• Home
  • Berita Sumut
  • Keikutsertaan Purnawirawan TNI Dalam Pilkada Tidak Pengaruhi Netralitas Prajurit

Keikutsertaan Purnawirawan TNI Dalam Pilkada Tidak Pengaruhi Netralitas Prajurit

Faeza Selasa, 17 April 2018 15:00 WIB
mtc/ist
Keikutsertaan beberapa Purnawirawan TNI dalam Pilkada tidak boleh mempengaruhi Netralitas Prajurit TNI. Partisipasi para Purnawirawan tersebut memang menunjukkan adanya penghargaan masyarakat terhadap Purnawirawan, sekaligus wujud partisipasi aktif dalam
MATATELINGA, Jakarta: Keikutsertaan beberapa Purnawirawan TNI dalam Pilkada tidak boleh mempengaruhi Netralitas Prajurit TNI. Partisipasi para Purnawirawan tersebut memang menunjukkan adanya penghargaan masyarakat terhadap Purnawirawan, sekaligus wujud partisipasi aktif dalam politik setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat. Namun partisipasi tersebut tidak boleh menyeret TNI ke kancah politik praktis.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Perwira Staf Ahli Tingkat III Bid. Polkamnas Panglima TNI Laksda TNI Muchammad Richad, S.H., M.M. pada upacara 17-an  di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (17/4/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Prajurit TNI harus menjaga netralitasnya, karena TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara dan mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. "Tugas TNI untuk mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi, tidak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral," tegasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi dalam waktu dekat adalah Pilkada serentak di 171 daerah seluruh wilayah Indonesia termasuk rangkaian Pemilu 2019. Menurutnya, pesta demokrasi tersebut biasanya akan diiringi dengan meningkatnya suhu politik di tanah air dan kerawanan akan timbul bila hal itu dibarengi dengan berbagai tindakan kontra produktif seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengerahan massa yang anarkis.

"Saya minta kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang dan tetap fokus pada tugas yang diembankan kepada kita sekalian," ujarnya.       

Ditambahkan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bahwa Prajurit dan PNS TNI harus dapat membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat dengan tidak ikut meneruskan atau menyebarkan isu-isu tidak jelas yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila masyarakat meminta konfirmasi, sampaikan penjelasan yang tidak memperkeruh suasana.

"Jelaskan bahwa saat ini masyarakat harus lebih dewasa dalam bersikap di media sosial, karena kegaduhan yang timbul justru akan merugikan masyarakat sendiri," katanya.

Di sisi lain Panglima TNI mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.  Kemajemukan ini telah disadari oleh para pendahulu dan pendiri bangsa, sehingga menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia. "Sejak awal para pendiri negara ini telah menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kesukuan, agama, dan golongan," ungkapnya.

Panglima TNI menekankan bahwa kesadaran itu harus terus dipegang dan dipedomani agar bangsa Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam ini dapat menjadi bangsa yang besar, maju, dan disegani bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

"Kesadaran untuk menghormati dan menghargai perbedaan serta menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara sebagai kepentingan yang lebih besar akan selalu menjadi simpul strategis pemersatu bangsa," katanya. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Senin, 17 Des 2018 21:40Berita Sumut

Wali Kota : Inovasi Jadi Syarat Utama Kemajuan Wilayah

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan penuh daya saing membuat inovasi menjadi syarat utama untuk terus menciptakan produk-produk baru ataupun meningkatkan hasil dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Inovasi ini diperlukan untuk memajukan s

Senin, 17 Des 2018 21:25Berita Sumut

Wali Kota Medan: Kompetisi Global Butuhkan Keterampilan Berbahasa Asing

Kompetisi Global membutuhkan keterampilan berbagai aspek, salah satunya aspek penting yang harus dikuasai adalah penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Senin, 17 Des 2018 19:06Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Rakor Bahas Pemilu dengan Panwascam

Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur dan Medan Perjuangan Pemilu Tahun 2019 di Mapolsek Medan Timur Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 18:38Berita Sumut

HMI Sumut : Uyghur, Persoalan Kemanusiaan

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan sikap yang dilakukan pemerintahan Cina menyikapi persoalan muslim Uyghur. HMI Sumut menganggap persoalan Uyghur adalah persoalan besar kemanusiaan, banyak terjadi pelanggaran HAM

Senin, 17 Des 2018 18:19Berita Sumut

Musda ITMI Diharapkan Makin Berikan Ruang Penyandang Disabilitas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Musyawarah Daerah (MUSDA) Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Medan 2018 diharapkan, mampu memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja dan berkarya demi kepentingan ba

Senin, 17 Des 2018 17:00Berita Sumut

Peringatan HMPI, Pemkab Sergai Tanam Ratusan Batang Pohon dan Bunga

Dalam memperingati ari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dalam Rangka Hari Bhakti PUPR ke-73 Tahun 2018, Pemkab Sergai menanam ratusan batang pohon dan sungai di Bendungan Sei Ular Dusun I Desa Pulo Tagor Kecamatan Serbajadi, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:26Berita Sumut

PGRI Kota Medan Gelar Porseni 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM membuka Pekan Olaharag dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan 2018 di Lapangan SMU Angkasa Jalan Polonia Medan, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:03Berita Sumut

Gara-Gara Balap Liar, 4 Pemuda di Medan Labuhan Keroyok Rekannya Hingga Tewas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Labuha berhasil meringkus empat orang pelaku pengeroyokan terhadap seorang penonton balap liar di Jalan Button KIM II, Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan pada Minggu (16/12/2018) dinihari kemarin.

Senin, 17 Des 2018 15:33Berita Sumut

Di DeliSerdang, Bocah 4 Tahun Tertidur Selama 22 Hari

Gilang Tama Alfarizi, bocah berusia 4 tahun warga Jalan Masjid II Gang Rukun, Desa Sekip Lubuk Pakam ini sudah tertidur hingga 22 hari lamanya. Anehnya, putra pertama pasangan Sandi Syahputra (25) Prili Mahdania (24) ini dinyatakan sehat oleh tim medis.

Senin, 17 Des 2018 15:07Berita Sumut

Mobil Avanza Hantam Pulau Jalan Usai Tabrak Sepeda Motor

Mobil Avanza putih BK 1835 IP menghantam pulau jalan usai menabrak sepeda motor Beat di kawasan Jalan Brigjen Katamsos Kelurahan Sei Mati, Minggu (16/12) malam. Akibat kecelakaan ini, baik pengemudi mobil maupun sepeda motor mengalami luka dan dirujuk ke

Senin, 17 Des 2018 14:25Berita Sumut

Parpol Ditenggat 16 Hari Lagi Untuk Serahkan LPSDK

Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB. Hal ini diungkap dalam Sosialisasikan

Senin, 17 Des 2018 13:57Nasional

Oesman Sapta Lantik Tujuh Anggota MPR RI Hasil PAW

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota MPR pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dari tujuh anggota MPR PAW yang dilantik, enam di antaranya berasal dari Frak

Senin, 17 Des 2018 13:38Berita Sumut

Polrestabes Medan Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Polrestabes Medan meningkatkan pengamanan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2018. Setiap personil Polrestbaes Medan akan all out memberikan kenyamanan bagi warga Medan.

Senin, 17 Des 2018 13:00Berita Sumut

Sidak ke OPD, Plt Labuhanbatu Temukan Kadis dan ASN Belum Masuk Kantor

Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi dengan berjalan kaki melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Senin (17/12/12).

Senin, 17 Des 2018 12:45Berita Sumut

Polres Batubara Amankan Tiga Kapal Pukat Grandong di Perairan Tanjung Tiram

Sebanyak tiga unit kapal pukat grandong yang tengah mengambil ikan di Perairan Tanjung Tiram, Batubara diamankan polisi, Senin (17/12). Selain itu, polisi juga menangkap 7 orang anak buah kapal (ABK) serta alat tangkap dan ikan hasil tangkapan ketiga kap

Senin, 17 Des 2018 12:36Berita Sumut

Rudy Hermanto Prihatin Narkoba Sudah Sampai ke Pelosok Desa

Badan Narkotika Nasional menyatakan peredaran narkoba sudah sampai hingga ke Desa di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan ada pihak yang sengaja ingin menghancurkan generasi penerus bangsa ini hingga terjadi lost generation pada suatu waktu nanti.