• Home
  • Berita Sumut
  • Kerja Sama dan Infrastruktur Kunci Keberhasilan Pembangunan Nias

Kerja Sama dan Infrastruktur Kunci Keberhasilan Pembangunan Nias

Amr/rel Senin, 16 April 2018 19:55 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Kerja sama dan infrastruktur adalah faktor utama yang paling menentukan keberhasilan pembangunan di Nias. Apalagi, Nias merupakan daerah yang kaya dengan berbagai potensi.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Malam Pesona Budaya Kabupaten Nias di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 47 Tahun 2018, Minggu malam (15/4/2018).

Menurut Wagubsu, Kabupaten Nias dan Kepulauan Nias secara keseluruhan merupakan daerah yang kaya dengan berbagai potensi. Mulai dari potensi alam yang berlimpah, potensi wisata termasuk sejumlah pantai yang indah dan diakui dunia, jejak sejarah yang menarik untuk diteliti, dan keindahan seni budaya termasuk lompat batu yang sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

"Untuk Kabupaten Nias, sebetulnya tidak ada perbedaan dengan 3 kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kepulauan Nias. Hanya saja kontur tanahnya yang sedikit agak ekstrim, sehingga baru diperbaiki longsor lagi, begitu terus. Ini lah salah satu penyebab infrastruktur di Kabupaten Nias kurang begitu baik sampai sekarang," ungkapnya.

Untuk menyelesaikan permasalahan itu, Wagubsu menyampaikan bahwa Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah mempersiapkan kerja sama dengan pihak luar negeri khususnya Singapura, China, dan Korea untuk membantu pembangunan infrastruktur di Kabupaten/Kota Sumut, termasuk Kabupaten Nias.

"Selanjutnya, tergantung bagaimana Bapak Bupati dan Bapak Ketua DPRD untuk melaksanakan kerja sama nanti. Sesuai dengan Keppres yang baru saja terbit, kita diperbolehkan untuk mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak lain sepanjang tidak merugikan kedaulatan dan tidak merugikan rakyat," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah juga mengapresiasi keindahan pesona seni budaya Kabupaten Nias yang ditampilkan pada Malam Pesona Budaya. "Sungguh meriah pentas Kabupaten Nias malam ini. Saudara kita, anak kita, semuanya hadir. Bagitu juga dengan teman-teman kerja kita, baik anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten, Forkopimda semua hadir. Ini menunjukkan bahwa kita semua cinta seni dan budaya Sumut dan Kabupaten Nias," katanya.

Bupati Kabupaten Nias Drs Shokiatullo Laoli MM setuju dengan Wagubsu khususnya tentang infrastruktur yang tidak memadai dan menjadi kendala perkembangan Kabupaten Nias.

"Kami memahami dan mengetahui bahwa Kabupaten Nias relatif masih tertinggal dibanding dengan daerah-daerah lain yang ada di Provsu. Namun kita terus berjuang agar bagaimana untuk kelima daerah otonom baru yang ada di Kepulauan Nias dan secara khusus Kabupaten Nias tetap kami upayakan supaya tidak tertinggal dan tidak terisolasi," ungkap Shokiatullo.

Shokiatullo mengesalkan infrastruktur yang tidak memadai ini berdampak pada terhambatnya minat asing untuk melakukan investasi. Meskipun demikian, kurangnya investor tidak menjadi kendala untuk melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur.

Dijelaskannya, dua tahun belakangan ini, ada banyak kemajuan infrastruktur khususnya di sektor energi dan transportasi. "Bandara Binaka, selaku kita benahi dan perbaiki. Saat ini panjang landasannya sudah mencapai hingga 2250 meter. Tidak hanya itu, rencananya tahun depan, pesawat besar akan bisa mendarat di Bandara Binaka langsung dari Jakarta ke Nias," ujar Shokiatullo.

Shokiatullo kemudian mengucapkan terima kasih pada hadirin yang telah meramaikan Malam Pesona Budaya Kabupaten Nias. "Kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Nias memohon maaf kepada Bapak dan Ibu sekalian yang tidak mendapat tempat duduk. Ternyata pada malam ini, tampak bagi kita semua bahwa kerinduan kita terhadap seni budaya Nias masih terus bergelora," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Nias Aroziduhu Waruwu SH MH, Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli Spd, beberapa Anggota DPRD Provinsi, Ketua BNNK Gunungsitoli Komandan AKBP Faduhusi Zendrato SH MH, Ketua Yasayan PRSU Nuzirwan Lubis, Pimpinan OPD Provinsi Sumut dan Kabupaten Nias, Tokoh masyarakat, agama, adat, dan masyarakat umum.

Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Selasa, 25 Sep 2018 09:45Berita Sumut

Keindahan Danau Toba Kini Bisa Dinikmati Lewat Google Street View

Menyambut Hari Pariwisata Dunia 27 September 2018 Layanan Google Street View Special Collect Danau Toba resmi diluncurkan di Hotel Niagara, Kabupaten Simalungun hari ini 25/7. Grand Launching ini dihadiri oleh petinggi Google Asia Pacific maupun Google In

Selasa, 25 Sep 2018 09:30Berita Sumut

Kaca Mobil Dipecah Saat Tambal Ban, Amirullah Kehilangan Rp 75 Juta

Pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil saat sedang menambal ban terjadi di kota Kisaran,Senin (24/9/2018) sekira pukul 11.30 Wib di jalan Jend.A.Yani Kelurahan Sendang Sari Kisaran Barat, tepatnya di bengkel Sumber Hdup.

Selasa, 25 Sep 2018 09:09Nasional

Pesan Tiket di Lion Air, Ternyata Dapat 'Bangku Tempel'

Seorang pengguna jasa maskapai Lion Air, Satwika mendadak viral setelah meluapkan kekesalannya atas pelayanan maskapai tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Selasa, 25 Sep 2018 07:06Bola

Jagan Lupa Saksikan Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs China

Turnamen segitiga ini sengaja digelar sebagai pemanasan jelang Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar di Indonesia. Karena itu, turnamen tersebut sangat penting bagi Garuda Asia untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

Selasa, 25 Sep 2018 06:42Bola

Kenapa Dua Megabintang Tidak Hadir Malam Penghargaan...?

Memilih absen dari malam penghargaan The Best FIFA Football Awards 2018 di London, Inggris yang dilakukan dua megabintang sepakbola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keputusan tersebut mengundang kritik dari berbagai pihak, terutama pelaku sepakbola

Selasa, 25 Sep 2018 05:21Nasional

Cara Perindo Tangkal Money Politic & Hoaks

Partai Perindo menyebar satgas khusus untuk menangkal kampanye hitam. Ketua DPP Partai Perindo, Dwi Badarmanto mengatakan, Partai Perindo berkomitmen memerangi segala bentuk kampanye hitam yang dapat mencederai pemilu serentak.

Senin, 24 Sep 2018 20:56Berita Sumut

KTP Warga Medan Perjuangan Tak Kunjung Selesai

Masyarakat mengeluhkan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kecamatan Medan Perjuangan. Selain merasa dipersulit, warga juga merasa heran pengurusan KTP bisa lama sekali bahkan sampai beberapa tahun tidak kunjung selesai

Senin, 24 Sep 2018 20:52Nasional

Panglima TNI : Prajurit TNI-Polri Harus Dapat Meredam Isu Jelang Pemilu 2019

Dalam rangka mengantisipasi upaya-upaya yang memecah belah bangsa melalui berbagai isu-isu yang tidak bertanggung jawab dan dapat mengancam stabilitas nasional menjelang Pemilu 2019, seluruh prajurit TNI-Polri tidak boleh terbawa arus tersebut dan harus d

Senin, 24 Sep 2018 19:31Berita Sumut

Dampak Permen Soal Alat Tangkap Ikan, 400 ABK di Belawan Menganggur

Sebanyak 400 orang ABK (Anak Buah Kapal) ikan pukat teri yang berpangkalan di Sundari Jalan TM Pahlawan Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan menjadi pengangguran akibat dampak Permen 71.

Senin, 24 Sep 2018 19:08Berita Sumut

Kapolres Nisel Pimpin Sertijab Kapolsek Pulau-Pulau Batu

Polres Nias Selatan menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Pulau-Pulau Batu (Tello) di Aula Simuk Polres Nias Selatan, Jalan Moh. Hatta, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara Senin (24/09) siang. Bertindak selaku inspektu

Senin, 24 Sep 2018 18:33Berita Sumut

DPRD Medan Minta Walikota Bongkar Bangunan di Merdeka Walk

DPRD Kota Medan meminta agar Walikota Dzulmi Eldin bertindak tegas membongkar bangunan di seputaran lapangan Merdeka Medan. Pasalnya, keberadaan bangunan restoran dan cafe ditegarai merusak taman ruang terbuka hijau (RTH).

Senin, 24 Sep 2018 18:10Berita Sumut

Sistem Informasi Gistaru Diluncurkan untuk Tingkatkan Kualitas Tata Ruang

Untuk meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional telah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (Gistaru) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang

Senin, 24 Sep 2018 17:56Berita Sumut

Lagi, Pos Lantas dan Papan Reklame di Medan Belawan Ditertibkan

Pemko Medan kembali melanjutkan penataan di Kecamatan Medan Belawan dengan menurunkan tim gabungan, Senin (24/9). Papan reklame bermasalah dan bangunan kios tanpa izin yang di bangun di atas parit maupun pinggiran rel kereta api yang selama ini membuat ke

Senin, 24 Sep 2018 17:39Berita Sumut

Karo Humas Setdaprovsu: Mari Sukseskan MTQN XXVII di Sumut

Seluruh masyarakat dan pihak terkait diajak untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXVII tahun 2018 yang akan digelar 4-13 Oktober 2018 di Medan dan Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Karena, MT

Senin, 24 Sep 2018 17:05Berita Sumut

Harga Cabai Mulai Pulih, Sumut Berpeluang Deflasi

Sempat bertahan diatas 35 ribu per kg lebih dari sepekan, harga cabai merah mulai berangsur mengalami pemulihan. Kini cabai merah dijual sekitar Rp 30 ribu per kg. Ada penurunan yang sangat tajam dibandingkan harga menjelang akhir pekan lalu yang sempat b

Senin, 24 Sep 2018 16:40Berita Sumut

Kader PKK Binjai Dibekali Peningkatan Kesadaran Bela Negara

Peningkatan kesadaran bela negara diharapkan mampu meningkatkan dan memantapkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran bela negara, dengan tujuan agar nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, be