• Home
  • Berita Sumut
  • Inilah Kejangalan Keluarga Atas Tewasnya Tahanan Polsek Batangtoru

Inilah Kejangalan Keluarga Atas Tewasnya Tahanan Polsek Batangtoru

Indra Senin, 04 September 2017 18:01 WIB
Mtc/dra
Kematian Rifzal Riandi Siregar (25) warga Desa Napa, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di ruang tahanan Polsek Batangtoru, Minggu (3/9/2017) malam kemarin hingga kini masih menjadi misteri oleh pihak keluarga.
MATATELINGA, Tapsel : Kematian Rifzal Riandi Siregar ,25, warga Desa Napa, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di ruang tahanan Polsek Batangtoru, Minggu (3/9/2017) malam kemarin hingga kini masih menjadi misteri oleh pihak keluarga. 

Pasalnya, keluarga banyak menemukan kejanggalan atas tewas ayah satu anak ini. Karenanya, mereka pun menempuh jalur otopsi guna menguak kejanggalan tersebut.

Kepada wartawan, Senin (4/9/2017) siang, abang kandung Rifzal, Rifki Sawaluddin Siregar mengatakan, kejanggalan pertama atas tewasnya Rifzal tersebut pertawa kali disebabkan lamanya informasi yang diberikan kepolisian kepada pihak keluarga atas tewasnya Rifzal. Sebab, dari informasi yang mereka terima Rifzal tewas pada Minggu (3/9/2017) malam sekira pukul 21.30 WIB. Namun sayangnya, pihak kepolisian malah memberitahu kepada pihak keluarga, Senin (4/9/2017) dini hari sekira pukul 03.00 WIB.

"Kami dihubungi pihak polsek sekitar jam 3 pagi bang. Padahal tadi kami dapat info dia ninggal Minggu, jam 9 malam bang," ucapnya.

Lebih lanjut, Rifki pun mengatakan, selain telatnya informasi yang diberikan pihak kepolisian kepada keluarga, mereka juga mengaku tidak melihat secara langsung kalau Rifzal tewas dengan cara gantung diri di dalam ruang tahanan. Pasalnya, mereka hanya diinformasikan kalau jasad Rifzal sudah dibawa ke RSU Padang Sidempuan.

"Tidak ada kami satu orang pun yang melihat dia tergantung di dalam sel bang. Seharusnya kan ada perwakilan dari kami yang lihat kalau memang benar dia gantung diri pakai singlet. Tapi ini gak ada. Kami hanya tau kalau dia sudah dibawa di rumah sakit. Dan di rumah sakit ininya kami lihat jenasahnya bang," celetuk Rifki.

Kemudian, lelaki yang mengenakan lobe berwarna hitam tersebut mengatakan, kejanggalan atas tewasnya Rifzal tersebut mereka temukan saat pihak keluarga diberitahukan kepolisian kalau Rifzal sempat menulis pesan di tembok sel tahanan. Dalam pesannya yang berbahasa angkola, 

"mangido maaf au Mak, Pature boruntai. Takkan Ku Masuki Seumur Hidup selamanya Disini. 
Ilmi Salsabila Siregar" yang memiliki arti meminta maaf aku mak, jaga isteriku takkan kumasuki seumur hidupku disini. Ilmi Salsabila Siregar (nama putrinya yang lahir pada 17 Agustus 2017 kemarin).

"Ini gak masuk akal tulisannya. Pake apa dia nulis. Soalnya, di dalam tahanan itu dia gak ada megang benda. Sementara dinding tahanan itu keras kami. Harus pakai benda dia baru bisa nulisnya," ujarnya.

Bukan hanya itu, dugaan pihak keluarga kalau korban meninggal dunia akibat dianiaya atas pengakuan korban kepada salahseorang pihak keluarga saat dirinya dibesuk. Kepada pihak keluarga, Rifzal mengaku dirinya mendapat penganiayaan selama di tahan di Mapolsek Batangtoru.

"Sempat dia ngaku kepada keluarga kalau dia dianiaya disana. Makanya, dugaan kami dia itu bukan bunuh diri bang. Karena itu, kami mau dia diotopsi biar supaya terbuka semuanya," pungkasnya.

Sementara itu, isteri korban, Santy Mendrova (23) saat ditemui di RSU Padang Sidempuan tampak terpukul atas kematian Rifzal. Namun, dirinya tampak tegar menghadapinya walaupun air matanya terus bercucuran.

Kepada wartawan, Santy mengaku kalau dirinya, Minggu (3/9/2017) kemarin menjenguk suaminya. Tetapi, saat itu dirinya tidak mempunyai firasat kalau Rifzal bakal meninggal di dalam sel tahanan. Pasalnya, saat dijenguknya tersebut kondisi Rifzal sehat.

"Tidak ada firasat saya bang. Baru semalam saya jenguk dia. Sehat dia. Diciumnya lagi anak kami ini. Bahkan dia juga bilang jaga anak kami," ucap Santy.

Sementara itu, Kapolsek Batangtoru, AKP Asmon Bufitra saat ditemui di RSU Padang Sidempuan enggan berkomentar atas kejadian tersebut. "Belum bisa kita komentar," ucapnya singkat.

Sekedar informasi, Rifzal Riandi Siregar ditahan petugas Polsek Batangtoru sejak, Minggu (27/8/2017) malam. Penahanan tersebut disebabkan dirinya terlibat perkelahian dengan salah satu oknum Polri yang bertugas di Polsek Batangtoru bernama Fadli.

Perkelahian antara Rifzal dan Fadli tersebut terjadi berawal saat Rifzal yang kala itu tengah mabuk berat menutup jalan perlintasan di Desa Napa. Disaat yang bersamaan pula, Fadli melintasi jalan tersebut. Alhasil, mereka pun terlibat keributan dan saat itu juga Fadli menghubungi rekan-rekannya kalau dirinya berkelahi dengan Rifzal. Mendapat informasi tersebut, 4 orang petugas Polsek Batangtoru yang merupakan rekan Fadli pun langsung tiba di lokasi. Oleh mereka, Rifzal pun kemudian diboyong ke Mapolsek Batangtoru. Namun sayang, baru saja seminggu mendekam di balik jeruji besi, pihak keluarga pun mendapat kabar kalau Rifzal tewas.(mtc/dra)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.