Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Faeza Rabu, 22 Mei 2019 12:29 WIB
Mtc/fae
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg
MATATELINGA, Medan: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg sabu-sabu dari Malaysia ke Kota Medan.

Kedua terdakwa bernama Junaidi Siagian alias Edi (37) warga Keramat Kubah, Sei Tualang Raso, Tanjung Balai, dan Elpi Darius (49), warga Kapias Pulau Buaya, Teluk Nibung, Tanjung Balai. 

"Meminta kepada majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada kedua terdakwa Junaidi Siagian alias Edi dan Elpi Darius (berkas terpisah)," kata jaksa Rahmi Shafrina di hadapan majelis hakim yang diketuai Morgan Simanjuntak diruang Cakra IV Pengadilan Negeri Medan, Selasa (21/5/2019).

Jaksa menyebutkan perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dan diancam Pidana Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Kedua terdakwa telah melakukan percobaan atau permufakatan jahat, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan sabu-sabu yang beratnya melebihi 5 gram." Ujar Syafrina.

Usai pembacaan tuntutan, Majelis hakim menunda persidangan pekan depan  dengan Agenda pembelaan (pledoi) dari Penasihat Hukum Sri Wahyuni dari LBH Menara Keadilan.

Dalam kasus ini, petugas meringkus empat orang tersangka, dua terdakwa lainnya yaitu Nurdin dan Zainuddin. Namaun keduanya sama sekali tidak tampak di Pengadilan Negeri Medan.

Mengutip dakwaan, kasus ini bermula pada 29 September 2018 saat seseorang di Malaysia menelepon Junaidi dan menyuruhnya menyewa boat untuk menjemput 50 bungkus sabu-sabu ke Port Klang, Malaysia. Junaidi dijanjikan upah Rp 50 juta. 

Singkat cerita, Darwin membawa boat dan langsung berangkat ke Port Klang, Malaysia untuk menjemput sabu-sabu. Pada 3 Oktober 2018 dia menelpon Junaidi dan mengatakan boatnya rusak. Narkotika yang dibawanya terpaksa diturunkan di Tanjung Sarang Elang, Labuhan Batu, Sumut.

Junaidi pun menyuruh Elpi untuk menghubungi Darwin. Mereka sepakat narkotika itu diambil di tangkahan boat di Tanjung Sarang Elang.

Untuk menjemput sabu-sabu itu, Junaidi kembali berhubungan dengan Febri. Dia dipinjamkan mobil Honda CRV dengan nomor polisi BK 630 DZ.

Junaidi juga diberi handphone. Penerima sabu-sabu itu nantinya akan menelepon melalui perangkat itu. Kemudian Junaidi dan Elpi pun menjemput sabu-sabu itu di lokasi yang ditentukan. Setelah memuat narkotika itu, mereka bergerak ke Medan, namun sempat singgah ke Padang Sidempuan, Rantau Prapat, dan Berastagi.

Di perjalanan, Junaidi menerima telepon dari Zainal Abidin alias Zainal (penuntutan terpisah). Komunikasi itu menggunakan handphone yang diberikan Febri. Zainal menyatakan sabu-sabu itu akan diterima Bahlia Husen alias Iwan (penuntutan terpisah). 

Setelah sampai di kawasan Pancur Batu, mobil mereka dikejar petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). Mereka akhirnya dihadang dan dihentikan di Jalan Brigjen Zein Hamid, Titi Kuning, Medan Johor, pada Jumat (5/10/2018) sekitar pukul 01.15 WIB. 

Petugas BNN langsung melakukan penangkapan terhadap Junaidi Siagian, Elpi Darius, Syahrial, Nurdin dan Zainuddin kemudian disita barang bukti berupa 6 buah Jerigen yang berisi Narkotika jenis sabu seberat 53 Kg yang disimpan di bagasi belakang mobil CRV warna Abu-abu Muda Nopol BK 630 DZ. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Matidua terdakwa kurir narkoba diituntut matihukuman matiPN Medan
Komentar
Selasa, 04 Agu 2020 23:00Lifestyle

Tabungan Masa Pensiun Sudah di Persiapkan dengan Bangun Pesantren

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi.

Selasa, 04 Agu 2020 22:00Ekonomi

Nampaknya Terus 'Meroke't Harga Emas

Harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, telah mencapai Rp 1.028.000 per gram yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.

Selasa, 04 Agu 2020 21:46Ekonomi

Kompak, Rupiah di kurs Tengah Bank Indonesia

Kompak, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga berhasil menutup hari ini dengan penguatan. Mata uang Garuda tercatat naik 0,11% ke level Rp 14.697 per dolar AS.

Selasa, 04 Agu 2020 21:30Internasional

Satu Keluarga Majikan,Diduga Aniaya Pembantu IRT Asal Indonesia

Tiga anggota keluarga yang dicurigai menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di sebuah rumah Pantai Remis, dekat Manjung, Perak, Malaysia, telah ditahan Polisi Malaysia.

Selasa, 04 Agu 2020 21:15Berita Sumut

WBC Serang Padi di 5 Kecamatan di Serdang Bedagai, 1,6 Hektare Puso

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut). Ada 5 kecamatan yang saat ini terdapat serangan wereng batang coklat (WBC) namun masih di bawah ambang kendali.

Selasa, 04 Agu 2020 21:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia Vice President Divisi Regional I Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Vice President Divisi Regional I Sumut, Bapak Daniel Johanes Hutabarat Selaku Vice President Divisi Regional I Sumut

Selasa, 04 Agu 2020 20:45Nasional

Perlindungan: Data Pribadi Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, persoalan perlindungan data pribadi adalah yang perlu dipertimbangkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali bicara soal pentingnya data.

Selasa, 04 Agu 2020 20:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut, El Adrian Shah, S.E Selaku Ketua

Selasa, 04 Agu 2020 20:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Perbaiki Pompa dan Pipa Suction IPA Limau Manis

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan perbaikan pompa dan pipa suction di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis guna peningkatan pelayanan.

Selasa, 04 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Terus Menyentuh Warga Kurang Mampu

Polsek Patumbak terus menyentuh warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19.

Selasa, 04 Agu 2020 19:45Ekonomi

Stok Elpiji 3 Kg Aman, H Mahmuzar Apresiasi Pertamina

Gas Elpiji ukuran 3 kilogram bersubsidi, untuk kebutuhan masyarakat terbilang aman.Distribusinya selama pandemi covid 19 terbilang berjalan lancar. Karena itu, masyarakat jangan khawatir soal ketersedian gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

Selasa, 04 Agu 2020 19:30Nasional

Kasetukpa Lemdiklat Polri Melaksanakan Kunjungan ke Yasayan PASIM

Kasetukpa Lemdiklat Polri melaksanakan kunjungan ke Yasayan PASIM (Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen) Jalan Prana no 8A. Kecamatan cikole, kelurahan cikole kota sukabumi.

Selasa, 04 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pemprovsu Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Atasi Covid 19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan.

Selasa, 04 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Mari Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Pemko Medan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur terkait.

Selasa, 04 Agu 2020 18:30Nasional

Kabaharkam Polri: Pekerjaan Polisi Sesungguhnya Adalah Sholat

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

Selasa, 04 Agu 2020 18:02Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ringkus Kaek Bawa 1 Kg Ganja

Tim Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria karena diduga kepemilikan ganja seberat 1 kilogram (Kg).