• Home
  • Berita Sumut
  • Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Faeza Senin, 15 April 2019 17:47 WIB
mtc/ist
Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 ora
MATATELINGA, Medan: Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 orang saja. Akibatnya, deretan kursi anggota dewan terlihat sepi.

Pemandangan yang sebaliknya justru terjadi pada deretan kursi undangan dimana seluruhnya terlihat penuh baik undangan untuk jajaran pejabat Pemprov Sumut, elemen masyarakat yang berprestasi, perangkat pemerintahan hingga perwakilan negara sahabat. 

Yang membuat suasana menjadi menarik yakni seluruh undangan yang hadir terlihat mengenakan pakaian adat masing-masing sesuai dengan suku mereka. Kondisi ini menggambarkan keragaman suku yang ada di Sumatera Utara. Bahkan Gubernur Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah serta beberapa anggota dewan yang hadir juga mengenakan pakaian khas adat masing-masing.

Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman yang ditanyakan soal minimnya kehadiran anggota dewan tersebut seolah berkilah.

"Macam nggak tau aja kau," katanya kepada wartawan.

Arman menjelaskan selaku pimpinan DPRD Sumut dirinya sudah mengimbau seluruh anggota dewan untuk hadir. Bahkan surat untuk undangan menghadiri agenda tersebut menurutnya sudah disampaikan kepada masing-masing anggota dewan.

"Tapi beginilah kondisinya, kalau ditanya kenapa mereka nggak datang saya nggak bisa jawab. Tanyakan saja kepada mereka yang nggak datang itu," ketusnya.

Sementara itu dalam pidatonya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  menyampaikan bahwa selain ungkapan syukur, peringatan hari jadi tersebut juga sebagai momentum introspeksi terhadap kendala program pembangunan yang berjalan. Sehingga hal itu dapat dijadikan peluang memproyeksikan Provinsi Sumatera Utara sebagai satu yang terbaik di Indonesia, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Selama 71 tahun perjalanan waktu Sumatera Utara tumbuh dan berkembang mencapai kemajuan tahap demi tahap. Di awal kemerdekaan provinsi ini beribukota di Medan, tepatnya 15 April 1948. Dengan Undang-undang Nomor 10/194 (Sumatera) ditetapkan menjadi tiga provinsi," ujar Gubernur mengatakan Sumut, Sumteng dan Sumsel adalah tiga provinsi yang ditetapkan saat itu.

Keberadaan Sumatera Utara hingga saat ini, kata Gubernur, menjadi catatan penting karena provinsi ini tetap eksis dalam wilayah bekas Keresidenan Sumatera Timur dan Tapanuli. Karenanya keharmonisan masyarakat harus tetap terjaga, sebagaimana terjaganya jejak sejarah monumental yang diukir para pendahulu. Beberapa diantaranya yang membanggakan yakni Stadion Teladan (1951-1953) dalam rangka persiapan tuan rumah PON.
 
Usia 71 tahun, kata Edy, menggambarkan pertambahan umur dan kemajuan berbagai bidang. Termasuk pendewasaan dalam aspek kehidupan sosial politik, terutama memaknai demokrasi dengan tetap menjaga keharmonisan antar elemen masyarakat.

"Oleh karena itu senantiasa kita harus menjaga toleransi dan taat azas pada peraturan Perundang-undangan. Sejalan dengan itu, kita tahu ini tahun politik. Saya mengajak semua berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi ini," tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman juga menyebutkan bahwa visi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat, bersamaan dengan misi mewujudkan masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan. Sebagaimana disepakati dalam RPJMD bahwa prioritasnya adalah peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, infrastruktur yang baik dan berawawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningatan daya saing melalui sektor agraris dan periwisata. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Minggu, 20 Okt 2019 08:00Berita Sumut

Soal Polemik Surat Edaran Gubsu, Kabiro Hukum Pemprovsu "Menang Banyak "

Polemik Surat Edaran (SE) Gubsu Edy Rahmayadi soal izin pemeriksaan dan pemanggilan lembaga penegak hukum ternyata membuat gerah Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal sebagai pihak yang mengusulkan dan mengkonsep surat tersebut.

Minggu, 20 Okt 2019 07:05Nasional

Detik Detik Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih dalam pesta demokrasi sebelumnya Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin hari ini dilantik. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan berlangsung dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusa

Minggu, 20 Okt 2019 06:15Bola

Pertandingan Pertama Mempertemukan antara Lazio kontra Napoli

Menariknya, pertandingan-pertandingan yang dimainkan oleh tim-tim yang menghuni posisi atas klasemen Liga Italia saat ini. Pertandingan pertama mempertemukan antara Lazio kontra Napoli.

Minggu, 20 Okt 2019 06:00Berita Sumut

Surat Edaran Gubernur Bakal Jadi Ancaman Terjadinya Polemik di Sumut

Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, perihal kewajiban aparatur sipil negara (ASN) meminta izin pada Gubernur sebelum memenuhi panggilan aparat penegak hukum, bakal menjadi ancaman yang nantinya akan menuai polemik. M

Sabtu, 19 Okt 2019 23:55Lifestyle

Imbas Masalah Sang Suami, Zaskia Sungkar Kehilangan Pekerjaan

Berimbas pada pekerjaan sang istri, Zaskia Sungkar kakak Ipar Teuku Wisnu itu rmengaku kehilangan salah satu proyeknya

Sabtu, 19 Okt 2019 23:45Bola

Bermain Imbang Akhiri Laga Tottenham Hotspur vs Watford

Laga kesembilan Liga Inggris 2019-2020. Tottenham Hotspur hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Watford

Sabtu, 19 Okt 2019 23:30Bola

Taklukkan Newcastle United, London Biru Petik Poin Penuh

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Stamford Bridge, Si London Biru harus menunggu hingga menit 73

Sabtu, 19 Okt 2019 23:15Nasional

Lagi, Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Dinyatakan tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Maluku

Sabtu, 19 Okt 2019 23:00Internasional

Denmark Open 2019, Ahsan/Hendra Tantang Marcus/Kevin di Final

Usai kalahkan unggulan keempat asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonodam di semifinal Denmark Open 2019

Sabtu, 19 Okt 2019 22:45Lifestyle

Terkuak, Marion Jola Idap Penyakit

Dalam video berdurasi 13 menit. Marion Jola bercerita mengenai masa kecilnya melalui sebuah saluran YouTube

Sabtu, 19 Okt 2019 22:30Nasional

17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Presiden RI Besok

Ada 17 orang tamu undangan kepala negara sahabat serta duta besar (dubes) sebanyak 168 hadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

Sabtu, 19 Okt 2019 21:23Berita Sumut

Ibu Guru SDN di Tebingtinggi Tewas Dibunuh Dalam Rumah

Seorang guru SD negeri di Kota Tebing Tinggi, Sumut, Siti Rahmah Lubis (58), ditemukan tewas berlumuran darah di dalam rumahnya di Jalan DI Panjaitan, Rambung, Tebing Tinggi, Jumat (18/10) sekitar pukul 23.45 Wib.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:35Nasional

Sebanyak 11 unit Mercedes Benz S-Class dan 6 unit E-Class Siap di Gunakan

Kesiapan dan persiapan Pelantikan Presiden Jokowi akan dilakukan besok (20/10/2019), telah dilakukan salah satunya terkait penggunaan mobil Mercedes Benz yang akan digunakan pejabat tinggi negara sahabat.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:20Nasional

Prajurit Pamtas RI-PNG Yonif 411Kostrad Sulap Rumah Pintar Jadi PAUD

Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) Pos Toray, menyulap Rumah Pintar menjadi Kelas Pendidikan Anak U

Sabtu, 19 Okt 2019 20:05Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Tentang Kejujuran dan Berkoban

Kejujuran dan sikap rela berkorban diharapkan tetap dipegang teguh para sarjana ketika kembali dan berkiprah di tengah masyarakat. Sehingga kehadiran para sarjana dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat

Sabtu, 19 Okt 2019 19:20Berita Sumut

Hadiri Wisuda ke-54 ITM, Gubernur: Jadilah Sarjana Yang Bisa Mengubah Sumut

Menjadi sarjana berarti melangkah maju ke sebuah fase dimana seseorang terjun ke dalam masyarakat, setelah menuntut ilmu di perguruan tinggi. Karena itu, sarjana diharapkan mampu berbuat bagi masyarakat dan kemajuan Sumatera Utara (Sumut) ke depan