• Home
  • Berita Sumut
  • Kodim 0201/BS Bersama Prajurit Yon Zipur dan Yonkav 6/NK Tanam Mangrove di Medan Labuhan

Kodim 0201/BS Bersama Prajurit Yon Zipur dan Yonkav 6/NK Tanam Mangrove di Medan Labuhan

Faeza Minggu, 16 Juni 2019 10:45 WIB
Mtc/ist
Kodim 0201/Berdiri Sendiri (BS),Kodam I/BB, Jum'at (14/06/2019) melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Mangrove di Kelurahan Nelayan Indah,Kec Medan Labuhan, Sumatera Utara (Sumut).
MATATELINGA, Medan: Tidak dipungkiri bahwa dewasa ini lingkungan kita semakin hari semakin rusak. Sebagai contoh : banjir bandang, gunung meletus, tsunami, tanah longsor, dan kekeringan yang panjang selalu menghiasi layar kaca yang menjadi headline di media elektronik maupun media lainnya. 


Sebagaimana diketahui bahwa fungsi hutan sebagai penyaring gas karbondioksida dan penghasil oksigen juga semakin habis sehingga tercipta efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global. Lahan kritis di sekitar kita terus bertambah seirama dengan perkembangan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk.  

Saat ini pemerintah, khususnya TNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan agar bencana yang terjadi akibat kerusakan lingkungan tidak merajalela. Salah satu upaya  pemerintah yang terus digalakkan untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan salah satunya dengan penghijauan.  


Program penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konspetual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Seperti yang dilaksanakan Kodim 0201/Berdiri Sendiri (BS),Kodam I/BB, Jum'at (14/06/2019) melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Mangrove di Kelurahan Nelayan Indah,Kec Medan Labuhan, Sumatera Utara (Sumut).  

Penghijauan yang dilaksanakan Kodim 0201/BS ini dalam rangka memperingati HUT ke-69 Kodam I/BB diikuti pihak Kecamatan Medan Marelan,Polsek Medan Labuhan,perwakilan dari PT Coca-Cola, personel Babinsa, 100 orang prajurit Yonkav 6/Nagakarimata,prajurit Yon Zipur 25 orang beserta masyarakat 100 orang. 


Hadir dalam kegiatan ini, Pasiter Kodim 0201/BS Kapten Inf Romi Sembiring, perwakilan dari PT Coca Cola Nasoha, Danramil 08,19 dan 14 serta Camat Medan Labuhan dan para tokoh masyarakat. 

Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita mengenal Hutan Mangrove yakni sekumpulan pohon atau semak-semak yang hidup dan tumbuh di daerah pasang surut (kawasan pinggiran pantai). 

Hutan Mangrove juga populer dengan sebutan Hutan Bakau, dikarenakan mayoritas populasi tanaman yang hidup pada Hutan Mangrove adalah tanaman bakau.

'Hadirnya Hutan Mangrove sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan Mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi, "ungkap Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah melalui Pasiter Kodim 0201/BS Kapten Inf Romi Sembiring. (Dim0201)
Editor: Faeza

T#g:HUT ke-69 Kodam I/BBHUT ke 69 Kodam I BBHut ke 69 Kodam I/BBKodam I/BBKodam I BBKodam I?BBkodam I.BBKodim 0201/BSKodim 0201 BSMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniYon ZipurYonkav 6/NKYonkav 6 NK
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik

Jumat, 23 Agu 2019 13:38Berita Sumut

Pemred Matatelinga.com Ketua Forum Wartawan PDAM Tirtanadi

Kepengurusan wartawan yang bertugas di PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2021 secara resmi telah terbentuk. Amrizal dari matatelinga.com terpilih memimpin forum wartawan yang diberinama Forum Wartawan PDAM Tirtanadi(Forwadi) tersebut.

Jumat, 23 Agu 2019 12:37Berita Sumut

Kaki Dua Pengedar Narkoba di Asahan Dibedil Polisi

Dua pengedar narkotika jenis sabhu masing masing "MR alias Ridho" (26) dan "GAS alias Gilang" (19) keduanya warga jalan HM Yamin gang Kueni kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur Asahan terpaksa dilumpuhkan opsnal Sat.Res.

Jumat, 23 Agu 2019 12:22Berita Sumut

Polisi dan BKSDA Sita Tiga Ekor Binturong dari Warga di Medan

Personil Unit 3 Subdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) berhasil menyita tiga ekor Binturong dari seorang warga di Jalan HM. Joni Gang Aman I Teladan, Kecama

Jumat, 23 Agu 2019 11:57Berita Sumut

Kloter VII Embarkasi Medan Ziarah ke Taif

Dengan dikoordinir Ketua Kloter H. Syarif Husin, TPIHI H.Drs.Sarifuddin Daulay, dan Karom 1 H. Jairan,S.Sos.I dan Karom 2 H.Naim Lubis, Karom 8 H. Alfi Sahrin Srg, H. Kamlan Karom 6 jemaah Kloter MES 7 (Sergai, T.Tinggi) melakukan ziarah ke Taif, sekitar

Jumat, 23 Agu 2019 11:03Berita Sumut

Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa.

Jumat, 23 Agu 2019 10:48Berita Sumut

Pembukaan Jalan di Kawasan Hutan Lindung di Habinsaran Menuai Masalah

Pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran dengan menggunakan 2 buah alat berat menuai masalah. Masalah muncul ketika kepala desa melalui rapat desa memutuskan pembukaan jalan. Pasalnya jalan yang dimaksud ternyata berada di kawasan hutan