Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polisi

Amrizal Rabu, 20 Februari 2019 11:53 WIB
mtc/ist
Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil. Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Ci
MATATELINGA, Medan: Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil.  Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, persis di depan SMP Negeri 31 Medan, Selasa (12/2/2019) lalu.

Ketiga tersangka yakni, BG alias Bapak Alpin (47) warga Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliaerdang dan JSD alias Jhon (42) warga Jalan Bunga Raya Gang Nusa Indah, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang dan GT alias Lira (44) warga Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. 

Kapolsek Delitua, Kompol Efianto mengatakan, korban kemudian membuat laporan atas kehilangan mobilnya ke Polsek Delitua. Petugas yang mendapat laporan langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi. Beberapa jam kemudian, mobil korban yang hilang terdeteksi melalui sinyal GPS sedang berada di Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah.

"Tim kemudian berangkat ke lokasi dan berhasil menemukan mobil korban sedang terparkir di bengkel tersangka Gelora Tarigan. Dia pun mengatakan kepada polisi kalau mobil itu diantarkan oleh tersangka Budiman bersama dua orang temannya," sebut Efianto.

Tak ingin buruannya kabur, polisi meminta Gelora memancing Budiman. Gelora kemudian menghubungi ponsel Budiman dan berpura-pura meminjam uang untuk biaya berobat mertuanya yang sedang sakit. Budiman menyanggupinya dan meminta Gelora datang ke Bandar Baru di penginapan Florida.

"Sesampainya di sana, polisi hanya berhasil mengamankan Jhonatan. Kemudian dari Jhonatan polisi melakukan pemancingan lagi terhadap Budiman untuk berjumpa di Desa Bokum," ungkap Efianto.

Lagi-lagi polisi sempat tak berhasil menemukan Budiman. Tak berapa lama kemudian, tersangka Budiman berhasil diamankan saat sedang duduk di pos depan penginapan Florida. Saat Budiman ditangkap, tersangka Purnama Irawan yang sedang berada di dalam penginapan langsung kabur begitu tau ada polisi datang.

Pencurian itu terjadi saat korban memarkirkan mobilnya di lokasi lalu korban duduk dan minum kopi di warung tersebut. Tak berapa lama, tiga tersangka masing-masing atas nama Budiman, Jhonatan dan Purnama Irawan (DPO) melintas dengan mengendarai mobil Avanza.

"Setelah melihat mobil korban di pinggir jalan, tersangka berputar arah dan berhenti di samping mobil tersebut. Tersangka Purnama mendekati mobil korban, sementara Budiman dan Jhonatan menunggu di dalam mobil Avanza, sambil memantau situasi," ujar Efianto.

Kemudian tersangka Purnama membobol kunci pintu dan kunci kontak mobil korban dengan menggunakan kunci letter T. Setelah mesin hidup, dia membawa mobil L 300 tersebut ke Desa Singa, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Sementara Budiman dan Jhonatan mengikuti di belakang.

"Ada dua lagi masih diburu salah satunya penadah," pungkas Efianto. 

Dari para pelaku, polisi menyita satu unit mobil merk Mitsubishi L 300 jenis pick up tanpa plat nomor, satu unit mobil Toyota Avanza BK 1563 KU, tiga unit HP dan plat nomor BK 8773 RE. (mtc/amr)

Editor: faeza

T#g:pencuri mobilPolsek Delituapolsek deliua
Komentar
Selasa, 12 Nov 2019 20:00Berita Sumut

Relawan PEN Hibur Puluhan Anak Penderita Kanker

Pertamina Energi Negeri (PEN) hadir menghibur anak-anak penderita kanker di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan

Selasa, 12 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Jumlah "Desa Hantu" Tak Berpenghuni Bertambah Dapat Dana Desa

Ombudsman RI Perwakilan Sumut terus menerima informasi penambahan jumlah desa tidak berpenghuni yang menerima kucuran dana desa ratusan juta hingga miliaran rupiah di Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Ini setelah Ombudsman Sumut sebelumnya membuka keberadaan

Selasa, 12 Nov 2019 19:30Berita Sumut

BNN RI Dapat Penghargaan Keberhasilan Pembrantasan Narkoba

Upaya BNN RI dalam menanggulangi narkotika di wilayah Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, mendaptkan apresiasi positif dari walikota Tebing Tinggi Ir. H. UMAR ZUNAIDI HASIBUAN, MM dengan memberikan penghargaan kepada BNN RI

Selasa, 12 Nov 2019 19:15Berita Sumut

Sabrina Kagumi Hasil Inovasi Pertanian Kutagadung Berastagi

Dalam kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Karo, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina menyempatkan untuk berkunjung dan meninjau UPTD Benih Induk Hortikultura, Jalan Djamin Ginting Km 67, Kutagadung, Berastagi, Kabupaten Karo, Senin

Selasa, 12 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pelatihan Kalangan/Kantor Sendiri

Untuk meningkatkan pemahaman penyusunan program kerja pengawasan tahunan (PKPT), Pemkab Sergai menggelar sosialisasi pelatihan kalangan/kantor sendiri, di Hotel Sibayak, Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 18:53Berita Sumut

Dandim 0201/BS dan Kapolrestabes Patroli Pembuangan Bangkai Babi

Sebagai wujud atas kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan ekosistem lingkungan sungai, Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S.Sos bersama Kapoltabes Medan Kombes Pol Dr. H. Dadang Hartanto SH,. S.I.K M.Si, melaksanakan patroli pemb

Selasa, 12 Nov 2019 18:38Berita Sumut

Praktisi Hukum Dukung Polisi Tangkap Pelaku Pembuangan Bangkai Babi Ke Sungai

Terkait pembungan ratusan bangkai babi, disejumlah Sungai dan kawasan Danau Siombak Medan., Praktisi hukum, Dr Drs H. Mhd Syafi'i, SH, MH, M.Si mendukung penuh upaya pihak kepolisian menangkap pelaku dan kini sedang sedang dikejar polisi.

Selasa, 12 Nov 2019 18:23Internasional

WNI Dihimbau Waspada Dengan kebakaran di Australia

Warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Australia dihimbau Kementerian Luar Negeri, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kebakaran hutan yang melanda negara itu.

Selasa, 12 Nov 2019 18:08Berita Sumut

Pemko Medan Optimis SPAM Mebidang Segera Terealisasi

Pemko Medan mendukung dan optimistis operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan guna menyediakan Air Minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar masyar

Selasa, 12 Nov 2019 17:53Berita Sumut

Raja Belanda akan Kunjungi Sumut, Danau Toba Salah Satu Destinasi Tujuan

Raja Belanda Willem-Alexander rencananya akan mengunjungi Indonesia, 10-12 Maret 2020. Selain akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, juga akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Danau Toba pun menjad

Selasa, 12 Nov 2019 17:38Berita Sumut

Bawa 28 Kg Sabu, Joni Iskandar Dihukum Mati

Joni Iskandar (39), terdakwa kasus 28 Kg sabu-sabu dan 13.500 butir pil ekstasi dijatuhi hukuman mati, Selasa (12/11/2019) di PN Medan. Warga Dusun IX Gg Bantan, Desa Bandar Klippa, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut ini terbukti bersalah membawa puluh

Selasa, 12 Nov 2019 17:23Berita Sumut

Upaya Peningkatan Pembangunan Kota Lewat Sosialisasi dan Pelatihan JIGD

Guna merancang pembangunan kota yang lebih maju, modern dan efisien perlu adanya inovasi dan kompetensi terhadap unsur-unsur pembangunan daerah termasuk para aparatur sipil negara (ASN). Atas dasar itulah, Pemko Medan melalui Badan Perencanaan Pembangunan

Selasa, 12 Nov 2019 17:08Berita Sumut

Pemkab Sergai Sukseskan Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan Rakyat

Pemkab Sergai dinilai ikut mensukseskan Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan Rakyat. Hal ini disampaikan Perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Banua Pane SP, M.Si dalam Sosialisasi Pengawalan dan Evaluasi Program Peremajaan Kelapa Sa

Selasa, 12 Nov 2019 16:50Berita Sumut

Diangkut Gunakan Alat Berat, 351 Bangkai Babi Dikubur di Tepi Danau Siombak

Setelah tertunda sehari, akhirnya sebanyak 351 bangkai babi yang dibuang ke sungai dikubur di tepi Danau Siombak, Medan Marelan, Medan, Selasa (12/11/2019). Namun tim gabungan tetap masih mencari bangkai lainnya.

Selasa, 12 Nov 2019 16:35Berita Sumut

Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Simalungun Dilantik

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM diwakili oleh Wakil Bupati Ir. Amran Sinaga, M.Si menghadiri Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Simalungun Periode 2019 - 2024 yang dilaksanakan di Gedung DPRD Simalungun, Pamatang Raya. Selasa (12/11/2019).

Selasa, 12 Nov 2019 16:20Berita Sumut

Kodam I/BB Investigasi Kematian Serda Iman Berkat Gea

Guna menyelidiki kematian prajurit Kompi B Yonif 122 TS, Serda Iman Berkat Gea, Kodam I Bukit Barisan (Kodam I/BB) membentuk tim investigasi. Serda Iman Berkat Gea diduga mengalami kekerasan.