MARHABAN YA RAMADHAN

Jaksa Menyapa : Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Mtc/James Jumat, 15 Februari 2019 07:06 WIB
Mata telinga/James P Pardede
Jaksa Menyapa dengan topik Dana Desa
MATATELINGA, Medan: Jaksa Menyapa yang digelar secara berkesinambungan menjadi salah satu program Kejaksaan RI bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia dalam mensosialisasikan upaya-upaya penegakan hukum dan penyuluhan hukum kepada masyarakat di seluruh Nusantara. 


Seperti yang digelar RRI Pro 1 94.3 FM di Medan, Kamis (24/2/2019) menghadirkan nara sumber Koordinator Bidang Pudsus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Suhendri dan Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian mengangkat topik tentang dana desa dan upaya Kejaksaan dalam mengawasi dan mengawal pemanfaatan dana desa.

Dalam paparannya, Suhendri menyampaikan bahwa selain memiliki tugas sebagai penegak hukum, Kejaksaan juga saat ini sangat gencar melakukan upaya-upaya pencegahan lewat Jaksa Menyapa, Jaksa Masuk Sekolah, Jaksa Masuk Desa dan program lainnya yang tujuannya agar masyarakat taat dan sadar hukum.


Perbincangan hangat terkait dana desa, kata Suhendri, Kejaksaan sangat terbuka apabila ada kepala desa yang meminta pendampingan terutama dalam pembuatan program dan pelaksanaan program di lapangan. Kejaksaan memiliki program Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

"Dari data yang kita himpun ada sekitar 154 kepala desa yang terkena kasus hukum karena bersalah dalam memanfaatkan dana desa. Menyikapi hal ini, Kejaksaan dengan TP4D-nya siap membantu kepala desa agar tidak salah dalam mengelola anggaran dana desa yang notabene adalah untuk kepentingan masyarakat desa," kata Suhendri.


Kita berharap, ke depan dana desa bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Biasanya, kejadian kepala desa melakukan korupsi karena memang dari awal sudah punya sikap butuk. Sifat buruk dari manusia adalah memiliki keinginan yang jelek dalam mendapatkan keuntungan sesaat dengan mencoba memanfaatkan peluang yang ada di depan mata.

"Kepala desa harus bertanggungjawab dan akuntabel dalam mengelola dana desa. Pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran. Kemudian, lembaga aparatur yang ada di desa bisa bekerja sama dalam menjalankan semua program. Yang paling penting dalam hal ini adalah peran keluarga dalam mendukung suami atau isteri untuk tetap bekerja pada koridornya," tandas Suhendri.


Sementara Kasi Penkum Sumanggar Siagian menyampaikan, TP4D di Provinsi berada dibawah koordinasi Asintel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Leo Simanjuntak, dan untuk kabupaten/kota ada dibawah koordinasi Kasi Intel-nya.

"Himbauan kita kepada para kepala desa dan perangkat desa agar menggunakan dana desa sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, jangan nantinya begitu dapat dana desa justru disalahgunakan oleh kepala desa untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan oleh masyarakatnya,, atau malah sebaliknya digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Sumanggar.

Editor: James P Pardede

T#g:dana desaJaksa MenyapaKejati SumutKriminal Jaringan NarkobaMatatelingaTerkini
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 18:31Berita Sumut

Senyuman Polwan Sambut Massa GNKR depan DPRD Sumut

Tiba di gedung DPRD Sumut sekitar pukul 15.00 WIB, massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) langsung disambut dengan senyuman para polisi wanita (Polwan) . Mereka berbaris di sepanjang kawat berduri yang melintang di depan gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 17:22Berita Sumut

Jambret Handphone, Dua Pemuda Berakhir di Bui

Polsek Sunggal berhasil mengugkap kasus pencurian dengan kekerasan di Jalan Pasar I Gang Wakaf, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Rabu (22/5) sekira pukul 16.00 WIB.

Jumat, 24 Mei 2019 17:03Berita Sumut

Edy Terima Demo Mahasiswa, Jelaskan Proses Assessment Selektif

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menemui belasan pendemo yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (24/5/2019). Menjawab tuntutan terkait kebijakan mutasi pejabat, Gubernur menjelaskan bahw

Jumat, 24 Mei 2019 15:19Berita Sumut

Layani Aksi Unras di DPRD Sumut, Polrestabes Medan Sediakan Mobil untuk Berwudhu

Tidak hanya sekedar memberikan pengawalan, Polrestabes Medan juga melayani para pengunjuk rasa dari Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) Sumatera Utara di depan Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Jumat, 24 Mei 2019 15:00Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bupati Sergai Sidak Pasar

Bupati Serdangbedagai Soekirman bersama jajarannya melakukan Sidak ke Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan dan swalayan Gemilang Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Jumat (25/5/2019). Sidak pasar ini digelar dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 144

Jumat, 24 Mei 2019 14:30Berita Sumut

Sirkulasi Eddy Pengaruhi Cuaca di Sumut, Ini Dampaknya

Sirkulasi Eddy menyebabkan beberapa wilayah Sumatera Utara akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Sirkulasi Eddy adalah sirkulasi di atmosfer berupa pusaran angin dengan durasi harian, dan biasanya jika suatu daerah terdapat Eddy maka

Jumat, 24 Mei 2019 14:07Berita Sumut

Program Tukar Uang dan Pasar Murah Ramadan di Sumut Diluncurkan

Pemerintah Provinsi Sumut dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumut menghadirkan sebanyak 13 mobil perbankan, pasar murah dan puluhan stand bazar UMKM dalam kegiatan launching Program Penukaran Uang Pecahan Kecil dan Pasar Murah BI dan Perbankan

Jumat, 24 Mei 2019 13:57Ekonomi

Lindungi Mobil Anda dari Huru-Hara

Aksi demonstrasi kini sedang terjadi untuk menanggapi hasil Pemilihan Umum 2019. Aksi demo ini juga diwarnai kerusuhan antara pendemo dengan pihak aparat, yang sampai menyebabkan adanya pembakaran terhadap sembilan mobil yang diparkir di depan Asrama Brim

Jumat, 24 Mei 2019 13:36Berita Sumut

159 Personil Polri di Sumut di Mutasi, Diantaranya Sejumlah Jabatan Kapolsek

Sebanyak 159 personil Polri di jajaran Polda Sumatera Utara di mutasi. Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor : ST/497/V/KEP./2019 yang dikeluarkan tanggal 22 Mei 2019 serta ditandatangani oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto.

Jumat, 24 Mei 2019 12:14

Disenyalir Tilep Uang Klien, Notaris di Medan Masuk Bui

Personil Pidana Umum Kejari Medan meringkus seorang notaris di Medan berinisial Her ,50, di kawasan Perumahan Angel Residence, Jumat (24/5/2019) dinihari. Dia merupakan terpidana dalam kasus penggelapan uang klien yang dijatuhkan hukuman 8 bulan penjara

Jumat, 24 Mei 2019 10:19Ekonomi

Mudik Asyik Tanpa Panik

Meskipun identik dengan kelelahan akibat perjalanan panjang, mudik lewat jalur darat masih menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanpa disadari, kelelahan ini bisa jadi masalah yang serius karena dapat mengakibatkan pengemudi kehilangan fok

Jumat, 24 Mei 2019 08:15Internasional

Duduk di Kursi, Pria India Tewas

Seorang pria India dari golongan dalit tewas setelah dipukuli gegara ia duduk bersama

Jumat, 24 Mei 2019 08:00Bola

Presiden Bayern: Transfer Leroy Sane Terus Diupayakan

Kabar mengenai ketertarikan Bayern Munich terhadap winger Manchester City, Leroy Sane

Jumat, 24 Mei 2019 07:45Nasional

Sengketa Pilpres, Prabowo-Sandi Ajukan Gugatan ke MK

Pasangan calon presiden dan wakil presiden 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mendaftarkan

Jumat, 24 Mei 2019 07:30Bola

Luka Jovic Lebih Berkualitas dari Suarez Hingga Benzema

Striker Eintracht Frankfurt, Luka Jovic, menjadi salah satu pemain yang ramai diperbincangkan

Jumat, 24 Mei 2019 07:15Ekonomi

Wamen ESDM Cek Pasokan Listrik

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan beban