Kejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gusta

Faeza Senin, 14 Oktober 2019 17:55 WIB
Mtc/ist
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang men
MATATELINGA, Medan: Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang menghukum mantan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat itu dengan 3 tahun penjara.





[adx]

"Terpidana kita eksekusi pada hari Jumat (12/10) lalu sekitar pukul 1 siang," ucap Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian, Senin (14/10/2019).

Sumanggar menjelaskan Ramadhan Pohan dinyatakan telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP.

"Sesuai amar putusan Mahkamah Agung, terpidana dihukum 3 tahun penjara,"sebut Sumanggar.

Sumanggar mengaku, Ramadhan Pohan cukup kooperatif. Pasalnya, dia datang tak lama tim jaksa Penuntut Umum melayangkan surat pemanggilan.

"terpidana kooperatif memenuhi  panggilan dan langsung kita eksekusi ke LP Tanjung Gusta Medan,"bebernya.

Sedangkan terpidana lainnya dalam kasus ini, yakni Linda Savita Hora Panjaitan yang merupakan bendahara Ramadhan Pohan dalam tim sukses Pilkada Medan kemarin belum memenuhi panggilan eksekusi.




[adx]

"Sudah kita layangkan, tapi belum datang dia. Kita tunggu. Bila beberapa kali panggilan dia mangkir kita akan jemput paksa," tukas Sumanggar.

Hukuman 3 tahun penjara yang harus dijalani Ramadhan Pohan merupakan putusan majelis hakim Mahkamah Agung yang diketuai Andi Abu Ayyub Saleh dengan anggota Wahidin dan Margono. Putusan itu menguatkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Medan yang menghukum Ramadhan Pohan 3 tahun penjara. Sementara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Ramadhan hanya dijatuhi hukuman 1 tahun 3 bulan penjara. 

Dalam perkara ini, Ramadhan dan Savita Linda Hora Panjaitan dinyatakan telah menipu Rotua dan putranya  Laurenz. Rotua merugi Rp 10,8 miliar sedangkan Laurenz Rp 4,5 miliar, sehingga totalnya menjadi Rp 15,3 miliar. 

Savita Linda belum memenuhi panggilan JPU. "Untuk bendahara Linda kita sudah panggil, kita tunggu, belum datang dia. Kalau nanti beberapa pemanggilan (dia mangkir) baru kita jemput paksa," tegas Sumanggar.




[adx]

Perkara penipuan ini terjadi menjelang Pilkada serentak pada pengujung 2015. Korban mengaku terbujuk rayu dan janji hingga mau memberikan uang sebesar Rp15,3  miliar untuk kepentingan Ramadhan Pohan, yang maju calon Wali Kota Medan 2016-2021.

Ramadhan dan Linda mengiming-imingi korban dengan sejumlah persentase keuntungan. Untuk meyakinkan korban, Ramadhan Pohan meninggalkan cek kepada Laurenz. Ternyata saat akan dicairkan isi rekeningnya hanya sekitar Rp 10 juta. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:Berita SumutblibliKejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gustamatatelinga.commatatelinga comramadhan pohanTerkiniTravelokajaksa eksekusi ramadhan pohanKlik Matatelinga
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 23:45Lifestyle

Hubungan Asmara Cita Citata dengan Roy Geurts, Kenapa..?

Sebelumnya diberitakan, Cita Citata mengumumkan bahwa hubungan asmaranya dengan Roy Geurts sudah berakhir.

Jumat, 03 Jul 2020 23:30Berita Sumut

Diduga Pelaku Kerusuhan Mompang Julu, 11 Orang Diamankan Polres Madina

Sebanyak 11 orang diduga pelaku kerusuhan di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, diamankan. Hal tersebut dikatakan Dikabarkan Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Horas Tua Silalahi.

Jumat, 03 Jul 2020 23:15Bola

Kabar Buruk Menimpa Lazio, Jelang Laga Lazio vs Milan

jelang laga kontra AC Milan pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Minggu 5 Juli dini hari WIB, kabar buruk menimpa Lazio

Jumat, 03 Jul 2020 23:00Nasional

Diduga Kasus Suap Proyek, Bupati Kutai Timur dan Istrinya Tersangka

Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, ISM, dan istrinya yang merupakan Bupati Kutai Timur, EU ditetapkan KPK sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2019 sampai 2020

Jumat, 03 Jul 2020 22:07Internasional

Insiden Tanha Longsor dikabarkan 162 Orang Meninggal

Dalam insiden tanah longsor di sebuah pertambangan batu giok di Myanmar sebelah utara meninggal meningkat sedikitnya 162, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi yang tewas, kata pihak berwenang.

Jumat, 03 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Angkutan Kota Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

Para pengguna jalan raya matanya tertuju pada Angkutan kota jurusan Terminal Sambo-Tanjung Morawa padat penumpang. Pasalnya, angkutan Kota terbakar di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan

Jumat, 03 Jul 2020 20:53Berita Sumut

Hilang Kendali Truk Bermuatan Kayu Nyaris Timpa Rumah Warga

Satu unit Truk Colt Diesel BK 9441 YK berwarna kuning bermuatan kayu terbalik di Jalan Medan Km 6, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar

Jumat, 03 Jul 2020 19:50Berita Sumut

Mantan Polisi Serang Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Personil Reskrim Polsek Medan Timur terpaksa menembak seorang pelaku narkoba di Jalan Bukit Barisan Gang Pandan Kelurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur

Jumat, 03 Jul 2020 19:35Berita Sumut

Karyawan Mini Market Di Tebing Tinggi Positif Covid-19

Seorang karyawan mini market menambah daftar warga Tebing Tinggi yang terpapar covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Jumat, 03 Jul 2020 19:20Berita Sumut

Dua Puluh Tahanan Polres Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

Sebanyak 20 orang tahanan Polres Tebing Tinggi menjalani rapid test COVID-19, Jumat (3/7/2020), di Mapolres Tebing Tinggi

Jumat, 03 Jul 2020 19:05Berita Sumut

Mendagri Tito Karnavian Turun Langsung Koordinasikan Kesiapan Pilkada di Wilayah Sumut

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian turun langsung untuk mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Sumatera Utara.

Jumat, 03 Jul 2020 18:50Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Sumut Serahkan Paket Bansos Bagi Tim Medis

Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny Risma Martuani Sormin, menyerahkan bantuan sosial (bansos-red) kepada para tim medis

Jumat, 03 Jul 2020 18:35Nasional

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja Ke Polda Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolda Riau dan disambut langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. beserta PJU Polda Riau

Jumat, 03 Jul 2020 18:20Berita Sumut

Pangdam I/BB : Laksanakan Tugas Secara Profesional, Tingkatkan Soliditas antara TNI-Polri

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., Melaksanakan kunjungan perdananya ke satuan wilayah jajaran Kodam I/BB yaitu Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau dan disambut langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han serta Pra

Jumat, 03 Jul 2020 18:05Internasional

Pembunuhan Jurnalis Jamal Khasoggi di Tahun 2018 Mulia di Sidangkan

Persidangan terhadap 20 pejabat Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di tahun 2018, akan mulai disidangkan pengadilanTurki

Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.