• Home
  • Berita Sumut
  • Kepala LAB IPA Martubung Kaitkan Rubuhnya Atap Lab Dengan Putingbeliung

Sidang Lanjutan Korupsi IPA Martubung,

Kepala LAB IPA Martubung Kaitkan Rubuhnya Atap Lab Dengan Putingbeliung

Faeza Kamis, 06 Desember 2018 20:26 WIB
Mtc/ist
Kepala IPA Martubung, Adi Supratman tidak mengetahui secara persis pelaksanaan teknis proyek EPC meski terdaftar sebagai anggota pokja dalam proses tender tersebut. Bahkan dalam persidangan tersebut ia menyebutkan penyebab rubuhnya atap di Laboratorium di
MATATELINGA, Medan: Kepala IPA Martubung, Adi Supratman tidak mengetahui secara persis pelaksanaan teknis proyek EPC meski terdaftar sebagai anggota pokja dalam proses tender tersebut. Bahkan dalam persidangan tersebut ia menyebutkan penyebab rubuhnya atap di Laboratorium di IPA Martubung dikait-kaitkan dengan peristiwa angin puting beliung yang terjadi sebulan lalu.


Hal ini terungkap dalam proses persidangan kasus perkara dugaan korupsi proyek pembangunan Engginering Procurement Contruction (EPC) pembangunan IPA Martubung, PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, senilai Rp58 miliar pada 2012, dengan terdakwa Staf Keuangan Promits LJU Flora Simbolon dan  Ir M Suhairi MM selaku PPK PDAM Tirtanadi Sumut, yang disidangkan dalam berkas terpisah berlangsung di ruang Cakra 9, Kamis (6/12/2018).

Masih dalam persidangan itu ia juga mengatakan kalau proyek EPC adanya ikut campur dari Azzam Rizal selaku Direktur Utama sehingga memenangkan KSO Promits Lju. Namun sama halnya ketika jaksa ingin memastikan rubuhnya atap di Laboratorium IPA Martubung karena faktor alam atau adanya kelalaian dalam pengerjaan proyek, Adi menegaskan hanya mengkaitkannya saja dan mengaku tidak tahu atap tersebut masuk dalam kategori milestone berapa. 


Begitu juga soal keterlibatan Azzam yang sudah dipenjara ketika proyek IPA Martubung, ia pun berargumen bahwa hal itu kewenangan Pimpro (PPK) berikut unsur Direksi PDAM Tirtanadi Sumut

Hal yang mengejutkan dalam persidangan saat keterangan Sulaiman selaku Anggota Pokja Lelang/Tender Proyek EPC yang kini menjabat Kabag hublang PDAM Tirtanadi Cabang Medan Labuhan yang mengaku tidak mengerti soal proyek. 

Ia pun mengatakan juga belum memiliki sertifikat keahlian dibidang pengadaan barang dan jasa sesuai surat edaran 14A tentang pedoman pekerjaan epc pdam tirtanadi akan tetapi menurut kesaksian dan tetap menjalan tugas sebatas administrasi yakni mencatat surat masuk dan keluar saja.

Semula 5 perusahaan yang mendaftar sebagai peserta lelang. Setelah dievaluasi, empat perusahaan yang memenuhi syarat berdasarkan penilaian. spesifikasi keahlian. nilai kapabilitas peserta lelang aanwijzing di kantor dan lapangan. tidak ikut. Kerjasama Operasi (KsO) PT Promit-LJU. 

Keterangan Berbeda

Fakta lainnya terungkap, saksi mengakui bahwa masalah limit waktu pengurusan izin ke sejumlah instansi terkait ada dimasukkan dalam lelang. Berbeda dengan keterangan saksi-saksi terdahulu yang menyebutkan, soal perizinan tidak ada dibahas dalam lelang.

Siapa nantinya yang keluar sebagai pemenang lelang adalah pihak yang bertanggungjawab . Masalah ada keterlambatan sepenuhnya risiko sepenuhnya rekanan. Harus selesai pengerjaannya. Sanksinya bisa didenda. Sebab proyek ini menggunakan metode EPC (satu kesatuan).

Fakta menarik lainnya terungkap,  saksi tidak dapat menerangkan mengapa justru KsO PT Promit-LKU yang keluar sebagai pemenang tender. Padahal Panitia Lelang di dalamnya juga terdapat Pokja dan 2 tenaga ahli telah memiliki pola klasifikasi. Angka 75 artinya si peserta lelang lebih memahami pekerjaan pipanisasi di Martubung. Sementara KsO PT Promits-LJU jauh di bawah angka penilaian 75.

"Seingat saya PT Promits punya pengalaman proyek IPA di Kalimantan 50 liter/detik. Sedangkan proyek di Martubung debit airnya 200 liter/detik,"  urainya.

Sama halnya dengan Ariyanto Danun Joyo sebagai Ahli dalam proses sedimentasi air dan Bayu sebagai Ahli administrasi sipil mengaku hanya dalam proses lelang dan tidak terlibat langsung dalam proyek.

Sedangkan anggota pokja lainnya, Sorimuda Siregar mengatakan bahwa ini hanya kesalahan administrasi atau kekhilafan saja. Setelah memeriksa kelima saksi untuk terdakwa Flora kemudian dengan pemeriksaan lanjutan untuk terdakwa Suhairi.(mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:flora simbolonKejari BelawanMatatelingaPN MedanSumutTerkiniTraveloka
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,