Kejati Sumut Gelar Acara Jaksa Masuk Gereja

Mtc/James Kamis, 11 April 2019 01:37 WIB
Matatelinga/jamesppardede
Program Jaksa Menyapa masuk Gereja
MATATELINGA, Medan: Dengan tujuan untuk membekali dan mengedukasi masyarakat tentang hukum, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara Penerangan dan Penyuluhan Hukum di aula kantor Klasis Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Medan Kuta Jurung, Rabu (10/4/2019) dengan tema "Kenali Hukum, Jauhi Hukuman".

Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit membuka acara dan menyampaikan bahwa acara penyuluhan dan penerangan hukum yang digelar Kejati Sumut memilih GBKP Klasis Medan Kuta Jurung.


"Semoga penyuluhan dan penerangan hukum ini bisa menambah pengetahuan para pendeta yang wilayah pelayanannya dibawah Klasis Medan Kuta Jurung, ada 17 gereja dan dilayani oleh beberapa pendeta," kata Pdt. Steven Kumenit.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sumanggar Siagian menyampaikan bahwa program Jaksa Menyapa yang dilaksanakan oleh Kejaksaan tidak lagi hanya masuk ke sekolah, pesantren, tapi juga ke gereja.


"Harapan kita program Jaksa Menyapa Gereja ini bisa mengedukasi semua elemen masyarakat termasuk pendeta yang melayani banyak jemaat. Topik yang kita sampaikan adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan berita Hoax yang selama ini kian meresahkan," tandas Sumanggar.

Jaksa Juliana PC Sinaga menjadi pemateri pertama dengan topik "Penerapan UU Penghapusan KDRT" dan pemateri kedua Jaksa Nova Manurung "Hoax dan Hate Speach dalam ITE".


Dalam paparannya, Jaksa Juliana yang sehari-hari bertugas di bidang Intel Kejatisu menyampaikan ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Antara lain faktor ekonomi (keuangan), pendidikan dan sosial budaya.

"Terkadang, tanpa kita sadari, hanya karena si isteri atau suami tidak bisa menahan amarahnya, sasaran terakhirnya adalah anak. Anak-anak yang tidak tahu menahu dengan permasalahan orang tuanya seringkali jadi korban kekerasan, bahkan ada yang berujung sampai kepada penganiayaan," paparnya.


Selagi masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, kata Juliana kasus KDRT tidak perlu harus sampai ke ranah hukum. Akan tetapi kalau sudah mengancam keberadaan suami atau isteri maupun anak, korban KDRT perlu perlindungan dan dilaporkan ke aparat kepolisian.

"Keberadaan kita dalam rumah tangga tidak pernah ada kata tamat. Sampai ajal menjemput barulah kita berhenti belajar bagaimana membina sebuah rumah tangga yang harmonis. Cara terbaik dalam mengatasi masalah dalam rumah tangga adalah membuang rasa egois dan mau menang sendiri," kata Juliana.


Sementara Jaksa Nova Manurung yang juga bertugas di Intel Kejatisu menyampaikan materi tentang hoax dan ujaran kebencian di media sosial belakangan ini semakin marak. Terutama jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019.

"Saya yakin, hampir semua orang memiliki Android dan akun media sosial. Terkadang, tanpa kita sadari kita ikut menyebarkan berita bohong yang asal-usulnya tidak jelas ke orang lain," papar Nova Manurung.


Menyikapi makin maraknya berita hoax, kata Nova masyarakat perlu melakukan tahapan saring dulu sebelum akhirnya di sharing ke orang lain. Ketika kita mendapatkan sebuah kiriman informasi, ada baiknya jangan langsung disebarkan.

"Beberapa langkah perlu kita lakukan agar kita tidak sampai berurusan dengan hukum. Cermati dulu sumber informasinya, cermati situsnya, cek kebenaran informasi yang kita txerima apakah sumbernya jelas atau tidak. Dan biasanya, judul berita hoax itu cenderung provokatif," tandas Nova.


Di akhir acara ada sesi tanya jawab dan pemberian cenderamata dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara oleh Kasi Penkum Sumanggar Siagian  kepada Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit dan foto bersama dengan seluruh peserta.
Editor: James P Pardede

T#g:Jaksa Masuk GerejakejatisuMatatelingaSumanggar SiagianTerkini
Komentar
Kamis, 20 Jun 2019 13:54Berita Sumut

Penyidikan Dugaan Korupsi DBH dan Disporasu Terkendala Proses Audit

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut belum mampu merampungkan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemkab Labusel dan Labura. Padahal, kedua kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak beberapa bulan lalu.

Kamis, 20 Jun 2019 13:38Berita Sumut

Pijatan Tak Memuaskan, Gio Bunuh Tukang Pijatnya

Seorang pemuda di Deliserdang berinisial GAS alias Gio ,18, tega menghabisi nyawa tukang pijat yang juga tetangganya, Arma (56), menggunakan alu. Persoalannya hanya karena pelaku tidak puas dengan pijatan korban.

Kamis, 20 Jun 2019 13:08Berita Sumut

Jajaran Pemkab Sergai Halal bi Halal dengan Warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menggelar acara halal bi halal dengan warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan, Rabu (19/6/2019). Halal bi halal yitu langsung dihadiri Bupati Sergai Soekirman dan wakilnya Darma Wijaya.

Kamis, 20 Jun 2019 12:56Berita Sumut

Sesak Napas, Calon Penumpang ini Mendadak Tewas di Loket Bus ALS

Salah seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution ,42, warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, mendadak meninggal dunia di loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Se

Kamis, 20 Jun 2019 12:49Berita Sumut

Wagub Sumut: Jangan Nanti Diambil Negara Asing

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kemenangan Zahra Annisa Fitri dan Nadya Khairussyifa pada lomba Indonesian Fun Science Award (IFA) yang mendapat hadiah liburan ke Jerman selama seminggu

Kamis, 20 Jun 2019 12:40Berita Sumut

Kejari Batubara Terkejut Saksi 02 Berstatus Terdakwa Beri Keterangan di MK

Kejaksaan Negeri Batubara mengaku terkejut atas kehadiran Rahmadsyah Sitompul yang dihadirkan pemohon pada persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pasalnya, Rahmadsyah merupakan terdakwa dalam kasus UU ITE yang ditangani oleh

Kamis, 20 Jun 2019 11:44Berita Sumut

Tingkatkan Binter, Danramil 14/Pancurbatu Komsos dengan Kommas

Guna meningkatkan pembinaan teritorial (Binter),Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah selalu menekankan kepada jajaranya agar meningkatkan komunikasi sosial (Komsos) dengan berbagai kegiatan di masyarakat. Karena dengan komsos bisa meningka

Kamis, 20 Jun 2019 10:39Berita Sumut

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Apresiasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut mengapresiasi para mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang tergabung di Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI), yang melakukan studi banding ke Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut

Kamis, 20 Jun 2019 09:35Berita Sumut

Wagub Sumut Sebut PAB Bantu Majukan Pendidikan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menerima Pengurus Perkumpulan Amal Bakti (PAB) di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No.30 Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi Pemuda Muhammadiyah Sumut di Masjid Agung, Jalan Diponegoro, Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:15Ekonomi

Kehadiran Maskapai Asing, Belum Tentu Harga Tiket Pesawat Turun

Kehadiran maskapai asing di penerbangan Indonesia merupakan salah satu opsi untuk menurunkan

Kamis, 20 Jun 2019 08:00Internasional

Atas Pembunuhan Khashoggi, Putra Mahkota Saudi Harus Diselidiki

Penyelidik PBB mengatakan bahwa ada bukti kredibel bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Jun 2019 07:45Nasional

Netizen Bercibir Usai Sepeda Motor Beratap Payung, Viral

Ada saja inovasi unik yang dibuat orang Indonesia. Salah satunya yang sedang viral adalah sepeda motor beratap

Kamis, 20 Jun 2019 07:30Ekonomi

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Perbankan

Atas dasar pertimbangan perang dagang yang mempengaruhi pasar global dan berimbas pada ekspor

Kamis, 20 Jun 2019 07:15Bola

Main Bareng Mbappe dan Pogba di Madrid, ini Komentar Ferland Mendy

Pemain anyar Real Madrid, Ferland Mendy, ikut mengomentari rumor kehadiran dua kompatriotnya

Kamis, 20 Jun 2019 07:00Lifestyle

Ini Keistimewaan Shalat Sunah 8 Rakaat di Bulan Syawal dan Berikut Tata Caranya

Rangkaian ibadah yang ada dari bulan ramadan sampai bulan syawal ini mempunyai fadhilah dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT