• Home
  • Berita Sumut
  • Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Faeza Rabu, 19 Juni 2019 13:10 WIB
mtc/ist
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol
MATATELINGA, Medan: Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol yang akan dimanfaatkan masyarakat umum.



"Kita ultimatum kepada warga, penggarap yang tidak memiliki dokumen kepemilikan alas atas tanah, tidak punya izin dan sebagainya  harus meninggalkan (lahan). Jangan nanti kalo kita proses, kita dianggap krimilalisasi. Kita minta, kita imbau mereka (penggarap) melihat kepentingan masyarakat yang lebih luas" sebut Irjen Agus usai meninjau lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia, Rabu (19/6/2019).

Ultimatum ini disampaikan Agus agar proyek strategis nasional tidak terhambat. Dia juga berharap agar warga yang sudah menerima ganti untung tanah agar segera membongkar bangunan mereka agar proyek ini bisa dituntaskan segera.



"Situasi sudah bagus. Kita dorong agar ini segera bisa dituntaskan. Tadi kami mendapat laporan dari Kanwil BPN, dari HK dan Jasa Marga. Insyaallah pada akhir  bulan Juni kalo bisa proses pembayaran ganti untung bisa selesai," sebut Kapolda Sumut.

Kapolda juga menghimbau agar pihak terkait juga segera melakukan sosialisasi jika ada perubahan regulasi soal pembayaran ganti rugi. Pasalnya beredar di masyarakat, adanya selisih seratus ribu rupiah dari pembayaran kepada warga sebelumnya.

"Iya ini juga harus disosialisasikan. Agar warga tidak menduga yang tidak-tidak,"ucapnya.



Sementara itu Bambang Priono, Kanwil BPN Sumut menerangkan hingga saat ini sudah 80 persen dari 549 kepala keluarga yang berada di lahan proyek tol menerima pembayaran ganti rugi. Sisanya menurut Bambang tinggal menunggu proses birokrasi.

"Yang 20 persen itu awalnya kita mau selesaikan sebelum lebaran. tapi menunggu proses birokrasi dan administrasi. Kan masing-masing stakeholder mempunyai waktu," sebut Bambang.

Secara pribadi lanjut Bambang, dia menginginkan agar proyek tol ini selesai pada Oktober ini. Namun pihak HK menyatakan proyek tol ini baru kelar pada Desember 2019 nanti.

"Yah semoga pada Desember 2019 ini kita sudah bisa menikmati jalan tol Binjai-Tebingtinggi," tukasnya. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Senin, 15 Jul 2019 22:05Lifestyle

Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum Bikin Kesehatan Tuberkulosis Menurun

Tingginya polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatirkan dampaknya buat sebagian orang. Khususnya bagi pasien tuberkulosis (TB), kondisi kesehatannya akan gampang menurun

Senin, 15 Jul 2019 21:50Nasional

Beri Sinyal, Gerinda Akan Tetap Menjadi Oposisi

Ketua DPP Gerindra Sodik Mudjahid memberi sinyal partainya akan tetap menjadi oposisi meskipun sang Ketua Umum Prabowo Subianto menyatakan siap membantu pemerintahan Joko Widodo (Jokowi

Senin, 15 Jul 2019 21:35Bola

Kisruh Arsenal-Koscielny Tak Kunjung Usai, ini Harapan Monreal

Bek senior Arsenal, Nacho Monreal, ikut memberikan tanggapan mengenai kisruh yang tengah dihadapi oleh klub dan rekan setimnya

Senin, 15 Jul 2019 21:20Lifestyle

Penjara Mewah ini Sontak Viral dan Gegerkan Warga Net

Foto penjara di Swedia mendadak viral di media sosial lantaran tampilannya dianggap terlalu mewah

Senin, 15 Jul 2019 21:05Bola

Akhirnya Hazard Pilih Nomor Punggung 23, ini Alasannya

Eden Hazard memilih angka 23 sebagai nomor punggung yang digunakannya bersama Real Madrid di musim 2019-2020

Senin, 15 Jul 2019 20:50Berita Sumut

Dua Pekerja Jatuh Tersengta Listrik, Saat Menggantikan Kabel

Dua orang pekerja perbaikan kabel listrik tegangan tinggi masing-masing Rudi ,30, dan Haris ,32, tersengat arus listrik, akibatnya ke dua pekerja penggantian kabel tower di jalan KL Yos Sudarso KM 20 Lingkungan 30 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan L

Senin, 15 Jul 2019 20:35Berita Sumut

Bulan Agustus, Pembahasan Ranperda PUD RPH Ditargetkan Selesai

Herri Zulkarnain selaku Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH), mengatakan pihaknya menargetkan pembahasan Ranperda selesai pada Agustus mendatang.

Senin, 15 Jul 2019 20:24Berita Sumut

Malu Melahirkkan Hasil Hubungan Gelap, Bayi di Buang

Hasil hubungan gelap dengan seorang kekasih, janda beranak yang melahirkan seorang bayi laki laki tersangka E boru Marpaung alias Erna ,31, yang merupakan warga jalan Sigura gura kampung baru dusun I desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Asahan , tel

Senin, 15 Jul 2019 20:20Berita Sumut

Mahasiswa dan Pelajar Membunuh Gara Gara Cemburu

Kasus pembunuhan terhadap Afdillah ,19, seputaran di Jalan Gajah Mada Medan, pekan lalu, diungkap Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru. Korban saat itu ditemukan tewas dengan luka tikam di bagian perut dan dada.

Senin, 15 Jul 2019 20:05Berita Sumut

Herri Zulkarnain: Sangat Menyesalkan Penolakan Pengelolaan Dua Terminal Oleh Pusat

Penolakan wali kota terhadap usulan Kementerian Perhubungan untuk mengelola dua terminal tipe A di Medan, masing - masing Terminal Terpadu Amplas dan Pinangbaris agar lebih baik, sangat disesalkan oleh Anggota Komisi I DPRD Medan Drs Herri Zulkarnain H

Senin, 15 Jul 2019 19:50Nasional

781 Capaja TNI-Polri Siap Dilantik oleh Presiden RI

Sebanyak 781 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri, terdiri dari 259 Akademi Militer (244 putra, 15 putri), 117 Akademi Angkatan Laut (103 putra, 14 putri), 99 Akademi Angkatan Udara (90 putra, 9 putri) dan 306 Akademi Kepolisian (256 putra, 50 putri),

Senin, 15 Jul 2019 19:35Berita Sumut

Keluarga M Yasin Laporkan Dugaan Salah Tembak BNN ke Polda Sumut

Keluarga M Yasin, korban dugaan salah tembak personil BNN membuat laporan ke Polda Sumatera Utara. Laporan itu langsung dilayangkan istri korban Nurmala Sari pada Senin (15/7/2019).

Senin, 15 Jul 2019 19:20Berita Sumut

Soekirman Hadiri Pelantikan BKAG Sergai

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menghadiri acara Pelantikan Badan kerjasama Antar Gereja ( BKAG ) Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai Periode 2017-2022. Pelantikan digelar di Wisma HKPB Kampung Pon, Senin (15/7/2019).

Senin, 15 Jul 2019 19:05Berita Sumut

Kepala BPKAD Siantar Tersangka, Polisi Masih Cari Dalang Utama

Meski sudah menetapkan Kepala BPKAD Siantar AP sebagai tersangka, ternyata polisi masih terus mendalami kasus pemotongan insentif pekerja pemungut pajak di instansi tersebut. Penyidik menduga masih ada dalang utama dalam kasus tersebut.

Senin, 15 Jul 2019 18:50Berita Sumut

Akhyar Minta Sekolah di Medan Terapkan Gerakan LISA

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap seluruh sekolah di Kota Medan mendukung penuh Gerakan Lihat Sampah Ambil (LISA) dalam upaya mendukung kebersihan di Kota Medan.

Senin, 15 Jul 2019 18:35Berita Sumut

Pemko Medan dan Gojek Kolaborasi Gelar GFF 2019

Medan merupakan kota yang terkenal akan cita rasa kulinernya yang lezat. Kekayaan kuliner menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Kota Medan. Untuk itulah Gojek bersama Pemko Medan menggelar Grand Launching Go-Food Festival (GFF) 2019 yang diadakan di