Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polisi

Amrizal Rabu, 20 Februari 2019 11:53 WIB
mtc/ist
Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil. Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Ci
MATATELINGA, Medan: Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil.  Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, persis di depan SMP Negeri 31 Medan, Selasa (12/2/2019) lalu.

Ketiga tersangka yakni, BG alias Bapak Alpin (47) warga Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliaerdang dan JSD alias Jhon (42) warga Jalan Bunga Raya Gang Nusa Indah, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang dan GT alias Lira (44) warga Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. 

Kapolsek Delitua, Kompol Efianto mengatakan, korban kemudian membuat laporan atas kehilangan mobilnya ke Polsek Delitua. Petugas yang mendapat laporan langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi. Beberapa jam kemudian, mobil korban yang hilang terdeteksi melalui sinyal GPS sedang berada di Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah.

"Tim kemudian berangkat ke lokasi dan berhasil menemukan mobil korban sedang terparkir di bengkel tersangka Gelora Tarigan. Dia pun mengatakan kepada polisi kalau mobil itu diantarkan oleh tersangka Budiman bersama dua orang temannya," sebut Efianto.

Tak ingin buruannya kabur, polisi meminta Gelora memancing Budiman. Gelora kemudian menghubungi ponsel Budiman dan berpura-pura meminjam uang untuk biaya berobat mertuanya yang sedang sakit. Budiman menyanggupinya dan meminta Gelora datang ke Bandar Baru di penginapan Florida.

"Sesampainya di sana, polisi hanya berhasil mengamankan Jhonatan. Kemudian dari Jhonatan polisi melakukan pemancingan lagi terhadap Budiman untuk berjumpa di Desa Bokum," ungkap Efianto.

Lagi-lagi polisi sempat tak berhasil menemukan Budiman. Tak berapa lama kemudian, tersangka Budiman berhasil diamankan saat sedang duduk di pos depan penginapan Florida. Saat Budiman ditangkap, tersangka Purnama Irawan yang sedang berada di dalam penginapan langsung kabur begitu tau ada polisi datang.

Pencurian itu terjadi saat korban memarkirkan mobilnya di lokasi lalu korban duduk dan minum kopi di warung tersebut. Tak berapa lama, tiga tersangka masing-masing atas nama Budiman, Jhonatan dan Purnama Irawan (DPO) melintas dengan mengendarai mobil Avanza.

"Setelah melihat mobil korban di pinggir jalan, tersangka berputar arah dan berhenti di samping mobil tersebut. Tersangka Purnama mendekati mobil korban, sementara Budiman dan Jhonatan menunggu di dalam mobil Avanza, sambil memantau situasi," ujar Efianto.

Kemudian tersangka Purnama membobol kunci pintu dan kunci kontak mobil korban dengan menggunakan kunci letter T. Setelah mesin hidup, dia membawa mobil L 300 tersebut ke Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Sementara Budiman dan Jhonatan mengikuti di belakang.

"Ada dua lagi masih diburu salah satunya penadah," pungkas Efianto. 

Dari para pelaku, polisi menyita satu unit mobil merk Mitsubishi L 300 jenis pick up tanpa plat nomor, satu unit mobil Toyota Avanza BK 1563 KU, tiga unit HP dan plat nomor BK 8773 RE. (mtc/amr)

Editor: faeza

T#g:pencuri mobilPolsek Delituapolsek deliua
Komentar
Minggu, 20 Okt 2019 09:00Bola

Liga Spanyol 2019-2020, Sabtu 19 Okober 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan matchday kesembilan Liga Spanyol 2019-2020. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 20 Okt 2019 08:30Nasional

Kini Giliran Pulau Morotai Juga Dilanda Gempa

Guncang Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Gempa dengan magnitudo 4,7

Minggu, 20 Okt 2019 08:00Berita Sumut

Soal Polemik Surat Edaran Gubsu, Kabiro Hukum Pemprovsu "Menang Banyak "

Polemik Surat Edaran (SE) Gubsu Edy Rahmayadi soal izin pemeriksaan dan pemanggilan lembaga penegak hukum ternyata membuat gerah Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal sebagai pihak yang mengusulkan dan mengkonsep surat tersebut.

Minggu, 20 Okt 2019 07:05Nasional

Detik Detik Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih dalam pesta demokrasi sebelumnya Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin hari ini dilantik. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan berlangsung dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusa

Minggu, 20 Okt 2019 06:15Bola

Pertandingan Pertama Mempertemukan antara Lazio kontra Napoli

Menariknya, pertandingan-pertandingan yang dimainkan oleh tim-tim yang menghuni posisi atas klasemen Liga Italia saat ini. Pertandingan pertama mempertemukan antara Lazio kontra Napoli.

Minggu, 20 Okt 2019 06:00Berita Sumut

Surat Edaran Gubernur Bakal Jadi Ancaman Terjadinya Polemik di Sumut

Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, perihal kewajiban aparatur sipil negara (ASN) meminta izin pada Gubernur sebelum memenuhi panggilan aparat penegak hukum, bakal menjadi ancaman yang nantinya akan menuai polemik. M

Sabtu, 19 Okt 2019 23:55Lifestyle

Imbas Masalah Sang Suami, Zaskia Sungkar Kehilangan Pekerjaan

Berimbas pada pekerjaan sang istri, Zaskia Sungkar kakak Ipar Teuku Wisnu itu rmengaku kehilangan salah satu proyeknya

Sabtu, 19 Okt 2019 23:45Bola

Bermain Imbang Akhiri Laga Tottenham Hotspur vs Watford

Laga kesembilan Liga Inggris 2019-2020. Tottenham Hotspur hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Watford

Sabtu, 19 Okt 2019 23:30Bola

Taklukkan Newcastle United, London Biru Petik Poin Penuh

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Stamford Bridge, Si London Biru harus menunggu hingga menit 73

Sabtu, 19 Okt 2019 23:15Nasional

Lagi, Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Dinyatakan tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Maluku

Sabtu, 19 Okt 2019 23:00Internasional

Denmark Open 2019, Ahsan/Hendra Tantang Marcus/Kevin di Final

Usai kalahkan unggulan keempat asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonodam di semifinal Denmark Open 2019

Sabtu, 19 Okt 2019 22:45Lifestyle

Terkuak, Marion Jola Idap Penyakit

Dalam video berdurasi 13 menit. Marion Jola bercerita mengenai masa kecilnya melalui sebuah saluran YouTube

Sabtu, 19 Okt 2019 22:30Nasional

17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Presiden RI Besok

Ada 17 orang tamu undangan kepala negara sahabat serta duta besar (dubes) sebanyak 168 hadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

Sabtu, 19 Okt 2019 21:23Berita Sumut

Ibu Guru SDN di Tebingtinggi Tewas Dibunuh Dalam Rumah

Seorang guru SD negeri di Kota Tebing Tinggi, Sumut, Siti Rahmah Lubis (58), ditemukan tewas berlumuran darah di dalam rumahnya di Jalan DI Panjaitan, Rambung, Tebing Tinggi, Jumat (18/10) sekitar pukul 23.45 Wib.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:35Nasional

Sebanyak 11 unit Mercedes Benz S-Class dan 6 unit E-Class Siap di Gunakan

Kesiapan dan persiapan Pelantikan Presiden Jokowi akan dilakukan besok (20/10/2019), telah dilakukan salah satunya terkait penggunaan mobil Mercedes Benz yang akan digunakan pejabat tinggi negara sahabat.

Sabtu, 19 Okt 2019 20:20Nasional

Prajurit Pamtas RI-PNG Yonif 411Kostrad Sulap Rumah Pintar Jadi PAUD

Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) Pos Toray, menyulap Rumah Pintar menjadi Kelas Pendidikan Anak U