MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Mtc/Amrizal Jumat, 19 April 2019 18:50 WIB
GOOGLE
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)
MATATELINGA, Medan: Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.



Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jum'at (19/4/2019) pagi.

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB.

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB.

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 



Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia".

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI.

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan.

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008.



Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD.

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan.

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya.

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013.

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.



Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

"Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah.

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa.



"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua," ungkap Bibah.

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    
"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri.

(Mtc/Amr)
Editor: FJR

T#g:blibliKodam I Bukit BarisanKodam I/Bukit BarisanKorem 032/WBRKorem 032 WBRMatatelingaTerkini
Komentar
Senin, 27 Mei 2019 14:20Berita Sumut

Warga Minta Polisi dan Dishub Tertibkan Kendaraan Berat Parkir "Seenaknya" di Kawasan Jalan KL Yos Sudarso

Warga pengguna Jalan KLY Sudarso resah karena setiap pagi dan petang banyak alat alat berat parkir disepanjang jalan dan mengganggu arus Lalulintas. Sementara petugas Polisi Lalulintas dan Dinas Perhubungan terkesan tutup mata.

Senin, 27 Mei 2019 14:00Berita Sumut

Antisipasi Terulangnya Insiden KM Sinar Bangun, Ini Langkah yang Dilakukan BPODT dan Pihak Lainnya di Danau Toba

Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) bersama sejumlah pihak terkait sudah melakukan kesiapan pelayanan liburan Lebaran tahun 2019. Persiapan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terulang kembali insiden kapal motor Sinar Bangun yang tenggelam&am

Senin, 27 Mei 2019 13:18Berita Sumut

Terlibat Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, Thamrin Ritonga Diganjar 4,5 Tahun Penjara

Terbukti terlibat dalam proses suap menyuap Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Thamrin Ritonga dihukum 4 tahun dan 6 bulan penjara. Orang kepercayaan Pangonal Harahap itu juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp 200 juta dengan subsider 4 tahun bula

Senin, 27 Mei 2019 12:42Berita Sumut

Tiga Personil Polri di Sumut yang Gugur Saat Tugas Pengamanan Pemilu Peroleh Penghargaan

Tiga orang personil Polri di Sumatera Utara yang gugur saat pengamanan Pemilu 2019 kemarin mendapat penghargaan. Penghargaan itu diserahkan langsung Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto kepada keluarga ketiga personil Polri tersebut dalam

Senin, 27 Mei 2019 12:22Berita Sumut

7.760 Personil Polri Amankan Libur Lebaran 2019 di Sumut

Sebanyak 7.760 orang personil Polri di Sumut dikerahkan untuk mengamankan libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. Ribuan personil Polri ini akan disebar di seluruh wilayah di Sumatera Utara.

Senin, 27 Mei 2019 12:07Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Bagikan Seribu Karung Beras Untuk Kaum Dhuafa.

Pemerintah Kabupaten Asahan membagikan sebanyak 1000 karung beras ukuran 10 kilogram kepada warga masyarakat di 25 kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Kecamatan Kota Kisaran Barat, Senin (27/5/2019) bertempat di Gedung Serba Guna Kisara

Senin, 27 Mei 2019 08:15Internasional

Sediktknya 50 Orang Lebih Jadi Korban Usai Kapal Kargo Terbakar dan Meledak di Pelabuhan

Sedikitnya 50 orang mengalami luka-luka setelah sebuah kebakaran yang terjadi di sebuah kapal

Senin, 27 Mei 2019 08:00Nasional

Lagi, Kini Giliran Mustofa Nahra Diboyong Polisi

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi penahanan yang dilakukan pada anggota BPN Prabowo-Sandiaga

Senin, 27 Mei 2019 07:45Nasional

Ajukan Bukti Link Berita ke MK, TKN Ngaku Diuntungkan BPN

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat Keputusan KPU terkait hasil pemilihan presiden ke Mahkamah Konstitusi

Senin, 27 Mei 2019 07:30Lifestyle

Jangan Lupa Panjatkan Doa Ini, di Jelang Akhir Ramadhan

Di tengah gegap gempita masyarakat Indonesia yang membelanjakan uang THR (Tunjangan Hari Raya)

Senin, 27 Mei 2019 07:15Nasional

Gempa 4,6 SR Guncang Maluku Utara

Gempa bumi dengan berkekuatan M 4,6 terjadi di Daruba, Maluku utara pada Senin (27/5/2019) dini hari

Senin, 27 Mei 2019 07:00Bola

Meski Menang, Milan Tetap Gagal ke Liga Champions Musim Depan

AC Milan memainkan laga penentuan Liga Italia 2018-2019 dengan melawan SPAL di Stadion Paolo Mazza

Senin, 27 Mei 2019 06:45Lifestyle

Saat Berpuasa, Ini yang Terjadi pada Lambung dan Kerongkongan

Berpuasa Ramadan sebulan lamanya akan membawa pengaruh besar pada kondisi tubuh manusia

Senin, 27 Mei 2019 06:30Nasional

Kadernya Ditetapkan Sebagai Tersangka, PAN Tunjukkan Kepriahatinannya

Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay merasa prihatin usai Mustofa Nahrawardaya

Senin, 27 Mei 2019 06:15Bola

Ivan Rakitic Beri Sinyal Tinggalkan Barcelona

Kekalahan di final Copa del Rey membuat Barcelona terancam kehilangan salah satu gelandang

Senin, 27 Mei 2019 06:00Bola

Demi Pulangkan Pogba, Juventus Rela Buang Pemainnya

Juventus akan melakukan perubahan besar pada musim depan demi mewujudkan impian mereka