• Home
  • Berita Sumut
  • Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Mtc/Amrizal Jumat, 19 April 2019 18:50 WIB
GOOGLE
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)
MATATELINGA, Medan: Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.



Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jum'at (19/4/2019) pagi.

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB.

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB.

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 



Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia".

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI.

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan.

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008.



Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD.

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan.

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya.

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013.

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.



Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

"Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah.

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa.



"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua," ungkap Bibah.

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    
"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri.

(Mtc/Amr)
Editor: FJR

T#g:blibliKodam I Bukit BarisanKodam I/Bukit BarisanKorem 032/WBRKorem 032 WBRMatatelingaTerkini
Komentar
Senin, 16 Sep 2019 19:46Berita Sumut

Miliki Ganja, 2 Pemuda Diamankan Polsek Sei Kanan

Terkait penyalahgunaan Narkotika, Unit Oprasional (Opsnal) Polsek Sei Kanan berhasil mengamankan 2 orang laki-laki dewasa yakni AR alias Dona ,28, warga Dusun Sentosa, Desa Sambungan, Kecamatan Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan dan JFN alias Fadi ,29, warga

Senin, 16 Sep 2019 19:43Berita Sumut

Samsir Pohan : Pemuda Harus Rebut Peran Strategis

Pemuda harus mempersiapkan diri dengan baik agar mampu berdaya saing tinggi dan mampu mengambil peran-peran strategis dalam menghadapi 100 tahun Indonesia Merdeka atau yang sering disebut Indonesia Emas 2045.

Senin, 16 Sep 2019 19:33Berita Sumut

Hermansyah: Wartawan Bekerja Berdasarkan UU No 40/1999, Harus Saling Menghargai

Terkait pelarangan wartawan melakukan peliputan pelantikan anggota DPRD Kota Medan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumut, Hermansjah, angkat bicara mengenai insiden pengusiran sejumlah wartawan

Senin, 16 Sep 2019 19:29Berita Sumut

Menantu Jokowi Berkunjung ke DPD Partai Golkar Sumut, Ini yang Dibahas

Menantu Presiden RI Joko Widodo, Bobby Nasution mengunjungi Kantor DPD Partai Golkar Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim Medan, Senin (16/9) sore. Dalam kesempatan itu, Bobby yang didampingi pamannya Doli Sinomba Siregar berbicara mengenai kondisi politik di

Senin, 16 Sep 2019 19:16Berita Sumut

Diduga Korupsi Dana Desa, Ratusan Masyarakat Geruduk Kantor Kades Sei Penggantungan

Ratusan Masa aksi yang mengatas namakan masyarakat dari Dusun Satu sampai Dusun Delapan Desa Sei Penggantungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupten Labuhanbatu, menggeruduk Kantor Kepala Desa, mengawali aksinya, masa berjalan berorasi menuju lokasi Kantor Ke

Senin, 16 Sep 2019 19:01Nasional

Panglima TNI : Menghentikan Kebakaran Hutan dan Lahan Adalah Ibadah

Prajurit TNI jika ingin punya amal yang baik, ladang ibadah saat ini adalah bagaimana caranya kita menghentikan kebakaran hutan dan lahan. Itu adalah ibadah, namun tetap harus menjaga faktor kesehatan.

Senin, 16 Sep 2019 18:17Berita Sumut

151 PPTK Ikuti Pelatihan Terkait Pengelolaan Dana Kelurahan

Sebanyak 151 orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengelola Dana Kelurahan di lingkungan Pemko Medan mengikuti pelatihan di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam Medan

Senin, 16 Sep 2019 17:13Nasional

Kasum TNI Tutup Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-VII Tahun 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto secara resmi menutup Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-VII tahun 2019, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, C

Senin, 16 Sep 2019 16:34Berita Sumut

Anak Mantan Sekda Padangsidimpuan Ketangkap Nyabu

Satres Narkoba Polres Padangsidimpuan meringkus seorang PNS di Dinas Sosial Pemko Padangsidempuan terlibat kasus penggunaan narkoba. Pelaku berinisial RSS alias Riyan ,33, ini juga merupakan putra dari eks Sekda Padangsidimpuan.

Senin, 16 Sep 2019 16:00Berita Sumut

Kabut Asap Makin Parah, Warga Riau Mulai Mengungsi

Seorang warga Medan bernama Fatimahtuzzuhra El-Karim yang sudah dua tahun menetap di Kampar, Riau terpaksa kembali ke Medan akibat asap dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi itu.

Senin, 16 Sep 2019 15:45Berita Sumut

Satpam Usir Wartawan saat Pelantikan Anggota DPRD Medan

Pelantikan anggota DPRD Medan Periode 2019-2024 tercoreng akibat prilaku seorang satpam atau petugas pengamanan yang mengusir wartawan saat acara berlangsung, Senin (16/9). Padahal kehadiran wartawan saat itu tidak menganggu proses acara.

Senin, 16 Sep 2019 15:30Berita Sumut

Dipanggil Sebagai Tersangka, Anggota DPRD Sumut Terpilih Ini Abaikan Polda Sumut

Tersangka kasus dugaan penipuan proyek revitalisasi Pasar Horas Pematangsiantar, Benny Harianto Sihotang mengabaikan panggilan penyidik Subdit II/Harda-Tahbang Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut, Senin (16/9). Seyogiayanya, anggota DPRD Sumut yang dil

Senin, 16 Sep 2019 15:15Berita Sumut

Ini Harapan Eldin Kepada Anggota DPRD Medan Periode 2019-2024

Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Medan Masa Jabatan 2019-2024 berlangsung penuh khidmat di Gedung DPRD Medan, Senin (16/9). Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas IA Khusus Dr Djaniko M H Girsang SH MH ya

Senin, 16 Sep 2019 15:00Berita Sumut

Kecewa Penanganan Polres Taput, Keluarga Candra Simamora Mengadu ke Poldasu

Keluarga Candra Simamora, Senin (16/9) mengadu ke Poldasu terkait kasus kematian korban warga Desa Pantis Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tersebut yang terjadi Minggu (1/9) lalu di pinggir Jalan Tarutung Siporok Desa Pancurnapi

Senin, 16 Sep 2019 14:40Berita Sumut

Pura-pura Jadi Keluarga Pengantin, Seorang Pria Curi Sepeda Motor dari Pesta Pernikahan

Berbagai modus dilakukan para pelaku kejahatan untuk memuluskan aksi jahatnya. Termasuk dilakukan seorang pria yang nekat mencuri sepeda motor dari satu lokasi pernikahan di Medan dengan cara berpura-pura menjadi keluarga pengantin.

Senin, 16 Sep 2019 14:21Berita Sumut

Mahasiswa Beri Bunga dan Obat Masuk Angin Kepada Pimpinan Sementara DPRD Sumut

Mahasiswa itu langsung menuju Baskami Ginting dari PDIP yang didapuk sebagai Ketua Sementara DPRD Sumut. Didatangi sejumlah mahasiswa, Baskami sempat kaget. Namun mahasiswa langsung buru-buru memberinya ucapan selamat dan memberikan hadiah bunga serta oba