• Home
  • Berita Sumut
  • Ketua MPW PP Sumut : Pemuda Pancasila Harus Bersatu, Kita harus Bisa Baca Kemana Arah Ketua Umum

Menhan Beri Arahan untuk Ribuan Kader PP di Medan

Ketua MPW PP Sumut : Pemuda Pancasila Harus Bersatu, Kita harus Bisa Baca Kemana Arah Ketua Umum

Amrizal Sabtu, 16 Maret 2019 21:08 WIB
mtc/ist
Ribuan Kader Pemuda Pancasila Sumatera Utara menghadiri Apel Siaga dan Seminar Bela Negara yang diselenggarakan di Regale Convention Center Jalan Adam Malik Medan, Sabtu 16 Maret 2019.
MATATELINGA, Medan: Ribuan Kader Pemuda Pancasila Sumatera Utara menghadiri Apel Siaga dan Seminar Bela Negara yang diselenggarakan di Regale Convention Center Jalan Adam Malik Medan, Sabtu 16 Maret 2019.


Seminar bela negara diawali dengan Apel Siaga, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal Purnawirawan Ryamizard Ryacudu sebagai narasumber didampingi Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara Kodrat Shah melakukan pemeriksaan pasukan yang digelar di halaman Regale Convention Center.

Selain ribuan kader Pemuda Pancasila, tampak hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajek Shah, Sekjen MPN PP Arif Rahman, Kakanwil Kemenhan Sumut Kolonel Infanteri Nazar Mulyadi, mewakili Pangdam I Bukit Barisan Kolonel Tedi Halilintar, Sekretaris MPW PP Sumut Ali Madhy, Forkompida Sumatera Utara, Pengurus MPW PP Sumut, Pengurus Srikandi Sumut, Pengurus dan Kader Sapma PP Sumut, Pengurus MPC dan PAC se-Sumatera Utara.


Dalam sambutannya Ketua MPW PP Sumut Kodrat Shah berterima kasih kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu atas kesediaannya memberikan arahan tentang Bela Negara untuk membangkitkan semangat bela Negara di kalangan Kader Pemuda Pancasila karena hari ini sudah mulai muncul musuh utama Pemuda Pancasila yaitu paham Komunis.

"Kita harus siap setiap saat untuk menghadapi itu, apapun taruhannya, nyawa sekalipun kita harus siap," tegas Kodrat Shah.

Kodrat Shah juga menghimbau agar di tahun politik ini, Pemuda Pancasila bersatu tidak boleh terpecah belah.

"Kita harus bisa membaca kemana arah Ketua Umum kita, kita harus patuh dan loyal pada pimpinan kita," tambah Kodrat Shah.

Sementara Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam kuliah umumnya menyampaikan tentang pentingnya membela negara dari ancaman nyata paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila yang mengancam keutuhan NKRI dan Ideologi Pancasila.


Ryamizard mengatakan TNI dan juga semangat masyarakat membela tanah air adalah tolak ukur dari kekuatan sebuah negara. Ia pun menyinggung tentang 4 faham atau ideologi yang berkembang saat ini di dunia, yaitu Liberal, Sosial, Komunis dan Faham Radikal. Ini semua faham yang diciptakan oleh manusia sedangkan Ideologi Pancasila lahir dari kultur Bangsa Indonesia yang ditemukan hidup dan berkembang ditengah masyarakat

"Saat ini bangsa kita dihadapkan pada ancaman nyata seperti Teroris, Narkoba, Bencana Alam, Pemberontakan Cybercrime, Wabah Penyakit. Mari kita jadikan hal itu sebagai musuh kita bersam, mari kita bersatu menghadapi ancaman itu, jangan malah diantara kita saling berhadap-hadapan dan gontok-gontokan," kata Ryamizard..

Ryamizard juga menyinggung kesamaan antara Pemuda Pancasila yang merupakan adalah anak kandung dari TNI, dimana kita ketahui Pemuda Pancasila didirikan oleh sesepuh TNI seperti AH Nasution, Ahmad Yani dan Gatot Subroto, memiliki kesamaan kesamaan dengan TNI dalam hal Ideologi Pancasila dan NKRI yang merupakan harga mati dan tidak boleh didiskusikan lagi.

"Bersama TNI dan masyarakat, Pemuda Pancasila diminta untuk terus mengawal serta menjaga kedaulatan NKRI dari pihak-pihak maupun paham-paham yang mengganggu kedaulatan NKRI apapun resikonya," tegas Ryamizard.

Ryamizard juga menyampaikan bahwa sebagai Menteri Pertahanan yang bertugas mendesain pertahanan negara yang kemudian dilaksanakan oleh alat pertahanan negara yaitu TNI, didalam menyusun pertahanan negara tidak melulu tentang alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) tetapi yang paling penting adalah kekuatan aksi bela negara yang militan dari seluruh rakyat Indonesia. (mtc/rel)

Editor: Faeza

T#g:Matatelingapemuda pancasilaTerkinibela negaraMenhan
Komentar
Kamis, 20 Jun 2019 13:54Berita Sumut

Penyidikan Dugaan Korupsi DBH dan Disporasu Terkendala Proses Audit

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut belum mampu merampungkan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemkab Labusel dan Labura. Padahal, kedua kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak beberapa bulan lalu.

Kamis, 20 Jun 2019 13:38Berita Sumut

Pijatan Tak Memuaskan, Gio Bunuh Tukang Pijatnya

Seorang pemuda di Deliserdang berinisial GAS alias Gio (18) tega menghabisi nyawa tukang pijat yang juga tetangganya, Arma (56), menggunakan alu. Persoalannya hanya karena pelaku tidak puas dengan pijatan korban.

Kamis, 20 Jun 2019 13:21Berita Sumut

Hendak Berangkat ke Jakarta, Warga Sidempuan Meninggal di Depan Loket Bus

Seorang warga Kecamatan Psp Utara bernama Eddy Nasution (42) meninggal dunia di depan loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Psp Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kamis (20/6/2019) dini hari. Pria yang beralamat di Silayang-la

Kamis, 20 Jun 2019 13:08Berita Sumut

Jajaran Pemkab Sergai Halal bi Halal dengan Warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menggelar acara halal bi halal dengan warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan, Rabu (19/6/2019). Halal bi halal yitu langsung dihadiri Bupati Sergai Soekirman dan wakilnya Darma Wijaya.

Kamis, 20 Jun 2019 12:56Berita Sumut

Sesak Napas, Calon Penumpang ini Mendadak Tewas di Loket Bus ALS

Salah seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution (42) warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, mendadak meninggal dunia di loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Se

Kamis, 20 Jun 2019 12:40Berita Sumut

Kejari Batubara Terkejut Saksi 02 Berstatus Terdakwa Beri Keterangan di MK

Kejaksaan Negeri Batubara mengaku terkejut atas kehadiran Rahmadsyah Sitompul yang dihadirkan pemohon pada persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pasalnya, Rahmadsyah merupakan terdakwa dalam kasus UU ITE yang ditangani oleh

Kamis, 20 Jun 2019 08:15Ekonomi

Kehadiran Maskapai Asing, Belum Tentu Harga Tiket Pesawat Turun

Kehadiran maskapai asing di penerbangan Indonesia merupakan salah satu opsi untuk menurunkan

Kamis, 20 Jun 2019 08:00Internasional

Atas Pembunuhan Khashoggi, Putra Mahkota Saudi Harus Diselidiki

Penyelidik PBB mengatakan bahwa ada bukti kredibel bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Jun 2019 07:45Nasional

Netizen Bercibir Usai Sepeda Motor Beratap Payung, Viral

Ada saja inovasi unik yang dibuat orang Indonesia. Salah satunya yang sedang viral adalah sepeda motor beratap

Kamis, 20 Jun 2019 07:30Ekonomi

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Perbankan

Atas dasar pertimbangan perang dagang yang mempengaruhi pasar global dan berimbas pada ekspor

Kamis, 20 Jun 2019 07:15Bola

Main Bareng Mbappe dan Pogba di Madrid, ini Komentar Ferland Mendy

Pemain anyar Real Madrid, Ferland Mendy, ikut mengomentari rumor kehadiran dua kompatriotnya

Kamis, 20 Jun 2019 07:00Lifestyle

Ini Keistimewaan Shalat Sunah 8 Rakaat di Bulan Syawal dan Berikut Tata Caranya

Rangkaian ibadah yang ada dari bulan ramadan sampai bulan syawal ini mempunyai fadhilah dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT

Kamis, 20 Jun 2019 06:45Bola

Arsenal Wajib Jual 3 Pemainnya ini, Termasuk Mesut Ozil

Legenda Arsenal, Charlie Nicholas, memberikan saran kepada mantan klubnya untuk memilih siapa saja

Kamis, 20 Jun 2019 06:30Nasional

3% Angota TNI Terpengaruh Paham Radikalisme, ini Kata Pengamat

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu menyebut ada sekira tiga persen anggota TNI

Kamis, 20 Jun 2019 06:15Nasional

Gempa 6,3 SR Guncang Papua

Daerah Mamberamotengah, Papua, diguncang gempa dengan kekuatan 6,3 magnitudo

Kamis, 20 Jun 2019 06:00Lifestyle

Ini Dahsyatnya Manfaat Wudhu, Selain untuk Bersuci Sebelum Shalat

Apakah wudhu bagimu hanya cuci cepat sebelum shalat? Maka inilah saatnya untuk belajar tentang manfaat luar biasa dari wudhu untuk kehidupan ini dan selanjutnya