• Home
  • Berita Sumut
  • Jual Organ Satwa Dilindungi, Ilyas Dituntut Tiga Tahun Penjara

Jual Organ Satwa Dilindungi, Ilyas Dituntut Tiga Tahun Penjara

faeza Rabu, 16 Mei 2018 16:32 WIB
mtc/fae
M Ilyas alias Ilyas, terdakwa penjual bagian-bagian tubuh harimau dan beruang melalui media sosial dituntut tiga tahun penjara . Selain itu, pria tambun ini juga dituntut untuk membayar denda sebesar Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan.
MATATELINGA, Medan: M Ilyas alias Ilyas, terdakwa penjual  bagian-bagian tubuh harimau dan beruang melalui media sosial dituntut tiga tahun penjara . Selain itu, pria tambun ini juga dituntut untuk membayar denda sebesar Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Tuntutan terhadap Ilyas dibacakan oleh JPU Kristina Lumbanraja dalam persidangan yang digelar di Cakra II PN Medan, Rabu (16/5/2018).

"Terdakwa dinilai bersalah melanggar Pasal 40 ayat (2)  UU. RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yo Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa," jelas JPU Kristina di hadapan majelis hakim yang diketuai Riana Pohan dan terdakwa.

Sebelum mengajukan tuntutannya, JPU terlebih dahulu memaparkan hal yang memberatkan terdakwa yakni perbuatan terdakwa merusak kelestarian alam hayati dan ekosistemnya. "Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya dan sopan selama persidangan," sebut JPU.

Usai mendengar tuntutan JPU, majelis hakim menunda persidangan hingga sepekan untuk agenda pembelaan dari terdakwa.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kristina Lumbanraja menyebutkan terdakwa ditangkap di rumahnya di Jalan Veteran Pasar IV Dusun 7 Desa Helvetia, Gang Jasmine, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, pada 29 Januari 2018.

Penangkapan berawal dari adanya informasi dari masyarakat terkait perdagangan bagian-bagian satwa yang dilindungi UU berupa kulit harimau dan kuku beruang.

Petugas Polisi Kehutanan dari Kantor Balai Pengaman dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera, lantas melakukan pengintaian dan penyamaran sebagai pembeli melalui facebook.

Kemudian, tanggal 29 Januari 2018, petugas melaksanakan kegiatan operasi peredaran tumbuhan dan satwa liar di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Dalam operasi itu, tim menangkap terdakwa.

Dari tangan terdakwa, petugas menyita barang bukti berupa kulit dan kuku harimau, beruang dan macan, di antaranya lima buah taring beruang terdiri dari empat buah dilengkapi ring ornamen dan satu buah taring tanpa dilengkapi ring ornamen.

Selanjutnya satu buah kalung yang terbuat dari kuku harimau, tiga buah kuku beruang dilengkapi dengan ring ornament, empat buah kuku macan, dua buah dompet kulit harimau, dua buah kulit harimau bagian kaki berbentuk tapak dan masih berkuku tidak utuh.

Kemudian, dua buah tali pinggang kulit harimau masing-masing berwarna coklat dan hitam, satu buah tas selempang kulit macan, satu lembar kulit harimau dengan ukuran panjang 95 cm dan lebar 35 cm dan satu buah kalung yang terbuat dari kuku beruang. (mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 19 Nov 2018 20:54Nasional

Mengejutkan Capres dan Cawapers No Urut 2, Mendapat Dukungan Dari Forum Silaturahmi Alumni Mesir, Apa bunyinya ???

Forum Silaturahmi Alumni Mesir resmi mendeklarasikan mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno di Pilpres 2019 mendatang.

Senin, 19 Nov 2018 18:40Lifestyle

IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Sensa51 1GB Rp51 untuk Internetan Lebih Seru

Sebagai wujud dari komitmen transformasi bisnis tersebut serta memberikan apresiasi kepada pelanggan di HUT yang ke-51, melalui brand IM3 Ooredoo, Indosat Ooredoo mempersembahkan paket Sensa51 1GB hanya dengan Rp51 saja.

Senin, 19 Nov 2018 18:29Berita Sumut

Subdit III/Jahtanras Ditreskrmum Poldasu Tangkap Pelaku Pemerasan Dan Penyekapan

Pelaku pemerasan dan penyekapan terhadap karyawan mobil rental PT. TPI, Zulfikli Nasution tak berkutik ditangkap Subdit III/Jahtanras Ditreskrmum Polda Sumut. Pasalnya, pelaku berinisial FI , seorang sopir Grab yang tergabung dalam komunitas Driver Sopir

Senin, 19 Nov 2018 18:11Berita Sumut

15 Klub Meriahkan Festival Open Marching Band Kapoldasu 2018

Sebagai wadah positif bagi para generasi muda dan pelajar, Polda Sumatera Utara menggelar festival open marching band Kapoldasu 2018. Pergelaran yang bertemakan 'Bangkitkan semangat muda yang kreatif, inovatif dalam gerak dan nada' berlangsung s

Senin, 19 Nov 2018 18:02Berita Sumut

Pemko Medan Serius Dalam Pengembangan Bank Sampah di Kota Medan

Permasalahan sampah yang ada di Kota Medan sedang dalam tahap penanggulangan. Diketahui masyarakat Kota Medan menghasilkan sampah 2000 ton perhari. Untuk itu perlu penanggulangan sampah yang lebih serius dan dapat melibatkan langsung masyarakat.

Senin, 19 Nov 2018 17:45Berita Sumut

Grebek Sejumlah Lokasi Narkoba, Polres Belawan Amankan 12 Tersangka

Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan mengamankan 12 orang pelaku narkoba berikut sejumlah barang bukti. Para pelaku Narkoba itu diringkus dalam operasi yang dilakukan tiga hari berturut-turut.

Senin, 19 Nov 2018 17:43Ekonomi

Aceh House Tawarkan Paket Weekend Mulai dari Rp 300 Ribu per Kamar

Aceh House Islami Hotel yang berada di Jalan Gajah Mada menawarkan paket Weekend untuk memanjakan pelanggan yang ingin menikmati wisata di Kota Medan

Senin, 19 Nov 2018 17:20Berita Sumut

Dandim 0209/LB Doakan Perayaan Natal Pemuda Pancasila Berjalan Sukses

Dandim 0209/LB, Letkol Infanteri Santoso berharap perayaan Natal Pemuda Pancasila dapat berjalan lancar dan sukses.

Senin, 19 Nov 2018 17:06Berita Sumut

Kejari Belawan Menang, PN Medan Tolak Eksepsi Terdakwa Korupsi IPA Martubung

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi (keberatan) atas dakwaan yang diajukan dua terdakwa kasus korupsi paket pekerjaan berupa Enginering Procurement Contruction (EPC) pembangunan IPA Martubung PDAM Tir

Senin, 19 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Panitia Perayaan Natal Pemuda Pancasila Undang Kapolres Labuhanbatu

Panitia Natal Keluarga Besar Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila, Kabupaten Labuhanbatu sowan kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Senin (19/11/2018) di ruang kerjanya.

Senin, 19 Nov 2018 16:30Nasional

Danrem 032/WBR Tutup Lomba PBB antar SLTA se Sumbar

Komandan Korem 032/Wrb Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P menutup secara resmi pelaksanaan Lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) Danrem Cup V antar SLTA se Provinsi Sumatera Barat pada hari Senin, 19 Nov 2018 di Gedung Sapta Marga Korem Jln. Sudirman No. 29 Pad

Senin, 19 Nov 2018 16:15Berita Sumut

Pemkab Sergai Luncurkan Program PANTES

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai meluncurkan dan melakukan uji coba Pelayanan Administrasi Terpadu Desa (PANTES). Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Desa Sei Buluh Kecamatan Sei Bamban, Senin (19/11/2018).

Senin, 19 Nov 2018 16:00Berita Sumut

Akhyar Optimis Kecamatan Medan Labuhan Juara Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, M.Si mengaku optimis Kecamatan Medan Labuhan akan keluar sebagai pemenang dalam penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi. Hal ini dilandasi dengan bukti, karena Kecamatan Medan Labuhan memiliki program ung

Senin, 19 Nov 2018 15:45Berita Sumut

Pastikan RPJMD Berkualitas, Pemprovsu Laksanakan Konsultasi Publik I KLHS

Untuk memastikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2018-2023 yang akan disusun berkualitas dan tepat sasasaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melaksanakan konsultasi publik pertama terkait Kaji

Senin, 19 Nov 2018 15:30Berita Sumut

Pemko Medan Lakukan Pembinaan THL

Pemko Medan menggelar pertemuan dengan Tenaga Harian Lepas (THL) Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Medan tahun 2018 di Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (19/11). Pertemuan digelar dalam rangka untuk memberikan pembinaan guna mewujudkan terbangunnya kara

Senin, 19 Nov 2018 15:00Berita Sumut

Danlantamal I Belawan Tabur Ikan di Keramba

Lantamal I Belawan menggelar kegiatan tabur benih ikan Krapu dan Kakap Putih di keramba jaring apung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan di bidang Maritim.