Jaksa Menyapa : Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Mtc/James Jumat, 15 Februari 2019 07:06 WIB
Mata telinga/James P Pardede
Jaksa Menyapa dengan topik Dana Desa
MATATELINGA, Medan: Jaksa Menyapa yang digelar secara berkesinambungan menjadi salah satu program Kejaksaan RI bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia dalam mensosialisasikan upaya-upaya penegakan hukum dan penyuluhan hukum kepada masyarakat di seluruh Nusantara. 


Seperti yang digelar RRI Pro 1 94.3 FM di Medan, Kamis (24/2/2019) menghadirkan nara sumber Koordinator Bidang Pudsus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Suhendri dan Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian mengangkat topik tentang dana desa dan upaya Kejaksaan dalam mengawasi dan mengawal pemanfaatan dana desa.

Dalam paparannya, Suhendri menyampaikan bahwa selain memiliki tugas sebagai penegak hukum, Kejaksaan juga saat ini sangat gencar melakukan upaya-upaya pencegahan lewat Jaksa Menyapa, Jaksa Masuk Sekolah, Jaksa Masuk Desa dan program lainnya yang tujuannya agar masyarakat taat dan sadar hukum.


Perbincangan hangat terkait dana desa, kata Suhendri, Kejaksaan sangat terbuka apabila ada kepala desa yang meminta pendampingan terutama dalam pembuatan program dan pelaksanaan program di lapangan. Kejaksaan memiliki program Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

"Dari data yang kita himpun ada sekitar 154 kepala desa yang terkena kasus hukum karena bersalah dalam memanfaatkan dana desa. Menyikapi hal ini, Kejaksaan dengan TP4D-nya siap membantu kepala desa agar tidak salah dalam mengelola anggaran dana desa yang notabene adalah untuk kepentingan masyarakat desa," kata Suhendri.


Kita berharap, ke depan dana desa bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Biasanya, kejadian kepala desa melakukan korupsi karena memang dari awal sudah punya sikap butuk. Sifat buruk dari manusia adalah memiliki keinginan yang jelek dalam mendapatkan keuntungan sesaat dengan mencoba memanfaatkan peluang yang ada di depan mata.

"Kepala desa harus bertanggungjawab dan akuntabel dalam mengelola dana desa. Pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran. Kemudian, lembaga aparatur yang ada di desa bisa bekerja sama dalam menjalankan semua program. Yang paling penting dalam hal ini adalah peran keluarga dalam mendukung suami atau isteri untuk tetap bekerja pada koridornya," tandas Suhendri.


Sementara Kasi Penkum Sumanggar Siagian menyampaikan, TP4D di Provinsi berada dibawah koordinasi Asintel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Leo Simanjuntak, dan untuk kabupaten/kota ada dibawah koordinasi Kasi Intel-nya.

"Himbauan kita kepada para kepala desa dan perangkat desa agar menggunakan dana desa sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, jangan nantinya begitu dapat dana desa justru disalahgunakan oleh kepala desa untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan oleh masyarakatnya,, atau malah sebaliknya digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Sumanggar.

Editor: James P Pardede

T#g:dana desaJaksa MenyapaKejati SumutKriminal Jaringan NarkobaMatatelingaTerkini
Komentar
Jumat, 22 Mar 2019 15:16Berita Sumut

Pemilih Tambah di Sumut Capai 6.381 Jiwa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah mengumumkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)-2 Pemilu 2019 di Sumatera Utara. Total terdapat 6.381 pemilih tambahan, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 4.203 dan p

Jumat, 22 Mar 2019 14:50Berita Sumut

Harga Cabai Sentuh Rp 25 Ribu/Kg, Bakal Capai Inflasi Tinggi

Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan mencetak inflasi besar di bulan Maret ini. Ada kenaikan harga cabai merah yang dari sebelumnya sekitar Rp 15 ribuan per Kg, saat ini dijual dikisaran Rp 25 ribu per Kg. kenaikannya lebih dari 50%.

Jumat, 22 Mar 2019 14:30Berita Sumut

Pagelaran Pesona Budaya Sergai di PRSU Promosikan Seni dan Budaya

Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri pentas Seni Malam Pagelaran Pesona Budaya Kabupaten Sergai pada Pekan Raya Sumatera Utara PRSU ke-48 Tahun 2019, Kamis (21/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Open Stage PRSU Jl Gatot Subroto Tapian Daya Medan.

Jumat, 22 Mar 2019 14:14Berita Sumut

Tim Supervisi PKK Sumut Berkunjung ke Binjai

Tim Supervisi Kelurahan Pelaksanaan tertib administrasi PAAR cinta kasih, UP2K PKK, hatinya PKK, Iva test, Kesrag PKK KB Kes, posyandu, PHBS, LBS, dan PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 berkunjung ke Kota Binjai.

Jumat, 22 Mar 2019 13:55Berita Sumut

Poldasu Ciduk Penghina Presiden di Medsos

Personil Ditkrimsus Polda Sumut menciduk seorang pelaku penghina Presiden Joko Widodo di media sosial. Pelaku berinisial ZA (25) dicokok dari kediamannya di Dusun 1 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Batubara, Kamis (21/3).

Jumat, 22 Mar 2019 12:30Berita Sumut

Penyerang Loket Koperasi Bintang Tapanuli Diringkus Polisi

Sebanyak 4 orang pelaku penyerangan dan penganiayaan di loket angkutan umum Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) jln. SM. Raja kel. Harjosari 1 kec. Medan Amplas berhasil diringkus Personil Polsek Patumbak. Sisanya 4 pelaku lainnya masih diburu polisi.

Jumat, 22 Mar 2019 12:00Berita Sumut

Kodam I/BB Kerahkan 20 Ribu Personil Bantu Polri Kawal Pemilu 2019

Untuk membantu Polri dalam mengamankan Pemilu 2019, Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan personilnya. Sembilan diantaranya diperbantukan di Sumatera Utara.

Jumat, 22 Mar 2019 11:31Berita Sumut

13 Ribu Personil Gabungan Dikerahkan Kawal Pemilu 2019 di Sumut

Sebanyak 13.002 orang personil gabungan dari jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I Bukit Barisan dikerahkan untuk mengamankan proses tahapan inti dalam Pemilu 2019. Dua pertiga diantaranya merupakan perbantuan dari TNI.

Jumat, 22 Mar 2019 11:15Berita Sumut

Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Sat.Resrim Polres Asahan telah melengkapi serta menyerahkan seluruh berkas dan tersangka penyebar HOAX

Jumat, 22 Mar 2019 11:01Berita Sumut

Polisi Ringkus Dua Pelaku Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos di Sumut, Ini Motifnya

Personil Ditkrimsus Polda Sumatera Utara akhirnya berhasil meringkus dua pelaku penyebar video hoax surat suara 01 tercoblos di Sumatera Utara. Keduanya merupakan warga Provinsi Jawa Barat.

Jumat, 22 Mar 2019 11:00Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Hadiri Takjiah Malam Ketiga Amarhumah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama ribuan warga masyarakat Asahan mengahadiri takjiah malam ketiga almarhumah ibunda Ustadz Abdul Somad (UAS)

Jumat, 22 Mar 2019 10:43Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Hadiri Apel Gelar Pasukan Dilapangan Benteng Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Benteng jalan pengadilan Medan, Jum'at (22/03/2019).

Jumat, 22 Mar 2019 10:02Nasional

NasDem Kian Optimistis Hadapi Pemilu 2019

Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu 2019 karena yakin akan masuk tiga besar dengan perolehan minimal 100 kursi DPR.

Jumat, 22 Mar 2019 08:15Lifestyle

Pedangdut Siti Badriah Resmi Dilamar Sang Kekasih

Rasa bahagia kini tengah menyelimuti pedangdut Siti Badriah

Jumat, 22 Mar 2019 08:00Nasional

Sadis, Bayi Ditemukan Telanjang dan Ditutupi Genteng

Warga Kampung Poncol Nomor 67 RT 09 RW 16, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jumat, 22 Mar 2019 07:45Lifestyle

Di Isukan Sudah Menikah Lagi, Lucinta Luna Umbar "Foto Hotnya"

Penyanyi penuh kontroversi Lucinta Luna kembali menghebohkan publik