Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polisi

Amrizal Rabu, 20 Februari 2019 11:53 WIB
mtc/ist
Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil. Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Ci
MATATELINGA, Medan: Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil.  Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, persis di depan SMP Negeri 31 Medan, Selasa (12/2/2019) lalu.

Ketiga tersangka yakni, BG alias Bapak Alpin (47) warga Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliaerdang dan JSD alias Jhon (42) warga Jalan Bunga Raya Gang Nusa Indah, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang dan GT alias Lira (44) warga Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. 

Kapolsek Delitua, Kompol Efianto mengatakan, korban kemudian membuat laporan atas kehilangan mobilnya ke Polsek Delitua. Petugas yang mendapat laporan langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi. Beberapa jam kemudian, mobil korban yang hilang terdeteksi melalui sinyal GPS sedang berada di Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah.

"Tim kemudian berangkat ke lokasi dan berhasil menemukan mobil korban sedang terparkir di bengkel tersangka Gelora Tarigan. Dia pun mengatakan kepada polisi kalau mobil itu diantarkan oleh tersangka Budiman bersama dua orang temannya," sebut Efianto.

Tak ingin buruannya kabur, polisi meminta Gelora memancing Budiman. Gelora kemudian menghubungi ponsel Budiman dan berpura-pura meminjam uang untuk biaya berobat mertuanya yang sedang sakit. Budiman menyanggupinya dan meminta Gelora datang ke Bandar Baru di penginapan Florida.

"Sesampainya di sana, polisi hanya berhasil mengamankan Jhonatan. Kemudian dari Jhonatan polisi melakukan pemancingan lagi terhadap Budiman untuk berjumpa di Desa Bokum," ungkap Efianto.

Lagi-lagi polisi sempat tak berhasil menemukan Budiman. Tak berapa lama kemudian, tersangka Budiman berhasil diamankan saat sedang duduk di pos depan penginapan Florida. Saat Budiman ditangkap, tersangka Purnama Irawan yang sedang berada di dalam penginapan langsung kabur begitu tau ada polisi datang.

Pencurian itu terjadi saat korban memarkirkan mobilnya di lokasi lalu korban duduk dan minum kopi di warung tersebut. Tak berapa lama, tiga tersangka masing-masing atas nama Budiman, Jhonatan dan Purnama Irawan (DPO) melintas dengan mengendarai mobil Avanza.

"Setelah melihat mobil korban di pinggir jalan, tersangka berputar arah dan berhenti di samping mobil tersebut. Tersangka Purnama mendekati mobil korban, sementara Budiman dan Jhonatan menunggu di dalam mobil Avanza, sambil memantau situasi," ujar Efianto.

Kemudian tersangka Purnama membobol kunci pintu dan kunci kontak mobil korban dengan menggunakan kunci letter T. Setelah mesin hidup, dia membawa mobil L 300 tersebut ke Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Sementara Budiman dan Jhonatan mengikuti di belakang.

"Ada dua lagi masih diburu salah satunya penadah," pungkas Efianto. 

Dari para pelaku, polisi menyita satu unit mobil merk Mitsubishi L 300 jenis pick up tanpa plat nomor, satu unit mobil Toyota Avanza BK 1563 KU, tiga unit HP dan plat nomor BK 8773 RE. (mtc/amr)

Editor: faeza

T#g:pencuri mobilPolsek Delituapolsek deliua
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 21:14Nasional

Soal Logo Covid -19, RSO Ikut Mengecam

Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengecam adanya logo Olimpiade digabungkan dengan gambar virus Corona atau Covid pada sampul sebuah majalah.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:49Nasional

Inovasi Teknologi Cegah COVID-19, TNI AD Gunakan Helmet Thermal KC Wearable

Pertegas komitmennya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru helmet thermal KC wearable.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:25Ekonomi

Pergerakan NIlai Tukar Rupiah berhasil di Tutup, Menguat Akhir Depan

Dipengaruhi oleh perkembangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:10Ekonomi

Hari ini Harga Emas Naik Rp 1.000 Menjadi Rp 914.000 per gram

Biasanya harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Logam Mulia Antam menjual emas dan perak batangan dalam beberapa ukuran berat (misalnya 1 gram, 2 gram, dan 500 gram).

Sabtu, 30 Mei 2020 19:52Lifestyle

Bila Anda ke Jepang, Jangan Ketinggalan Mencicipi Makan Jepang

Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:37Berita Sumut

Horeee,,, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kembali dibuka.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:22Internasional

Pemulangan 4.800 TKI Indonesia, Pakai Dana Malaysia Apa Dana Indonesia..?

Sebanyak 4.800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Depo Tahanan Imigrasi (DTI) Malaysia akan dipulangkan secara bertahap.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:07Berita Sumut

Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi, Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik

Mendengar kabar bahwa salah satu warganya mengalami kekurangan gizi, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi langsung mendatangi warga tersebut

Sabtu, 30 Mei 2020 18:22Berita Sumut

Akhyar Tekankan Jangan Ada Bantuan yang Tumpang Tindih

Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:07Berita Sumut

Akhyar Ingatkan Seluruh Kantor Pelayanan Pemerintahan Terapkan Protokol Kesehatan

Penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua Pemko Medan kepada masyarakat berupa 20kg beras dan 2kg gula pasir terus dipantau langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi

Sabtu, 30 Mei 2020 17:52Berita Sumut

Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsung tertib dan lancar

Sabtu, 30 Mei 2020 17:37Internasional

Tindakan Polisi Amerika Serikat (AS) Terhadap Pers Kembali Disorot

Sebuah rekaman yang memperlihatkan seorang reporter dan kru kamera stasiun televisi lokal ditembak peluru merica dari jarak dekat oleh polisi saat melaporkan demonstrasi yang memprotes kematian George Floyd di Kentucky

Sabtu, 30 Mei 2020 17:12Nasional

Ingin Tahu Jumlah Pasien Sembuh Memecahkan Rekor Selama Virus Corona

Jumlah pasien sembuh itu memecahkan rekor selama pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 16:22Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan Dana Bansos Corona, Polisi Sudah Periksa Pejabat di 5 Kabupaten/Kota di Sumut

Direktur Ditkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Santama mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan di 5 kabupaten/kota yang diduga melakukan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19. Namun, dirinya be

Sabtu, 30 Mei 2020 16:00Aceh

Para Angkutan Umum Diperbolehkan Masuk Aceh, Tapi.....?

Para angkutan umum diperbolehkan masuk Aceh kembali pada 5 Juni 2020 jam 00.00, hal tersebut dikatakan Dirlantas Polda Aceh Kombes. Pol. Dicky Sondani.

Sabtu, 30 Mei 2020 15:30Internasional

Pemuda Tewas Tertembak Saat Demontrasi di Detroit

Tembakan yang dilepaskan ke arah kerumunan pengunjuk rasa di Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS) pada Jumat malam (29/5/2020), seorang Pemuda tewas