• Home
  • Berita Sumut
  • Kasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di Dairi Terungkap, Ini Motif dan Tersangkanya

Kasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di Dairi Terungkap, Ini Motif dan Tersangkanya

faeza Senin, 17 Juni 2019 13:21 WIB
Mtc/fae
Tim gabungan dari Ditkrimum Polda Sumut dan Polres Dairi berhasil mengungkap kasus percobaan pembunuhan yang mengakibatkan seorang pensiunan Polri bernama Bangkit Sembiring dan 4 orang keluarganya kritis. Selain itu, polisi juga meringkus seluruh pelaku y
MATATELINGA, Medan: Tim gabungan dari Ditkrimum Polda Sumut dan Polres Dairi berhasil mengungkap kasus percobaan pembunuhan yang mengakibatkan seorang pensiunan Polri bernama Bangkit Sembiring dan 4 orang keluarganya kritis. Selain itu, polisi juga meringkus seluruh pelaku yang terlibat termasuk otak kasus percobaan pembunuhan yang terjadi pada akhir Mei 2019 kemarin itu.




"Alhamdulilah hari ini, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum bekerjasama dengan Polres Dairi telah berhasil mengungkap, kasus penganiayaan satu keluarga marga  Sembiring," ucap Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan persnya di Mapolda Sumut, Senin (17/6/2019).


Dalam kasus ini, polisi lanjut Agus meringkus 7 orang pelaku. Ketujuh pelaku yang ditangkap mulai dari pelaku penyuruh hingga tim eksekutor. Adapun ke tujuh pelaku yaitu, ST (66) Warga Jalan SM Maraja, Tiga Lingga, Dairi yang merupakan otak pelaku. Kemudian, W alias Oka (46) warga Medan yang berperan sebagai perencana pembunuhan dan perekrut eksekutor.  Mereka terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melawan saat penangkapan.

Kemudian BH (46) warga Aceh Tamiang, JG alias Yudi (40) warga Langkat, BS (21) warga Langkat dan BS(26) warga Labura yang masing-masing bertindak sebagai eksekutor dan diupah bervariasi mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp6juta.

Serta MT (61) warga Dairi yang bertugas mensurvei rumah korban dan menyediakan sepeda motor dan uang sebesar Rp10 juta untuk operasional para eksekutor.


"Motifnya motif dendam yang dilatar belakangi karena sengketa masalah pertanahan. Dimana korban menguasai lahan yang 1,5 hektarnya, terjadi  silang sengketa dari ipar pelaku yang sekarang yang ditangkap," terang Irjen Agus.



Sementara itu Direktur Ditkrimum Polda Sumut Kombes Andi Rian menambahkan pelaku berinisial ST memang sudah lama mengancam korban akibat permasalahan ini. Bahkan pelaku sempat mengancam korban dengan mengatakan akan menunggu korban pensiun.

"Dia memang sudah mengancam-ngancam. Ko tunggu kau pensiun habis kau kubuat . Itu sudah ngancam si korban dia ngancam di sana," sebut Andi.



Para pelaku sebut Andi diringkus dari sejumlah lokasi berbeda pada Sabtu (15/06/2019) kemarin. Lokasi penangkapan ada yang di Aceh Tamiang, Langkat serta Medan.

Sebagaimana diberitakan, peristiwa mengenaskan itu terjadi pada Jumat (31/5/2019) subuh sekitar pukul 04:30 WIB. Kejadian berawal ketika lima orang tak dikenal dengan menggunakan topeng masuk ke rumah korban di  Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi. Tanpa basa-basi, para pelaku langsung menganiaya BS, istri dan anaknya. Setelah menganiaya para korban, para pelaku bertopeng langsung melarikan diri. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:kapolda sumutKasus Percobaan Pembunuhan Pensiunan Polri dan Keluarga di DairiMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPolres dairiTerkini
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 13:45Berita Sumut

Polres Sergai Lakukan Penyekatan Kendaraan Ke Objek Wisata

Perayaan Idul Fitri 1441 H, merupakan suasana kerap dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi kepada sanak keluarga. Namun dalam menyambut Idul Fitri 1441 H, banyak juga kalangan masyarakat merayakannya dengan berwisata ke Objek Wisata, terkhusus Objek

Senin, 25 Mei 2020 13:15Nasional

Baru Ada 5 Daerah Salurkan BLT Desa Mencapai 100 Persen

Pemerintah mengalokasikan pengunaan Dana Desa untuk membantu penanganan virus corona atau Covid-19. Hingga kini, dana desa yang telah digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp2,28 triliun.

Senin, 25 Mei 2020 12:30Nasional

Ada 2 Alasan Siti Fadilah Curigai Bill Gates Soal Vaksin Covid-19

Vaksin virus corona baru atau Covid-19 yang digaung-gaungkan oleh Bill Gates dipertanyakan oleh Mantan Menteri Kesehatan Indonesia Siti Fadilah Supari.

Senin, 25 Mei 2020 12:15Nasional

Mereka Rela Tinggalkan Keluarga Demi Tugas di Rumah Sakit

Sabrina Septiani, selalu ikhlas ketika menatap kalender saat bulan Ramadhan dan menunjukkan waktu lebaran tinggal menghitung hari. Dirinya menyadari keputusannya menjadi dokter di salah satu rumah sakit yang berlokasi di bilangan Jakarta sejak 5 tahun lal

Senin, 25 Mei 2020 12:00Nasional

Menurut Menag : Idul Fitri Tahun Ini Lebih Bermakna

Menurut Menteri Agama Fachrul Razi, hari raya Idul Fitri tahun ini lebih bermakna. Hal itu disebabkan umat Islam baru saja melalui bulan suci Ramadhan yang berbeda dari biasanya dampak pandemi global corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 11:15Lifestyle

Lagi Hamil, Pacar Daniele Rugani Ketakutan Saat Dinyatakan Positif Corona

Kabar dari Bek Juventus, Daniele Rugani, menjadi pemain Serie A yang terjangkit virus corona, Maret 2020 lalu. Ternyata, sang pacar Michela Persico juga positif terkena virus ini.

Senin, 25 Mei 2020 11:02Bola

Kombinasi Pemain Senior dengan Para Pemain Muda dimiliki Chelsea

Joe Cole percaya kombinasi yang baik antara pemain senior dengan para pemain muda yang saat ini dimiliki Chelsea bisa memberikan dampak luar biasa bagi performa klub di masa depan. Untuk itu, ia pun mengimbau kepada Lampard agar memperthankan ketiga nama

Senin, 25 Mei 2020 10:15Berita Sumut

Idul Fitri, Arus Lalulintas Medan-Berastagi Lengang, Obyek Wisata Ikut Lengang Juga

Arus lalulintas Jalan Jamin Ginting tujuan Medan-Berastagi dan sebaliknya di hari pertama perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Senin, 25 Mei 2020 10:00Ekonomi

Hubungan China-AS Merosot Sejak Virus Corona, Bursa Asia Naik

Hubungan China-AS merosot sejak pecahnya virus corona, dimana administrasi Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping memperdagangkan duri atas pandemi, termasuk tuduhan menutup-nutupi dan kurangnya transparansi.

Senin, 25 Mei 2020 09:30Internasional

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa Magnitudo 5,8

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa dengan magnitudo 5,8

Senin, 25 Mei 2020 09:15Bola

Suntikan Virus Corona Sengaja di Berikan Watford ke Pemain atau Staf

Bek Watford, Adrian Mariappa, telah mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu dari tiga orang Watford yang positif Virus Corona.

Senin, 25 Mei 2020 09:00Bola

Leipzig Menaklukkan Lawannya 3 - 0

Tidak butuh waktu lama bagi Leipzig untuk menggandakan keunggulan mereka. Pada menit ke-23, sundulan Yussuf Poulsen yang memaksimalkan umpan silang Marcel Sabitzer, menggetarkan jala gawang Mainz

Senin, 25 Mei 2020 08:43Berita Sumut

Keluarga Binaan Lapas Rantauprapat, Gunakan Online Saat Berkunjung

Bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menerapkan kunjungan online sementara melalui sosial media.

Senin, 25 Mei 2020 08:31Internasional

Perbatasan Spanyol, Sudah di Buka bagi Turis atau Wisatawan

Kabarnya Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis atau wisatawan pada Juli 2020.

Senin, 25 Mei 2020 08:02Nasional

Gempa Berskala Magnitudo 5,1 Guncang Wilayah Samudra

Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 5,1 yang terjadi pada 24 Mei 2020 pukul 14.11 WIB di wilayah Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa, tidak berpotensi menimbulkan tsunami

Senin, 25 Mei 2020 07:54Nasional

Kunci Memutus Matarantai Covid-19, Jubir Pemerintah Apresiasi Masyarakat Aeh

Kunci penyelesaian masalah Covid-19 di Bumi Serambi Makkah adalah adanya masyarakat yang patuh dengan anjuran pemerintah dan melaksanakannya dengan baik