Kejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gusta

Faeza Senin, 14 Oktober 2019 17:55 WIB
Mtc/ist
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang men
MATATELINGA, Medan: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang menghukum mantan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat itu dengan 3 tahun penjara.






"Terpidana kita eksekusi pada hari Jumat (12/10) lalu sekitar pukul 1 siang," ucap Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian, Senin (14/10/2019).

Sumanggar menjelaskan Ramadhan Pohan dinyatakan telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP.

"Sesuai amar putusan Mahkamah Agung, terpidana dihukum 3 tahun penjara,"sebut Sumanggar.

Sumanggar mengaku, Ramadhan Pohan cukup kooperatif. Pasalnya, dia datang tak lama tim jaksa Penuntut Umum melayangkan surat pemanggilan.

"terpidana kooperatif memenuhi  panggilan dan langsung kita eksekusi ke LP Tanjung Gusta Medan,"bebernya.

Sedangkan terpidana lainnya dalam kasus ini, yakni Linda Savita Hora Panjaitan yang merupakan bendahara Ramadhan Pohan dalam tim sukses Pilkada Medan kemarin belum memenuhi panggilan eksekusi.





"Sudah kita layangkan, tapi belum datang dia. Kita tunggu. Bila beberapa kali panggilan dia mangkir kita akan jemput paksa," tukas Sumanggar.

Hukuman 3 tahun penjara yang harus dijalani Ramadhan Pohan merupakan putusan majelis hakim Mahkamah Agung yang diketuai Andi Abu Ayyub Saleh dengan anggota Wahidin dan Margono. Putusan itu menguatkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Medan yang menghukum Ramadhan Pohan 3 tahun penjara. Sementara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Ramadhan hanya dijatuhi hukuman 1 tahun 3 bulan penjara. 

Dalam perkara ini, Ramadhan dan Savita Linda Hora Panjaitan dinyatakan telah menipu Rotua dan putranya  Laurenz. Rotua merugi Rp 10,8 miliar sedangkan Laurenz Rp 4,5 miliar, sehingga totalnya menjadi Rp 15,3 miliar. 

Savita Linda belum memenuhi panggilan JPU. "Untuk bendahara Linda kita sudah panggil, kita tunggu, belum datang dia. Kalau nanti beberapa pemanggilan (dia mangkir) baru kita jemput paksa," tegas Sumanggar.





Perkara penipuan ini terjadi menjelang Pilkada serentak pada pengujung 2015. Korban mengaku terbujuk rayu dan janji hingga mau memberikan uang sebesar Rp15,3  miliar untuk kepentingan Ramadhan Pohan, yang maju calon Wali Kota Medan 2016-2021.

Ramadhan dan Linda mengiming-imingi korban dengan sejumlah persentase keuntungan. Untuk meyakinkan korban, Ramadhan Pohan meninggalkan cek kepada Laurenz. Ternyata saat akan dicairkan isi rekeningnya hanya sekitar Rp 10 juta. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:Berita SumutblibliKejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gustamatatelinga.commatatelinga comramadhan pohanTerkiniTravelokajaksa eksekusi ramadhan pohanKlik Matatelinga
Komentar
Selasa, 19 Nov 2019 22:11Nasional

Perkokoh Sinergitas dan Silaturahmi, Pangdam I/BB Ramah Tamah dengan Kapolda Kepri

Guna memperkokoh sinergitas dan eratkan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik,Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah,menghadiri undangan ramah tamah dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Rivianto

Selasa, 19 Nov 2019 21:51Berita Sumut

Keenakan Jambret di Jalanan,Dua Anak Baru Gede Ini Kesebelasnya Menuju Terali Besi

Dua penjahat jalan ini arus merasakan kerasnya pukulan massa, saat jambret Handphone milik korban yang kesebelas kalinya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:44Nasional

Gowes Sinergitas Pangdam I/BB dan Kapolda Kepri di Lagoi Bintan

Sinergitas TNI-Polri sebagai benteng kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia terus dibangun Mayjen TNI MS Fadhilah di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 19 Nov 2019 21:39Berita Sumut

Polsek Medan Kota Lumpuhkan Pelaku Curas dengan Timah Panas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Kota mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) wilayah hukumnya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:05Berita Sumut

Wagub Harapkan Objek Wisata dan Desa Jadi Prioritas

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut yang baru M Irwansyah Putra dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut. Objek wisata dan desa diharapkan dapa

Selasa, 19 Nov 2019 20:55Berita Sumut

Pekerja Jl Jamin Ginting Tewas Dengan Luka Koyak Diwajah

Kembali kecelakaandi Jl Jamin Ginting menelan korban jiwa tewas. Kali ini yang menjadi korban nya, Sunarto (36) warga Dusun III, Desa Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. Kecelakaan yang menewaskan korban tersebut

Selasa, 19 Nov 2019 20:47Berita Sumut

Tim Gabugan Datang, Padagang Kemas Daganganya

Tim gabungan Pemko Padangsimpuan melakukan penertiban terhadap ratusan Pedagang kaki lima (K5)

Selasa, 19 Nov 2019 19:15Berita Sumut

DPRD Minta Pemko Medan Tuntaskan Program Kerja 2019

Semua program kerja Pemko Medan yang tertampung di APBD 2019 dapat diselesaikan sebelum berakhirnya tahun anggaran, hal tersebut dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga. Karena saat ini telah memasuki akhir tahun penganggaran.

Selasa, 19 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Tim Densus 88 Kembali Melakukan Penggerebekan Rumah Terduga Jaringan Teroris

Tim Densus 88 kembali mengerebek rumah yang diduga terlibat jaringan teroris di jalan tambak Lingkungan XX Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan

Selasa, 19 Nov 2019 18:45Berita Sumut

Tak Ada Halangan, DPRD Medan Sahkan Tatib dan Penetapan AKD, Pekan Depan

Draf Tatib saat ini sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk dieksaminasi.

Selasa, 19 Nov 2019 18:30Nasional

Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call Komandan Indian Coast Guard Ship Shaurya

Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., menerima Courtesy Call Komandan Indian Coast Guard Ship (ICGS) Shaurya Deputy Inspector General Jyotindra Singh di ruang rapat pimpinan Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat

Selasa, 19 Nov 2019 18:15Opini

Relawan Bertuhan Sumut : Maunya Tidak Hanya Warga Sumut Yang Merasakan Pengabdian Yang Tulus itu

Tidak terasa 1 tahun 3 bulan lebih Kapoldasu dijabat oleh figur pemimpin yang humanis, bersahaja, tegas, murah senyum dan mampu bergaul dengan segala kalangan masyarakat tanpa canggung dan bukan pencitraaan.

Selasa, 19 Nov 2019 18:00Berita Sumut

Tanggapi Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Gubsu: Orang Sakit Jiwa itu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan merupakan tindakan orang sakit jiwa. Dia menyebutkan jika pemahaman yang dipakai para pelaku sangat salah.

Selasa, 19 Nov 2019 17:40Berita Sumut

Pungli Resahkan Para Ka UPT SDN Kec Medan Helvetia, Kadisdik dan Plt Walikota Diminta Bertindak

Sejumlah Ka UPT SDN dikawasan Kecamatan Medan Helvetia mengaku resah dengan tindakan oknum Koordinator Kecamatan (Korcam) Medan Helvetia, Dra.Lisiana Rahmadani MM yang diduga kerap melakukan pungutan liar (Pungli) mengatasnamakan dinas pendidikan Medan.

Selasa, 19 Nov 2019 17:06Berita Sumut

DPRD Dukung Pelaksanaan Pesparawi Kota Medan

Ketua DPRD Medan Hasyim SE mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) I yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (LPPD) Kota Medan. Sebagai bentuk dukungannya Hasyim berjanji akan hadir pada pembuk

Selasa, 19 Nov 2019 16:51Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima DIPA dan TKDD 2020

Wabup Sergai Darma Wijaya menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020 dari Gubsu Edy Rahmayadi. Penyerahan digelar di Aula Raja Inal Siregar, Komplek Kantor Gubsu, Medan, Selasa (19/11/2019).