Irjen. Pol Agus: Napi Yang Kabur, Lebih Baik Serahkan Diri

Mtc Kamis, 16 Mei 2019 17:16 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Medan: Kepala kepolisian  Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto mengimbau kepada para napi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas III Hinai, Langkat yang kabur untuk dapat segera menyerahkan dirinya.



Ia juga mengingatkan, bahwasanya kabur tidak akan menyelesaikan masalah, tapi justru malah menambah masalah baru.

"Sebaiknya jalani sisa hukuman. Karena lari bukan menyelesaikan masalah, dan malah menambah masalah baru. Jadi serahkan diri, daripada menyesal belakang hari," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (16/5/2019).

Disinggung apakah pihak kepolisian akan memberikan tindakan tegas terhadap para tahanan yang tidak mau menyerahkan diri, Agus menyatakan bahwa personel dilapangan sudah tahu untuk berbuat apa.



Namun, Jenderal Polisi bintang dua itu menyampaikan, pihaknya saat ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mencari para warga binaan yang kabur tersebut.

"Dilapangan tentunya anggota sudah tahu ancamannya, dan tidak perlu diperintah," tegasnya.

Selain itu, dalam menyikapi kaburnya tahanan itu, Agus mengakui, Polda Sumut dan jajaran akan melakukan razia secara ketat. Pemeriksaan terhadap pengendara dan penumpang umum serta barang bawaan dilakukan di wilayah perbatasan untuk mencegah ke luarnya para napi dari Kabupaten Langkat.



"Kita sudah perintahkan anggota di lapangan melakukan razia untuk mencegah kaburnya (ke luar Langkat) para napi itu," jelasnya.

Sejauh ini, sambung dia, koordinasi dengan Lapas Narkotika Hinai Langkat
di Jalan Simpang Farm Desa Domba Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat juga sudah dilakukan. Hal ini untuk mempermudah pengejaran para napi yang melarikan diri, termasuk identitas dan ciri-cirinya.

"Pendataan para napi yang melarikan diri sudah dilakukan, supaya dapat segera ditangkap kembali," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kaburnya para tahanan ini dilakukan dengan cara menjebol dan membakar lapas sekitar pukul 13.45 WIB. Akibatnya, sebanyak sekitar 200 orang napi kemudian melarikan diri.



Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab para tanahan tersebut melakukan pembakaran. Namun, sempat beredar kabar, kerusuhan itu diawali pertengkaran antara napi dengan sipir (petugas) lapas.

Karena saat penindakan terhadap napi yang menggunakan handphone (HP) petugas dikabarkan melakukan kekerasan. Sehingga hal ini memicu emosi napi lainnya dan kemudian terjadi kerusuhan.
Editor: Amrizal

T#g:Lapas LangkatLebih Baik Serahkan DiriMatatelingamatatelinga.commatatelinga comnapi kaburTerkini
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo

Senin, 25 Mei 2020 18:03Berita Sumut

Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 17:15Nasional

Ditengah Covid-19, Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Lebaran Dengan Sederhana di Papua

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di medan tugas dengan sederhana dan jauh dari keluarga tercinta serta ditengah pandemi covid-19

Senin, 25 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Pemkab Tanah Karo Tutup Semua Obyek Wisata, Camat Berastagi Terjun Langsung Kelapangan

Libur lebaran idul fitri 2020 dihari kedua terlihat mulai dipadati sejumlah pengunjung di Kota Berastagi Kab. Tanah Karo, Sumatera Utara. Walau Pemkab. Tanah Karo belum membuka kembali seluruh obyek wisata di kota dingin tersebut.

Senin, 25 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Mau Ke Danau Toba, Tunda Dulu Ya, Karena Masih Corona

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo.

Senin, 25 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Kadis PMD Terkejut Ada Isteri Kades Dapat BST, Citra Capah : Sudah Dipulangkan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Deliserdang, Drs. Citra Effendi Capah, MSP terkejut saat mendengar informasi ada isteri salah seorang Kepala Desa terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial J