Serba-serbi Haji,

Kloter VII MES Capai Gua Hira

qoqo Minggu, 25 Agustus 2019 12:10 WIB
Mtc/ist
Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menambah ilmu dan pengalaman tentang sejarah Islam di Makkah. Dengan dipimpin langsung Ketua Kloter H.Syarif Husin beserta TPIHI H.Sarifuddin Daulay, dan H.Amir B Siregar serta TKIHI, tepat jam 7.30 WAS berhasil m
MATATELINGA, Arab Saudi: Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menambah ilmu dan pengalaman tentang sejarah Islam di Makkah.  Dengan dipimpin langsung Ketua Kloter H.Syarif Husin beserta TPIHI H.Sarifuddin Daulay, dan H.Amir B Siregar serta TKIHI, tepat jam 7.30 WAS  berhasil mencapai Gua Hira di Bukit Cahaya (Jabal Nur) pada hari Sabtu 24 Agustus 2019.




Demikian dikatakan Ketua TPHD Sergai Ir H Soekirman yang disampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp saat berada di Gua Hira langsung dari Makkah, Arab Saudi.

Diceritakan Soekirman bahwa setiap Muslim sejak kanak-kanak sudah diajari guru agama bahwa turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW adalah "Iqrak" dan seterusnya yang disampaikan melalui Malaikat Jibril bertempat di puncak Jabal Nur, dimana gua Hira berada.

Dikisahkan dalam sejarah bahwa Rasulullah SAW, gemetar seluruh tubuhnya ketika dipeluk dengan keras oleh malaikat Jibril dan disuruh;  baca! baca ! ... demikian dikisahkan oleh guru agama kepada murid-murid yang beragama Islam, kata Soekirman.

Lebih lanjut dikisahkan oleh Soekirman bahwa kejadian sakral di Gua Hira sekitar 14 abad silam itu yang kini titiknya dikunjungi oleh tim Mes VII diwakili pimpinan tim.




" Kunjungan bersejarah ini sangat disyukuri mengingat tidak semua jemaah berkesempatan untuk mendaki ke puncak baik karena alasan fisik maupun beratnya medan," ujarnya.

Gua Hira di Jabal Nur diperkirakan berjarak 5 km dari kota Makkah dengan ketinggian 700 m dpl. Dari atas akan kelihatan sebagian besar kota Makkah dan Masjidil Haram seperti ikon tower jam raksasa. 

Disini para peziarah didominasi bangsa India, Pakistan, Bangladesh dan Afganistan. Jemaah Indonesia hanya beberapa yang tampak di atas bukit ini ada yang melaksanakan sholat sunat ataupun duduk diantara bebatuan sambil membaca Al-Quran, jelas Soekirman.

Ditambahkannya, dan meskipun tempat ini bersejarah dan sakral yang bagi sebahagian jemaah adalah impian untuk dikunjungi. Akan tetapi, Pemerintah Arab Saudi tidak merawat tempat ini sehingga terkesan kumuh dan banyak sampah plastik.

Untuk mencapai tempat tersebut dari mulai naik dan turun ke Gua Hira diperlukan waktu sekitar 2,5 jam. Jalan terjal dan berbatu serta ramainya peziarah memerlukan kehati-hatian, terangnya.

Timbang Bagasi

Sedangkan pada H-4 sebelum kembali ke tanah air, dengan dikoordinir Karom I H.Jairan S.Sos.I dilakukan penimbangan bagasi. Dengan cara mengunjungi setiap kamar di maktab 117 Rehab al Mahabba hotel setiap koper milik jemaah di timbang. 

Setelah dicatat berat bagasi lantas diberi tahukan kepada pemilik bahwa batas berat per koper warna oranye 32 kg. Dengan demikian diharapkan jemaah terhindar dari "over weight" bagasi yang beresiko dibongkar maskapai penerbangan dan kelebihan barang akan di tinggal di embarkasi King Abdul Azis Jeddah. 

Oleh karenanya, setiap pertemuan selalu diingatkan kepada jemaah bahwa barang bawaan hanya diwadahi di kopor besar berat 32 kg dan koper sedang masuk ke kabin 7 kg, serta tas paspor yg tergantung di leher. 

" Dilarang memasukkan air zamzam kedalam bagasi, karena akan dibawa tersendiri oleh maskapai dan setiap jemaah akan mendapat 5 liter diterima di asrama haji di Medan," Demikian kegiatan menjelang kembali ketanah air.

 Saat ini jemaah masih ada yang memanfaatkan waktu untuk umroh sunat, maupun tawaf sunat di Masjidil Haram, mengisi hari yang ada untuk selalu dimanfaatkan sebanyaik-banyaknya beribadah. 

Kegiatan akhir dari rangkaian haji adalah tawaf wa'dah (perpisahan) dengan Kabah yang direncanakan Insya Allah hari Senin dan selasa, lusa. Demikian dilaporkan Ketua TPHD Sergai H.Ir.Soekirman
Editor: faeza

T#g:blibliKloter VII MES Capai Gua HiraMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPemkab SergaiTerkiniTravelokaEmbarkasi Medanjamaah hajisergai
Komentar
Kamis, 19 Sep 2019 21:08Internasional

Ini Target Petrucci di 6 Balapan Tersisa MotoGP 2019

Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci, membeberkan targetnya di enam balapan tersisa MotoGP 2019. Ia bertekad mempertahankan posisinya di klasemen pembalap MotoGP 2019 hingga akhir musim.

Kamis, 19 Sep 2019 20:41Berita Sumut

Cuaca Buruk, Seratusan Kapal Ikan Tak Pergi Melaut

Seratusan kapal ikan yang berpangkalan di gudang PPSB Gabion Belawan dan di Belawan Lama serta di Sei Deli tidak melaut akibat situasi laut tidak memungkinkan untuk mencari ikan.

Kamis, 19 Sep 2019 20:16Berita Sumut

Ini Dia Pemenang Lomba PBB Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A"

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah secara resmi menutup lomba PBB memperebutkan Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A" di Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 20:01Berita Sumut

Komandan Kodim Gelar Komsos Dengan Koramil 10/ML

Komandan Kodim 0201/BS, Kol Inf. Roy Hamsen, J. Sinaga, S.Sos melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) Koramil 10/ML, dalam rangka perencanaan dan persiapan renovasi total kantor Koramil 10/ML, Kamis (19/09/2019) di Kantor Koramil 10/ML Pasar V Marelan, Medan

Kamis, 19 Sep 2019 19:34Berita Sumut

Mayat Pria Bertato Tewas Diduga Terjatuh dari Tower

Pria ini diduga hendak mencuri diatas tower, pria bertato naga di kakinya ditemukan dalam keadaan tewas di bawah tower Indosat, persis di samping PT Trakindo, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Timbang Deli Medan Amplas.

Kamis, 19 Sep 2019 19:23Berita Sumut

Cegah ISPA, Bupati Asahan dan Waka Polres Asahan Bagikan Masker

Bupati Asahan H.Surya bersama kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr.Aris Yudhariansyah MM , Waka Polres Asahan Kompol M.Taufik serta Kasat Lantas AKP.Rusbeny membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan raya yang melintasi jalan HOS.Cokroaminot

Kamis, 19 Sep 2019 19:19Berita Sumut

M Husni : Gemapanitra Kota Medan Lahirkan Pramuka Yang Kuat, Kreatif dan Berkarakter

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan melalui Dewan Kerja Cabang menggelar Gebyar Pramuka Penegak dan Pendega Putra Putri (Gemapanitra) Kota Medan di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 18:23Berita Sumut

Kasus Dugaan Ijazah Palsu KS Masih Tahap Lidik

Kasus dugaan ijazah palsu milik salah seorang anggota DPRD Sumur, KS, yang ditangani Polda Sumut masih tahap lidik. Hal itu dikatakan Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Kamis, 19 Sep 2019 17:47Berita Sumut

Siswa Bolos Terjaring Tim Razia Kasing Sayang

Menyikapi banyaknya anak sekolah yang bolos pada jam belajar, Polsek Sunggal dengan pihak Kecamatan Medan Selayang dan Koramil 07/MT menggelar acara razia kasih sayang dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta membina para siswa dan s

Kamis, 19 Sep 2019 17:25Berita Sumut

BI dan Pemko Binjai Resmikan Kandang Sapi Komunal

Wali kota Binjai H.M.Idaham, SH, M.Si bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan bangunan kandang komunal sapi bantuan Program Sosial BI yang diberikan kepada kelompok tani Harapan Tani bertempat

Kamis, 19 Sep 2019 16:17Nasional

Panglima TNI Ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman

Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74 tahun 2019, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto melaksanakan ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN

Kamis, 19 Sep 2019 16:01Berita Sumut

Polisi Ungkap Sindikat Pengemis yang Eksploitasi Anak di Medan

Sebanyak 20 orang anak-anak diamankan personil Polsek Medan Helvetia. Puluhan anak ini diduga dieksploitasi untuk dijadikan pengemis di Medan. Puluhan anak-anak ini diamankan dari sejumlah persimpangan lampu merah di Medan. Polisi juga mengamankan 5 orang

Kamis, 19 Sep 2019 15:45Berita Sumut

Dampak Karhutla, Jumlah Penumpang Bus Dari Riau ke Medan Melonjak

Kabut asap yang melanda wilayah Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir memaksa sebagian warga mengungsi ke daerah yang dinilai aman, salah satunya Medan. Kondisi ini membuat jumlah penumpang dari Pekanbaru ke Medan, naik sekitar 10% dalam dua pekan t

Kamis, 19 Sep 2019 15:30Nasional

Panglima TNI Peroleh Gelar Doktor Kehormatan Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan Gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Kamis, 19 Sep 2019 15:15Berita Sumut

Dalam 2 Hari, Satpol PP Kota Medan Bongkar 11 Unit Papan Reklame Bermasalah

Satpol PP Kota Medan kembali menertibkan sejumlah papan reklame bermasalah di sejumlah titik di Kota Medan sejak Selasa (17/9) sampai Rabu (18/9). Sebanyak, 11 unit papan reklame bermasalah dibongkar dalam penertiban tersebut. Pembongkaran dilakukan karen

Kamis, 19 Sep 2019 15:00Berita Sumut

Pelaku Pengeroyok Personil TNI di Deli Serdang Diringkus Polisi

Satreskrim Polrestabes Medan meringkus pelaku pengeroyokan yang melukai seorang anggota TNI di Desa Mariendal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, pada Selasa (17/9) lalu. Namun polisi belum membeberkan identitas pelaku.