Rekapitulasi KPU RI untuk PPLN Singapura Selesai

Ini Sosok Ketua PPLN Singapura David Seragih

Mtc/James Senin, 13 Mei 2019 12:36 WIB
Matatelinga/Istimewa
David Saragih, Ketua PPLN Singapura
MATATELINGA, Medan : Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara KPU RI untuk tingkat PPLN Singapura telah selesai dilaksanakan, pasangan 01 ungguli pasangan 02 dengan total suara sah 47.911, dan suara tidak sah 491 dengan jumlah partisipasi pemilih sebanyak 40.060.


Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura David Seragih saat bertemu di Medan menyampaikan, jumlah WNI di Singapura yang terdaftar sebagai pemilih sebanyak 134.174 baik yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), pemilih tambahan (DPTb), dan pemilih kategori khusus (DPK).

Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Nasional di KPU RI

"Untuk jumlah surat suara yang digunakan PPLN Singapura sebanyak 48.402 surat suara dari total 129.407 surat suara. Rinciannya 6.137 surat suara via pos tak kembali, 634 surat suara dikirim kembali ke PPLN," kata David Seragih.


Pasca pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019 di Singapura, muncul beberapa pertanyaan. Siapa sebenarnya sosok Ketua PPLN Singapura yang katanya anak Medan ?

Dalam sebuah pertemuan di Medan, Mata Telinga berkesempatan untuk wawancara langsung dengan Ketua PPLN Singapura David Seragih yang didampingi abangnya Pdt. Johnny Seragih. 


David Seragih mengawali cerita bahwa sebelum terpilih sebagai Ketua PPLN Singapura ia pernah bertugas menjadi kelompok penyelenggara pemilu dan akhirnya pada Pemilu tahun ini dipercaya sebagai sebagai Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura setelah melewati berbagai proses seleksi yang cukup ketat.

Setelah mendapat tugas sebagai Ketua PPLN Singapura, David Seragih memulai sosialisasi dan pendataan WNI di Singapura. Kendala pertama yang dihadapi adalah masalah anggaran. 


"Karena minim anggaran, terkadang kita mendahulukan pembayaran program dengan uang pribadi, lalu kemudian dibayar setelah anggaran turun dari pusat," tandasnya.

Proses tahapan sampai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019 di Singapura berjalan lancar. Pada pelaksanaan hari H, David Seragih berkesempatan untuk menjemput suara Ibu Ani Yudhoyono yang pada saat itu sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura.


Setelah rekapitulasi tingkat nasional digelar dan selesai untuk PPLN, Tim PPLN Singapura dianggap berhasil dan sukses menjalankan tugasnya. 

"Hal pertama yang saya lakukan setelah proses dan tahapan PPLN Singapura selesai adalah mengucap syukur kepada Tuhan. Saya percaya, bahwa tugas yang saya jalankan bersama Tim tidak akan berhasil tanpa campur tangan Tuhan," papar David yang sudah lama bermukim di Singapura.


Selain aktif dengan profesinya sebagai perencana keuangan, David Seragih juga ikut berkontribusi dalam mengelola Panti Rehabilitasi Narkoba Bukit Doa Taman Getsemane di kawasan Pancur Batu Deliserdang.


Berikut ini informasi tentang David Seragih :

Istri : Rebekah Poh - Seragih, MBA, The University of Lancaster - UK
Anak: Moshe Hans Seragih (usia 10 tahun) Primary 4 (SD Kelas 4)

Pendidikan
- Jurusan Bahasa Inggris Universitas Sumatera Utara
- Sertifikat Bimbingan Sosial dari Departemen Sosial Republik Indonesia
- Sertifikat Konsultansi untuk Petugas Penanggung Jawab Narkoba dan Kecanduan dari Kepala Dinas Sosial, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
- Sertifikat Profesional Layanan Bersertifikat WSQ dari Tourism Management Institute of Singapore (TMIS)
- Diploma Bisnis Pariwisata, Tourism Management Institute of Singapore (TMIS)
- Diploma Investasi, Akademi SHRI (Singapore Human Resources Institute)     - Associate Financial Planner (AFPcm), Asosiasi Perencanaan Keuangan Singapura (FPAS)
- Kualifikasi IBF ("IBFQ") Level 1 (Perencanaan Keuangan), The Institute of Banking and Finance Singapore

Pekerjaan:
-Konsultan Jasa Keuangan AIA Singapore (2014 - Sekarang)
- Konsultan Jasa Keuangan AIA Financial Indonesia (Feb 2019 - Sekarang)
- Manajer Umum Yayasan Bukit Doa Taman Getsemane (2003 - 2009)
- Manajer Pemasaran & Logistik Adonai Training LLP (2007 -2011)
- Perencana Keuangan Asuransi HSBC Singapore (2011 - 2013)

Editor: James P Pardede

T#g:David SeragihKPUPPKn SingapuraPemiluPilpres
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 20:39Berita Sumut

Momen 17 Agustus Menjalin Kekompakan Antara Karyawan Dan Pimpinan

PT. Best Profit Futures merayakan hari jadi ke 74 Indonesia, pada momen 17 Agustus tersebut berjalan meriah yang berlangsung di depan halaman kantor PT BPF Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:24Berita Sumut

Pemko Medan Ikut Meriahkan Pawai Pembangunan

Pemko Medan ikut pawai pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara guna memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 20:09Berita Sumut

Ribuan Peserta Antusias Ikut Pawai Obor

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 19:54Berita Sumut

Gojek Hidupkan UMKM & Serap Hampir 2 Juta Tenaga Kerja

Pemko Medan sangat apresiasi serta mendukung penuh perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan Gojek di Istana Maimun Medan

Sabtu, 17 Agu 2019 19:47Nasional

Ikut Upacara HUT RI, Wapres JK Berpakaian Adat Aceh

Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta jadi ajang promosi pakaian adat nusantara. Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak gagah dalam balutan pakaian adat Aceh le

Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a

Sabtu, 17 Agu 2019 17:45Lifestyle

Ternyata, Zodiak Ini Merasa Lebih Bahagia saat Jomblo!

Saat usia muda, banyak orang berharap memiliki seorang atau sesosok pasangan. Mereka membutuhkannya karena beragam alasan, bisa karena mereka membutuhkan perhatian dari orang lain alias haus kasih sayang sehingga tak betah jadi jomblo.

Sabtu, 17 Agu 2019 17:38Berita Sumut

Irup HUT Kemerdekaan RI, Manajer Kebun Bukit Lima Apresiasi Pemanen

Dalam rangka pelaksanaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, Unit Usaha Kebun Bukit Lima Kecamatan Bosar maligas, Simalungun sabtu (17/08) juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan di lapangan bola kaki kebun,

Sabtu, 17 Agu 2019 17:23Berita Sumut

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kabupaten Simalungun Kenakan Pakaian Adat

Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Upacara dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Si

Sabtu, 17 Agu 2019 17:08Berita Sumut

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sergai

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Sabtu (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Serdang Be

Sabtu, 17 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Dolok Panjaitan Sumbang Rp 15 Juta Untuk Olahraga SIlaen

Dolok M Panjaitan menyumbang 15 juta rupiah untuk pembinaan sepakbola Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Sumbangan ini diberikan untuk membantu para pemain agar lebih bersemangat dalam permainan sepakbola.

Sabtu, 17 Agu 2019 15:44Berita Sumut

Meriahkan HUT RI, PTPN IV Kebun Gunung Bayu Gelar Berbagai Perlombaan

Manajemen PTPN IV Unit Usaha Kebun Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun bersama PKS menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu,(17/08).

Sabtu, 17 Agu 2019 15:29Berita Sumut

Ini Pasar Terbersih dan Terjorok Versi PD Pasar Medan

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perusahaan Daerah (PD) Pasar di halaman kantor PD Pasar Lantai 3 Pasar Petisah Medan berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian