• Home
  • Berita Sumut
  • Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Relatif Stabil

Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Relatif Stabil

faeza Senin, 27 Mei 2019 16:00 WIB
mtc/ist
Peninjauan dilakukan Syahnan bersama Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot, Dirut PD pasar Rusdi Sinuraya, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, Kabag Penegakan Hukum Komisi
MATATELINGA, Medan: Sembilan hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H,  Wali Kota Medan  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Setdako Medan Khairul Syahnan ST  MAP meninjau  dua pasar tradisionil di Kota Medan. Selain mengecek harga, peninjauan juga dilakukan untuk memastikan stok bahan kebutuhan pokok aman. Dengan demikian masyarakat, terutama umat Islam merasa tenang dan nyaman dalam menyambut sekaligus merayakan hari penuh kemenangan tersebut.

Adapun kedua pasar tradisionil yang menjadi objek peninjauan adalah Pasar Petisah dan Pusat Pasar.  Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan dari kedua pasar tersebut, harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil.  Bahkan, harga bawang putih yang sebelumnya sempat melambung mencapai kisaran di atas Rp.100.000/kg, kini  telah turun menjadi 30.000/kg. Di samping harga relatif stabil, ketersedian bahan kebutuhan pokok pun dipastikan aman hingga Lebaran mendatang.

Peninjauan dilakukan Syahnan bersama  Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot, Dirut PD pasar Rusdi Sinuraya, Kepala Divisi  Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, Kabag Penegakan Hukum Komisi Pengawasa Persaingan Usaha (KPPU) Sumut Ridho Pamungkas, Unit Ekonomi Polrestabes Medan  Iptu M  Karo-Karo serta unsut organisasi pimpinan daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemko Medan.

Sebelum peninjauan dilakukan, tim lebih dulu berkumpul di Rumah Dinas Wali Kota Medan. Setelah itu tim bergerak menunju Pasar Petisah dan Pusat Pasar untuk melakukan pengecekan harga sekaligus ketersediaan bahan kebutuhan pokok. Umumnya harga bahan kebutuhan pokok sudah stabil dibandingkan mendekati  bulan puasa  yang relatif merangkak naik. Saat ini harga  cabe merah Rp.44.000/kg, cabe rawit Rp.50.000/kg, cabe hijau Rp.25.000/kg, bawang putih Rp.30.000/kg dan bawang merah Rp.36.000/kg.

Di samping itu harga daging sapi masih bertahan di seputaran Rp.120.000/kg, daging kambing Rp.90.000, ayam potong Rp. 34.000/kg, telur Rp.1.200 - Rp.1.350/butir, gula pasir 12.500/kg, minyak makan  Rp.11.000/liter, tepung terigu Rp.8000/kg, kacang tanah biasa Rp.22.000/kg, kacang tanah kupas 28.000/kg, beras premium Rp.11.000/kg, dan beras medium 14.000/kg.

Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan, Syahnan mengatakan, harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil  di kedua pasar tradisionil terbesar di Kota Medan tersebut. "Alhamdulillah, harga bahan kebutuhan pokok memasuki hari ke-21 bulan suci Ramadhan masih relatif stabil. Hanya harga daging ayam potong tampaknya fluktuatif dan kini mencapai Rp.34.000/kg," kata Syahnan.

Yang melegakan lagi tambah Syahnan, ketersediaan bahan kebutuhan pokok pun aman hingga sampai Lebaran mendatang. Oleh karenanya Syahnan mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir sehingga  tidak perlu berlanja secara berlebihan. "Stok bahan kebutuhan kita aman. Jadi belanjalah  dengan bijak dan sesuai kebutuhan," pesannya.

Sementara itu menurut Kepala Divisi  Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Sumut Demina Sitepu, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan, diharapkan  laju inflasi bulan (Mei) ini lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya. "Kalu bulan lalu, inflasi 1,24%, sedangkan bulan ini kita harapkan di bawah 1 %. Mudah-mudahan ini tercapai, sebab harga bawang putih sudah turun jauh. Harga bawang merah fluktuatif namun lebih baik dibandingkan bulan lalu," jelas Demina.

Sedangkan Iptu M Karo Karo dari Tim Satgas Pangan Kota Medan me-warning kepada para pedagang agar jangan coba-coba mengambil kesempatan untuk meraup keuntungan besar dengan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. "Jika pedagang kedapatan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok, langsung kita tindak tegas karena perbuatan tersebut jelas melanggar hukum!" tegas M Karo Karo.

Dalam peninjauan tersebut, sejumlah pedagang di basement Pasar Petisah menyampaikan keluhannya terkait pengapnya kondisi di tempat mereka berjualan. Kondisi itu terjadi akibat minimnya lubang ventilasi untuk sirkulasi udara. Tak pelak, dampaknya menyebabkan baik pedagang maupun masyarakat pembeli merasa tidak nyaman saat melakukan transaksi jual beli.

"Kami berharap agar Bapak Wali Kota bisa menyikapi keluhan seluruh pedagang yang ada di basement Pasar Petisah. Sebab, sudah berulang kali keluhan ini kami sampaikan kepada pihak PD Pasar namun sampai saat ini tidak ada tindaklanjut,'' ungkap salah seorang pedagang wanita paruh baya dengan mimik kecewa.  (mtc)
Editor: faeza

T#g:harga kebutuhan bahan pokokPemko Medansidak pasar
Komentar
Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 10:46Berita Sumut

Empat Orang Siswa Berprestasi Mendapat Laptop Dari Sampoerna Foundation

Empat orang siswa berprestasi yang telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa yang digelar oleh Poetra Sampoerna Foundation, mendapatkan hadiah berupa lap top.

Kamis, 09 Jul 2020 10:45Internasional

Amerika Serikat Resmi Umumkan Akan Keluar dari WHO

Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pemberitahuan untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di saat kasus virus corona di negara itu melonjak tajam. Pemberitahuan itu disampaikan secara resmi oleh Gedung Putih kepada Persatuan Bangsa-Ban

Kamis, 09 Jul 2020 09:45Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Tapi Tak Jalani Isolasi

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro pada Rabu (8/7/2020) mengatakan bahwa dia “baik-baik saja” setelah terinfeksi virus corona. Bolsonaro yang dikonfirmasi positif Covid-19 sehari sebelumnya tidak menjalani isolasi, dan tetap melakukan pertemuan d

Kamis, 09 Jul 2020 09:00Nasional

Maria Pauline Lumowa DPO Penegak Hukum Selama 17 Tahun

Maria Pauline Lumowa masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan aparat penegak hukum Indonesia. Maria Lumowa dikabarkan terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mab

Kamis, 09 Jul 2020 08:00Nasional

Ini Penjelasan PLN, Terhindar Dari Korsleting di Rumah

Jangan dianggap sepele, masalah kelistrikan ini riskan dan bisa merenggut nyawa seseorang.

Kamis, 09 Jul 2020 07:00Bola

Silva Sedang Menunjukkan Kelasnya Sebagai Gelandang Terbaik di Dunia

Pada laga ini, Silva memang menunjukkan kelasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Pasalnya selain mencetak gol, mantan pemain Valencia tersebut memang menyumbangkan dua assist untuk gol Jesus dan Sterling.

Kamis, 09 Jul 2020 06:45Ekonomi

Hari ini, Prediski Rupiah Menguat dengan Pelemahan Bursa AS

Rupiah menguat 0,20% ke Rp 14,410 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah melemah tipis 0,03% ke Rp 14.460 per dollar AS.

Kamis, 09 Jul 2020 06:00Bola

Pelatih Barcelona Belum Puas, Meski Timnya Bermain Bagus

Meski meraih poin penuh, namun Pelatih Barcelona, Quique Setien, menilai timnya tidak bermain bagus. Barcelona meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 saat menghadapi Espanyol dalam lanjutan jornada ke-35 Liga Spanyol 2019-2020.

Rabu, 08 Jul 2020 23:15Aceh

Disdikbud Aceh Singkil Mulai Memberlakukan Jam PAI

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil mulai memberlakukan penambahan jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah formal mulai tahun ajaran baru tahun ini.

Rabu, 08 Jul 2020 23:00Internasional

Sepele Bahaya Virus Corona, Presiden Brazil Jair Borsalino Ini Tak Berdaya

Berulang kali meremehkan bahaya Virus Corona, Presiden Brazil, Jair Borsalino terkonfirmasi positof Covid-19, setelah hasil tesnya dipublikasikan

Rabu, 08 Jul 2020 22:30Lifestyle

Marshanda Dipanggil Polisi Sebagai Saksi Kematian Anak Karen Pooroe

Polisi mengabarkan perkembangan kasus kematian anak Karen Pooroe, Zefania. Dijelaskan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Ricky Pranata, penyidik bakal memanggil beberapa saksi.

Rabu, 08 Jul 2020 22:00Nasional

Sebelas Pejabat Tinggi Naik Pangkat di Gelar Rupatama Mabes Polri

Upacara kenaikan pangkat sebanyak 11 anggota golongan pejabat tinggi Polri, langsung dipimpin Kapolri Jendral Polisi Idham Azis di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan

Rabu, 08 Jul 2020 21:45Ekonomi

Harga Emas Makin Sore, Melejit Mencapai US$ 1.800,14 per ons troi

Sentimen utama bagi si kuning datang karena permintaan safe haven didukung oleh kekhawatiran tentang lonjakan kasus Covid-19