• Home
  • Berita Sumut
  • Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Kehadiran Anggota DPRD Sumut Minim Saat Paripurna Istimewa HUT Sumut ke 71

Faeza Senin, 15 April 2019 17:47 WIB
mtc/ist
Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 ora
MATATELINGA, Medan: Kehadiran anggota DPRD Sumatera Utara pada Paripurna Istimewa Memperingati HUT Sumatera Utara ke 71, Senin (15/4/2019) sangat minim. Sejak dimulainya rapat paripurna sekitar pukul 10.15 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir di ruangan hanya sekitar 24 orang saja. Akibatnya, deretan kursi anggota dewan terlihat sepi.

Pemandangan yang sebaliknya justru terjadi pada deretan kursi undangan dimana seluruhnya terlihat penuh baik undangan untuk jajaran pejabat Pemprov Sumut, elemen masyarakat yang berprestasi, perangkat pemerintahan hingga perwakilan negara sahabat. 

Yang membuat suasana menjadi menarik yakni seluruh undangan yang hadir terlihat mengenakan pakaian adat masing-masing sesuai dengan suku mereka. Kondisi ini menggambarkan keragaman suku yang ada di Sumatera Utara. Bahkan Gubernur Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah serta beberapa anggota dewan yang hadir juga mengenakan pakaian khas adat masing-masing.

Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman yang ditanyakan soal minimnya kehadiran anggota dewan tersebut seolah berkilah.

"Macam nggak tau aja kau," katanya kepada wartawan.

Arman menjelaskan selaku pimpinan DPRD Sumut dirinya sudah mengimbau seluruh anggota dewan untuk hadir. Bahkan surat untuk undangan menghadiri agenda tersebut menurutnya sudah disampaikan kepada masing-masing anggota dewan.

"Tapi beginilah kondisinya, kalau ditanya kenapa mereka nggak datang saya nggak bisa jawab. Tanyakan saja kepada mereka yang nggak datang itu," ketusnya.

Sementara itu dalam pidatonya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  menyampaikan bahwa selain ungkapan syukur, peringatan hari jadi tersebut juga sebagai momentum introspeksi terhadap kendala program pembangunan yang berjalan. Sehingga hal itu dapat dijadikan peluang memproyeksikan Provinsi Sumatera Utara sebagai satu yang terbaik di Indonesia, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Selama 71 tahun perjalanan waktu Sumatera Utara tumbuh dan berkembang mencapai kemajuan tahap demi tahap. Di awal kemerdekaan provinsi ini beribukota di Medan, tepatnya 15 April 1948. Dengan Undang-undang Nomor 10/194 (Sumatera) ditetapkan menjadi tiga provinsi," ujar Gubernur mengatakan Sumut, Sumteng dan Sumsel adalah tiga provinsi yang ditetapkan saat itu.

Keberadaan Sumatera Utara hingga saat ini, kata Gubernur, menjadi catatan penting karena provinsi ini tetap eksis dalam wilayah bekas Keresidenan Sumatera Timur dan Tapanuli. Karenanya keharmonisan masyarakat harus tetap terjaga, sebagaimana terjaganya jejak sejarah monumental yang diukir para pendahulu. Beberapa diantaranya yang membanggakan yakni Stadion Teladan (1951-1953) dalam rangka persiapan tuan rumah PON.
 
Usia 71 tahun, kata Edy, menggambarkan pertambahan umur dan kemajuan berbagai bidang. Termasuk pendewasaan dalam aspek kehidupan sosial politik, terutama memaknai demokrasi dengan tetap menjaga keharmonisan antar elemen masyarakat.

"Oleh karena itu senantiasa kita harus menjaga toleransi dan taat azas pada peraturan Perundang-undangan. Sejalan dengan itu, kita tahu ini tahun politik. Saya mengajak semua berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi ini," tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman juga menyebutkan bahwa visi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat, bersamaan dengan misi mewujudkan masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan. Sebagaimana disepakati dalam RPJMD bahwa prioritasnya adalah peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, infrastruktur yang baik dan berawawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningatan daya saing melalui sektor agraris dan periwisata. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik

Jumat, 23 Agu 2019 13:38Berita Sumut

Pemred Matatelinga.com Ketua Forum Wartawan PDAM Tirtanadi

Kepengurusan wartawan yang bertugas di PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2021 secara resmi telah terbentuk. Amrizal dari matatelinga.com terpilih memimpin forum wartawan yang diberinama Forum Wartawan PDAM Tirtanadi(Forwadi) tersebut.

Jumat, 23 Agu 2019 12:37Berita Sumut

Kaki Dua Pengedar Narkoba di Asahan Dibedil Polisi

Dua pengedar narkotika jenis sabhu masing masing "MR alias Ridho" (26) dan "GAS alias Gilang" (19) keduanya warga jalan HM Yamin gang Kueni kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur Asahan terpaksa dilumpuhkan opsnal Sat.Res.

Jumat, 23 Agu 2019 12:22Berita Sumut

Polisi dan BKSDA Sita Tiga Ekor Binturong dari Warga di Medan

Personil Unit 3 Subdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) berhasil menyita tiga ekor Binturong dari seorang warga di Jalan HM. Joni Gang Aman I Teladan, Kecama

Jumat, 23 Agu 2019 11:57Berita Sumut

Kloter VII Embarkasi Medan Ziarah ke Taif

Dengan dikoordinir Ketua Kloter H. Syarif Husin, TPIHI H.Drs.Sarifuddin Daulay, dan Karom 1 H. Jairan,S.Sos.I dan Karom 2 H.Naim Lubis, Karom 8 H. Alfi Sahrin Srg, H. Kamlan Karom 6 jemaah Kloter MES 7 (Sergai, T.Tinggi) melakukan ziarah ke Taif, sekitar

Jumat, 23 Agu 2019 11:03Berita Sumut

Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa.

Jumat, 23 Agu 2019 10:48Berita Sumut

Pembukaan Jalan di Kawasan Hutan Lindung di Habinsaran Menuai Masalah

Pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran dengan menggunakan 2 buah alat berat menuai masalah. Masalah muncul ketika kepala desa melalui rapat desa memutuskan pembukaan jalan. Pasalnya jalan yang dimaksud ternyata berada di kawasan hutan