rumah tangga dan usaha mikro di kabupaten Labuhanbatu telah di edarkan. 

"Kita sudah mengedarkan surat himbauan kepada seluruh stakeholder di labuhanbatu Mengacu pada Peraturan Presiden No. 104 tahun 2007 tentang penyediaan, Pendistribusian dan penetapan harga gas LPG bersubsidi tabung 3 Kg yang diperuntukan bagi rumah tangga dan usaha mikro, dalam surat edaran yang telah dikeluarkan, ada enam  poin yang disampaikan yang harus dilaksanakan oleh OPD, Camat serta Agen dan Pangkalan Gas LPG yang ada di kabupaten Labuhanbatu.,"sebutnya.


Poin pertama (1), LPG 3 Kg diperuntukkan bagi masyarakat yang berhak, yaitu keluarga kurang mampu atau masyarakat miskin dan usaha mikro. Dua (2), menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Labuhanbatu untuk tidak mengunakan LPG 3 Kg dan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mensosialisasikan kepada masing- masing jajarannya. Tiga (3), kepada para Camat dan Lurah/ Kepala Desa se- kabupaten Labuhanbatu agar menghimbau kepada pelaku usaha mikro yang ada di wilayah kecamatan yang memiliki Kekayaan Bersih Di Atas Rp. 50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan di atas Rp. 300.000.000,- agar tidak mengunakan LPG bersubsidi 3 Kg. 

Empat (4), Kepada para Agen dan Pangkalan LPG 3 kg yang ada di kabupaten Labuhanbatu, agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut : a. Pangkalan dilarang mendistribusikan LPG bersubsidi 3 Kg langsung kepada PENGECER. b. Pangkalan wajib mengutamakan masyarakat di lingkungannya. c. Pangkalan dilarang keras mengecer keliling. d. Pangkalan dilarang menyalahgunakan isi tabung LPG bersubsidi. e. Pangkalan wajib menjual LPG bersubsidi 3 kg sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan dan menaati ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. f. Pangkalan wajib mendistribusikan LPG 3 kg kepada masyarakat/ usaha mikro yang memiliki KTP/Kartu keluarga atau identitas lain yang disahkan oleh Lurah/ Kepala Desa atau usulan RT/RW/Kepala lingkungan setempat. g. Agen dan Pangkalan dilarang keras menjual LPG bersubsidi 3 kg keluar daerah kabupaten Labuhanbatu. h. Agen wajib mengawasi setiap Pangkalan. 


Lima (5), Setiap Pangkalan wajib memenuhi segala persyaratan baik fasilitas, peralatan dan keamanan lainnya seperti : a. Bangunan harus memiliki ventilasi yang cukup serta larangan merokok. b. Memasang papan nama pangkalan serta harga HET sesuai ketentuan agar dapat dilihat masyarakat. c. Menyediakan racun api, cap/stempel pangkalan, timbangan dan bak pendeteksi kebocoran tabung LPG 3 kg. 

"Dan keenam, semua agen dan pangkalan wajib mentaati Surat Edaran ini, dan apabila melanggar akan diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, berikut inilah kutipan surat edaran yang telah ditandatangi Plt Bupati labuhanbatu," Ungkap Gargaran Siregar kepada wartawan di ruang kerjanya.

Disinggung perihal sanksi kepada para agen serta pangkalan yang nakal, Pemkab Labuhanbatu hanya bisa memberikan rekomendasi kepada pertamina untuk di tindak lanjuti, Pemkab Labuhanbatu juga sudah menyiapkan beberapa rencana strategis.

"Kelangkaan gas elpiji 3 kg bersubsidi ini sebenarnya bukan hal baru. Pemerintah sendiri sudah berupaya maksimal untuk mengatasinya, kedepannya selain upaya-upaya yang telah dilakukan, kami juga telah menyusun beberapa rencana aksi baru yang sifatnya lebih persuasif," Pungkasnya.

Terkait kelangkaan gas LGP 3 Kg, tidak sedikit masyarakat miskin di Labuhanbatu, khususnya ibu-ibu rumah tangga mengeluh kelangkaan gas elpiji 3 kg. Bukan hanya langkah, namun juga memicu tingginya harga jual ditingkat pengecer, mulai dari harga Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu pertabung sejak sebulan terakhir.(mtc/zul)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaSumutTerkiniTravelokakelangkaan gaspemkab labuhanbatu
Komentar
Rabu, 12 Des 2018 06:45Nasional

Pasca Kebakaran, Pelayanan Polsek Ciracas Tetap Normal

Aksi penyerangan dan perusakan terjadi di Mapolsek Ciracas di Jalan Raya Bogor, RT 07/RW 01 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Ratusan orang mengacak-acak kantor polisi hingga melakukan pembakaran.

Rabu, 12 Des 2018 06:30Nasional

Polsek Ciracas Habis Dilalap Sijago Merah

Polsek Ciracas di Jalan Raya Bogor RT07 RW 01 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur terbakar.

Rabu, 12 Des 2018 06:15Nasional

Siswa SMP Tikam Bocah SD

Pelaku penikaman bocah laki-laki inisial MF (12) akhirnya ditangkap oleh Anggota Resmob Polsek Makassar bersama Tim Jatanras Polrestabes Makassar.

Rabu, 12 Des 2018 06:00Bola

Hasil Laga ke 6 Liga Champions Rabu Dini Hari

Liga Champions 2018-2019 telah menggelar delapan pertandingan pamungkas dari Grup A, B, C dan D pada Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Di antara delapan pertandingan itu ada empat pertandingan yang menarik untuk dibahas yakni Barcelona kontra Tottenham Hot

Rabu, 12 Des 2018 05:46Berita Sumut

Wali Kota Medan Lepas Kontingen Medan Ikuti Pospedasu VII

Ucapan selamat serta kebanggaan diberikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H diwakili Kadispora Drs Marah Husin, saat melepas Kontingen Medan untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah Sumatera Utara (Pospedasu)

Rabu, 12 Des 2018 05:31Berita Sumut

Anak Baru Gede Tewas di Lindas Ban Truk Treiler

Sungguh naas nasipnya Kipli ,13, warga Lorong VI Jalan Baru Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Belawan kepalanya pecah terlindas ban truk treler disimpang Bagan, hingga tewas ditempat Selasa (11/12/2018.)

Rabu, 12 Des 2018 05:16Berita Sumut

Sekda Medan Hadiri Diseminasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dan Aksi Pencegahan Korupsi

Strategis nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi adalah arah kebijakan nasional. Artinya Kebijakan ini memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya

Rabu, 12 Des 2018 05:01Berita Sumut

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Periode 2018-2022 digelar di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/12/2018).

Selasa, 11 Des 2018 23:15Internasional

Kerusuhan 'Rompi Kuning' Timbulkan Bencana Ekonomi Prancis

Gelombang aksi demonstrasi pasukan 'rompi kuning' telah menyebabkan bencana besar bagi ekonomi Prancis. Demikian dilontarkan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire. Le Maire juga menyebut situasi di Prancis sebagai krisis terhadap masyarakat d

Selasa, 11 Des 2018 22:15Nasional

Diseret Banjir Siswa SMP Pekanbaru Hilang

Seorang siswa SMP di Pekanbaru, Riau dikabarkan terseret arus banjir. Tim gabungan dikerahkan untuk menyusuri sungai guna mencari keberadaan siswa kelas IX tersebut

Selasa, 11 Des 2018 21:45Bola

Chelsea Akan Jual 5 Pemainnya di Januari 2019

Telah memasuki pertengahan musim, yang mana berarti jendela transfer musim dingin 2019 juga sudah dekat. Bursa transfer tersebut tentu akan digunakan dengan sangat baik oleh klub-klub yang ingin memperbaiki posisinya di klasemen, salah satu tim yang akan

Selasa, 11 Des 2018 19:30Berita Sumut

LSM PERKARA Labura Laporkan IMB Terbit Dalam Kawasan Hutan

Ketua Dewan Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Anggaran (DPD LSM PERKARA) Labura, Darwin Marpaung memaparkan, lembaganya telah membuat laporan pengaduan terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pint

Selasa, 11 Des 2018 19:15Berita Sumut

Guru MDA, Tahfiz Alquran dan Sekolah Minggu Terima Bantuan Operasional

Sebanyak 445 guru yang terdiri dari guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Tahfiz Alquran, dan sekolah minggu seKota Binjai, terima bantuan biaya operasional, dari Pemerintah Kota Binjai, bertempat di Pendopo Umur Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kec

Selasa, 11 Des 2018 19:00Berita Sumut

Poldasu Terus Mengusut Perjalan Dinas fiktif Anggota DPRD Tapteng

Terkait dengan elemen masyarakat yang melakukan aksi demo meminta Poldasu terus mengusut perjalanan dinas fiktif oleh sejumlah anggota dewan Tapteng, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan kalau pihaknya terus bekerja melakukan pengemba

Selasa, 11 Des 2018 18:45Berita Sumut

BKPP Kabupaten Labuhanbatu Laksanakan Ujian Kenaikan Pangkat

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu akan melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijajah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten labuhanbatu yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 bertempat di Gedung

Selasa, 11 Des 2018 18:30Berita Sumut

Dinkes Labuhanbatu Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 yang digelar di lapangan Ika Bina Rantauprapat, Senin 10 Desember 2018. HKN kali ini mengangkat tema "aku cinta sehat, ayo hidup sehat, mulai dari kita&quo