Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 617

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 621

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625
  • Home
  • Berita Sumut
  • Kejati Sumut Gelar Acara Jaksa Masuk Gereja

Kejati Sumut Gelar Acara Jaksa Masuk Gereja

Mtc/James Kamis, 11 April 2019 01:37 WIB
Matatelinga/jamesppardede
Program Jaksa Menyapa masuk Gereja
MATATELINGA, Medan: Dengan tujuan untuk membekali dan mengedukasi masyarakat tentang hukum, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara Penerangan dan Penyuluhan Hukum di aula kantor Klasis Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Medan Kuta Jurung, Rabu (10/4/2019) dengan tema "Kenali Hukum, Jauhi Hukuman".

Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit membuka acara dan menyampaikan bahwa acara penyuluhan dan penerangan hukum yang digelar Kejati Sumut memilih GBKP Klasis Medan Kuta Jurung.


"Semoga penyuluhan dan penerangan hukum ini bisa menambah pengetahuan para pendeta yang wilayah pelayanannya dibawah Klasis Medan Kuta Jurung, ada 17 gereja dan dilayani oleh beberapa pendeta," kata Pdt. Steven Kumenit.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sumanggar Siagian menyampaikan bahwa program Jaksa Menyapa yang dilaksanakan oleh Kejaksaan tidak lagi hanya masuk ke sekolah, pesantren, tapi juga ke gereja.


"Harapan kita program Jaksa Menyapa Gereja ini bisa mengedukasi semua elemen masyarakat termasuk pendeta yang melayani banyak jemaat. Topik yang kita sampaikan adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan berita Hoax yang selama ini kian meresahkan," tandas Sumanggar.

Jaksa Juliana PC Sinaga menjadi pemateri pertama dengan topik "Penerapan UU Penghapusan KDRT" dan pemateri kedua Jaksa Nova Manurung "Hoax dan Hate Speach dalam ITE".


Dalam paparannya, Jaksa Juliana yang sehari-hari bertugas di bidang Intel Kejatisu menyampaikan ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Antara lain faktor ekonomi (keuangan), pendidikan dan sosial budaya.

"Terkadang, tanpa kita sadari, hanya karena si isteri atau suami tidak bisa menahan amarahnya, sasaran terakhirnya adalah anak. Anak-anak yang tidak tahu menahu dengan permasalahan orang tuanya seringkali jadi korban kekerasan, bahkan ada yang berujung sampai kepada penganiayaan," paparnya.


Selagi masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, kata Juliana kasus KDRT tidak perlu harus sampai ke ranah hukum. Akan tetapi kalau sudah mengancam keberadaan suami atau isteri maupun anak, korban KDRT perlu perlindungan dan dilaporkan ke aparat kepolisian.

"Keberadaan kita dalam rumah tangga tidak pernah ada kata tamat. Sampai ajal menjemput barulah kita berhenti belajar bagaimana membina sebuah rumah tangga yang harmonis. Cara terbaik dalam mengatasi masalah dalam rumah tangga adalah membuang rasa egois dan mau menang sendiri," kata Juliana.


Sementara Jaksa Nova Manurung yang juga bertugas di Intel Kejatisu menyampaikan materi tentang hoax dan ujaran kebencian di media sosial belakangan ini semakin marak. Terutama jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019.

"Saya yakin, hampir semua orang memiliki Android dan akun media sosial. Terkadang, tanpa kita sadari kita ikut menyebarkan berita bohong yang asal-usulnya tidak jelas ke orang lain," papar Nova Manurung.


Menyikapi makin maraknya berita hoax, kata Nova masyarakat perlu melakukan tahapan saring dulu sebelum akhirnya di sharing ke orang lain. Ketika kita mendapatkan sebuah kiriman informasi, ada baiknya jangan langsung disebarkan.

"Beberapa langkah perlu kita lakukan agar kita tidak sampai berurusan dengan hukum. Cermati dulu sumber informasinya, cermati situsnya, cek kebenaran informasi yang kita txerima apakah sumbernya jelas atau tidak. Dan biasanya, judul berita hoax itu cenderung provokatif," tandas Nova.


Di akhir acara ada sesi tanya jawab dan pemberian cenderamata dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara oleh Kasi Penkum Sumanggar Siagian  kepada Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit dan foto bersama dengan seluruh peserta.
Editor: James P Pardede

T#g:Jaksa Masuk GerejakejatisuMatatelingaSumanggar SiagianTerkini
Komentar
Sabtu, 14 Des 2019 08:00Ekonomi

Gimana Harga Jelamg Akhir Tahun 2019..?

Menjelang akhir tahun sendiri, permintaan emas Antam diprediksi akan cenderung stagnan bahkan ada potensi menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya musim liburan dan banyak hutang jatuh tempo terutama perusahaan expor-impor dalam pembayaran USD.

Sabtu, 14 Des 2019 07:45Berita Sumut

Kapolsek Patumbak Gelar Pengajian dan Doa Bersama, Santuni Anak Yatim Piatu

Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar Fitriadi SH SIK mengelar pengajian dan Do'a bersama dan santuni anak yatim piatu di Aula Mapolsek Patumbak

Sabtu, 14 Des 2019 07:30Ekonomi

Edy Rahmayadi Usulkan Tambahan Proyek Strategis Nasional di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Gedung Ali Wardhana, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta

Sabtu, 14 Des 2019 07:15Nasional

Danpos Kapar Satgas Yonif 133/YS Terima Kunjungan Sinergitas Polres Putusibau

Sinergitas TNI-Polri di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Provinsi Kalimantan Barat perlu terus dibina dan dipekihara, sehingga pelaksanaan tugas-tugas menjadi optimal.

Sabtu, 14 Des 2019 07:00Nasional

Panglima TNI : TNI Dukung Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan senantiasa memberikan bantuan dan dukungan baik personel maupun Alutsista yang sudah tergelar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) apabila diperlukan dalam mengamankan perayaan Natal tahun 2019

Sabtu, 14 Des 2019 06:15Berita Sumut

Karang Taruna Diharapkan Mampu Menggerakkan Desa

Karang Taruna selaku organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di desa. Apalagi saat ini merupakan era revolusi industri 4.0, kemudahan untuk berkreativitas dan akses informasi terbuka

Sabtu, 14 Des 2019 06:00Berita Sumut

Wagub Ingatkan Pentingnya Kualitas Pertandingan dan Regenerasi

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tako tingkat provinsi di Gelanggang Remaja, Jalan Sutomo Ujung Medan

Jumat, 13 Des 2019 20:15Nasional

Satgas Yonif 754 Kostrad Laksanakan Pelayanan Kesehatan di Pemukiman Suku Sem Sagar Asmat

Kesehatan yang baik tidak hanya menjadi dambaan bagi masyarakat yang ada di kota-kota besar, namun juga menjadi dambaan bagi seluruh masyarakat yang ada di muka bumi ini termasuk masyarakat yang ada di pemukiman Suku Sem Sagar

Jumat, 13 Des 2019 20:00Berita Sumut

Sudah 35 Tahun Berdiri Baru Pertama Kali Masjid Dikunjungi Kepala Daerah

Selama 35 tahun berdiri belum pernah sekalipun pejabat yang meluangkan waktunya untuk datang se kaligus melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Masjid Al Ikhlas Jalan Cendrawasih, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Oleh karenanya seluru

Jumat, 13 Des 2019 19:45Berita Sumut

Dua Lagi Warga Madina Suspect Difteri

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali kedatangan 2 orang pasien suspect (terduga) difteri asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (13/12/2019) siang.

Jumat, 13 Des 2019 19:30Berita Sumut

Warga Simalungun Tewas Mengenaskan Di Sibolangit

Kecelakaan lalulintas kembali menelan korban jiwa tewas. Kali ini, Norbertus Efrem Sitio (20) warga Desa Sibuntuon, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun Kecelakaan yang menewaskan warga Simalungun

Jumat, 13 Des 2019 19:15Nasional

Danyonif Para Raider 305 Terima Tanda Kehormatan dari Bupati Lany Jaya Papua

Kegiatan-kegiatan positif dilakukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad dengan selalu bersinergi pemerintah daerah mendapatkan apresiasi khusus dari Pejabat Daerah, Kabupaten Lany Jaya, Papua

Jumat, 13 Des 2019 19:00Berita Sumut

Pemko Medan Sedang Menacri Investor Mengelola Sampah di Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Akhyar Nasution berharap, dari feasibility study yang dilakukan investor, hasilnya memperlihatkan kelayakan secara finansial.

Jumat, 13 Des 2019 18:45Berita Sumut

Maksimalkan Kinerja AKD Guna Peningkatan Sinergitas Legislatif dan Eksekutif

Sebanyak 50 anggota DPRD Medan mengikuti rapat kerja (raker) di Parapat, Rabu -Jumat (11-13/12/2019). Pelaksanaan raker yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 12 Tahun 2018 pada Pasal 67 tentang pedoman penyusunan tata tertib (tatib) DPRD.

Jumat, 13 Des 2019 18:30Berita Sumut

Sat Narkoba Polres Sergai Lakukan Sweeping di Jalan Raya

Menyambut pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2019, Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara melakukan sweeping di Jalan Besar Medan-Tebingtinggi, Jumat (13/12/2019).

Jumat, 13 Des 2019 18:15Berita Sumut

Kawanan Perampok Beraksi di Kantor DPRD Sumut

Kawanan perampok di Kota Medan jelang natal dan Tahun Baru mulai beraksi. Kali ini, sasarannya salah seorang staf anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah Sumut.