Karnaval Pesona Danau Toba 2017 dihadiri 2 Menteri

Gubsu Ajak Bupati se Kawasan Danau Toba Gelar Karnaval Serupa
Faeza Minggu, 10 September 2017 21:47 WIB
(Mtc/ist)
Gubsu Dr. Ir. H Tengku Erry Nuradi, M.Si, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Dan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian berada di mobil Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 di Balige, Kab Toba samosir minggu 10 September 2017.
MATATELINGA, Balige: Karnaval Pesona Danau Toba dilaksanakan kembali di kabupaten Toba Samosir. Yang mana kegiatan serupa juga telah dilakukan di tempat yang sama pada tahun 2016. Hanya saja pada tahun 2016 yang lalu di hadiri Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 ini dihadiri 2 Menteri yakni  Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dan pada karnaval tahun ini antusiasme masyarakat terlihat sangat meriah, tidak kalah meriahnya dengan karnaval tahun 2016.

Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2017 dilepas dari depan SMA N 1 Balige, Minggu (10/9) oleh Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut Dr Erry Nuradi, Kapolda Sumut dan para bupati sekawasan Danau Toba.  Karnaval finish di Pasar Balige.

Luhut pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengembangkan budaya daerah khususnya dan untuk Indonesia pada umumnya. "Presiden sendiri meminta supaya kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di berbagai tempat untuk menarik turis dan mengembagkan budaya kita. Tujuannya untuk mengembangkan budaya kita. Jangan budaya kita hilang karena modereniasi," ujar Luhut.

Pemerintah sendiri lanjutnya terus berkomitmen untuk meneruskan ini. Ini bisa kita lihat dari keinginan pemerintah menjadikan Bandara Silangit sebagai bandara Internasional. "Tanggal  8 September 2017 yang lalu Bandara Silangit secara administratif relah resmi menjadi bandara Silangit Internasional. Yag pertama mendarat, saya coba dari Singapura, habya 52 menit. Dan akan diresmikan oleh Presiden direncanakan pada bulan Oktober 2017," katanya.

Oleh karenanya untuk mendukung dan mempersiapkannya semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah daerah sekawasan Danau Toba harus kompak. "Tunjukan keramahan. Walaupun selama ini kita orang Batak identik seram dan kasar namun tunjukkan keramahan. Agar wisatawan merasa nyaman. Seluruh pihak harus peran," ucap Luhut.

Selain itu Luhut juga berpesan untuk menjaga kebersihan. Terutama untuk sampah-sampah plastik. Jangan sampai dibuang di sungai dan danau. Karena sangat berbahaya. Terutama untuk generasi masa depan. "Mari sama-sama kita berantas orang-orang yang merusak kebersihan dan lingkunangan kita," tutup Luhut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pada kesempatan itu mengatakan Danau Toba ingin menjadi destinasi wisata kelas dunia rumusnya 3 A. Atraksinya harus kelas dunia termasuk termasuk karnaval yang dilakukan hari ini. "Mari kita sama-sama mengemas even ini agar menjadi kelas dunia," Ujarnya.

Selanjutnya aksesibilitasnya harus kelas dunia. "Kalau danau toba ingin menjadi deatinasi kelas dunia. Harus memiliki Bandara Internasional, dan ini akan terwujud yaitu Bandara Silangit," katanya.

Selain itu amenitas. Amenitasnya harua kelas dunia. Dan untuk Tobasa sendiri sudah ada kurang lebih 600 hektar. Untuk itu khusus para bupati kawasan danau Toba agar kompak menjadi Danau Toba menjadi deatinasi kelas dunia. Ini pasti akan terwujud. Kalau semua kompak," imbuhnya.

Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi Msi kegiatan  karnaval pesona Danau Toba 2017 ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya yang ada khususnya kesenian daerah kabupaten Toba Samosir.

Selain itu lanjutnya merupakan cemeti dan semangat bagi seniman yang lain untuk berkarya lebih baik lagi dalam meningkatkan dan mengapresiasi terhadap seni budaya kabupaten Samosir dalam upaya melestarikan seni budaya daerah yang ada di kabupaten Samosir selain karnaval pesona Danau Toba 2017.

Erry pada kesempatan itu mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti karnaval ini bukan hanya di Kabupaten Toba Samosir. Akan lebih banyak kegiatan lainnya yang menunjukkan khas daerahnya khususnya daerah kabupaten sekitar kawasan danau Toba. "Kita harapkan kegiatan-kegiatan serupa dapat dilaksanakan sehingga dapat menjadi anggota pariwisata tahunan di Sumatera Utara," kata Erry.

Dikatakan Erry digelarnya karnaval ini juga merupakan bukti harmonisasi yang ada di Sumatera Utara bukan bersifat semu atau insklusivisme. Melainkan harmonisasi yang dinamis dan siap berinteraksi positif dengan siapapun. Sehingga wisatawan khususnya mancanegara akan kagum dengan gambaran harmonisasi dan warna warni budaya yang ada. "Semakin terpikatlah mereka untuk datang ke Sumatera Utara," sebut Erry. (Mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:Karnaval Pesona Danau Toba 2017Danau tobapariwisata sumut
Komentar
Jumat, 24 Nov 2017 21:03Nasional

TNI Ikuti Kongres Kesehatan Militer Dunia di India

Delegasi Indonesia dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipimpin oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS., mengikuti Kongres Kesehatan Dunia/International Committee on Military Medicine (ICMM) di Vigy

Jumat, 24 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Kunjungan ke Langkat, Jokowi juga Bagikan 9.000 Sertifikat Tanah

Kunjungan kerja ke Kabupaten Langkat, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) juga membagikan 9.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sumatera Utara. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan Alun-alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kabupaten L

Jumat, 24 Nov 2017 20:37Berita Sumut

Panwaslih dan PPK Medan Area Targetkan Partisipasi Pemilih 70 Persen

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara akan digelar tahun depan (2018), banyaknya calon kepala daerah yang akan maju sudah mulai terlihat. Khususnya di Kota Medan, yang merupakan lahan subur dan diminati oleh peserta kontestan Pilkada.

Jumat, 24 Nov 2017 20:15Berita Sumut

Presiden Jokowi Serahkan KIP dan PKH di Langkat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa yatim dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat di gedung Serba Guna Langkat Berseri, Stabat, Kabupaten Langkat, Jumat (24/11/2017).

Jumat, 24 Nov 2017 19:57Berita Sumut

Ring Road Tidak Ditutup, Polisi akan Rekayasa Lalu Lintas saat Kirab Budaya

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menyatakan, tidak melakukan penutupan arus lalu lintas selama prosesi Kirab Budaya Ngunduh Mantu pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (26/11) mendatang.

Jumat, 24 Nov 2017 18:55Berita Sumut

Wali Kota Pantau 3 Lokasi Pembangunan Jalur Pedestrian

Pembangunan jalur pedestrian mendapat perhatian serius Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Sebab, keberadaan jalur yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki ini sangat penting karena merupakan bagian dari pengembangan kota

Jumat, 24 Nov 2017 17:33Berita Sumut

Wow, Polsek Bangun Ringkus 5 Warga Sedang Pesta Narkoba

Personil Polsek Bangun Polres Simalungun menangkap 5 orang warga dari kawasan Pasar Marihat Bukit Huta III Kecamatan Gunungmalela kab Simalungun lantaran kedapatan tengah pesta narkoba. Saat penggrebekan, polisi menemukan sejumlah barang bukti berupa ala

Jumat, 24 Nov 2017 16:30Berita Sumut

Pelaku Curat Kawakan di Simalungun Roboh Dipelor Polisi

Heri Sihotang alias Heri Tapel (35), pelaku pencurian dengan pemberatan yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Simalungun dilumpuhkan polisi. Dia berusaha kabur saat penangkapan berlangsung.

Jumat, 24 Nov 2017 16:00Berita Sumut

Saat Kunker Presiden di Medan, Gempa SU Demo Kantor Gubsu Kritisi PDAM

Puluhan massa dari Gerakan Masyarakat Peduli Air Sumatera Utara (GEMPA SU) berunjuk rasa di di depan pagar kantor Gubsu jalan Diponegoro Medan, Jumat (24/11/2017). Namun aksi massa yang mengkritisi kinerja PDAM Tirtanadi ini sempat dilarang oleh petugas k

Jumat, 24 Nov 2017 15:30Berita Sumut

Tak Tahu Diuntung, Sudah Diberi Tempat Tinggal, Supir Angkot Ini Malah Curi Motor Pasangan Kumpul Kebonya

Danil Armanysah (35) warga Jalan Setia Kawan Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal, Deliserdang harus meringkuk di sel tahanan Polsek Sunggal. Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai supir angkot ini ditangkap karena mencuri sepeda motor milik Juliati (

Jumat, 24 Nov 2017 15:00Berita Sumut

Kapolri Pastikan Arus Lalin Saat Resepsi Bobby-Kahiyang Lancar

Arus lalu lintas pada saat resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang dipastikan lancar. Jaminan ini disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat berkunjung ke Mapolrestabes Medan, Jumat (24/11/2017) siang.

Jumat, 24 Nov 2017 13:00Berita Sumut

Dinkes Asahan Cegah Malaria Dengan Insektisida.

Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam saat ini tengah menggalakkan program fogging untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran penyakit malaria.

Jumat, 24 Nov 2017 12:30Berita Sumut

Acara Adat Bobby-Kahiyang Dimulai Dengan Menyembelih Kerbau

Prosesi pernikahan adat Mandailing antara Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu berlangsung di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency No. 123 sejak pagi tadi Jumat, 24 November 2017 hingga Sabtu, 25 November 2017.

Jumat, 24 Nov 2017 12:00Berita Sumut

Wali Kota Lantik Staf Ahli & Dirut RSUD Dr Pirngadi

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik dua pejabat di lingkungan Pemko Medan, Jumat (24/11). Kedua pejabat yang dilantik itu akan menduduki jabatan struktutral, khususnya eselon II dan Dirur RSUD Dr Pirngadi Medan. Selanjutnya, kedua pe

Jumat, 24 Nov 2017 11:56Berita Sumut

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Silangit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Jumat (24/11/2017), untuk meresmikan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional.

Jumat, 24 Nov 2017 11:00Berita Sumut

Tandatangannya Dipalsukan untuk Pencairan Dana, Sekretaris Golkar Tobasa Lapor Polsi

Sekretaris Partai Golkar Tobasa, Bonari Tambunan melaporkan salah seorang pengurus partai, Senin, (20/11/2017) kemarin. Laporan ini terkait adanya dugaan oknum pengurus partai yang memalsukan tanda tangan dirinya sekaitan untu pencairan dana bantuan dari