• Home
  • Berita Sumut
  • Konferensi Internasional Bidang Kesehatan USM-Indonesia Soroti Masalah SDGs

Konferensi Internasional Bidang Kesehatan USM-Indonesia Soroti Masalah SDGs

Mtc/James Kamis, 11 Oktober 2018 20:30 WIB
Istimewa
Konferensi Internasional (International Conference) USM-Indonesia Bidang Kesehatan atau Sari  Mutiara International Conference on Health (SaMICoH) dibuka oleh Dr. Sadjuga, M.Sc, Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, Teknologi
MATATELINGA, Medan: Konferensi Internasional (International Conference) USM-Indonesia Bidang Kesehatan atau Sari  Mutiara International Conference on Health (SaMICoH) dibuka oleh Dr. Sadjuga, M.Sc, Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Rabu, (10/10/2018) kemarin di Grand Mercure Hotel, Medan. 


Sadjuga mengapresiasi Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia atas suksesnya penyelenggaraan konferensi internasional tersebut. Ini adalah harapan Kemenristekdikti agar perguruan tinggi dapat lebih banyak menyelenggarakan konferensi internasional dalam rangka meningkatkan peringkat universitas.

Rektor USM-Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes, dalam siaran persnya kepada Matatelinga menyatakan kegiatan ini merupakan tanggung jawab universitas untuk mensukseskan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Konferensi ini adalah bagian dari respon dan kepedulian kampus terhadap suksesnya program SDGs 2030 khususnya di bidang kesehatan, yang tinggal 12 tahun lagi, katanya.


Ketua Panitia Konferensi, Yenni Gustiani Tarigan, SKM, M.Sc menjelaskan, tujuan konferensi ini adalah untuk mengumpulkan para pakar multidisiplin dan praktisi dari seluruh dunia untuk saling bertukar pengetahuan, ide-ide, pengalaman dan harapan di sekitar tantangan pembangunan berkelanjutan. Lalu sama-sama mendiskusikan isu-isu SDGs di masyarakat, baik lokal, nasional dan internasional.


Menurut Ivan Elisabeth Purba, ada tiga pilar yang menjadi indikator dalam konsep pengembangan SDGs. Pertama, indikator yang melekat pada pembangunan manusia, diantaranya pendidikan dan kesehatan. Indikator kedua merupakan yang melekat pada lingkungan kecilnya, seperti ketersediaan sarana dan prasarana lingkungan serta pertumbuhan ekonomi. Sementara itu indikator ketiga melekat pada lingkungan yang lebih besar berupa ketersediaan sarana dan prasarana lingkungan serta pertumbuhan ekonomi.   


Anggota DPD asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba, SH, MM yang juga Ketua Yayasan Sari Mutiara menyatakan bangga kepada USM-Indonesia yang ikut membicarakan tentang masa depan pembangunan dunia dalam bidang kesehatan melalui seminar internasional ini. 

"Saya bangga kepada USM-Indonesia yang telah terlibat dalam membicarakan masa depan bersama kita melalui konferensi internasional ini. Juga terimakasih kepada kampus dari Thailand, Laos, Filipina, STIKes Mitra Husada Medan, dan Institut Kesehatan Helvetia yang turut membantu terselenggarannya konferensi ini," katanya.


Humas USM-Indonesia Karmel Simatupang menyampaikan terdapat 200 lebih peserta yang terdaftar dari 10 negara berkumpul untuk konferensi ini, antara lain berasal dari; Indonesia, Filipina, Sudan, India, Bangladesh, Taiwan, Thailand, Laos, Malaysia dan Malawi. 

Dalam konferensi ini masing-masing peneliti dalam dan luar negeri memaparkan kesempatan untuk belajar, berjejaring, berkolaborasi, dan berbagi bersama diantara professional lintas negara. 

"Para peserta mempresentasikan bagaimana implementasi SDGs di tingkat lokal, agar bebas dari penyakit dan memperbaiki kualitas kesehatan melalui riset dan prakteknya di lapangan," kata Karmel.

Setiap artikel penelitian dalam konferensi ini, lanjutnya akan di review oleh komite ilmiah yang profesional dibidangnya, dan akan diterbitkan dalam bentuk prosiding ber ISBN. Bagi peserta yang memiliki artikel terbaik, akan dibantu untuk dimasukkan dalam jurnal bereputasi internasional yakni Scopus.
Editor: James P. Pardede

T#g:Ivan Elisabeth PurbaMatatelingaMedanParlindungan PurbaSDGsSumutTerkiniUSM-IndonesiaUSM Indonesia
Komentar
Senin, 10 Des 2018 18:45Berita Sumut

Kampanyekan Jokowi, Golkar Kucurkan Dana Rp 100 Juta Per Kabupaten/Kota

Sikap Partai Golkar untuk memenangkan Joko Widodo-Maruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019 tidak tanggung-tanggung. Partai berlambang Pohon Beringin ini menyiapkan dana kampanye Rp 100 Juta per Kabupaten/Kota.

Senin, 10 Des 2018 18:30Berita Sumut

BSM Malaysia Jajaki MoU dengan PMI Kota Medan

Pengurus Bulan Sabit Merah (BSM) menilai Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan memiliki pelayanan cukup baik. Hal itu disampaikan saat berkunjung ke Markas PMI Kota Medan, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 18:15Berita Sumut

Walikota Terima Audiensi DPD BKPRMI Binjai

Walikota Binjai, HM Idaham menerima audiensi DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Binjai, di Rumah Dinas Walikota, Jalan Veteran,Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 17:57Berita Sumut

Seribuan Buruh 'Serbu' Serbu Kantor Disnaker Sumut

Seribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBDSU) melakukan aksi di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sumut Jalan Asrama Medan Helvetia, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 17:29Berita Sumut

Sepanjang 2018, Kejatisu Selamatkan Uang Kerugian Negara Rp 39 Milyar

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu) berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 39 Milyar lebih sepanjang tahun 2018 ini. Uang negara itu berasal dari penyidikan, penuntutan, uang pengganti dan denda.

Senin, 10 Des 2018 16:55Berita Sumut

Kejatisu : Kasus JR Saragih Sudah Kadaluarsa

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumut Edward Kaban menyatakan kasus penggunaan dokumen palsu dalam Pilkada dengan tersangka JR Saragih sudah kadaluarsa.

Senin, 10 Des 2018 16:37Berita Sumut

Ini Persiapan PT KAI Sumut Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mempersiapkan 30 unit lokomotif dan 76 unit kereta api untuk melayani masyarakat di Sumut pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Senin, 10 Des 2018 16:24Berita Sumut

Kapolsek Percut Seituan Rutin Cek RTP

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri melakukan pengecekan pelaksanaan piket RTP, di dampingi Kanit Sabhara dan piket Provost, Polsek Percut Seituan, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 16:05Berita Sumut

Mahasiswa Minta Kurikulum Anti Korupsi Diterapkan di Sekolah

Massa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Hukum Indonesia (SMHI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Tugu Titik Nol Kota Medan, di Jalan Kantor Pos, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 15:47Berita Sumut

30 Kg Sabu dan 159 Inex Direbus Ditres Narkoba Polda Sumut

Sebanyak 30 kilogram sabu dan 159 Inex dimusnahkan di halaman Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditnarkoba Polda Sumut), Senin (10/12). Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama tiga bulan.

Senin, 10 Des 2018 15:30Berita Sumut

UNPRI Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th Internat

Senin, 10 Des 2018 15:15Berita Sumut

Tiga Anggota Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Tangkap

Satres Narkoba Polrestabes Medan menjaring tiga anggota sindikat jaringan narkoba internasional, Minggu (9/12/2018). Salah seorang yang diciduk diduga oknum TNI.

Senin, 10 Des 2018 15:00Lifestyle

Cegah Anak Kecanduan Main Gadget, ini 6 Tipsnya

Saat memperkenalkan gadget, orang tua harus siap untuk memberikan batasan yang jelas terkait dengan penggunaan gadget pada anak. Pasalnya jika terus-menerus dibiarkan, anak akan mulai kecanduan bermain gadget.

Senin, 10 Des 2018 15:00Berita Sumut

Walikota Binjai : Tidak Ada Toleransi Dengan ASN Pengguna Narkoba

Pemerintah kota (pemko) Binjai bersikap sangat tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Wali Kota Binjai HM Idaham menegaskan tidak ada toleransi terhadap ASN pengguna, apalagi pengedar narkoba.

Senin, 10 Des 2018 14:25Berita Sumut

Bakal Ada Penghapusan Data, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku mulai 28 November hingga 28 Desember 2018. Pasalnya, mulai Januari 201

Senin, 10 Des 2018 14:00Berita Sumut

DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan

DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah Fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).