Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Faeza Rabu, 22 Mei 2019 12:29 WIB
Mtc/fae
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg
MATATELINGA, Medan: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg sabu-sabu dari Malaysia ke Kota Medan.

Kedua terdakwa bernama Junaidi Siagian alias Edi (37) warga Keramat Kubah, Sei Tualang Raso, Tanjung Balai, dan Elpi Darius (49), warga Kapias Pulau Buaya, Teluk Nibung, Tanjung Balai. 

"Meminta kepada majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada kedua terdakwa Junaidi Siagian alias Edi dan Elpi Darius (berkas terpisah)," kata jaksa Rahmi Shafrina di hadapan majelis hakim yang diketuai Morgan Simanjuntak diruang Cakra IV Pengadilan Negeri Medan, Selasa (21/5/2019).

Jaksa menyebutkan perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dan diancam Pidana Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Kedua terdakwa telah melakukan percobaan atau permufakatan jahat, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan sabu-sabu yang beratnya melebihi 5 gram." Ujar Syafrina.

Usai pembacaan tuntutan, Majelis hakim menunda persidangan pekan depan  dengan Agenda pembelaan (pledoi) dari Penasihat Hukum Sri Wahyuni dari LBH Menara Keadilan.

Dalam kasus ini, petugas meringkus empat orang tersangka, dua terdakwa lainnya yaitu Nurdin dan Zainuddin. Namaun keduanya sama sekali tidak tampak di Pengadilan Negeri Medan.

Mengutip dakwaan, kasus ini bermula pada 29 September 2018 saat seseorang di Malaysia menelepon Junaidi dan menyuruhnya menyewa boat untuk menjemput 50 bungkus sabu-sabu ke Port Klang, Malaysia. Junaidi dijanjikan upah Rp 50 juta. 

Singkat cerita, Darwin membawa boat dan langsung berangkat ke Port Klang, Malaysia untuk menjemput sabu-sabu. Pada 3 Oktober 2018 dia menelpon Junaidi dan mengatakan boatnya rusak. Narkotika yang dibawanya terpaksa diturunkan di Tanjung Sarang Elang, Labuhan Batu, Sumut.

Junaidi pun menyuruh Elpi untuk menghubungi Darwin. Mereka sepakat narkotika itu diambil di tangkahan boat di Tanjung Sarang Elang.

Untuk menjemput sabu-sabu itu, Junaidi kembali berhubungan dengan Febri. Dia dipinjamkan mobil Honda CRV dengan nomor polisi BK 630 DZ.

Junaidi juga diberi handphone. Penerima sabu-sabu itu nantinya akan menelepon melalui perangkat itu. Kemudian Junaidi dan Elpi pun menjemput sabu-sabu itu di lokasi yang ditentukan. Setelah memuat narkotika itu, mereka bergerak ke Medan, namun sempat singgah ke Padang Sidempuan, Rantau Prapat, dan Berastagi.

Di perjalanan, Junaidi menerima telepon dari Zainal Abidin alias Zainal (penuntutan terpisah). Komunikasi itu menggunakan handphone yang diberikan Febri. Zainal menyatakan sabu-sabu itu akan diterima Bahlia Husen alias Iwan (penuntutan terpisah). 

Setelah sampai di kawasan Pancur Batu, mobil mereka dikejar petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). Mereka akhirnya dihadang dan dihentikan di Jalan Brigjen Zein Hamid, Titi Kuning, Medan Johor, pada Jumat (5/10/2018) sekitar pukul 01.15 WIB. 

Petugas BNN langsung melakukan penangkapan terhadap Junaidi Siagian, Elpi Darius, Syahrial, Nurdin dan Zainuddin kemudian disita barang bukti berupa 6 buah Jerigen yang berisi Narkotika jenis sabu seberat 53 Kg yang disimpan di bagasi belakang mobil CRV warna Abu-abu Muda Nopol BK 630 DZ. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Matidua terdakwa kurir narkoba diituntut matihukuman matiPN Medan
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 19:46Berita Sumut

Kasatpol PP Ajak Jajaran Teladani Rasulullah SAW

Teladan dan semangat Rasulullah Muhammad SAW diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menjalankan tugas dan fungsi selaku pamong ditengah-tengah masyarakat Kota Medan

Jumat, 15 Nov 2019 19:31Berita Sumut

Percepatan Pembangunan Daerah Butuh Dukungan Data Akurat

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina menyampaikan, ketersediaan data yang akurat dan terbuka sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan pembangunan daerah, terutama dalam penyusunan anggaran pembangunan.

Jumat, 15 Nov 2019 19:16Nasional

Bakamla RI Ajak K/L Tingkatkan Keamanan di Grey Area Laut Natuna Utara

Direktur Strategi Kamla Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, S.IP. mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan pengamanan ZEE, khususnya di Unresolved Maritime Boundary Area di Laut Natuna Utara

Jumat, 15 Nov 2019 19:01Berita Sumut

Mayarakat Kota Medan, Beri Dukungan Kinerja Kepolisian Jajaran Poldasu

Masyarakat Kota Medan terus memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian untuk melawan paham radikal dan terorisme, pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Jumat, 15 Nov 2019 18:30Berita Sumut

Bawaslu Kabupaten Asahan Sosialisasikan Pilkada Serentak ke Jurnalis

Guna merajut sinergitas Bawaslu Kabupaten Asahan bersama jurnalis menggelar acara Sosialisasi Pengawasan dan Pencegahan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan Tahun 2020, Jum'at (15/11/2019) di hotel Marina Kisaran .

Jumat, 15 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Maporestabes Medan, Kakak Beradik di Sicanang Diamankan Polisi

Dua orang warga lingkungan 20 Jalan Sentosa Barat Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan yang diduga terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan diamankan petugas Polda Sumatera pada Kamis malam (14/11/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Sa

Jumat, 15 Nov 2019 18:01Berita Sumut

Tuahman Purba Prihatin Dengan Pembuangan Bangkai Babi ke Sungai

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut dr.Tuahman F Purba menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap oknum-oknum yang membuang bangkai babi ke sungai, ke danau dan info terbaru ada yang buang bangkai babi ke pinggir jalan dengan cara membungkusnya dalam goni.

Jumat, 15 Nov 2019 18:00Lifestyle

Chef Renata Buat Saksang Guiness di Medan

Saksang identik dengan makanan yang dibuat dengan babi dan anjing. Namun oleh chef Renata Moeloek, Saksang dibuat dari daging sapi.

Jumat, 15 Nov 2019 17:45Nasional

Momen saat Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Ada hal unik dan menarik pada pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture Tahun 2019 yaitu “Lomba Memasak Nasi Goreng” yang diikuti oleh para Atase Pertahanan dan Isteri dari negara-negara sahabat.

Jumat, 15 Nov 2019 17:28Berita Sumut

Hasil Pra Studi Kelayakan PLTGU Diserahkan, Gubsu Harap Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2019 lalu, PT Hanlim Power Indonesia (HPI) telah

Jumat, 15 Nov 2019 17:14Berita Sumut

16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Sebanyak 16 pelajar asal Kota Medan akan mengikuti program pertukaran pelajar (student exchange program) ke kota Gwangju, Korea Selatan . Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Gwangju. Rencananya,

Jumat, 15 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Polsek Medan Baru Sosialisasikan Larangan Ternak Kaki Empat

Kapolsek Medan Baru yang diwakili oleh Wakapolsek AKP Uli Lubis SH, bersama tiga pilar menyampaikan sosialisasi tentang larangan pemeliharaan ternak kaki empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Sei Putih Tengah Kec. Medan Petisah, Jumat (1

Jumat, 15 Nov 2019 15:59Berita Sumut

Bupati Soekirman Resmikan BUMDes Bersama Kecamatan Bintang Bayu

BUMDes Bersama " Bintang Harapan" Kecamatan Bintang Bayu diresmika langsung Bupati Sergai Soekirman, Jumat, 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 15:14Berita Sumut

Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi

Masalah pentingnya menjaga kebersihan kembali menjadi salah satu topik utama yang ditekankan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Baabul Falah Jalan Karya Bakti Lingkungan IX, Kelurahan

Jumat, 15 Nov 2019 14:57Berita Sumut

Bupati Soekirman Buka Rakerda PKK Sergai

Bupati Soekirman membuka Rakerda PKK Sergai di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Polda Sumut dan 3 Perguruan Tinggi di Medan Jalin Kerjasama Peningkatan SDM

Polda Sumatera Utara dan rektor dari tiga perguruan tinggi di Medan menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Tiga universitas yang terlibat dalam kerjasama itu yakni, USU, UNIMED dan UMSU.