• Home
  • Berita Sumut
  • Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Mtc/Amrizal Jumat, 19 April 2019 18:50 WIB
GOOGLE
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)
MATATELINGA, Medan: Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.



Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jum'at (19/4/2019) pagi.

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB.

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB.

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 



Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia".

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI.

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan.

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008.



Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD.

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan.

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya.

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013.

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.



Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

"Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah.

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa.



"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua," ungkap Bibah.

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    
"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri.

(Mtc/Amr)
Editor: FJR

T#g:blibliKodam I Bukit BarisanKodam I/Bukit BarisanKorem 032/WBRKorem 032 WBRMatatelingaTerkini
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 14:35Berita Sumut

Bupati dan Wabup Sergai Monitoring Pos Pengamanan Operasi Ketupat Toba 2020

Dalam rangka melihat kondisi dan kesiapan personil sekaligus melakukan koordinasi serta memberikan untuk meningkatkan pelayanan pasca Lebaran Idul Fitri 1441 H/2020 M, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya melakuka

Kamis, 28 Mei 2020 14:20Berita Sumut

Pemkab Asahan Segera Salurkan Dana Bansos Corona

Pemerintah Kabupaten Asahan segera menggulirkan dana bantuan sosial Covid 19 kepada warga masyarakat Asahan terdampak Covid 19, Kamis (29/05/2020). Bantuan dikhususkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tersebut baik yang berasal dari Pemerint

Kamis, 28 Mei 2020 13:50Berita Sumut

Dalam Dua Pekan, Polres Labuhanbatu Ciduk 15 Pelaku Narkoba dan Sita 329 Gram Sabu

Dalam kurun waktu dua minggu, Polres Labuhanbatu dan polsek jajaran berhasil menangkap 15 pelaku tindak pidana narkotika. Dari para pelaku, polisi juga menyita narkotika sabu seberat 329,65 gram.

Kamis, 28 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Personil Polsek Medan Kota Bebas Covid-19

Polsek Medan Kota menggelar rapid test kepada seluruh personil. Hasilnya semua personil yang bertugas di Polsek Medan Kota bebas Covid 19.

Kamis, 28 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Pulang dari Persembuyian, Pelaku Curanmor Ini Diciduk Polsek Patumbak

Mhd Ali Nasution alias Bolot (25) tak berkutik saat diciduk personil Polsek Patumbak. Warga Desa Patumbak II Gang Bandrek Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ini diciduk lantaran terlibat kasus curanmor.

Kamis, 28 Mei 2020 12:40Berita Sumut

Sepeda Motor Dikunci Ganda, Aksi Pelaku Curanmor Ini Gagal Total

Apes benar nasib pelaku curanmor ini. Niat hati hendak mencuri namun lantaran sepeda motor yang akan dicuri dilengkapi dengan kunci ganda, aksi pelaku punn gagal total. Pelaku bernama Edi Susanto (38), warga Jalan Pertahanan Gang Karya Dusun I, Desa Patum

Kamis, 28 Mei 2020 12:10Berita Sumut

150 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Mudik di Kabupaten Simalungun

Pihak Kepolisian Resor Simalungun memutar balik 150 kendaraan yang hendak mudik di Kabupaten Simalungun. Kendaraan tersebut diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing

Kamis, 28 Mei 2020 11:48Berita Sumut

Bertengkar, Suami di Asahan Bacok Istri dengan Kapak Hingga Tewas

Seorang pria di Kabupaten Asahan tega membacok istrinya hingga tewas. Peristiwa ini terjadi di Dusun II, Desa Sei Lama, Kabupaten Asahan pada Rabu (27/5) sore kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 11:00Berita Sumut

Pembukaan Pusat Perbelanjaan Perlu Ditinjau Ulang

Pembukaan kembali Plaza Medan Fair ditengah pandemi covid-19 dinilai sangat berisiko. Penilaian itu diucapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, M Afri Rizki Lubis, Kamis (28/5/2020) di Medan.

Kamis, 28 Mei 2020 10:47Berita Sumut

Brigjen Pol Tabana Bangun Resmi Jabat Wakapolda Riau

Brigjen Pol Tabana Bangun resmi menjabat Wakapola Riau menggantikan Brigjen Sutrisno. Serah terima jabatan orang nomor dua di lingkungan Polda Riau ini dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan di hadiri para pejabat utama (PJU

Kamis, 28 Mei 2020 09:15Nasional

Diriingi Lagu Selamat Datang, Pangkogabwilhan II yang Baru Disambut Prajurit Kogabwilhan II

Kedatangan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus disambut oleh seluruh prajurit Kogabwilhan II dengan iringan lagu “Selamat Datang” pada saat berjalan menuju ke ruang Panglima sebagai tradisi penyambutan.

Kamis, 28 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Korsleting Arus Listrik, Rumah Semi Permanen di Dolok Panribuan Hangus Terbakar

Sebuah bangunan rumah semi permanen milik Sadirman Simarmata (69) warga Dusun Cinta Nauli Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun habis dilalap si jago merah. Kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh hubungan singkat (korsleting listrik)

Kamis, 28 Mei 2020 08:45Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Berikan Tali Asih Kepada Orang Tua Korban Pencabulan

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Rissa Agus Waluyo menunjukkan kepedulian nya dengan memberikan tali asih kepada korban perbuatan cabul yang masih di bawah Umur berinisial AN (10). Bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD itu didampingi oleh orangt

Kamis, 28 Mei 2020 08:30Berita Sumut

Dana Anggaran Penanganan Corona Kabupaten Asahan Ditambah Rp 36 Milyar Lebih.

Pemerintah Kabupaten Asahan memanmbah dana anggaran yang diperuntukan pada penanganan dan percepatan Covid 19 sebanyak Rp.36.200.000.000,- dari semula hanya Rp.26,8 Milyar menjadi Rp.63 Milyar lebih.

Kamis, 28 Mei 2020 08:15Berita Sumut

Muspika Sibolangit Kunjungi Keluarga PDP Covid-19 yang Meninggal, Puskesmas akan Lakukan Rapid Test

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah keluarga terduga PDP di Dusun I, Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Rabu (27/5) kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 08:00Aceh

Nelayan Tak Melaut, Masyarakat Sulit Dapatkan Ikan

Karena para Nelayan merayakan lebaran Idul Fitri 1441 hijriyah bersama keluarga, sehingga hampir ribuan unit kapal motor (KM) masih terparkir sepanjang dermaga dan kolam Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Kab. Aceh Timur.