HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura
  • Home
  • Berita Sumut
  • Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Faeza Rabu, 19 Juni 2019 13:10 WIB
mtc/ist
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol
MATATELINGA, Medan: Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol yang akan dimanfaatkan masyarakat umum.



"Kita ultimatum kepada warga, penggarap yang tidak memiliki dokumen kepemilikan alas atas tanah, tidak punya izin dan sebagainya  harus meninggalkan (lahan). Jangan nanti kalo kita proses, kita dianggap krimilalisasi. Kita minta, kita imbau mereka (penggarap) melihat kepentingan masyarakat yang lebih luas" sebut Irjen Agus usai meninjau lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia, Rabu (19/6/2019).

Ultimatum ini disampaikan Agus agar proyek strategis nasional tidak terhambat. Dia juga berharap agar warga yang sudah menerima ganti untung tanah agar segera membongkar bangunan mereka agar proyek ini bisa dituntaskan segera.



"Situasi sudah bagus. Kita dorong agar ini segera bisa dituntaskan. Tadi kami mendapat laporan dari Kanwil BPN, dari HK dan Jasa Marga. Insyaallah pada akhir  bulan Juni kalo bisa proses pembayaran ganti untung bisa selesai," sebut Kapolda Sumut.

Kapolda juga menghimbau agar pihak terkait juga segera melakukan sosialisasi jika ada perubahan regulasi soal pembayaran ganti rugi. Pasalnya beredar di masyarakat, adanya selisih seratus ribu rupiah dari pembayaran kepada warga sebelumnya.

"Iya ini juga harus disosialisasikan. Agar warga tidak menduga yang tidak-tidak,"ucapnya.



Sementara itu Bambang Priono, Kanwil BPN Sumut menerangkan hingga saat ini sudah 80 persen dari 549 kepala keluarga yang berada di lahan proyek tol menerima pembayaran ganti rugi. Sisanya menurut Bambang tinggal menunggu proses birokrasi.

"Yang 20 persen itu awalnya kita mau selesaikan sebelum lebaran. tapi menunggu proses birokrasi dan administrasi. Kan masing-masing stakeholder mempunyai waktu," sebut Bambang.

Secara pribadi lanjut Bambang, dia menginginkan agar proyek tol ini selesai pada Oktober ini. Namun pihak HK menyatakan proyek tol ini baru kelar pada Desember 2019 nanti.

"Yah semoga pada Desember 2019 ini kita sudah bisa menikmati jalan tol Binjai-Tebingtinggi," tukasnya. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Sabtu, 19 Okt 2019 21:23Berita Sumut

Ibu Guru SDN di Tebingtinggi Tewas Dibunuh Dalam Rumah

Seorang guru SD negeri di Kota Tebing Tinggi, Sumut, Siti Rahmah Lubis (58), ditemukan tewas berlumuran darah di dalam rumahnya di Jalan DI Panjaitan, Rambung, Tebing Tinggi, Jumat (18/10) sekitar pukul 23.45 Wib.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:35Nasional

Sebanyak 11 unit Mercedes Benz S-Class dan 6 unit E-Class Siap di Gunakan

Kesiapan dan persiapan Pelantikan Presiden Jokowi akan dilakukan besok (20/10/2019), telah dilakukan salah satunya terkait penggunaan mobil Mercedes Benz yang akan digunakan pejabat tinggi negara sahabat.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:20Nasional

Prajurit Pamtas RI-PNG Yonif 411Kostrad Sulap Rumah Pintar Jadi PAUD

Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) Pos Toray, menyulap Rumah Pintar menjadi Kelas Pendidikan Anak U

Sabtu, 19 Okt 2019 20:05Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Tentang Kejujuran dan Berkoban

Kejujuran dan sikap rela berkorban diharapkan tetap dipegang teguh para sarjana ketika kembali dan berkiprah di tengah masyarakat. Sehingga kehadiran para sarjana dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat

Sabtu, 19 Okt 2019 19:20Berita Sumut

Hadiri Wisuda ke-54 ITM, Gubernur: Jadilah Sarjana Yang Bisa Mengubah Sumut

Menjadi sarjana berarti melangkah maju ke sebuah fase dimana seseorang terjun ke dalam masyarakat, setelah menuntut ilmu di perguruan tinggi. Karena itu, sarjana diharapkan mampu berbuat bagi masyarakat dan kemajuan Sumatera Utara (Sumut) ke depan

Sabtu, 19 Okt 2019 18:15Berita Sumut

Nawal Ajak Perempuan Sumut Teladani Perjuangan Anne Avantie

Desainer perempuan legendaris Indonesia Anne Avantie hadir dan menjadi narasumber seminar kewirausahaan bertajuk "Jangan Protes pada Proses" di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 M

Sabtu, 19 Okt 2019 17:09Nasional

Pengarahan Komandan Yonif Raider 100/PS pada Acara Pertemuan Gabungan Persit

Danyonif Raider 100/PS Letkol Inf Lizardo, S.H., M.M. berikan pengarahan terkait penggunaan Media Sosial (Medsos) terhadap Perwira dan Bintara Staf serta anggota Persit Cab XII Yonif Raider 100/PS

Sabtu, 19 Okt 2019 16:26Internasional

Sebanyak 62 orang Tewas Akibat Ledakan Bom, Saat Jemaah Salat

Diperkirakan puluhan orang meninggal dunia dan sebagian luka luka , akibat terjadi ledakam bom terjadi di suatu masjid di Distrik Haska Mena, Provinsi Nangarhar, Afghanistan

Sabtu, 19 Okt 2019 15:29Berita Sumut

Polisi Buru Dua Pelempar Molotov Kantor LBH Medan

Polrestabes Medan langsung memburu dua orang tak dikenal yang melempar Kantor LBH Medan pada Sabtu (19/10/2019) dinihari. Polisi langsung menurunkan tim identifikasi menyelidiki kasus teror tersebut.

Sabtu, 19 Okt 2019 14:20Nasional

Empat Orang Tewas, Dalam Kecelakaan Maut Jalan Tol Trans Sumatera

Empat orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Trans-Sumatera atau JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di KM 96, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Lampung.

Sabtu, 19 Okt 2019 13:34Berita Sumut

Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS Patroli Bersama

Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Polrestabes Medan dan Kodim 0201/Berdiri Sendiri menggelar patroli bersama menggunakan sepeda motor mengelilingi sejumlah kawasan di Kota Medan. Sebelum patroli dimulai, ratusan personel TNI-Polri menggelar a

Sabtu, 19 Okt 2019 13:01Berita Sumut

Stop Hoax, Rayakan Pelantikan Presiden Dengan Bersyukur

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto meminta seluruh masyarakat untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan berita hoax, terkhusus anggota polri dan keluarga agar lebih menjaga nafsu dan etika dalam bermain media sosial.

Sabtu, 19 Okt 2019 12:45Berita Sumut

Parsaulian Tambunan Ucapkan "Mauliate" Kepada Masyarakat Tabagsel

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Nasdem, Drs. Parsaulian Tambunan, MPd menyampaikan ucapan 'mauliate' atau terimakasih kepada masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang menjadi daerah pemilihannya saat Pemilu lalu.

Sabtu, 19 Okt 2019 12:30Berita Sumut

Kantor LBH Medan Diteror Molotov

Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan di Jalan Hindu, Nomor 13, Medan diteror dengan molotov, Sabtu (19/10) dinihari. Hingga saat ini belum diketahui motif teror yang dilakukan oleh orang tak dikenal itu.

Sabtu, 19 Okt 2019 12:15Berita Sumut

Breaking News! Diduga Teroris, 2 Pria Diamankan di Tanjungmorawa

Dua orang pria diduga terkait jaringan teroris diamankan dari dua tempat berbeda di Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang, Jumat (18/10/2019) malam sekira pukul 20.00 WIB. Keduanya yakni Rl (43), warga Dusun 1, Desa Tanjungmorawa A, Kecamatan Tanjungmorawa

Sabtu, 19 Okt 2019 11:53Berita Sumut

Sehari Jelang Pelantikan Presiden, Polisi dan TNI di Medan Patroli Gabungan

Sehari jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, aparat kepolisian dan TNI di Medan meningkat keamanan dengan menggelar patroli gabungan, Sabtu (19/10/2019).