• Home
  • Berita Sumut
  • Jelang Penetapan Paslon, Ratusan Alat Peraga di Medan Akan Ditertibkan Serentak

Jelang Penetapan Paslon, Ratusan Alat Peraga di Medan Akan Ditertibkan Serentak

Amr/rel Senin, 12 Februari 2018 08:08 WIB
Google
MATATELINGA, Medan:  Ratusan alat peraga berisi sosialisasi tentang bakal pasangan calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 akan ditertibkan secara serentak.  Hal itu dilakukan menjelang pasca penetapan Calon peserta Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) oleh KPU Provinsi Sumut, hari ini Senin (12/2/2018). Ratusan alat peraga yang terpasang dapat dikategorikan melanggar ketentuan sehingga harus ditertibkan dengan cara dibersihkan.  



Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Medan Henry Sitinjak SH, Minggu (10/2/2018)  mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan  di total 21 kecamatan, tercatat sebanyak 698 alat peraga yang berisi tentang sosialisasi bakal pasangan calon yang harus ditertibkan. Terdiri dari alat peraga spanduk berjumlah 552 buah, baleho sebanyak 52 buah, billboard 17 buah ,umbul umbul 29, poster  17 buah, stiker 31 buah.

"Ini merupakan hasil pantauan dan pengawasan yang dilakukan melibatkan 63 Panwascam di 21 kecamatan dan 151 Panwas Lapangan di setiap kelurahan se-kota Medan," kata Ketua Panwaslih Kota Medan Henry Sitinjak SH didampingi Koordinator Pencegahan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Muh. Fadly S.Sos dan Koordinator Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Raden Atmiral S.Sos. MAP.



Panwaslih Kota Medan dikatakan Henry, menindaklanjuti Surat Bawaslu Provinsi Sumut tanggal 9 Februari 2018 terkait intruksi pembersihan seluruh bahan sosialisasi yang memuat gambar, slogan/tagline atau informasi lainnya tentang bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, untuk menyurati pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) dalam rangka membersihkan ratusan alat peraga tersebut menjelang penetapan 12 Februari.

"Sebelum dilakukan penertiban, kami himbau agar semua pihak seperti tim kampanye, atau para relawan pendukung masing-masing bakal pasangan calon, untuk menertibkan sendiri dengan kesadaran masing-masing. Karena jika sudah ditertibkan, seluruh APK atau bahan kampanye itu tidak bisa ditarik lagi karena akan dimusnahkan," kata Koordinator PHL Panwaslih Medan Muh Fadly menambahkan.

Sedangkan Koordinator OSDM Panwaslih Medan Raden Atmiral menjelaskan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur Bupati Walikota (GBW), tahapan kampanye Pilgub Sumut dimulai tanggal 15 Februari 2018 sampai dengan 23 Juni 2018.  

Berdasarkan PKPU No 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan, alat peraga kampanye (APK) seperti baliho, umbul umbul, spanduk, difasilitasi oleh KPU Provinsi atau kabupaten/kota. Termasuk ukuran dan lokasi pemasangannya, ditetapkan dengan Keputusan KPU Provinsi atau Kabupaten/Kota. Begitu juga dengan bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet, poster.  

Dikatakan, Raden, pasangan calon peserta dapat menambah  APK tambahan maksimal 150%  dari jumlah yang dipasang oleh KPU Provinsi atau kabupaten/kota dan bahan kampanye maksimal 100 % dari jumlah kepala keluarga pada daerah pemilihan, dengan total jumlah ditetapkan Keputusan KPU kabupaten/kota serta bukti pemesanan alat peraga yang dicetak, disampaikan kepada KPU kabupaten/kota.

Pasangan calon, tim kampanye atau parpol maupun gabungan parpol dapat membuat dan mencetak bahan kampanye seperti pakaian, kalender, kartu nama, payung, atau stiker ukuran maksimal 10X 5 centimeter.

"Namun pemasangan stiker dilarang dipasang di tempat umum seperti rumah ibadah, rumah sakit, lembaga pendidikan, jalan-jalan protokol atau jalan tol,  taman dan pepohonan,"kata  Raden.(


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:KPUKota MedanMatatelingaPenertiban alat peragaSumut
Komentar
Minggu, 24 Feb 2019 12:47Berita Sumut

Sosialisasi Tari Ahoi Meriahkan CFD

Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka berlangsung sangat meriah, Minggu (24/2/2019). Selain senam jantung sehat dan kegiatan olahraga lainnya, CFD kali ini dimeriahkan dengan sosialisasi Tari Ahoi. Di samping itu juga digelar lomba foto/

Minggu, 24 Feb 2019 12:43Berita Sumut

Habis Konsumsi Narkoba, Rasakan dinginnya Terali Besi Polsek Sunggal

Habis mengkonsumsi narkoba, terlibat kasus pencurian di Jl. Binjai KM. 15,5 Desa SM . Diski Kec. Sunggal Deli Serdang, tepatnya dari Ruko milik korban bernama Aida ,45, Warga Jl. Ahmad Yani Kec. Binjai Kec. Binjai Kota, diringkus Tim Pegasus Polsek Med

Minggu, 24 Feb 2019 12:30Berita Sumut

Kantongi 5 Paket Diduga Sabu, Meringkuk di terali besi

Seorang pria bertempat tinggal seputaran Jalan Medan Binjai Km 10 Gg Dame, Desa Sei Senayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, harus jerasakan dingin terlali besi. Pasalnya, dia ditangkap Tim Pegasus Polsek Sunggal Polrestabes Medan

Minggu, 24 Feb 2019 12:08Berita Sumut

Pemko Medan Harap Kontribusi Positif dari DPD IKAALL STTD Sumut

Pemko Medan sangat mendukung terbentuknya Ikatan Alumni Akademi Lalu Lintas Sekolah Tinggi Transportasi Darat (IKAAL STTD) Sumatera Utara. Dengan adanya wadah ikatan alumni ini tentunya seluruh pakar-pakar transportasi darat diharapkan kontribusi aktifnya

Minggu, 24 Feb 2019 11:32Aceh

Kapolri Tekankan Pentingnya Keamanan Bagi Pembangunan Aceh

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., tiba di Mapolda Aceh untuk meresmikan gedung Ditsamapta dan gedung Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung pertemuan dan ge

Minggu, 24 Feb 2019 10:46Berita Sumut

Camel "Petir" Ingin Berbagi dan Berjuang untuk Rakyat

Jelang masa kampanye Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang, Caleg DPR RI, Dapil Sumut 1 dari partai Golkar, Camellia Panduwinata Lubis akan melaksanakan ibadah umroh pada tanggal 25 Februari hingga 5 Maret 2019.

Minggu, 24 Feb 2019 10:33Internasional

Tembus Blokade Pemerintah Venezuela, AS Kirimkan Bantuan Kemanusian

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan pertama telah tiba di Venezuela dari perbatasan selatan dengan Brazil.

Minggu, 24 Feb 2019 10:18Nasional

Terkait Kebakaran Kapal Nelayan, 7 Orang Saksi Diperiksa

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menyebutkan polisi telah memeriksa tujuh tujuh orang saksi terkait kebakaran besar yang menghanguskan 18 kapal di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Minggu, 24 Feb 2019 10:03Lifestyle

AS Ciptakan Robot Karena Kesulitan Cari Tenaga Kerja, Bagaimana Dengan Tanah Air

Industri pertanian dan agraria dunia diprediksi akan segera mengalami revolusi secara besar-besaran.

Minggu, 24 Feb 2019 09:30Internasional

Sejarah Terciptanya Angka Nol Hingga Kisah Revolusi Matematika di India

Seperti China, sejak lama India telah mendapatkan manfaat besar dari desimal atau sistem bilangan yang menggunakan basis sepuluh.

Minggu, 24 Feb 2019 08:52Nasional

Bolos Hamir 3 Bulan, Oknum ASN Dipecat

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama membenarkan bahwa Hayati Syafri diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Minggu, 24 Feb 2019 08:37Nasional

Terlibat Pesta "Kaca", 3 Oknum Polri dan 1 Wanita Mendekam di Balik Jeruji Besi

Ditresnarkoba Polda Sulsel mengungkap penyalahgunaan narkoba jenis sabu yang melibatkan tiga anggota Polri dan satu perempuan.

Minggu, 24 Feb 2019 08:22Ekonomi

WOW1 Ditengah Kisruh Perang Dagang, China Beli Produk AS, Kok Bisa...

Negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat dengan Republik Rakyat China mendekati tahap akhir.

Minggu, 24 Feb 2019 08:07Lifestyle

Pentingnya Pendidikan, Pernah Drop Out, 5 Orang Sukses ini Kuliah Kembali

Dunia profesional tidak kekurangan tokoh sukses yang drop out dari universitas; Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs adalah beberapa contoh yang paling sering disebut dan pilihan hidup mereka ini kerap ditiru oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengidola

Minggu, 24 Feb 2019 07:52Nasional

Orang Terkaya Nomor Satu Dunia ini Berikan Tips Kehidupan

Selain menjalankan yayasan amal swasta terbesar di dunia, Bill dan Melinda Gates adalah orang tua yang memiliki tiga anak yaitu, Jennifer (22), Rory (19), dan Phoebo (16).

Minggu, 24 Feb 2019 07:37Nasional

Halangi Jalur Lintas Pejalan Kaki, Laki - Laki ini Sontak Viral

Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan ketika seorang laki-laki menginjak bagian atas mobil berwarna putih yang menghalangi sebagian jalur pejalan kaki atau zebra cross di sebuah jalan raya.