• Home
  • Berita Sumut
  • Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Relatif Stabil

Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Relatif Stabil

faeza Senin, 27 Mei 2019 16:00 WIB
mtc/ist
Peninjauan dilakukan Syahnan bersama Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot, Dirut PD pasar Rusdi Sinuraya, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, Kabag Penegakan Hukum Komisi
MATATELINGA, Medan: Sembilan hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H,  Wali Kota Medan  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Setdako Medan Khairul Syahnan ST  MAP meninjau  dua pasar tradisionil di Kota Medan. Selain mengecek harga, peninjauan juga dilakukan untuk memastikan stok bahan kebutuhan pokok aman. Dengan demikian masyarakat, terutama umat Islam merasa tenang dan nyaman dalam menyambut sekaligus merayakan hari penuh kemenangan tersebut.

Adapun kedua pasar tradisionil yang menjadi objek peninjauan adalah Pasar Petisah dan Pusat Pasar.  Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan dari kedua pasar tersebut, harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil.  Bahkan, harga bawang putih yang sebelumnya sempat melambung mencapai kisaran di atas Rp.100.000/kg, kini  telah turun menjadi 30.000/kg. Di samping harga relatif stabil, ketersedian bahan kebutuhan pokok pun dipastikan aman hingga Lebaran mendatang.

Peninjauan dilakukan Syahnan bersama  Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot, Dirut PD pasar Rusdi Sinuraya, Kepala Divisi  Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, Kabag Penegakan Hukum Komisi Pengawasa Persaingan Usaha (KPPU) Sumut Ridho Pamungkas, Unit Ekonomi Polrestabes Medan  Iptu M  Karo-Karo serta unsut organisasi pimpinan daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemko Medan.

Sebelum peninjauan dilakukan, tim lebih dulu berkumpul di Rumah Dinas Wali Kota Medan. Setelah itu tim bergerak menunju Pasar Petisah dan Pusat Pasar untuk melakukan pengecekan harga sekaligus ketersediaan bahan kebutuhan pokok. Umumnya harga bahan kebutuhan pokok sudah stabil dibandingkan mendekati  bulan puasa  yang relatif merangkak naik. Saat ini harga  cabe merah Rp.44.000/kg, cabe rawit Rp.50.000/kg, cabe hijau Rp.25.000/kg, bawang putih Rp.30.000/kg dan bawang merah Rp.36.000/kg.

Di samping itu harga daging sapi masih bertahan di seputaran Rp.120.000/kg, daging kambing Rp.90.000, ayam potong Rp. 34.000/kg, telur Rp.1.200 - Rp.1.350/butir, gula pasir 12.500/kg, minyak makan  Rp.11.000/liter, tepung terigu Rp.8000/kg, kacang tanah biasa Rp.22.000/kg, kacang tanah kupas 28.000/kg, beras premium Rp.11.000/kg, dan beras medium 14.000/kg.

Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan, Syahnan mengatakan, harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil  di kedua pasar tradisionil terbesar di Kota Medan tersebut. "Alhamdulillah, harga bahan kebutuhan pokok memasuki hari ke-21 bulan suci Ramadhan masih relatif stabil. Hanya harga daging ayam potong tampaknya fluktuatif dan kini mencapai Rp.34.000/kg," kata Syahnan.

Yang melegakan lagi tambah Syahnan, ketersediaan bahan kebutuhan pokok pun aman hingga sampai Lebaran mendatang. Oleh karenanya Syahnan mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir sehingga  tidak perlu berlanja secara berlebihan. "Stok bahan kebutuhan kita aman. Jadi belanjalah  dengan bijak dan sesuai kebutuhan," pesannya.

Sementara itu menurut Kepala Divisi  Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan, diharapkan  laju inflasi bulan (Mei) ini lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya. "Kalu bulan lalu, inflasi 1,24%, sedangkan bulan ini kita harapkan di bawah 1 %. Mudah-mudahan ini tercapai, sebab harga bawang putih sudah turun jauh. Harga bawang merah fluktuatif namun lebih baik dibandingkan bulan lalu," jelas Demina.

Sedangkan Iptu M Karo Karo dari Tim Satgas Pangan Kota Medan me-warning kepada para pedagang agar jangan coba-coba mengambil kesempatan untuk meraup keuntungan besar dengan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. "Jika pedagang kedapatan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok, langsung kita tindak tegas karena perbuatan tersebut jelas melanggar hukum!" tegas M Karo Karo.

Dalam peninjauan tersebut, sejumlah pedagang di basement Pasar Petisah menyampaikan keluhannya terkait pengapnya kondisi di tempat mereka berjualan. Kondisi itu terjadi akibat minimnya lubang ventilasi untuk sirkulasi udara. Tak pelak, dampaknya menyebabkan baik pedagang maupun masyarakat pembeli merasa tidak nyaman saat melakukan transaksi jual beli.

"Kami berharap agar Bapak Wali Kota bisa menyikapi keluhan seluruh pedagang yang ada di basement Pasar Petisah. Sebab, sudah berulang kali keluhan ini kami sampaikan kepada pihak PD Pasar namun sampai saat ini tidak ada tindaklanjut,'' ungkap salah seorang pedagang wanita paruh baya dengan mimik kecewa.  (mtc)
Editor: faeza

T#g:harga kebutuhan bahan pokokPemko Medansidak pasar
Komentar
Minggu, 16 Jun 2019 21:45Berita Sumut

Diduga Mengantuk, Pengendara Motor Tewas Usai Jatuh Parit

Seorang pengendara sepeda motor tewas dalam peristiwa laka lantas tunggal di Jalan Rajawali, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (16/5/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 21:29Berita Sumut

Tampil di TCWMF 2019, Musisi Meksiko Puji Keindahan Danau Toba

Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 sukses menghentak pangunjung di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (15/6) malam. Gelaran bekelas internasional itu masih menyisakan para m

Minggu, 16 Jun 2019 20:53Berita Sumut

Aplikasi e-POS Mudahkan Orang Tua Pantau Perkembangan Anak

Tauhun ini kita juga memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mendapat prestasi terbaik (best of the best) mulai dari PG sampai SMA. Penghargaan untuk tingkat SD kelas 4 sampai SMA akan mendapatkan studi tour atau jalan-jalan ke luar negeri,"

Minggu, 16 Jun 2019 20:15Berita Sumut

Aksi Save lumba-lumba Sirkus Lumba-lumba Bentuk Sebuah Penyiksaan

Maraknya pertunjukan sirkus dengan menggunakan hewan sebagai hiburan masyarakat, terlebih pada hewan lumba-lumba. Hal tersebut tentu akan menyebabkan perburuan terhadap hewan mamalia itu berlanjut, sehingga dapat mengancam keberadaan hewanlucu itu.

Minggu, 16 Jun 2019 20:00Berita Sumut

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan Kembali Molor, Ribuan Penumpang Berjemur

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan kembali berjemur calon penumpang kapal KM Kelud dilapangan Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan, Minggu (16/6/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 19:45Internasional

Ledakan-ledakan, Yang Merusak Kapal Front Altair, Saudi Salahkan Iran

Serangan-serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman dan menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil "sikap tegas" terkait serangan tersebut, Putra Mahkota Arab Saudi menyalahkan Iran.

Minggu, 16 Jun 2019 19:12Nasional

Kapal Kayu Digunakan Kades dan Tiga Warga Dihantam Ombak

Kapal kayu yang tumpangi empat warga Pulau Poleonro, Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, berlayar dari Pulau Sumbawa NTB menuju pulau Poleonro, Pangkep terjebak cuaca buruk saat berada di lautan lepas, saat dalam perjalanan pulan

Minggu, 16 Jun 2019 19:04Nasional

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Bongkar Jaringan Narkoba dan Sita Ribuan Butir Narkoba

ebuah rumah di Kampung Ambon, Jakarta Barat digrebek Ditresnarkoba Polda Metro Jaya . Dalam penggerebekan tersebut, Polisi menemukan 1.000 butir pil ekstasi serta ketamine, usai melakukan penggerebekan serupa di Kampung Bahari, Jakarta Utara.

Minggu, 16 Jun 2019 17:12Internasional

Hongkong Makin Memanas, Puluhan Ribu Pendemo Turun Ke Jalan dan Minta Pimpinan Mundur

Demonstrasi tersebut digelar sehari setelah dia menangguhkan rancangan undang-undang (RUU) menyusul unjuk rasa terbesar dalam sejarah Hong Kong dan kekerasan yang terjadi dalam sepekan terakhir. Dengan berpakaian hitam untuk Puluhan ribu orang turun ke j

Minggu, 16 Jun 2019 15:58Aceh

Festival Mie Aceh, Menuju Kuliner Dunia Dengan Cita Rasanya

Mi Aceh sudah terkenal dipenjuru Nusantara maupun Luar Negeri. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad menjadikan sebagai kuliner kelas dunia karena cita rasanya sudah begitu terkenal, terutama di nusantara.

Minggu, 16 Jun 2019 14:28Lifestyle

Mempelai Pria dengan wanita Beda Usia 27 Tahun

Saat ini, mempelai laki-laki Rustam sudah berusia 41 tahun, sementara wanita dinikahinya berusia 13 tahun, dan masih menimba ilmu di bangku kelas 1 di MTs (setara dengan SMP).

Minggu, 16 Jun 2019 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Festival band Millenial 2019

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan akan menggelar Medan Art Millenial Festival (Band) 2019 di Merdeka Walk pada 22-23 Juni mendatang. Festival yang akan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dilak

Minggu, 16 Jun 2019 13:15Aceh

Bawa kabur Sepeda Motor, Jadi Bulan Bulan Warga dan Hingga Tak Berdaya

Diduga melakukan pencurian kenderaan bermotor roda dua, di kawasan Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat

Minggu, 16 Jun 2019 13:00Lifestyle

Pelantun Lagu "Sesuatu" Membagikan Suasana liburannya Bersma Suami

Selebrity Indonesi Syahrini baru saja mengunggah foto liburan mesra bareng suaminya Reino Barack. Mereka melancong ke Pulau Bora-Bora, suasananya romantis banget.

Minggu, 16 Jun 2019 12:45Nasional

Kapal Tenggelam, Dua ABK Meninggal dan Lima Masih Dalam Pencarian

Ada empat anak buah kapal (ABK) sedang dalam pemeriksaan penyidik Reskrim Polres Alor dengan tenggelamnya Kapal Motor Nusa Kenari 02 yang menyebabkan dua penumpang meninggal dan lima orang masih hilang, sebut Kapolres Alor, Nusa Tenggara Timur, AKBP, Pat

Minggu, 16 Jun 2019 12:30Bola

Cesc Fabregas Menilai Lionel Messi, Layak Meraih Gelar Pemain Terbaik Dunia

Lionel Messi, layak untuk meraih gelar pemain terbaik dunia atau yang akrab disebut Ballon dOr 2019, sebut Gelandang AS Monaco, Cesc Fabregas, merasa mantan rekan setimnya di Barcelona.