Kejati Sumut Gelar Acara Jaksa Masuk Gereja

Mtc/James Kamis, 11 April 2019 01:37 WIB
Matatelinga/jamesppardede
Program Jaksa Menyapa masuk Gereja
MATATELINGA, Medan: Dengan tujuan untuk membekali dan mengedukasi masyarakat tentang hukum, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara Penerangan dan Penyuluhan Hukum di aula kantor Klasis Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Medan Kuta Jurung, Rabu (10/4/2019) dengan tema "Kenali Hukum, Jauhi Hukuman".

Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit membuka acara dan menyampaikan bahwa acara penyuluhan dan penerangan hukum yang digelar Kejati Sumut memilih GBKP Klasis Medan Kuta Jurung.


"Semoga penyuluhan dan penerangan hukum ini bisa menambah pengetahuan para pendeta yang wilayah pelayanannya dibawah Klasis Medan Kuta Jurung, ada 17 gereja dan dilayani oleh beberapa pendeta," kata Pdt. Steven Kumenit.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sumanggar Siagian menyampaikan bahwa program Jaksa Menyapa yang dilaksanakan oleh Kejaksaan tidak lagi hanya masuk ke sekolah, pesantren, tapi juga ke gereja.


"Harapan kita program Jaksa Menyapa Gereja ini bisa mengedukasi semua elemen masyarakat termasuk pendeta yang melayani banyak jemaat. Topik yang kita sampaikan adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan berita Hoax yang selama ini kian meresahkan," tandas Sumanggar.

Jaksa Juliana PC Sinaga menjadi pemateri pertama dengan topik "Penerapan UU Penghapusan KDRT" dan pemateri kedua Jaksa Nova Manurung "Hoax dan Hate Speach dalam ITE".


Dalam paparannya, Jaksa Juliana yang sehari-hari bertugas di bidang Intel Kejatisu menyampaikan ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Antara lain faktor ekonomi (keuangan), pendidikan dan sosial budaya.

"Terkadang, tanpa kita sadari, hanya karena si isteri atau suami tidak bisa menahan amarahnya, sasaran terakhirnya adalah anak. Anak-anak yang tidak tahu menahu dengan permasalahan orang tuanya seringkali jadi korban kekerasan, bahkan ada yang berujung sampai kepada penganiayaan," paparnya.


Selagi masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, kata Juliana kasus KDRT tidak perlu harus sampai ke ranah hukum. Akan tetapi kalau sudah mengancam keberadaan suami atau isteri maupun anak, korban KDRT perlu perlindungan dan dilaporkan ke aparat kepolisian.

"Keberadaan kita dalam rumah tangga tidak pernah ada kata tamat. Sampai ajal menjemput barulah kita berhenti belajar bagaimana membina sebuah rumah tangga yang harmonis. Cara terbaik dalam mengatasi masalah dalam rumah tangga adalah membuang rasa egois dan mau menang sendiri," kata Juliana.


Sementara Jaksa Nova Manurung yang juga bertugas di Intel Kejatisu menyampaikan materi tentang hoax dan ujaran kebencian di media sosial belakangan ini semakin marak. Terutama jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019.

"Saya yakin, hampir semua orang memiliki Android dan akun media sosial. Terkadang, tanpa kita sadari kita ikut menyebarkan berita bohong yang asal-usulnya tidak jelas ke orang lain," papar Nova Manurung.


Menyikapi makin maraknya berita hoax, kata Nova masyarakat perlu melakukan tahapan saring dulu sebelum akhirnya di sharing ke orang lain. Ketika kita mendapatkan sebuah kiriman informasi, ada baiknya jangan langsung disebarkan.

"Beberapa langkah perlu kita lakukan agar kita tidak sampai berurusan dengan hukum. Cermati dulu sumber informasinya, cermati situsnya, cek kebenaran informasi yang kita txerima apakah sumbernya jelas atau tidak. Dan biasanya, judul berita hoax itu cenderung provokatif," tandas Nova.


Di akhir acara ada sesi tanya jawab dan pemberian cenderamata dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara oleh Kasi Penkum Sumanggar Siagian  kepada Ketua Klasis GBKP Medan Kuta Jurung Pdt. Steven Kumenit dan foto bersama dengan seluruh peserta.
Editor: James P Pardede

T#g:Jaksa Masuk GerejakejatisuMatatelingaSumanggar SiagianTerkini
Komentar
Sabtu, 24 Agu 2019 11:54Nasional

Panglima TNI Tinjau Karhutla di Kalimantan Barat

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menkopolhukam RI Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ibu Siti Nurbaya, dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., melaksanakan kunjungan kerja

Sabtu, 24 Agu 2019 11:47Berita Sumut

Dua Pelaku Kejahatan di Brigjen Katamso Diamuk Massa

Apes bagi dua pria yang diduga pelaku kejahatan jalanan menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap tangan usai beraksi. Video aksi main hakim warga inipun viral di media sosial.

Sabtu, 24 Agu 2019 10:55Berita Sumut

Masyarakat Desa Pararungan Sepakat Memberhentikan Pembukaan Jalan

Rapat keputusan tentang persoalan pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir, Kamis malam (22/8/19) akhirnya memutuskan menghentikan pengoperasian dua buah alat berat.

Sabtu, 24 Agu 2019 08:15Ekonomi

Aksi China Balas pada Produk AS, Wall Street Merosot Tajam

Pada akhir perdagangan Jum'at (Sabtu pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street berakhir melemah tajam

Sabtu, 24 Agu 2019 08:00Nasional

Tragis, Siswa SMK Meregang Nyawa Usai Tertabrak "Ular Besar"

Meregang nyawa usai tertabrak rangkaian KRL Commuter Line di Kedung Halang Wasel, Kecamaran Tanah Sareal

Sabtu, 24 Agu 2019 07:45Bola

Hadapi Arsenal, Klopp: Kami Sudah Tak Sabar

Sebagaimana diketahui, Liverpool akan menjamu The Gunners di pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (24/8/2019) malam WIB

Sabtu, 24 Agu 2019 07:30Nasional

Dibakar Api Cemburu, Suami Tusuk Pria Diduga Selingkuhan Istrinya hingga Tewas

Ditangkap polisi setelah melakukan penusukan hingga membuat Bunto Tano (44), warga Grogol, Sukoharjo

Sabtu, 24 Agu 2019 07:15Internasional

Jonatan Christie Gagal ke Semifinal

Gagal memenuhi target di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Sabtu, 24 Agu 2019 07:00Lifestyle

Sungguh Allah Sangat Membencinya, ini Kisah Rasis di Zaman Nabi

Sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, Sikap rasis dengan membeda-bedakan warna kulit

Sabtu, 24 Agu 2019 06:45Nasional

Berusia Setengah Abad, Pria ini NIkahi Pujaan Hatinya

Seorang perjaka berusia 26 tahun menikahi seorang janda beranak dua berusia 50 tahun

Sabtu, 24 Agu 2019 06:30Lifestyle

Setan Bocorkan Kedasyatan Ayat Kursi

Alkisah sudah banyak cerita perjumpaan manusia dan setan, baik dalam wujud asli maupun menyerupai makhluk lain

Sabtu, 24 Agu 2019 06:15Nasional

Gempa 3,2 Magnitudo Guncang Jabar

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di Guncang Gempa berkekuatan magnitudo 3,2 pada Kamis, (23/8/2019).

Sabtu, 24 Agu 2019 06:00Lifestyle

Bersamaan, Jessica Iskandar Gelar Pernikahan di Dua Tempat

Aktris yang akrab disapa Jedar itu menolak tawaran untuk menggelar pernikahannya

Jumat, 23 Agu 2019 20:55Lifestyle

Sutradara Film "Uncharted" Tinggalkan Proses Produksi

Sampai hari ini, Sony masih terus berupaya konsisten dengan rencananya akan membawa film "Uncharted" ke layar lebar. Tetapi, usahanya kembali mendapat hambatan karena sang sutradara meninggalkan proses produksi. Dan Trachtenberg yang sebelumnya

Jumat, 23 Agu 2019 20:46Berita Sumut

Untuk Mengurai Kemacetan, Dirlantas Polda Sumut Gandeng Polrestabes Medan

Untuk pertama kali yang akan kita lakukan adalah untuk menjalankan perintah dari Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang mengharapkan Dirlantas Polda Sumut bisa mengurai kemacetan di Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 20:42Berita Sumut

Karang Taruna dan Koramil Bersinergi Bangun Rumah Di Belawan

Organisani Kemasyarakatan Karang Taruna dan Koramil 09/ Medan Belawan bekerja sama membangun rumah anak yatim piatu di Kolam Susu Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Jumat (23/8/2019).