• Home
  • Berita Sumut
  • Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Mtc/Amrizal Jumat, 19 April 2019 18:50 WIB
GOOGLE
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)
MATATELINGA, Medan: Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.



Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jum'at (19/4/2019) pagi.

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB.

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB.

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 



Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia".

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI.

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan.

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008.



Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD.

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan.

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya.

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013.

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.



Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

"Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah.

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa.



"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua," ungkap Bibah.

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    
"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri.

(Mtc/Amr)
Editor: FJR

T#g:blibliKodam I Bukit BarisanKodam I/Bukit BarisanKorem 032/WBRKorem 032 WBRMatatelingaTerkini
Komentar
Jumat, 19 Jul 2019 23:00Nasional

Kombes Argo Yuwono: Hasil Tes Urine Nunung Positif Narkoba

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya

Jumat, 19 Jul 2019 22:45Nasional

Berlangsung Dramatis, Pengamanan Jama'ah Haji Asal Indonesia yang Diduga Tersesat, Viral

eorang jama'ah haji asal Indonesia diduga tersesat di Tanah Suci, Makkah

Jumat, 19 Jul 2019 22:30Nasional

lagi, Kini Giliran Papua di Guncang Gempa 3,4 SR

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,4 mengguncang Kabupaten Teluk Bintuni

Jumat, 19 Jul 2019 22:15Nasional

Kembali Terjaring, Kini Giliran Komedian Nunung Diciduk Polisi

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya

Jumat, 19 Jul 2019 22:00Internasional

Telan Ekstasi, Bocah 3 Tahun Kritis

Seorang gadis berusia tiga tahun yang sedang berlibur di Ibiza harus berjuang hidup setelah dilaporkan mengonsumsi narkoba jenis pil ekstasi

Jumat, 19 Jul 2019 21:45Bola

Bayern Munich Bidik Leroy Sane

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, berharap Leroy Sane tak pergi pada bursa transfer musim panas ini

Jumat, 19 Jul 2019 20:46Nasional

Aster Panglima TNI : Aksi Bela Negara Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat

Kegiatan aksi bela negara yang dilaksanakan saat ini adalah salah satu program yang bertujuan untuk membantu pemerintah guna meningkatkan ketahanan pangan di masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat, khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur.

Jumat, 19 Jul 2019 20:31Berita Sumut

Putri Indonesia Pariwisata Kagumi Batik dan Songket Medan

Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir mengunjungi Maharani Galeri di Jalan Jalan KH Wahid Hasyim Kecamatan Medan Baru

Jumat, 19 Jul 2019 20:16Berita Sumut

Pekerja Kecebur Kedalam Kuali Besar, Badannya Melepuh Seluruhnya

Seorang pekerja perebusan Ikan Teri di pergudangan perikanan Gabion Belawan masuk ke dalam wajan /Kualu besar yang dipergunakan perebusan Ikan Teri

Jumat, 19 Jul 2019 20:01Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Penghijauan Yang Diinisiasi Kejari Medan & Belawan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan H M Husni menanam 25 bibit pohon trembesi dan mahoni di Taman Cadika Pramukia, Jalan Karya Wisata

Jumat, 19 Jul 2019 19:46Berita Sumut

Temui Gubsu, Idaham Tawarkan Air Bersih Untuk Warga Medan

Wali Kota Binjai HM Idaham menawarkan penjualan air curah yang dihasilkan oleh Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai untuk memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan PDAM Tirtanadi Medan. Tawaran

Jumat, 19 Jul 2019 19:31Berita Sumut

Lagi, 27 Pejabat Struktural Eselon III & IV Pemko Medan Dilantik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM melantik 27 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemko Medan

Jumat, 19 Jul 2019 19:16Berita Sumut

Pembinaan Keluarga Sejahtera Pertama di Indonesia

Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham, saat mengunjungi Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) didamping Ketua GOPTKI, Nani Timbas, jajaran SKPD, yang turut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara

Jumat, 19 Jul 2019 19:01Berita Sumut

Harap Hubungan Medan & Bosnia Herzegovina Dipererat Melalui Sister City

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap hubungan Indonesia, khususnya Kota Medan dengan Bosnia-Herzegovina dapat terus berjalan baik dalam berbagai hal. Dengan demikian sinergitas yang t

Jumat, 19 Jul 2019 18:38Berita Sumut

Pengendara Sepeda Motor Nyaris Tewas di Timpa Pohon Besar

Hujan deras dan angin kencang melanda kota Medan, salah seorang pengendara sepeda motor tertimpa pohon ukuran besar di Jalan Persimpangan Jalan Imam Bonjol - Sudirman, saat hujan deras ditambah petir yang melanda Kota Medan

Jumat, 19 Jul 2019 18:14Berita Sumut

Tepung Tawar Walikota Binjai

Menjelang berangkat menunaikan ibadah haji, Walikota Binjai HM Idaham, SH, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani melaksanakan acara Tepung Tawar bertempat di rumah dinas Walikota di Jalan Veteran Binjai, Jumat (19/7/2019)