• Home
  • Berita Sumut
  • Kasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di Dairi Terungkap, Ini Motif dan Tersangkanya

Kasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di Dairi Terungkap, Ini Motif dan Tersangkanya

faeza Senin, 17 Juni 2019 13:21 WIB
Mtc/fae
Tim gabungan dari Ditkrimum Polda Sumut dan Polres Dairi berhasil mengungkap kasus percobaan pembunuhan yang mengakibatkan seorang pensiunan Polri bernama Bangkit Sembiring dan 4 orang keluarganya kritis. Selain itu, polisi juga meringkus seluruh pelaku y
MATATELINGA, Medan: Tim gabungan dari Ditkrimum Polda Sumut dan Polres Dairi berhasil mengungkap kasus percobaan pembunuhan yang mengakibatkan seorang pensiunan Polri bernama Bangkit Sembiring dan 4 orang keluarganya kritis. Selain itu, polisi juga meringkus seluruh pelaku yang terlibat termasuk otak kasus percobaan pembunuhan yang terjadi pada akhir Mei 2019 kemarin itu.




"Alhamdulilah hari ini, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum bekerjasama dengan Polres Dairi telah berhasil mengungkap, kasus penganiayaan satu keluarga marga  Sembiring," ucap Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan persnya di Mapolda Sumut, Senin (17/6/2019).


Dalam kasus ini, polisi lanjut Agus meringkus 7 orang pelaku. Ketujuh pelaku yang ditangkap mulai dari pelaku penyuruh hingga tim eksekutor. Adapun ke tujuh pelaku yaitu, ST (66) Warga Jalan SM Maraja, Tiga Lingga, Dairi yang merupakan otak pelaku. Kemudian, W alias Oka (46) warga Medan yang berperan sebagai perencana pembunuhan dan perekrut eksekutor.  Mereka terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melawan saat penangkapan.

Kemudian BH (46) warga Aceh Tamiang, JG alias Yudi (40) warga Langkat, BS (21) warga Langkat dan BS(26) warga Labura yang masing-masing bertindak sebagai eksekutor dan diupah bervariasi mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp6juta.

Serta MT (61) warga Dairi yang bertugas mensurvei rumah korban dan menyediakan sepeda motor dan uang sebesar Rp10 juta untuk operasional para eksekutor.


"Motifnya motif dendam yang dilatar belakangi karena sengketa masalah pertanahan. Dimana korban menguasai lahan yang 1,5 hektarnya, terjadi  silang sengketa dari ipar pelaku yang sekarang yang ditangkap," terang Irjen Agus.



Sementara itu Direktur Ditkrimum Polda Sumut Kombes Andi Rian menambahkan pelaku berinisial ST memang sudah lama mengancam korban akibat permasalahan ini. Bahkan pelaku sempat mengancam korban dengan mengatakan akan menunggu korban pensiun.

"Dia memang sudah mengancam-ngancam. Ko tunggu kau pensiun habis kau kubuat . Itu sudah ngancam si korban dia ngancam di sana," sebut Andi.



Para pelaku sebut Andi diringkus dari sejumlah lokasi berbeda pada Sabtu (15/06/2019) kemarin. Lokasi penangkapan ada yang di Aceh Tamiang, Langkat serta Medan.

Sebagaimana diberitakan, peristiwa mengenaskan itu terjadi pada Jumat (31/5/2019) subuh sekitar pukul 04:30 WIB. Kejadian berawal ketika lima orang tak dikenal dengan menggunakan topeng masuk ke rumah korban di  Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi. Tanpa basa-basi, para pelaku langsung menganiaya BS, istri dan anaknya. Setelah menganiaya para korban, para pelaku bertopeng langsung melarikan diri. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:kapolda sumutKasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di DairiMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPolres dairiTerkini
Komentar
Kamis, 20 Feb 2020 00:06Berita Sumut

Forkopimda Tanjung Balai Silaturahmi Kepada 3 Pejabat Yang Beragama Hindu

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjung Balai bersilaturahmi ke tiga orang Kepala Kantor Instansi Pemerintahan di Kota Tanjung Balai yang merayakan Hari Raya Galungan Kuningan, Rabu (19/2/2020).

Rabu, 19 Feb 2020 22:09Berita Sumut

BBKSDA Sumut Akan Cabut LK Jika Gajah di Medan Zoo Tetap Jadi Tunggangan

Terkait dengan penyebab kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) bernama Neneng (55) di Kebun Binatang Medan

Rabu, 19 Feb 2020 21:54Berita Sumut

Nurul Akhyar Terus Ajak Kaum Ibu Bangun Karakter Bersih Generasi Muda

Seusai melakukan peninjauan di Posyandu Lestari 4 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, SE menghadiri acara Pengajian Akbar Kecamatan Medan Labuhan yang diselenggarakan di

Rabu, 19 Feb 2020 21:39Berita Sumut

Wali Kota Tanjungbalai Terima Audiensi Pengurus BASNAZ Tanjungbalai

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH menerima audiensi dari pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungbalai, di ruang kerja Wali Kota Tanjungbalai

Rabu, 19 Feb 2020 21:24Berita Sumut

Restorasi Orangutan Tapanuli Masih Dapat Dilakukan

Dampak atas proyek pembangkit listrik tenaga air PLTA Batangtoru yang dilakukan oleh PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) terhadap keberlangsungan hidup Orangutan Tapanuli masih dapat direstorasi.

Rabu, 19 Feb 2020 21:09Nasional

Kepala Bakamla RI Courtesy Call Ke Mabes TNI AU

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melakukan Courtessy Call ke Mabes TNI AU yang diterima langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., di Mabes TNI AU, Cil

Rabu, 19 Feb 2020 20:54Berita Sumut

PJU Kodam I/BB Sambut Kasdam Baru

Sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam I/Bukit Barisan, Rabu (19/2/2020) Sore melakukan penyambutan kedatangan Brigjen TNI Didied Pramudito, SE, sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan yang baru.

Rabu, 19 Feb 2020 20:39Berita Sumut

Antisipasi Curas Dan Curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Patroli

Untuk mengantisipasi dengan curas dan curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Rabu (19/2/2020) pukul 14.00 Wib, melaksanakan Patroli di seputaran Kota Tanjung Balai.

Rabu, 19 Feb 2020 20:24Berita Sumut

Kapolres Labuhanbatu Terjun Lansung Pengamanan Pendaftaran Balon Bupati

Kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH, bersama Kabag Ops Kompol Marludin S.Ag , mendatangi kantor KPU Labuhanbatu dan terjun Lansung dalam pengamanan pendaftaran Balon Bupati Labuhanbatu Tahun 2020

Rabu, 19 Feb 2020 20:09Berita Sumut

Akhyar Apresiasi PT Telkom Dukung Pengembangan Smart City Di Kota Medan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyapaikan apreasiasinya atas dukungan PT Telkom Wilayah Medan terkait pengembangan smart city di Kota Medan.

Rabu, 19 Feb 2020 19:54Berita Sumut

Bunuh Paman Karena Dimarahi, Zulfadly Dituntut 5 Tahun Penjara

Zulfadly (27), pemuda yang didakwa membunuh paman kandungnya, Nizam dituntut 5 tahun penjara. Warga Jalan Karang Sari, Komplek Purna Bakti, Kecamatan Medan Polonia ini, tega membunuh karena dimarahi korban.

Rabu, 19 Feb 2020 19:39Berita Sumut

Kapoldasu Besuk Aiptu Basmi Ginting Pasca Dibacok Saat Basmi Pelaku Narkoba

Kepolisian Daerah Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si didampingi Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu membesuk seorang personel Satres Narkoba Polres Karo, Aiptu Basmi Ginting yang tengah dirawat secara medis di ruan

Rabu, 19 Feb 2020 19:24Berita Sumut

Calon Istri Temukan Calon Suami Tewas Gantung Diri

Nasib memang tidak ada yang tau, semua merupakan rahasia dari sang pencipta. Seperti yang dialami Untung Ginting yang masih berusia 32 tahun warga Desa Namoriam, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara ini.

Rabu, 19 Feb 2020 19:09Berita Sumut

Akhyar Nasution: Pewarta Foto Harus Ikut Membangun Peradaban Kota

Kantor Wali Kota Medan ‘digeruduk’ para pengurus dan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Rabu (19/2) petang. Bukan karena ingin berunjuk rasa pastinya.

Rabu, 19 Feb 2020 18:28Berita Sumut

Polisi Selidiki Video Viral Pelajar Bonceng 5 di Medan

Beredar video pelajar SMA berboncengan lima dalam satu sepeda motor di Kota Medan, baru baru ini. Video itu viral di media sosial. Di video berdurasi 8 detik itu, bahkan tampak salah seorang siswa naik di atas pundak temanya agar volume kendaraan cukup d

Rabu, 19 Feb 2020 18:13Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sudah Layani 20.123 Pelanggan Air Limbah

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meresmikan grand Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang diselenggarakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Selasa (18/2), di Gubernuran, Medan