• Home
  • Berita Sumut
  • Ketua MPW PP Sumut : Pemuda Pancasila Harus Bersatu, Kita harus Bisa Baca Kemana Arah Ketua Umum

Menhan Beri Arahan untuk Ribuan Kader PP di Medan

Ketua MPW PP Sumut : Pemuda Pancasila Harus Bersatu, Kita harus Bisa Baca Kemana Arah Ketua Umum

Amrizal Sabtu, 16 Maret 2019 21:08 WIB
mtc/ist
Ribuan Kader Pemuda Pancasila Sumatera Utara menghadiri Apel Siaga dan Seminar Bela Negara yang diselenggarakan di Regale Convention Center Jalan Adam Malik Medan, Sabtu 16 Maret 2019.
MATATELINGA, Medan: Ribuan Kader Pemuda Pancasila Sumatera Utara menghadiri Apel Siaga dan Seminar Bela Negara yang diselenggarakan di Regale Convention Center Jalan Adam Malik Medan, Sabtu 16 Maret 2019.


Seminar bela negara diawali dengan Apel Siaga, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal Purnawirawan Ryamizard Ryacudu sebagai narasumber didampingi Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara Kodrat Shah melakukan pemeriksaan pasukan yang digelar di halaman Regale Convention Center.

Selain ribuan kader Pemuda Pancasila, tampak hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajek Shah, Sekjen MPN PP Arif Rahman, Kakanwil Kemenhan Sumut Kolonel Infanteri Nazar Mulyadi, mewakili Pangdam I Bukit Barisan Kolonel Tedi Halilintar, Sekretaris MPW PP Sumut Ali Madhy, Forkompida Sumatera Utara, Pengurus MPW PP Sumut, Pengurus Srikandi Sumut, Pengurus dan Kader Sapma PP Sumut, Pengurus MPC dan PAC se-Sumatera Utara.


Dalam sambutannya Ketua MPW PP Sumut Kodrat Shah berterima kasih kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu atas kesediaannya memberikan arahan tentang Bela Negara untuk membangkitkan semangat bela Negara di kalangan Kader Pemuda Pancasila karena hari ini sudah mulai muncul musuh utama Pemuda Pancasila yaitu paham Komunis.

"Kita harus siap setiap saat untuk menghadapi itu, apapun taruhannya, nyawa sekalipun kita harus siap," tegas Kodrat Shah.

Kodrat Shah juga menghimbau agar di tahun politik ini, Pemuda Pancasila bersatu tidak boleh terpecah belah.

"Kita harus bisa membaca kemana arah Ketua Umum kita, kita harus patuh dan loyal pada pimpinan kita," tambah Kodrat Shah.

Sementara Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam kuliah umumnya menyampaikan tentang pentingnya membela negara dari ancaman nyata paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila yang mengancam keutuhan NKRI dan Ideologi Pancasila.


Ryamizard mengatakan TNI dan juga semangat masyarakat membela tanah air adalah tolak ukur dari kekuatan sebuah negara. Ia pun menyinggung tentang 4 faham atau ideologi yang berkembang saat ini di dunia, yaitu Liberal, Sosial, Komunis dan Faham Radikal. Ini semua faham yang diciptakan oleh manusia sedangkan Ideologi Pancasila lahir dari kultur Bangsa Indonesia yang ditemukan hidup dan berkembang ditengah masyarakat

"Saat ini bangsa kita dihadapkan pada ancaman nyata seperti Teroris, Narkoba, Bencana Alam, Pemberontakan Cybercrime, Wabah Penyakit. Mari kita jadikan hal itu sebagai musuh kita bersam, mari kita bersatu menghadapi ancaman itu, jangan malah diantara kita saling berhadap-hadapan dan gontok-gontokan," kata Ryamizard..

Ryamizard juga menyinggung kesamaan antara Pemuda Pancasila yang merupakan adalah anak kandung dari TNI, dimana kita ketahui Pemuda Pancasila didirikan oleh sesepuh TNI seperti AH Nasution, Ahmad Yani dan Gatot Subroto, memiliki kesamaan kesamaan dengan TNI dalam hal Ideologi Pancasila dan NKRI yang merupakan harga mati dan tidak boleh didiskusikan lagi.

"Bersama TNI dan masyarakat, Pemuda Pancasila diminta untuk terus mengawal serta menjaga kedaulatan NKRI dari pihak-pihak maupun paham-paham yang mengganggu kedaulatan NKRI apapun resikonya," tegas Ryamizard.

Ryamizard juga menyampaikan bahwa sebagai Menteri Pertahanan yang bertugas mendesain pertahanan negara yang kemudian dilaksanakan oleh alat pertahanan negara yaitu TNI, didalam menyusun pertahanan negara tidak melulu tentang alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) tetapi yang paling penting adalah kekuatan aksi bela negara yang militan dari seluruh rakyat Indonesia. (mtc/rel)

Editor: Faeza

T#g:Matatelingapemuda pancasilaTerkinibela negaraMenhan
Komentar
Jumat, 26 Apr 2019 20:54Berita Sumut

Ibu Mana Yang Tega Membuang Orok Bayi Dalam Parit

Puluhan warga Jalan Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas berbondong bondong melihat dengan penemuan sesosok mayat orok bayi perempuan di dalam parit, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 20:34Berita Sumut

Eldin Harapkan Kesejahteraan Buruh Meningkat Dengan Baik

Sumatera Utara khususnya Kota Medan merupakan salah satu Provinsi yang mendapat penghargaan anugerah keselamatan dan kesehatan kerja. Ini semua merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus bersinergi untuk menciptakan atmosfer kerja yang terbaik.

Jumat, 26 Apr 2019 20:19Berita Sumut

Pak Wakil Bupati Asahan...Sudah Bolehkah Truck Tronton Bermuatan Non Sembako Masuk Kota ?.

Peraturan Bupati Asahan yang kala itu masih di jabat oleh Almarhum Taufan Gama Simatupang, sudah melarang segala jenis kendaraan berat bermuatan non sembako memasuki inti kota Kisaran, namun peraturan yang dibuat senantiasa tidak diindahkan oleh Dinas Per

Jumat, 26 Apr 2019 20:04Berita Sumut

Tipu Mahasiswa Mau Pergi Study Banding, Indra Mendekam di Jeruji Besi

Ahmad Indra Batubara (48) warga Jalan Prona I, Kelurahan Petapahan Lubukpakam ditangkap personel Polsek Medan Baru.

Jumat, 26 Apr 2019 19:46Nasional

CPNS Bakamla Terima Wawasan Pelatihan Dasar Militer

Personel dan CPNS Bakamla yang terlihat bugar dan berkeringat, berkumpul di tribun Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 19:29Berita Sumut

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Berm

Jumat, 26 Apr 2019 19:13Berita Sumut

Sumatera Barat Expo 2019 Akan Diadakan di Medan

ali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Ir Khairul Syahnan menerima kunjungan dari Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/4). Maksud kunjungan Pemerintah Provinsi Sumat

Jumat, 26 Apr 2019 18:55Berita Sumut

Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik, Akhyar Paparkan Hal Ini

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (FT-UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (26/4/2019). Seminar Nasional T

Jumat, 26 Apr 2019 18:40Berita Sumut

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi

Jumat, 26 Apr 2019 18:24Berita Sumut

MIS Open 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Tangguh & Handal

Sebanyak 386 peserta dari 33 club sepatu roda di Indonesia di Indonesia ditambah 44 peserta dari India mengikuti kejuaraan Indonesia Roller Sport Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lintasan Sepatu Roda Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata

Jumat, 26 Apr 2019 18:09Berita Sumut

Jajaran Kepolisian di Sumut Siap Amankan May Day 2019

Jajaran kepolisian di Sumatera Utara siap mengamankan perayaan hari buruh sedunia (May Day) pada 1 Mei 2019 mendatang. Seluruh polres di Sumut sudah melakukan berbagai persiapan untuk pengamanan perayaan kaum buruh tersebut.

Jumat, 26 Apr 2019 17:46Berita Sumut

Nyaru Jadi Pembeli, Personil Polsek Bandar Pulau Ciduk Pengedar Narkoba

Pedagang narkotika jenis sabhu berinisial ARF alias Andre (29) warga dusun I desa Rahuning kecamatan Rahuning Asahan, ketangkul personil Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan. Dia tertangkap tangan setelah polisi menyaru sebagai pembeli narkotika, Kamis (25/

Jumat, 26 Apr 2019 17:15Ekonomi

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih diman

Jumat, 26 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan DBH PBB, Polda Sumut Periksa Bupati Labura

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Poldasu memeriksa Bupati Labuhan Batu Utara (Labura) Khairuddin Syah Sitorus di Mapolda Sumut, Jumat (26/4/2019). Pemeriksaan diduga sekaitan dengan dugaan penyelewengan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak B

Jumat, 26 Apr 2019 16:00Berita Sumut

Gowes Kasdam I/BB dan Perwira Staf Mantapkan Jiwa Korsa di Antara Prajurit

Setelah cukup lama vakum karena kesibukan proses pengamanan rangkaian Pemilu 2019, Jumat (26/4/2019) pagi, kegiatan Gowes di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan kembali dihelat.

Jumat, 26 Apr 2019 15:45Nasional

Viral, MUI Sorong Desak Ma'ruf Amin Mundur dari Cawapres

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi, Lukmanul Hakim menanggapi viralnya surat terbuka dari Dewan Pimpinan MUI