• Home
  • Berita Sumut
  • Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Mtc/mes Jumat, 23 Agustus 2019 17:44 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penerangan dan Penyuluhan Hukum Kejatisu di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Jumat (23/8/2019)
MATATELINGA, Medan : Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Acara penerangan dan penyuluhan hukum mengusung tema 'Kenali Hukum, Jauhi Hukuman' dengan topik tentang dana desa dan aspek hukumnya yang dibawakan narasumber dari Bidang Intelijen Kejatisu Novalina K Manurung, SH. Sebelum penyampaian materi, acara yang dipandu Jaksa Ghufran ini diawali dengan doa dan sambutan dari Camat Sunggal Ismail, SSTP,MSP dan Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian, SH,MH.



Dalam sambutannya, Camat Sunggal Ismail, SSTP, MSP menyambut baik dilaksanakannya penerangan dan penyuluhan hukum di wilayah kecamatan Sunggal. Karena, banyak kepala desa dan aparat desa yang kurang paham dengan aturan dan undang-undang yang berlaku terutama terkait dengan pemanfaatan dana desa.

"Hal ini yang menjadikan kepala desa dan aparat desa memiliki kekhawatiran dan keraguan saat menjalankan programnya di lapangan. Kecamatan Sunggal terdiri dari 17 desa dan 162 dusun dengan jumlah penduduk mencapai 270 ribu," kata Ismail.


Ada harapan dengan diselenggarakannya penerangan dan penyuluhan hukum ini, lanjut Ismail para kepala desa dan aparat desa yang mengikuti acara ini mendapat wawasan baru dan menambah pengetahuan dalam hal penanganan dana desa dan mengerti aspek hukumnya.

Kasi Penkum Sumanggar Siagian, SH, MH menyampaikan dilaksanakannya penerangan dan penyuluhan hukum dengan topik tentang dana desa ini kiranya dapat menambah wawasan para kepala desa dan perangkat desa agar tidak terjebak dalam permasalahan hukum.



"Kalau ada pertanyaan atau keraguan tentang dana desa terutama aspek hukumnya, bisa menanyakan kepada kami atau langsung datang ke kantor Kejatisu. Intinya adalah agar tidak ada keraguan lagi dalam pemanfaatan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat," papar Sumanggar.

Pemateri Novalina K Manurung, SH memaparkan tentang alokasi dana desa harus diprioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat di desa tersebut, bukan digunakan untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok tertentu saja. Nova juga menjelaskan dasar hukum dan aturan-aturan yang mengatur penggunaan dana desa.

"Untuk menjawab kegelisahan dan keragu-raguan para kepala desa dan perangkat desa dalam memanfaatkan dana desa dibentuklah Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) berdasarkan Inpres No 7 Tahun 2015. Tahun ini ada kabar baiknya lagi dimana Kejaksaan bekerjasama dengan Kemendes membangun sistem laporan penggunaan dana desa online bernama Jaksa Garda Desa (Jaga Desa) yang bisa diakses oleh kedua lembaga tersebut," papar Novalina.



Dengan adanya aplikasi Jaga Desa ini, lanjut Nova, Kepala Desa atau perangkat desa yang melakukan penyimpangan akan langsung ketahuan karena alarmnya langsung berbunyi.

Pada sesi tanya jawab, beberapa kepala desa dan sekretaris desa menyampaikan bagaimana dengan penanganan masalah kesilapan dalam penghitungan, kemudian uang kerugian negara dikembalikan apakah masih terkena sanksi hukuman?


"Sebenarnya, kalau sudah ada perbaikan dan pengembalian uang kerugian negara karena kesilapan atau kesalahan dalam membuat laporan tidak ada masalah lagi. Hanya saja ke depan, setiap kali ada kegiatan jangan lupa dengan administrasinya. Berapa pun uang yang digunakan jangan lupa administrasinya," kata Jaksa Ghufran menjawab pertanyaan kepala desa.

Setelah acara penerangan dan penyuluhan hukum, Sumanggar Siagian menyampaikan agar acara yang digelar dapat menambah wawasan para kepala desan dan perangkat desa dalam memanfaatkan dana desa. Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan foto bersama.
Editor: James P. Pardede

T#g:Camat SunggalIsmailJaksa Garda DesakejatisuSumanggarTP4DTerkini
Komentar
Sabtu, 22 Feb 2020 18:15Berita Sumut

Akhyar : Pramuka Mampu Lahirkan Manusia Yang Berkarakter

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Medan bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan Hut Gudep 07.027-07.028 UPT SMP Negeri 22 Medan sekaligus Giat Pramuka Prestasi I

Sabtu, 22 Feb 2020 18:00Berita Sumut

Gubernur Edy Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai ke Pelosok Desa

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyempatkan diri mengunjungi acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Halaman UPT Puskesmas Ulu Pungkut Kelurahan Huta Godang

Sabtu, 22 Feb 2020 17:00Berita Sumut

Buka Musda Tapak Suci, Akhyar Gelorakan Semangat Medan Jadi Kota Atlet

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution secara resmi membuka musyawarah daerah (Musda) Pimpinan Daerah 018 Tapak Suci Kota Medan, Sabtu (22/2/2020) di Ballroom Istana Koki Jalan Teuku Cik Ditiro.

Sabtu, 22 Feb 2020 16:45Aceh

Hadiri Kenduri Kebangsaan, Presiden: Mari Bersama Hadapi Tantangan Bangsa

Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh. Acara yang hendak membangun semangat keacehan, keislaman, dan keindonesiaan dalam satu bagian tak

Sabtu, 22 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Gubsu Harapkan SMK Negeri 1 Ulu Pungkut Jadi Sekolah Unggulan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ulu Pungkut di Desa Huta Padang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (22/2). Unit sekolah baru (USB) ini diharapkan dapat menjadi

Sabtu, 22 Feb 2020 16:15Aceh

Presiden Jokowi Harapkan Penggunaan Anggaran Provinsi Aceh Bermanfaat untuk Rakyat

Aceh merupakan salah satu provinsi penerima anggaran terbesar di Indonesia. Selain APBD yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota, Aceh juga memperoleh dana otonomi khusus yang untuk tahun 2020 ini ditetapkan sebesar kurang lebih Rp8,3 triliun di mana ham

Sabtu, 22 Feb 2020 16:00Berita Sumut

Polisi Ungkap Identitas Jasad Wanita yang Ditemukan Membusuk di Asahan

Tim Inafis Polres Simalungun membantu personil Polsek Mandoge mengungkap identitas sesosok mayat wanita Mrs. X dengan bersama-sama mendatangi Rumah Sakit Umum Djasamen Saragih pada Sabtu (22/02/2020) sekira pukul 09.00 wib.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:37Berita Sumut

Resmikan Ruang Fitnes, Pangdam Harapkan SDM Rindam I/BB Kian Unggul

Resimen Induk Kodam I/Bukit Barisan (Rindam I/BB) merupakan kawah candradimuka pembentukan Prajurit TNI yang memiliki keunggulan fisik dan tangguh daya juangnya.

Sabtu, 22 Feb 2020 14:14Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pendidikan Pertama Bintara PK Tahun 2019

Pada Penutupan Pendidikan Pertama Bintara PK tahun 2019 Pangdam I/BB dalam amanatnya menyampaikan, selamat dan sukses kepada para Bintara remaja atas keberhasilan yang telah kalian capai dan mampu menyelesaikan pendidikan pertama Bintara TNI AD tahun angg

Sabtu, 22 Feb 2020 13:57Nasional

Sergap Kapal Penyelundup Narkoba di Riau, TNI AL Sita 11 Kg Sabu dan 63 Ribu Butir Ekstasi

Personil Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai Pangkalan TNI Angkatan Laut Satu (Lantamal I) Belawan, menyergap kapal penyelundup narkoba di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Jum’at, (21/2). Dalam penyergapan ini, petugas TNI AL meringkus 2 or

Sabtu, 22 Feb 2020 12:45Berita Sumut

Satnarkoba Polres Sergai Kembali Sisir Desa Nagur

Untuk yang ketiga kalinya, tim Satnarkoba Polres Serdang Bedagai menyisir kembali kampung narkoba di Dusun I, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (21/2/2020).

Sabtu, 22 Feb 2020 12:30Berita Sumut

Ini Jumlah Peserta SKD CPNS Kejaksaan RI di Kejati Sumut yang Melewati Ambang Batas

Pelaksanaan Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kejaksaan RI Formasi Tahun 2019 Wilayah Kejati Sumut berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Hotel Garuda Plaza Medan, Jalan Sisingamangar

Sabtu, 22 Feb 2020 12:15Berita Sumut

Turnamen Daihatsu Astec Open Kembali Hadir di Medan

Setelah sukses digelar tahun lalu, turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open (DAO), akan kembali hadir di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dijadwalkan DAO 2020 akan dihelat di Gedung PBSI Sumut, Jalan William Iskandar, Medan, pada 25-29 Februari 2020.

Sabtu, 22 Feb 2020 12:00Berita Sumut

Pengcab Forki Medan Gelar Raker

Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Olah Raga Karate Indonesia (FORKI) Kota Medan periode 2019-2023, menggelar rapat kerja (Raker) terbatas pengurus di Aula Medan Club Jalan RA Kartini Medan, Jumat (21/2). Raker ini diharapkan dapat membuat program pembina

Sabtu, 22 Feb 2020 11:45Berita Sumut

FSMI Akan Tetap Monitor Kasus Mega Korupsi di Negeri Ini

Banyaknya kasus-kasus besar terkait korupsi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara masih banyak yang belum dituntaskan dan terkesan supremasi penegakan hukum masih tebang pilih dalam memberantas korupsi di Negeri ini. Banyaknya misteri-misteri hukum ya

Sabtu, 22 Feb 2020 11:40Berita Sumut

Pengalihan Program Taspen Dijamin Tak Turunkan Manfaat

Direktur Rencana Strategis dan TI BPJAMSOSTEK Sumarjono mengatakan pengalihan program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) dari PT Taspen ke BPJAMSOSTEK dijamin tidak akan menimbulkan pengurangan atau kerugian manfaat pada pesertanya.