Ini Jurus Pemkab Labuhanbatu Atasi Kelangkaan Gas LPG Subsidi

zulkifli Kamis, 06 Desember 2018 17:30 WIB
mtc/zul
Kabag Perekonomian Pemkab Labuhanbatu, Gargaran Siregar
MATATELINGA, Labuhanbatu : Kelangkaan gas 3 Kg bersubsidi sepertinya tidak pernah ada habis, Hal tersebut selain disebabkan oleh faktor produksi yang masih terbatas, juga dipengaruhi ulah pangkalan "nakal" dengan mendistribusi gas bersubisidi ke pengecer dan toko-toko, untuk itu Pemkab Labuhanbatu memiliki strategi untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji subsidi atau 3 Kg dengan mengeluarkan surat edaran keseluruhan agen dan pangkalan.


Kabag Perekonomian Pemkab Labuhanbatu, Gargaran Siregar,  Rabu (5/12/18) mengatakan, surat edaran yang di tandatangani Plt Bupati Labuhanbatu tertanggal 3 Desember 2018, Nomor/ 500/ 5046/ Ekon/ II/ 2018 tentang Pengunaan LPG bersubsidi 3 kg bagi rumah tangga dan usaha mikro di kabupaten Labuhanbatu telah di edarkan. 

"Kita sudah mengedarkan surat himbauan kepada seluruh stakeholder di labuhanbatu Mengacu pada Peraturan Presiden No. 104 tahun 2007 tentang penyediaan, Pendistribusian dan penetapan harga gas LPG bersubsidi tabung 3 Kg yang diperuntukan bagi rumah tangga dan usaha mikro, dalam surat edaran yang telah dikeluarkan, ada enam  poin yang disampaikan yang harus dilaksanakan oleh OPD, Camat serta Agen dan Pangkalan Gas LPG yang ada di kabupaten Labuhanbatu.,"sebutnya.


Poin pertama (1), LPG 3 Kg diperuntukkan bagi masyarakat yang berhak, yaitu keluarga kurang mampu atau masyarakat miskin dan usaha mikro. Dua (2), menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Labuhanbatu untuk tidak mengunakan LPG 3 Kg dan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mensosialisasikan kepada masing- masing jajarannya. Tiga (3), kepada para Camat dan Lurah/ Kepala Desa se- kabupaten Labuhanbatu agar menghimbau kepada pelaku usaha mikro yang ada di wilayah kecamatan yang memiliki Kekayaan Bersih Di Atas Rp. 50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan di atas Rp. 300.000.000,- agar tidak mengunakan LPG bersubsidi 3 Kg. 

Empat (4), Kepada para Agen dan Pangkalan LPG 3 kg yang ada di kabupaten Labuhanbatu, agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut : a. Pangkalan dilarang mendistribusikan LPG bersubsidi 3 Kg langsung kepada PENGECER. b. Pangkalan wajib mengutamakan masyarakat di lingkungannya. c. Pangkalan dilarang keras mengecer keliling. d. Pangkalan dilarang menyalahgunakan isi tabung LPG bersubsidi. e. Pangkalan wajib menjual LPG bersubsidi 3 kg sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan dan menaati ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. f. Pangkalan wajib mendistribusikan LPG 3 kg kepada masyarakat/ usaha mikro yang memiliki KTP/Kartu keluarga atau identitas lain yang disahkan oleh Lurah/ Kepala Desa atau usulan RT/RW/Kepala lingkungan setempat. g. Agen dan Pangkalan dilarang keras menjual LPG bersubsidi 3 kg keluar daerah kabupaten Labuhanbatu. h. Agen wajib mengawasi setiap Pangkalan. 


Lima (5), Setiap Pangkalan wajib memenuhi segala persyaratan baik fasilitas, peralatan dan keamanan lainnya seperti : a. Bangunan harus memiliki ventilasi yang cukup serta larangan merokok. b. Memasang papan nama pangkalan serta harga HET sesuai ketentuan agar dapat dilihat masyarakat. c. Menyediakan racun api, cap/stempel pangkalan, timbangan dan bak pendeteksi kebocoran tabung LPG 3 kg. 

"Dan keenam, semua agen dan pangkalan wajib mentaati Surat Edaran ini, dan apabila melanggar akan diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, berikut inilah kutipan surat edaran yang telah ditandatangi Plt Bupati labuhanbatu," Ungkap Gargaran Siregar kepada wartawan di ruang kerjanya.

Disinggung perihal sanksi kepada para agen serta pangkalan yang nakal, Pemkab Labuhanbatu hanya bisa memberikan rekomendasi kepada pertamina untuk di tindak lanjuti, Pemkab Labuhanbatu juga sudah menyiapkan beberapa rencana strategis.

"Kelangkaan gas elpiji 3 kg bersubsidi ini sebenarnya bukan hal baru. Pemerintah sendiri sudah berupaya maksimal untuk mengatasinya, kedepannya selain upaya-upaya yang telah dilakukan, kami juga telah menyusun beberapa rencana aksi baru yang sifatnya lebih persuasif," Pungkasnya.

Terkait kelangkaan gas LGP 3 Kg, tidak sedikit masyarakat miskin di Labuhanbatu, khususnya ibu-ibu rumah tangga mengeluh kelangkaan gas elpiji 3 kg. Bukan hanya langkah, namun juga memicu tingginya harga jual ditingkat pengecer, mulai dari harga Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu pertabung sejak sebulan terakhir.(mtc/zul)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaSumutTerkiniTravelokakelangkaan gaspemkab labuhanbatu
Komentar
Rabu, 20 Feb 2019 16:17Berita Sumut

Bawa 55 Kg Sabu dan Puluhan Butir Esktasi, Warga Lhokseumawe Dilumpuhkan

Personel unit 2 Subdit II DitNarkoba Polda Sumut menggagalkan masuknya 55 kilogram sabu dan 10 ribu butir pil ekstasi dari Aceh yang akan diedarkan ke Sumatera Utara. Polisi juga terpaksa melumpuhkan tersangka karena berusaha melarikan diri.

Rabu, 20 Feb 2019 16:15Nasional

Makan Korban, Dentuman Keras Terjadi di Mal Taman Anggrek, Berikut Kronologisnya

Polda Metro Jaya memastikan ada enam orang yang menjadi korban dari ledakan yang terjadi di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Rabu, 20 Feb 2019 16:00Lifestyle

Dunia Hiburan Tanah Air Kembai Berduka, Komedian Senior Nana Krip Tutup Usia

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior, Nana Krip dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (20/2/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Lifestyle

Warga Net Haru Liat Kepedulian Pria ini Dengan Agamanya

Bersedekah merupakan kegiatan yang sangat disukai Allah SWT dan wajib dilakukan oleh umat Islam. Tidak perlu mengeluarkan banyak, sedikit pun akan tetap mendapat pahala.

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Berita Sumut

Tiga Satwa Kebun Binatang Ragunan Tambah Koleksi Medan Zoo

Tiga satwa dari Kebun Binatang Ragunan dipindahkan ke Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo). Ketiga satwa itu yakni sepasang orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), tiga ekor pelikan timor (Pelacanus conspicillatus) dan seekor capybara (Hydrochoeeus hydrocha

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Lifestyle

Semarak Hijab Terus Digandrungi Muslim Milenial Hingga Perusahaan Negara

Seiring dengan movement world hijab day setiap 1 Februari, HIJUP kembali menghadirkan Hijab Celebration Day, berkolaborasi dengan Kementerian BUMN bersama 8 perusahaan BUMN dan anak usahanya di kawasan Bintaro Xchange, Tangerang pada Minggu, (17/02/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Berita Sumut

Bayi Penderita Hidrosefalus di Sibolga Butuh Uluran Dermawan

Bayi penderita Hidrosefalus bernama Afdun Hamdan mengharapkan bantuan para dermawan. Bayi berusia 2 bulan itu butuh biaya untuk penyembuhannya.

Rabu, 20 Feb 2019 15:15Berita Sumut

TNI AL dan TDLM Malaysia Gelar Patkor Malindo di Belawan

Patkor Malindo 143/19 (Patroli Koordinasi Malaysia-Indonesia) antara TNI AL Indonesia dan TLDM Malaysia secara resmi dibuka oleh Danguskamla Armada I di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal l Belawan - Sumatera Utara. Rabu (20/02/2019.)

Rabu, 20 Feb 2019 15:00Nasional

Kasum TNI : Personel TNI Profesional Akan Dicintai Rakyat

Rapat Koordinasi Bidang Personel (Rakorpers) TNI merupakan kegiatan yang sangat penting untuk lebih memantapkan sinergitas pelaksanaan kegiatan pembinaan personel di lingkungan TNI, terutama bagi para pejabat personel dalam rangka mendukung terwujudnya ko

Rabu, 20 Feb 2019 14:45Nasional

Tim Wasrik BPK Periksa Aset Bakamla di Zona Kamla Tengah

Memasuki hari ketiga, Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melaksanakan pemeriksaan terhadap pemeliharaan gedung SPKKL Manembo-nembo, Stasiun Bumi Bitung dan SPKKL Kema serta aset alat Navigasi dan Komunikasi (Navkom)

Rabu, 20 Feb 2019 14:30Berita Sumut

Pelindo Modernisasi Pelabuhan Tanjungbalai Asahan

PT. Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan. Dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Bala

Rabu, 20 Feb 2019 13:12Berita Sumut

Ngaku Karyawan PT Waskita Karya, Pria Ini Tipu Warga dengan Modus Bisa Beri Pekerjaan

Polsek Perdagangan mengamankan seorang pelaku penipuan yang mengaku sebagai karyawan PT Waskita Raya. Pelaku berinisial DPI (32) warga huta III Nagori Lambau Kecamatan Bandar, Simalungun ini mengaku kepada warga bisa memberikan pekerjaan di perusahaan BUM

Rabu, 20 Feb 2019 12:51Berita Sumut

Budidayakan Tanaman Ganja di Belakang Rumah, Andes Digelandang ke Kantor Polisi

Personil Polsek Bandar Pulau meringkus seorang warga di kawasan Dusun V Pergambiran desa Gunung Berkat kecamatan Bandar Pulau Asahan karena menanam pohon ganja. Tersangka berinisial ECD alias Andes (33) diboyong ke kantor polisi berikut 4 batang pohon gan

Rabu, 20 Feb 2019 12:36Berita Sumut

Kapolda Sumut Ta'ziah ke Rumah Jurnalis Senior di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto melayat ke rumah duka Almarhum H Baharuddin yang tutup usia 75 tahun di jalan Pendidikan Gang Sempurna (Starban) Medan Polonia.

Rabu, 20 Feb 2019 12:21Berita Sumut

Terkendala Cuaca, Pencarian Nelayan Teripang Hilang Perairan Sibolga Resmi Dihentikan

Pencarian terhadap seorang lagi nelayan teripang yang hilang di perairan Sibolga, Selasa (13/2) lalu akhirnya secara resmi dihentikan. Selain karena waktu pencarian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) SAR, cuaca buruk juga menjadi kendala utama.

Rabu, 20 Feb 2019 12:06Berita Sumut

HUT ke -5, RSU Royal Prima Sudah Melantai di Bursa Efek Indonesia

Dalam rangka peringatan hari ulang tahunnya yang ke-5 tahun, Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima Medan, terus melakukan pembenahan dan memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat di Sumatera Utara.