• Home
  • Berita Sumut
  • Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Faeza Senin, 15 April 2019 17:47 WIB
mtc/ist
Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 ora
MATATELINGA, Medan: Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 orang saja. Akibatnya, deretan kursi anggota dewan terlihat sepi.

Pemandangan yang sebaliknya justru terjadi pada deretan kursi undangan dimana seluruhnya terlihat penuh baik undangan untuk jajaran pejabat Pemprov Sumut, elemen masyarakat yang berprestasi, perangkat pemerintahan hingga perwakilan negara sahabat. 

Yang membuat suasana menjadi menarik yakni seluruh undangan yang hadir terlihat mengenakan pakaian adat masing-masing sesuai dengan suku mereka. Kondisi ini menggambarkan keragaman suku yang ada di Sumatera Utara. Bahkan Gubernur Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah serta beberapa anggota dewan yang hadir juga mengenakan pakaian khas adat masing-masing.

Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman yang ditanyakan soal minimnya kehadiran anggota dewan tersebut seolah berkilah.

"Macam nggak tau aja kau," katanya kepada wartawan.

Arman menjelaskan selaku pimpinan DPRD Sumut dirinya sudah mengimbau seluruh anggota dewan untuk hadir. Bahkan surat untuk undangan menghadiri agenda tersebut menurutnya sudah disampaikan kepada masing-masing anggota dewan.

"Tapi beginilah kondisinya, kalau ditanya kenapa mereka nggak datang saya nggak bisa jawab. Tanyakan saja kepada mereka yang nggak datang itu," ketusnya.

Sementara itu dalam pidatonya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  menyampaikan bahwa selain ungkapan syukur, peringatan hari jadi tersebut juga sebagai momentum introspeksi terhadap kendala program pembangunan yang berjalan. Sehingga hal itu dapat dijadikan peluang memproyeksikan Provinsi Sumatera Utara sebagai satu yang terbaik di Indonesia, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Selama 71 tahun perjalanan waktu Sumatera Utara tumbuh dan berkembang mencapai kemajuan tahap demi tahap. Di awal kemerdekaan provinsi ini beribukota di Medan, tepatnya 15 April 1948. Dengan Undang-undang Nomor 10/194 (Sumatera) ditetapkan menjadi tiga provinsi," ujar Gubernur mengatakan Sumut, Sumteng dan Sumsel adalah tiga provinsi yang ditetapkan saat itu.

Keberadaan Sumatera Utara hingga saat ini, kata Gubernur, menjadi catatan penting karena provinsi ini tetap eksis dalam wilayah bekas Keresidenan Sumatera Timur dan Tapanuli. Karenanya keharmonisan masyarakat harus tetap terjaga, sebagaimana terjaganya jejak sejarah monumental yang diukir para pendahulu. Beberapa diantaranya yang membanggakan yakni Stadion Teladan (1951-1953) dalam rangka persiapan tuan rumah PON.
 
Usia 71 tahun, kata Edy, menggambarkan pertambahan umur dan kemajuan berbagai bidang. Termasuk pendewasaan dalam aspek kehidupan sosial politik, terutama memaknai demokrasi dengan tetap menjaga keharmonisan antar elemen masyarakat.

"Oleh karena itu senantiasa kita harus menjaga toleransi dan taat azas pada peraturan Perundang-undangan. Sejalan dengan itu, kita tahu ini tahun politik. Saya mengajak semua berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi ini," tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman juga menyebutkan bahwa visi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat, bersamaan dengan misi mewujudkan masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan. Sebagaimana disepakati dalam RPJMD bahwa prioritasnya adalah peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, infrastruktur yang baik dan berawawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningatan daya saing melalui sektor agraris dan periwisata. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Jaya Subur Sinuhaji Ditemukan Tewas Saat Lebaran Kedua

Jaya Subur Sinuhaji (54) warga Dusun III, Desa Doulu, Kec. Berastagi, Kab. Tanah Karo, Sumatra Utara ditemukan tidak bernyawa, Senin (25/5/2020) sekitar pukul 07.00 wib. Korban ditemukan dalam posisi terduduk dibawah gubuknya di perladangan Juma Kenjahe,

Selasa, 26 Mei 2020 07:45Berita Sumut

Dor...Dor, Kedua Betis Pelaku Curanmor di Kota Medan

Dua pelaku pencurian kenderaan bermotor roda dua (curanmor), beraksi di indekos Jalan Deli Tua Medan, Kota Medan, terpak dilumpuhkan personel Sat Reskrim Polrestabes Medan dengan timah panas.

Selasa, 26 Mei 2020 07:15Aceh

Selamatkan Anak dan Istri Terseret Ombak, Jiwanya Melayang

Salah seorang warga bernam Sulaiman ,40, warga Desa Buket Drien, Kecamatan Sungai Raya, Atim tenggelam di Pantai Kuala Paret, Desa Kuala Paret, Kec. Sungai Raya, Kab Atim

Selasa, 26 Mei 2020 07:00Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polsek Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:30Bola

Kenapa Ashley Cole Memutuskan Tawaran Bergabung ke Chelsea

Ashley Cole akhirnya mengungkapkan apa yang menjadi alasan utama di balik keputusannya mengkhianati Arsenal. Cole menegaskan bahwa keputusannya meninggalkan Arsenal demi gabung dengan Chelsea bukanlah didasari faktor ekonomi.

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.